Cara Cermat Packing Barang Bawaan Agar Muat di Koper untuk Liburan

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Cermat Packing Barang Bawaan Agar Muat di Koper untuk Liburan

Liburan sebentaaar lagi …. 
Yeay, ada yang sudah nggak sabar mau liburan? Yap, liburan akhir tahun sebentar lagi akan menghampiri. Tentunya, sudah banyak dong yang tak sabar ingin meluangkan waktu untuk liburan bersama keluarga. Saya sih termasuk walaupun sebetulnya belum tahu akan kemana ketika liburan akhir tahun ini. 

Kayaknya nggak hanya saya yang menganggap liburan adalah kegiatan yang paling menyenangkan. Tujuan nya tentu saja untuk refreshing dan menenangkan diri karena banyaknya aktivitas-aktivitas padat di tempat kerja yang kadang bikin stres dan jenuh. Biasanya sebagian dari kita sudah menyiapkan jadwal liburan yang tepat entah itu bersama keluarga, kerabat dekat, kekasih ataupun seorang diri. 

Sumber photo : pinterst

Tapi, biar liburannya semakin menyenangkan, jangan lupa persiapkan berbagai hal ya. Mulai dari tiket kamar hotel, tiket pesawat atau tiket kereta, daftar destinasi yang akan dikunjungi, alat transportasi alternatif, budget. Dan jangan lupa untuk siapkan barang-barang untuk dibawa saat liburan nanti. Mau bawa koper atau tas ransel? 

Tapi sebelum memutuskan membawa tas atau rempong, pasti yang kebayang rempongnya membawa barang bawaan. 

Dilema juga kan mau barang bawaan banyak, tapi koper tak muat. Atau bahkan ada keterbatasan bawa bagasi kalau naik pesawat. Eh tapi, ada beberapa cara loh yang bisa dilakukan agar packing barang bawaan di koper untuk liburan jadi menyenangkan. 

Catat Barang Bawaan yang Akan Dibawa
Daripada lupa mau bawa barang apa saja, saya sih sarankan lebih baik mencatat barang bawaan apa saja yang harus dibawa. Tentu saja harus disesuaikan dengan keperluan selama liburan. Misalnya liburan di pantai atau gunung, tentu barang bawaan yang harus dibawa berbeda. Begitujuga pakaian. Jika cuacanya tidak dingin, disarankan membawa baju-baju yang ringan dan tipis saja. Tetapi, kalau ingin terlihat stylish saat liburan, mungkin bisa membawa beberapa sepatu dan aksesoris yang netral. Sehingga akan mudah untuk dikombinasikan dengan pakaian yang dikenakan.

Bawa Pakaian yang Tidak Membutuhkan Perawatan Khusus
Saya tuh anti banget deh bawa pakaian yang mudah lecet! Soalnya nggak sempat juga kan buat setrika. Di rumah saja saya jarang setrika. Apalagi pas liburan? Nggak mungkin banget! Hahhahaa. Makanya, saya selalu memilih pakaian yang nggak gampang kusut dan lecek. Disarankan untuk tidak membawa pakaian yang memiliki perhatian khusus, contohnya mudah rusak, membutuhkan tempat penyimpanan yang khusus, banyak aksesoris dan lain sebagainya. 

Gunakan Pouch Organizer
Banyak yang menyarankan saat liburan menggunakan pouch organizer. Tapi saya jujur belum pernah serapi ini menggunakan pouch organizer ini. Padahal, barang bawaan jadi terlihat rapi dan muat di dalam koper dengan menggunakan pouch organizer. 

Sumber photo : pinterst

Selain itu juga bisa dengan mudah memilah barang keperluan yang ada di dalam koper. Pouch organizer ini bisa digunakan untuk menyimpan peralatan kosmetik dan peralatan kamar mandi menjadi satu di dalam kemasan pouch organizer. Sehingga akan tertata dengan rapi dan bersih.

Gulung Pakaian Agar Bisa Hemat Tempat
Percaya nggak kalau saya belajar teknik menggulung pakaian ini dari eyang saya ? Yap beneran! Saat masih SMA karena sering kemah gitu, eyangti saya menyarankan saya untuk menggulung pakaian biar lebih praktis dan pakaian jadi lebih banyak yang terangkut. Caranya gampang banget. Pakaian di ambil trus gulung deh satu per satu. 

