Sehari Jelajah Rammang-Rammang di Sulawesi Selatan

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Sehari Jelajah Rammang-Rammang di Sulawesi Selatan


Takkala memutuskan untuk berkunjung ke Makassar untuk bersilaturahmi dengan saudara, saya sempatkan untuk berkunjung ke tempat wisata yang ada. Ibu Da, tante saya menawarkan untuk menjadikan rammang-rammang sebagai tempat wisata alam yang layak untuk dikunjungi. “Kalau ke Makassar, jangan lupa mampir ke rammang-rammang,” kata Ibu Da, tante saya. 

Rammang-rammang adalah gugusan pegunungan kapur atau karst yang terletak di Kabupaten Maros, Sulawesi Selatan. Jaraknya sekitar 1 jam 30 menit dari pusat kota Makassar. Sehari setelah tiba di Makassar, sekitar pukul 07.00 WIB, saya dan keluarga pun melaju membelah kemacetan kota Makassar menyusuri kawasan Maros. Berbekal peta online, mobil pun melaju. 

Rammang-rammang

Setelah satu jam lebih 30 menit, kami pun masak di kampung di kawasan rammang-rammang. Sepanjang mata memandang, yang tampak adalah gugusan pegunungan kapur atau karst yang indah serta sawah hijau. 

Kami sempat bertanya-tanya akses menuju dermaga untuk bisa lebih menikmati rammang-rammang. “Ada dua dermaga. Mau lewat dermaga mana,” kata salah satu warga yang kami temui. Kami kemudian menanyakan rute terdekat dan kemudian diarahkan ke dermaga 2. 

Takkala tiba, ada puluhan orang yang menunggu perahu di dermaga sederhana. Kebanyakan mereka datang berkelompok bersama rekan atau keluarga. Harga sewa perahu untuk lebih dari 5 orang adalah Rp 250 ribu. 

Karena saya berenam, saya pun memesan perahu untuk sekeluarga. Kalau mau sewa topi, bisa dengan membayar Rp 5000. Topi yang disewakan adalah kopi rajutan yang mampu menghalau panas. Saya memesan dua untuk saya dan anak. 

Kami satu persatu pun menaiki perahu. Ada beberapa adik sepupu saya yang baru pertama kali naik perahu sehingga ketakutan. Bahkan ada yang saking takut sampe nangis! Hahahha. Eh, maap ya! 

Papa saya yang semula ingin naik, malah membatalkan. “Papa nunggu aja di dermaga,” kata papa saya. Waduh jauh-jauh malah nggak ikut keseruan menyusuri rammang-rammang. Tapi ya sudahlah daripada dipaksa tapi nggak menikmati? 
 
Saya dan keluarga 
Takkala sekeluarga sudah duduk di perahu, perahu pun melaju menyusuri sungai. Samping kiri dan kanan kita bisa menyaksikan juga berbagai tanaman bakau yang membuat lingkungannya lebih asri. Sebetulnya kalau sudah duduk di perahu, sebaiknya tidak ganti tempat karena kuatir perahu goyang dan ada yang takut. 

Dan kemudian ketika saya memutuskan duduk di depan, sepupu-sepupu saya heboh dong. “Chi jangan gerak dong. Duh perahunya goyang nih”. Dan apa yang saya lakukan?  Ya enjoy aja tetap melangkah ke depan. Hahaha … 

Sekitar 15 menit lebih menyusuri sungai, kami pun berlabuh di dermaga. Pas perahu berlabuh, kami trus mikir “Loh begini aja ?”. Tapi ya sudahlah karena sudah kadung ya kami pun melanjutkan hidup. Tsaahh … 

Pas di dermaga, ada pos kecil untuk membeli tiket masuk lagi sebesar Rp 5000. Oalah teryata masuk lagi, harus bayar toh. Baiklah. 

Kami pun tanpa ada petunjuk apapun, jalan menyusuri kawasan rammang-rammang yang kiri kanannya juga ada sawah serta rumah-rumah panggung.  Jalan yang semula datar, lama-lama semakin menanjak. Beberapa kali kami harus perlahan demi perlahan menaiki tangga sederhana yang terbuat dari batu. 
 