Sumber : pinterst

Dengan cara ini, bisa mendapatkan banyak keuntungan, mulai dari hemat tempat, mudah untuk diambil, koper akan terlihat rapi serta pakaian akan tetap terjaga kebersihannya. Hindari penempatan pakaian dengan cara ditumpuk karena bisa membuat koper menjadi sempit. Cara satu ini juga bisa dilakukan di berbagai jenis tas, seperti koper, carrier dan jenis tas lainnya.

Pisahkan Barang yang Khusus
Hal yang perlu diperhatikan selanjutnya adalah pakaian khusus, seperti kaos kaki  dan dalaman. Usahakan pakaian khusus tersebut tidak digabungkan dengan pakaian yang lain. Karena jika digabungkan, akan menyulitkan ketika ingin mencari salah satu barang tersebut di dalam koper. Tak hanya itu, sisa kan juga ruang kosong untuk menempatkan sandal dan sepatu yang akan dibawa. Agar lebih praktis, mungkin kamu bisa memakai tote bag untuk menyimpan sandal dan sepatu. Jadi pakaian tidak akan mudah kotor.  Kalau nggak punya tote bag, bisa pakai tas kecil uituk khusus naruh sepatu atau sandal 

Bawa juga Tas Tambahan
Saya tuh termasuk sering banget bawa tas kecil yang bisa dilipat trus saya masukkan ke koper. Itu diluar tas lagi yang saya bawa untuk menyimpan barang-barang penting seperti dompet, power bank, laptop Dell, earphone, charger, dompet dan obat-obatan. Kalau ada tas tambahan, nggak tidak akan rempong untuk mencari barang-barang yang diperlukan karena sudah tersedia menjadi satu di dalam tas. 

Nah, itulah beberapa cara cermat packing barang bawaan agar muat di dalam koper yang bisa diakukan. Selamat liburan!







৪০টি মন্তব্য

Avatar
Mugniar ২৪/১১/১৯ ৩:৩৭ PM

Waah malah diajarin Eyang ya cara menggulung pakaian. Padahal biasanya ortu jaman old tahunya satu cara, dilipat rapi terus disusun deh. Eyangnya kekinian ya, Mbak Alida 😍

Reply Delete
Avatar
Mechta ২৪/১১/১৯ ৬:৫৩ PM

Sama mba..saya juga suka menggulung pakaian saat packing. Tapi...klo packing pulang sering gak tlaten nggulung2 lagi..hehe..

Reply Delete
Avatar
Okti Li ২৫/১১/১৯ ১২:৪২ AM

Liburan jangan sampai gagal hanya karena tertinggal barang yang penting ya. Mencatat dari jauh hari itu yang saya utamakan juga. Secara saya suka lupa. Hehehe ...

Reply Delete
Avatar
Shifu ২৫/১১/১৯ ২:০৪ AM

Pas banget nih lagi lagi cari-cari tips packing barang bawaan. Makasih mbak tipsnya.

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne ২৫/১১/১৯ ২:৫৭ AM

Kalau mpo masih bingung gulung baju tapi kalau bawa tas tambahan tidak pernah lupa. Soalnya buat oleh oleh.belanja itu menyenangkan

Reply Delete
Avatar
nurul rahma ২৫/১১/১৯ ৮:১০ AM

Yeeeppp, hawa liburan udah mulai kerasa ya Mbaaa
aku belakangan ini mengalami kesulitan kalo packing, soale aku keukeuh pengin bawa ransel aja TANPA koper, mba. Padahal tau ndiri lah, kalo baju hijaber itu kan segambreng :D belum lagi bajunya sidqi hihihi
Makasiii tipsnya ya mbaaaa

Reply Delete
Avatar
Yola Widya ২৫/১১/১৯ ৯:৪১ AM

Dulu saya heran kenapa baju digulung-gulung kalo pas kemping hehe

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai ২৫/১১/১৯ ১২:১৪ PM

Saya dulu paling gak bisa lho packing sepraktis mungkin. Selalu deh suami yang packing. Trus, diajari ma dia. Salah satunya dengan cara melipat seperti itu. Jadi sekarang saya terus yang packing meskipun saya gak suka hahaha

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai ২৭/১১/১৯ ২:৫৫ PM

Setuju dengan pakaian yang gak mudah kusut. Makanya kalau lagi traveling, saya seringnya pakai kaos

Reply Delete
Avatar
Andiyani Achmad ২৫/১১/১৯ ১:১৭ PM

aku agak freak kalo terkait packing, biasanya di dalam tas ada tas lagi dan dibuat per kategori, tujuannya biar rapi dan sesuai pemakaian

Reply Delete
Avatar
Echi Mustika ২৫/১১/১৯ ১:২৮ PM

Saya juga baju digulung'" mba saat masukan koper dan tidak baja baju yg mudah kusut kebanyakan kaos