Di Rammang-rammang 
Ngos-ngosan, kami pun memilih berhenti di sebuah warung sederhana dan membelil minuman dingin. Saya pun bertanya ke pasangan suami istri yang berjualan di sana. 
“Bu maap, kalau saya mau balik ke perahu lewat mana ya?,” kata saya. 
“Oh balik lagi di dermaga awal ibu turun perahu tadi,” kata ibunya. 

What? Apaah? Balik lagi? Kami kira jalan ini menuju arah pulang ke perahu, teryata kami keliru sodara-sodara. Akhirnya, dengan kaki capek (maklum udah lama nggak olahraga, kami pun berjalan balik ke arah dermaga tempat perahu berlabuh. 

Tapi sebetulnya sebelum balik, Ayyas anak saya lihat ada tulisan ‘Gua berlian’ dan dia ngajak kami buat mendaki gua berlian. Saya menduga dia bakalan capek, eh teryata tidak. Alhamdulillah. 

Pilih Traveloka PayLater untuk Liburan di Traveloka 

Total selama lebih dari dua jam kami menghabiskan waktu disana dan kemudian memutuskan untuk kembali ke dermaga. Dan di luar dugaan, di perjalanan pulang, hujan deras pun tiba. Karena perahu bermesin ini tidak menggunakan penutup, maka kami pun basah! Beruntung,  pemilik perahu memiliki terpal bekas dan kami pun gunakan untuk menutup kepala. Dan teryata hujannya semakin deras. Kami hanya bisa tertawa lepas karna berada di kondisi seperti ini. HHahhaa

Jika datang ke Makassar, saya sarankan untuk booking hotel biar lebih punya waktu lama mengunjungi berbagai tempat wisata di Sulawesi Selatan. Termasuk tempat wisata rammang-rammang yang saya kunjungi sekeluarga.

Dan salah satu cara untuk mendapatkan hotel terbaik di Makassar adalah melalui Traveloka. Dan pas banget ada epic sale sehingga ada banyak pilihan untuk memilih hotel yang tepat. Semakin terbantu karena sekarang pembayarannya cashless sehingga nggak perlu ribet pembayaran uang tunai.  Nah, salah satunya dengan adanya fitur Traveloka PayLater.

PayLater adalah fasilitas keuangan dari Traveloka yang memungkinkan metode pembayaran dengan cicilan tanpa kartu kredit. Pendaftaran PayLater ini memiliki beberapa keuntungan yakni berlaku untuk usia 21 hingga 70 tahu dan bisa untuk seluruh warga Indonesia yang memiliki KTP Indonesia. Oh ya, PayLater ini didukung oleh Danamas sebagai mitra resmi yang terdaftar dan pertama kali memiliki zin beroperasi dari OJK (Otoritas Jasa Keuangan). Selain itu, PayLater juga memiliki cara kerja penagih hutang yang beretika dari Traveloka PayLater.

Ingin berkunjung ke Makassar ?  






Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

৯২টি মন্তব্য

Avatar
Winda - dajourneys.com ২১/২/২০ ৪:০৭ PM

wah saya kurang jauh mainnya mbak, selalu di seputaran jawa saja, kapan2 mau ah ke luar dari zona nyaman dan main agak jauhan :)

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com ২৫/২/২০ ১১:৩৬ AM

terutama sih Ingin berkunjung ke Makassar karena banyak teman yang share tentang Makassar, jadi saya kepo pengen juga mampir

Reply Delete
Avatar
nurul rahma ২৬/২/২০ ৩:২১ PM

iyaaa, akupun blum pernah ke Makasar
Jadi mupeeenggg!
Pakai Traveloka aja biar gampilll

Delete
Avatar
PuputFebriina ২২/২/২০ ৩:৪৩ PM

Belum pernah ke makasar aku nih. Ntar kalau ada kesempatan kesana mau main ke rammang-rammang juga ahh.

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia ২৭/২/২০ ৭:০১ AM

ke sini jd berasa benar berpetualangnya ya. untuk anggota keluarga antusias cari tempat indah, hihi. kalau ada yg ngeluh, kacau sudah

Reply Delete
Avatar
Firsty ২২/২/২০ ৮:৩২ PM

Aku takut loh mbak naek perahu kecil gitu. Kalo di palembang namanya ketek. Tapi asyiknya sih naek perahu anginnya sepoi2.. hihii

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia ২২/২/২০ ৯:৩৯ PM

Kalo lagi kepepet harus travelling, traveloka paylater ini solusi banget nih 🥰

Reply Delete
Avatar
Ratnasari Pevensie ২৩/২/২০ ৬:৩৬ AM

Waah tempatnya masih asri dan harga tiketnya juga sangat terjangkau, duh jadi ingin mampir ke Makassar deh jadinya hehe

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan ২৩/২/২০ ৮:৩২ AM

Seru ya Mbak bisa naik perahu gitu rame rame bareng keluarga. Tapi kalo aku kayaknya gak berani. Takut ngeguling. Hihi

Reply Delete
Avatar
Zahra Rabbiradlia ২৩/২/২০ ১২:২৭ PM

Mau banget ke makassar, saya blm pernah ke sulawesi hehe. Kalo ke sana pengen ke rammang2 jg. Jadi kepo brp biaya pesawatnya. Mampir traveloka ah 😍

Reply Delete
Avatar
Nchie Hanie ২৪/২/২০ ১০:২৮ AM

Seru banget jelajahnya, apalagi dikelilingi ijo2 royo gitu, bikin fresh dan ngadem sejenak dari rutinitas yaa.

Reply Delete
Avatar
Ani ২৪/২/২০ ১২:৫৩ PM

Aku belum pernah jelajah ke Makassar, lumayan seru yah mbak liburannya bareng keluarga

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu ২৪/২/২০ ৩:৩২ PM

Wah tempatnya menarik ya mbak. Aku juga senang dengan fitur PayLater Traveloka yg memudahkan pembayaran konsumen dengan cicilan.

Reply Delete
Avatar
nurul rahma ২৫/২/২০ ৩:৫৭ PM

Yap, Traveloka itu kok ya adaaaa aja inovasinya
Gini ini jadi pengin ngebolang melulu kaaann hehehehe

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia ২৭/২/২০ ৯:৩৮ AM

seru ya mbak..bs perahuan segala.deg2an tapi kan asyik juga. apalagi kalo sm keluarga tercinya

Delete
Avatar
echaimutenan ২৪/২/২০ ৬:৪৮ PM

Aku udah itu mba mau nyobain paylater tapi ga jadi2 takut ga bayar :"(. Kalau traveloka biasanya yang biasa aja transfer cepaaaat 😂
Tapi rammang rammang ini seru sekali bisa naik perahuuuu.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi ২৮/২/২০ ৬:৩৬ AM

iya kalau pakai pay later khawatir ga bayar yaa.. hahaha.. padahal memudahkan kita banget yang memang hobi jalan-jalan

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha ২৪/২/২০ ৮:০৫ PM

woww bagus sekali pemandangannya. Aku jadi pengen liburan :(
Sekarang liburan lebih menyenangkan karena ada Traveloka Paylater ya, mbak. Jadi bisa liburan dulu, bayarnya nanti, hihihi

Reply Delete
Avatar
Widya Lim ২৪/২/২০ ৮:৪৮ PM

belum pernah main ke Makassar nih, kapan-kapan ke sana aah.. BTW praktis yaa karena sekarang ada Traveloka Paylater, ngebantu bangeet jadinyaa..

Reply Delete
Avatar
Yeni Sovia ২৪/২/২০ ৯:০৮ PM

Mba lucu ya nama tempat wisatanya Rammang-rammang hihihi 😂. Jadi biki aku pengeb jalan-jalan juga. Oh ya mba aku baru tahu sekarang traveloka ada paylaternya ya. Ini fitur baru ya. Semakin berkembang aja ini traveloka. Keren

Reply Delete
Avatar
Lidha Maul ২৫/২/২০ ৯:১৯ AM

dari namanya tadi saya nebak ini di sulsel apa ya, eh ternyata iya. Pengen deh meluaskan daerah jelajah ke sulawesi. Kapalnya cantik, dikasih tempat duduk gitu.