Reply Delete
Avatar
Bety Sulistyorini ২৫/১১/১৯ ২:২৮ PM

Wah teknik menggulung ini paling kusukak, soalnya jadi ringkes. Koper pun jadi muat banyal. Cucok buat mak emak bawa krucils macam akuh

Reply Delete
Avatar
Natrarahmani ২৫/১১/১৯ ৫:০৭ PM

Aku tipikal ringkes kalo soal travelling. Jadi di lipet kecil banget buat satu koper besar muat untik 4 orang. Caranya dengan mox and match baju selama disana. Dan bisa opsi nyuci sendiri kalo liburannya lama

Reply Delete
Avatar
Prita HW ২৫/১১/১৯ ৮:৫৩ PM

Aku banget nih mbak digulung2 sama bbrp pake pouch organizer. Meski ga di koper, tp di backpack atau carrier kadangan. Perlu bgt rapi2 saat traveling buat mood ON terus, selain fungsinya emang berguna

Reply Delete
Avatar
Okti Li ২৫/১১/১৯ ৯:২০ PM

Bawa tas tambahan selalu saya lakukan kemana pun pergi. Soalnya paling sering bepergian bawa anak, pasti selalu saja banyak perintilannya. Hehehe tas tambahan ini berguna banget lho

Reply Delete
Avatar
Inda Chakim ২৫/১১/১৯ ৯:৫৭ PM

Yup sebentar lagi akhir tahun. Rencana2 liburan pun sdh dirangkai dr sekrg. Aku, begitu. Hehe. Pengen praktekin yg pakek pouch gitu. Rapi banget dan kayaknya memudahkan kalau mau nyarik atau ambil brg yg dibawa. Makasih sharenya ya umik

Reply Delete
Avatar
Yuni Handono ২৬/১১/১৯ ৪:০৩ AM

Saya blm pernah melipat pakaian seperti ini kalau lagi traveling mbak. Sepertinya ini lebih praktis dan bisa membawa lebih banyak pakaian ya. Terimakasih tipsnya yang bermanfaat mbak.

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi ২৬/১১/১৯ ৪:০৮ AM

Baju di gulung gini berlakunya hanya bisa pada baju Abi.
Untuk bajuku dan anak-anak, rada bingung, kak...soalnya gamis dan khimr gitu.
Tetep menggendats gitu, hiikks~

Reply Delete
Avatar
Siti Hairul Dayah/ catatansiemak ২৬/১১/১৯ ৬:৪৬ AM

Andalanku digulung. Legit praktis dan muat banyak. Oia aku juga sekarang kalo bepergian pasti nyelipin tas belanja di koper atau ransel

Reply Delete
Avatar
Lidya Fitrian ২৬/১১/১৯ ৯:০৪ AM

AKu malas packing mbak, dulu malah kalo mau pergi yg packing suamiku hihihi diajarin digulung. AKu kadang sekarang pakai pocuh atau pakai plastik yang di vacum itu loh

Reply Delete
Avatar
Ida Raihan ২৬/১১/১৯ ৯:২২ AM

Mencatat. Noted.

Sering ketika sudah di perjalanan tetiba baru inget ada yang ketinggalan. Mau balik lagi dah jauh. Gak memungkinkan. Kalo pun masih deket, kalo liburannya bareng temen juga gak enak minta mobil puter balik buat ambil barang kita. Hew.

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta ২৬/১১/১৯ ১০:১৩ AM

Nah, tips ini nih yang saya butuhkan. Soalnya selama ini kalau liburan gitu barang sering nggak muat di koper. So mau terapkan ah terutama poin baju yang digulung itu. Ternyata lehih melonggorkan dan keliatan rapi ya kalau bajunya digulung.

Reply Delete
Avatar
Nia K. Haryanto ২৬/১১/১৯ ১০:২৭ AM

Wah, noted deh tipsnya. Aku nih sering kesusahan kalo packing baju2 suami. Jadinya, ujungnya banyak yang ditinggal. Hadeuh, payah. :)))

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri ২৬/১১/১৯ ১০:৪৪ AM

Aku tuh masih suka bingung menggulung baju wkwkwkwk :D Kayaknya bisa muat eh tapi kok masih perlu bawa kopor lain lagi ya? Untuk kamera, lapotop dll memang mesti ada tas khusus supaya aman juga.