Reply Delete
Avatar
Bety Kristianto ২৫/২/২০ ১০:২১ AM

Wah seru ya mba jalan-jalan nya hehe. Kalo liburan emang paling to pake traveloka .Mau booking hotel ngga pake khawatir deh .

Reply Delete
Avatar
Gioveny ২৫/২/২০ ১০:২৯ AM

Sulawesi itu termasuk pulau yang ada dalam wishlists kak. Mudah-mudahan aja bisa berkunjung kesana suatu hari nanti.

Reply Delete
Avatar
Lisdha ২৫/২/২০ ১২:০৬ PM

Kemungkinan, pertengahan tahun ini saya dan anak2 ikutan suami yang mutasi ke sulsel. Noted nih rammang2. Unik namanya...otak saya nge-linknya ke binatang imut umang2 hahaha

Reply Delete
Avatar
Wiwid Vidiannarti ২৫/২/২০ ৬:২৮ PM

Keren ya zaman now? Mau liburan jauh nggak perlu mikir duit dulu, cukup pakai Traveloka paylater.

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara ২৫/২/২০ ৭:২৬ PM

Seru juga naik perahu kaya gitu. Aku aslinya agak seram tapi penasaran. Dulu pernah ikutan susur sungai dan ternyata keren banget!

Reply Delete
Avatar
Silviana ২৫/২/২০ ৮:৩৬ PM

Rammang² ini jadi destinasi yang ingin saya kunjungi ketika masih tinggal di luar Jawa kala itu. Tapi belum kesampaian hehe.

Bagus ya pemandangannya mba, semoga kedepannya semakin tertata untuk pariwisata ini.

Reply Delete
Avatar
Linasophh ২৫/২/২০ ৮:৪৩ PM

Seru ya kak wisata alam. Menyenangkan apalagi kalau ke tempat baru. Btw, itu perahunya tuh tanpa ada kayu sayap yang dikanan kiri untuk keseimbangan ya? Kalau peragunya gitu aku juga nggak berani takut perahu terbalik ehehehe

Reply Delete
Avatar
Demia ২৫/২/২০ ৯:২৯ PM

waa asik banget nih mbaaa, salfok sama perahunya yang di cet sama warna warna yang cerah yaa, warnanya pink kuning dan tosca hihihi

Reply Delete
Avatar
Riawani Elyta ২৫/২/২০ ৯:৫৩ PM

Semoga perahunya nanti dilengkapi life jacket. Meski hanya 15 menit dan nyusuri sungai tetep penting buat safety

Reply Delete
Avatar
Luella Artistry ২৫/২/২০ ১০:০৪ PM

Menarik banget nih jlan jalan k daerah makasar. Aku blom pernah kesana. Jd pengen kapan kpan kesan. Btw aku jg langganan pkae traveloka hege

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani ২৬/২/২০ ৭:০৭ AM

Untuk menikmati pemandangan rammang-rammang harus naik perahu ya, Mbak? Gak bisa menyusuri daratannya aja gitu? hihihi maklum agak parno juga naik perahu kecil

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda ২৬/২/২০ ৮:৩১ AM

Tebingnya sangat eksotis, kayak yang ada di vietnam itu. Semoga suatu hari bisa kesana

Reply Delete
Avatar
Aulia Rizky W ২৬/২/২০ ১০:৫১ AM

seruuu! aku pengen banget liburan ke pulau selain jawa sumatera bali ih. kepo banget, apalagi bagus gini tempatnya huhu

Reply Delete
Avatar
Dizaz ২৬/২/২০ ১১:৩০ AM

Kalau menurut saya perjalanan ke Rammang-rammang ini seperti berpetualang ya. Ada deg-degan naik perahu, agak2 nyasar arah dikit. Tapi seru. Duh, nyani pengen nginap di Makasar jg biar jalan2nya puas. intip aplikasi PayLater Travelokanya ahhh.

Reply Delete
Avatar
Inna Riana ২৬/২/২০ ১:৫৫ PM

wii asik jalan2nya mbaa... aku waktu tinggal di makassar ga banyak jelajah wisata sekitar. keburu riweuh ama 3boyz piyik soalnya :D
kapan2 mau main kesana pake traveloka ahh

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti ২৬/২/২০ ২:১৬ PM

Cakep banget ya ini ummi, menyesal aku menolak tawaran ummi pergi ke Makasar wkwkwk semoga next kita ke sana bareng ya ummi

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati ২৬/২/২০ ৩:৫২ PM

Aku belum sampai ke Sulawesi nih mba, apalagi berlibur bareng keluarga besar. Sementara baru sebatas pulau Jawa dan sebagian Sumatera.

Kayaknya mesti nyari tiket pesawat di Traveloka, mana tahu ada diskonnya ya kalo dobel dengan hotel

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti ২৬/২/২০ ৫:০৪ PM

Ternyata Rammang-rammang ini mirip Taman Maerakaca kalau di Semarang mba. Mengelilingi hutan bakau gitu, tapi penataannya udah instagramable banget.

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri ২৬/২/২০ ৫:১৫ PM

Oooih jadi kalau kita pakai Traveloka Pay Later ini cicilan tanpa kartu kredit ya mb Al? Wah..solusi tepat dan ampuh ya buat kita2 yg demen jalan2 ke mana2 😘😘 Kepengen deh aku kayak di foto..naik sampan atau perahu trus pose keren gitu hahaha kapan ya kesampaian?

Reply Delete
Avatar
Sapti nurul hidayati ২৬/২/২০ ৭:১৬ PM

Saya pengen sekali ke Bantimurung. Tapi rammang-rammang ini bagus juga. Wah, fasilitas paylater dari traveloka boleh juga ini. Memudahkan, tapi tetap harus diperhitungkan..

Reply Delete
Avatar
Yessi Greena ২৬/২/২০ ৮:১৯ PM

belum pernah nyobain Traveloka paylater
biasanya kalau booking hotel pasti bayar langsung..
cobain ah... :)

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita ২৬/২/২০ ৮:৪৯ PM

Salah satu Wish list yang aku mimpikan nih. Rammang-Rammang dan wilayah sekitar Sulsel.

Reply Delete
Avatar
Dewi Rieka ২৬/২/২০ ৯:০৯ PM

Wah udah main ke Rammang-rammang, aku rencana pengen mudik dan main ke sini mbak hihi cantik pisan ya..sama pengen ke Toraja..

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak ২৬/২/২০ ৯:২৪ PM

Ya ampun ini salah satu wishlist aku sama suami. Dan tambah semangat setelah dulu diceritain sama Nurul Noe

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah ২৬/২/২০ ৯:৪৭ PM

Serunya sih dapet.View juga cakep. Tapi medannya emang lumayan bikin dag-dig-dug. Bikin kaki cenut-cenut pula, hahaha. Besok kalau ke sana lagi persiapan fisik dulu, Mbak.

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia ২৬/২/২০ ১০:২৬ PM

Mau bangettt main ke makassar. Suamiku sih uda pernah dinas ke sana. Tp aku belom. Nabung dl deh 🙃

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai ২৬/২/২০ ১১:১৭ PM

Paling suka deh lihat foto yang pertama. Kalau jarak tempuhnya 1,5 jam berarti bisa ya ke sana tanpa menginap? Maksudnya menginapnya di kota Makassar aja

Reply Delete
Avatar
Liswanti ২৬/২/২০ ১১:২৮ PM

Tempatnya asyik. Harus masuk list travelling nih.

Reply Delete
Avatar
Mei ২৬/২/২০ ১১:৫৬ PM

dulu saya ke sana belum ada jembatan itu, tahun 2012 saya ke sana, pasti udha banyak yang berubah ya dan belum sebagus sekarang

Reply Delete
Avatar
Aprillia Ekasari ২৬/২/২০ ১১:৫৯ PM

Rammang2 inu kudu dikunjungu kalau ke Makassar ya mbak seru buat liburan keluarga nih yaa.