Reply Delete
Avatar
Leha Barqa ২৬/১১/১৯ ১:১৫ PM

Untuk prepare barang bawaan idem mbak, aku juga catat barang yg mau aku bawa.
Nah kesulitan di packing nih mbak, secara lebih suka pake ransel ketimbang koper 🙄

Reply Delete
Avatar
Rizka Edmanda ২৬/১১/১৯ ১:৫৮ PM

Kalau aku pribadi malah kurang suka pake organizer karena menurutku malah makan tempat, ga bisa nyelip nyelipin barang lain gitu hihi

Reply Delete
Avatar
Silvia Putri ২৬/১১/১৯ ৩:৫৩ PM

Aku ya, sudah berusaha untuk tetap bisa muat dengan koper yang kecil. Tapi kalau udh mau balik dari liburan, tetap aja butuh tas tambahan. hahaha

Reply Delete
Avatar
April Hamsa ২৬/১১/১৯ ৬:৩৭ PM

Itu gambar pouchnya bikin galfok, soalnya tadi sempet liat iklannya di timeline, buat baju sendiri, celana sendiri, underwear sendiri :D
BTW aku skrng kalau masukin baju ke koper gak taklipet tapi takgulung juga gtu, mbuh sapa yang memulai, tapi bisa muat banyak :D

Reply Delete
Avatar
April Hamsa ২৮/১১/১৯ ৮:৪৪ AM

Aku juga mesti bawa tas tambahan biasanya buat diisi gadget, camilan, juga bawaan yang sekiranya dibutuhkan yg bisa bikin memudahkan mengambilnya.

Reply Delete
Avatar
Zahra ২৬/১১/১৯ ৮:৩০ PM

Aku taunya baju digulung2 pas dulu summit semeru. Liat temen pada packingannya begitu ternyata aslik praktis dan jadi lbh ringkas sih,

Reply Delete
Avatar
Indrifairy ২৬/১১/১৯ ৮:৪১ PM

Nah penting ya ternyata pakai pouch organizer begini jadi rapih saat menyusun barang bawaan ke dalam koper apalagi daleman yang suka bikin isi koper jadi berantakan

Reply Delete
Avatar
Fenni Bungsu ২৭/১১/১৯ ৮:৪০ AM

Cara menggulung pakaian itu memang trik yang jitu mbak, soalnya daku udah pernah mencoba. Jadi didalam lipatan kain masuk in juga koran biar gak kusut

Reply Delete
Avatar
Irena Faisal ২৮/১১/১৯ ৭:৫৮ AM

Gulung pakaian terutama hijab dan pakai pouch khusus juga jadi andalan ku buat packing mbak :)

Reply Delete
Avatar
Ria Andika ২৯/১১/১৯ ৫:৫৪ AM

Liburan di depan mata bgt nih, aku udah nerapin nih kak tips diatas saat packing and it works, cuma kalo bagian gulung baju aku serahkan ke suami, ahli ngulung baju krn dipress bgt

Reply Delete
Avatar
Visya Al Biruni ৩০/১১/১৯ ৪:১৬ PM

Jadi ingat pengalaman pengabdian ke Sukabumi, tas udah ga muat, bawan masih ada tapi kemudian dibantu teman packing dengan cara digulung dan ajaib jadi muat, haha.

Reply Delete
Avatar
Qoty Intan Zulnida ১/১২/১৯ ৬:৪৬ AM

Tipsnya manfaat banget njih buat persiapan liburan akhir tahun... yeay! tapi bagi yang punya bayi macam saya ini pastinya lebih rempong lagi deh bawaannya hehehe

Reply Delete
Avatar
Tika Samosir ১/১২/১৯ ১১:১৯ AM

Aku juga kalau lipat baju ke koper pasti dirapikan seperti itu. Jauh lebih banyak muatannya dan enak lihatnya. Kan jadi pengen liburaan deh kalau lihat koper begini.

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia ২/১২/১৯ ৬:২২ AM

yap saya bawa bajunya yg anti kusut jd walau diuwel2, tetep oke. selain itu jg cari yg bahannya cepat kering kalau kena air, bs abis dicuci gak lama jemurnya

Reply Delete
Avatar
Grandys ২/১২/১৯ ১১:৪২ AM

Memang koper itu teman travelling paling pas banget kalo buat packing. Dan PR buat aku lipet-lipet kecil buat gamis haha

Reply Delete
Avatar
Eka Rahmawati ৪/১২/১৯ ৫:১২ AM

Yang tips pouch orginizer aku belum pernah coba Mba. Tapi jadi lebih ringkas ya. terus barang bawaan juga gak berantakan. hehehe

Reply Delete