Sekarang nakin enak kalau liburan ta. Banyak pilihan pembayaran. Kalau pakai paylater mungkin bisa buat pas mendesak banget kudu bepergian tapi dananya gak ada.

Reply Delete
Avatar
Dewi adikara ২৭/২/২০ ১২:২৮ AM

Bagusnya di Makassar mbak Alida, perlu dicatat nih tempat yang harus dikunjungi. Oiya dari dl Dewi penasaran sm Paylater, ternyata terjawab deh dari postingan mbak Alida, dan nyamannya kita tidak perlu was-was karena bagian penagihnya beretika ya mbak, zaman skrg serem byk yang menagih hutang dengan membabi buta di kontak klien

Reply Delete
Avatar
Ratna Kirana ২৭/২/২০ ২:৪৬ AM

Seru banget sih kalau liburan ke situ, jadi pengen naik perahunya juga deh hehe

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti ২৭/২/২০ ৬:৫২ AM

Mba, kebayang pas kehujanan itu lho naik perahu wadaaww... Berarti kalau pas musim hujan, main ke sana kudu pilih perahu yang ada atapnya kalik ya.

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri ২৭/২/২০ ৬:৫৯ AM

Aku juga penasaraaan deh mba dengan Rammang Rammang yang hits ini.. semoga soon bisa ke Makassar

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani ২৭/২/২০ ৭:২১ AM

Kalau lihat rammang-rammang mirip dengan gunung kapur yang ada di Padalarang, Mbak. Di sana juga dijadikan tempat wisata, namanya Stone Garden Padalarang

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto ২৭/২/২০ ৭:২৭ AM

Baru tahu kalo yang begitu namanya rammang-rammang. Duh, ini tuh bikin aku keingetan masa kuliah lapangan dulu. Sering deh masuk-masuk hutan, sungai, dan gua kapur. Kangen deh iiih :D

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti ২৭/২/২০ ৭:৫৭ AM

Rammang-rammang ini berarti memang diperuntukkan bagi mereka yang hobi piknik di alam terbuka yang butuh stamina kalik mba. Nggak semua orang memang menikmati jalan-jalan sambil kepanasan dan capek gitu. Kalau aku sih senang, apalagi pake naik perahu gitu, bakalan kugoyang-goyangin melulu sampe yang lain teriak. :))

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany ২৭/২/২০ ৮:১৮ AM

Tempatnya bagus ya? Aku sama sekali belum pernah ke Makassar nih. Kayaknya nanti kalau ke Makassar harus coba ke sini deh...

Reply Delete
Avatar
Bundabiya.com ২৭/২/২০ ৮:৩৭ AM

Seru sekali ya, mbak, kalo saya sudah lamaa bgt gak ke makassr. Terakhir tahun 2012 haha moga2 tahun ini atau tahun depan bisa ke makassar lagi aamiin

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me ২৭/২/২০ ৮:৫৪ AM

Setiap kali teman share tentang Makassar udah langsung pengen banget bisa main kesana, mudah2an next libur lebaran

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi ২৭/২/২০ ৮:৫৮ AM

Kak Lidh berapa lama di Makassar?
Namanya Rammang-rammang, tapi ini aman kan yaa, kak?
Aku jadi ingat salah satu film yang waktu itu syutingnya di Kalimantan. Anaconda.
Hihii~
Aga horor yaa..

Reply Delete
Avatar
thya ২৭/২/২০ ৯:০৭ AM

mbaaa, ku kira naik perahunya dayung sendiri..hehe.. ternyata tydaaa... :D
bagus mba tempatnya, aku belum pernah sih main-main ke makasar. kayaknya perlu juga deh jelajah makasar.. hihi.. :D

Reply Delete
Avatar
Akarui Cha ২৭/২/২০ ১০:০৫ AM

Kuat nggak ya saya kalau harus naik perahu sederhana begitu untuk menikmati wisata di Rammang-Rammang. Tapi kok penasaran juga ya.

Reply Delete
Avatar
Dian Restu Agustina ২৭/২/২০ ১০:২৯ AM

Kebayang waktu Mbak Alida tetap jalan ke depan da perahu goyang-goyang .haha
ini masih alami ya..menyususri sungai di Rammang-Rammang. Namanya unik. Pasti bakal asyik eksplor ke sini

Reply Delete
Avatar
Monica Anggen ২৭/২/২০ ১০:৩১ AM

Konsep liburan di Rammang-rammang ini berarti petualangan gitu ya, Kak, naik kapal, menyusuri titian di atas rawa-rawa gitu, mana ada gua juga ya. Serunya. Oh ya, bisa pakai Traveloka juga ya

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif ২৭/২/২০ ১১:১৮ AM

Setiap baca tulisan mbak yg ttg travelling aku selalu suka...
Asik ya mbak, bisa menjelajah tempat tempat pelosok tapi keren bgt

Reply Delete
Avatar
Heni Puspita ২৭/২/২০ ১১:২১ AM

Belum pernah ke Makassar dan nyesel. Padahal dulu suami tugas di Sulawesi Utara tp ga main2 ke daerah lain di Sulawesi huhu

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto ২৭/২/২০ ১২:৩৯ PM

Beneran deh ih, lihat-lihat alamnya bikin kepengen main ke alam lagi. Dulu zaman kuliah, turun ke alam kayak gini bisa tiap minggu. Seruuu...

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul ২৭/২/২০ ১২:৫৩ PM

Makassar masuk wish list kota yang hendak aku kunjungi ini mbak, pernah liat teman posting di instagram tentang wisata rammang rammang.. baca postingan mbak al tambah yakin wisata rammang rammang bakal didatangin kalo ke makassar.. langsung ceki ceki traveloka dong ini.. kan bisa pay later yak

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan ২৭/২/২০ ৭:৩২ PM

Wisata alam memang selalu menarik. Karena bisa semakin mengagumi ciptaan Allah. Berasa dekaat sama Dia.

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana ২৭/২/২০ ৯:৫১ PM

Mau dunk ajakin aku. Murah ya tiket masuknya. Wisata pakai Traveloka Paylater nih, bisa jalan kapan aja.

Reply Delete
Avatar
Ade UFi ২৭/২/২০ ১০:২৭ PM

Sensasinya luar biasa ya, Mba Al kalau naik perahu gitu. Ramean pula. Btw, skrg jalan2 ada pay later traveloka jadi memudahkan customer ya

Reply Delete
Avatar
Silvia Putri ২৮/২/২০ ১২:১৭ PM

eh.. traveloka tuh bisa pay latter ya sekarang. Baru tahu, ya ampooon kemana aja akooooooh. hahaha

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin ২৯/২/২০ ১২:১৪ AM

Seumur-umur baru sekali menginjakkan kaki di Makassar dan itupun cuma di dalam bandara karena menunggu pesawat menuju Ambon. Duuh jadi kepingin deh eksplor Makassar sekaligus nyobain kulinernya.

Reply Delete
Avatar
Silvie Permatasari ২৯/২/২০ ৬:১১ AM

Wah..pengen banget jalan jalan ke makasar.... Semoga next time ada waktu dan kesempatan buat kesana. Pake Traveloka biar gampang urus tiket dan akomodasi nya kali ya mba... Biar lebih mudah

Reply Delete
Avatar
Li Partic ২৯/২/২০ ১১:৩৮ AM

Rammang-rammang tempatnya seru ya. Btw memang Traveloka selaluselalu jadi andalanku juga kalau untuk traveling.

Reply Delete
Avatar
Bundabiya.com ১/৩/২০ ৮:৫৪ AM

Jelajah sehari rasanya nggak cukup ya, Mbak? Semoga besok2 bisa eksplore lebih banyak lagi hihi

Reply Delete
Avatar
Eni Martini ১/৩/২০ ৬:৩৫ PM

Ingin berkunjung ke Makassar? Ya ingin donga, mau nyobain seafoodnya yang katanya fresh dan gede gede haha. Apalagi aku sering lihat foto destinasi wisata ini di igemu mba Al...tambah pengen

Reply Delete
Avatar
Helenamantra ২/৩/২০ ৬:৫৭ AM

terakhir ke Makassar niatnya mau ke Rammang Rammang tapi enggak sempat. Jadinya cuma mampir ke Bantimurung yang banyak kupu-kupunya itu lho.

Reply Delete
Avatar
diahagustina65.com ২/৩/২০ ৮:০০ AM

Traveloka ketika Epic Sale emang hawanya pengin booking banyak hotel keren tapi harga murah, tetapi kalau lagi tanggal tua, walaupun epic sale juga kayanya maju mundur buat booking ya mbak, jadi memang Traveloka Paylatter ngebantu banget buat momen seperti ini

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany ২/৩/২০ ৮:৪০ AM

Belum pernah nih main ke Makassar. Harga tiket masuknya terjangkau banget ini sih. Ntar kalau ke Makassar mampir ke sini ah..

Reply Delete
Avatar
Ria Rochma ২/৩/২০ ১১:২০ AM

Seru juga ini, sebelum menuju lokasi wisata pakai naik perahu dulu. Keindahan darat dan air, dapat semua pastinya, ya mbak..

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta ২/৩/২০ ১:১৩ PM

Ya semoga kapan waktu saya juga bisa jalan2 ke Rammang2, btw baru tahu nih traveloka juga selarang punya travelokapaylater ya mbak. Jadi makin memudahkan nih kalau bepergian dan budget belum cukup bisa pake fitur ini dulu untuk nyicil

Reply Delete
Avatar
Grandys ৩/৩/২০ ১০:০৩ AM

Wah semoga habis baca perjalanan Rammang-rammang di Makassar ini, soon aku bisa menginjakkan kaki kesini. Indah banget plus kita naik perahu ya, pasti seru kalo bareng-bareng

Reply Delete
Avatar
Eko Nurhuda ৩/৩/২০ ৯:৫৮ PM

Ini salah satu alasan pengen balik lagi ke Makassar suatu saat nanti. Belum ke Rammang-rammang, padahal seharusnya dari bandara deket ini ya? Cuma waktu itu sehari aja sihh, manfaatin transit, jadinya ya terbatas kota-kota aja. Sama kulineran di sekitaran Datu Museng nih. Wajib.

Reply Delete
Avatar
Riadiani ৫/৩/২০ ৬:০১ PM

Aq blm pernah nihke remang-remang. Kalau ke makasar bone pernah. suatu saat nanti mau ksna juga ah pakai traveloka later bayar pke pesawatnya hehheheh

Reply Delete
Avatar
Unknown ৫/৩/২০ ১১:৩৪ PM

Mbak Alidaaa bikin envy masyaalloh, sudah kemana² mbaak :))

Masyaalloh alam di indonesia timur masih banyak yang lestari yaa mbak. Semoga begitu seterusnya :)

Reply Delete
Avatar
Euisry Noor ৬/৩/২০ ৬:২০ AM

Aku belum pernah main ke Makassar nih. Menarik juga ya wisata alam Rammang-rammang ini. Seru kayaknya jelajah kesana. Aku yg suka wisata alam & petualangan, jalan2 kaki jadi kepo deh sama tempatnya.

Reply Delete
Avatar
Farahdjafar ৯/৩/২০ ৬:৫১ AM

Subhanallah keindahan alam Indonesia Kaya banget salah satunya yaitu makassar. Aku belum pernah ke tempat ini nanti pas ke makassar lagi deh, dulu pas ke makassar ga explore ke tmpt lainnya

Reply Delete
Avatar
Farahdjafar ৯/৩/২০ ৬:৫২ AM

Subhanallah keindahan alam Indonesia Kaya banget salah satunya yaitu makassar. Aku belum pernah ke tempat ini nanti pas ke makassar lagi deh, dulu pas ke makassar ga explore ke tmpt lainnya

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti ২৩/৩/২০ ৮:২০ AM

Semoga ada rejeki juga untuk main ke rammang-rammang, seru ya
kayak mangrove. Senanngnya make traveloka payletter ya mba, dimudahkan jadinya

Reply Delete