Berkunjung ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada di Lampung

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Berkunjung ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada di Lampung


Sebetulnya kedatangan saya ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada di Lampung itu tak sengaja. Ceritanya begini, selepas menghabiskan waktu seharian di Pulau Pahawang, kami pun memilih istirahat di Bandar Lampung hingga keesokan hari sebelum kembali ke Jakarta. Tapi pagi harinya, suami menawarkan untuk ke salah satu tempat wisata di Lampung yang bisa dikunjungi.

Oh ya, kami dari Jakarta ke Pulau Pahawang dan Bandar Lampung menggunakan kendaraan pribadi. Tapi teman-teman bisa cek sewa mobil hemat di Traveloka untuk menuju ke Lampung. Ada banyak pilihan jenis kendaraan yang bisa dipilih plus lengkap dengan informasi harga sewa mobil per hari.
 
Salah satu sudut Taman Kupu-Kupu
Sekarang akses ke Lampung semakin mudah dan nyaman. Dari Jakarta naik mobil dan kemudian dilanjutkan dengan naik kapal eksekutif Merak-Bakeuhuni dan dilanjutkan lewat tol. Akses dari pelabuhan Bakeuhini, Lampung ke Taman Kupu-Kupu Gita Persada di Lampung sekitar satu jam lebih.

Sebelumnya kami sempat searching soal tempat wisata di pusat kota Lampung. Dan bersyukur banget akhirnya mendapat informasi soal Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini. Berbekal waze, kami pun tiba di Taman Kupu-Kupu Gita Persada.
 
Saya di salah satu Taman Kupu-Kupu 

Suasana amat sangat sepi ketika pertama kali kami tiba. Hanya ada satu dua mobil yang terparkir. Udara di kawasan amat sangat sejuk. Saat turun dari mobil, kami langsung dihampiri penjaga Taman Kupu-Kupu Gita Persada untuk membeli tiket masuk sebesar Rp 10 ribu per orang.

Tentang Taman Kupu-Kupu Gita Persada di Lampung

Jadi, Taman Kupu-Kupu Gita Persada Lampung ini didirikan oleh Ibu Herawati Soekardi. Kecintaannya kepada kupu-kupu dimulai pada tahun 1997. Bersama sang suami, ia pun berburu kupu-kupu berwarna warni. Ia semakin rajin mencari buku-buku tentang kupu-kupu di dalam dan luar negeri.

Salah satu suvenir yang ada
Dari semula hanya mendata kemudian beralih dengan upaya melakukan pengawetan kupu-kupu. Namun sayangnya terkendala informasi sehingga ia memilih membuka penangkaran kupu-kupu di rumah. Selain itu ia membuka lahan hutan yang sudah rusak ntuk dijadikan taman penangkaran kupu-kupu.

Saya sekeluarga minus papa yang memilih nyantai di luar

Karena kebiasaannya mengamati, meneliti, mengawetkan dan mengonservasi kupu-kupu, ia meraih gelar doktor pertama di bidang kupu-kupu. Tahun 1999, Taman Kupu-Kupu didirikan tepatnya di kawasan kaki Gunung Betung, Bandar Lampung.

Taman ini dibangun di atas kebun singkong, kakao dan kopi. Saat itu hanya ditemukan ada 7 spesies kupu-kupu namun kini ada lebih dari 184 spesies kupu-kupu sumatera di sini.
 
Taman Kupu-Kupu Gita Persada


Awalnya, Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini tidak dibuka umum jadi hanya untuk wisata pendidikan saja. Tapi sekarang, Taman Kupu-Kupu Gita Persada ini sudah dibuka untuk umum sehingga dapat dinikmati oleh khalayak luas. Taman Kupu-Kupu ini terletak di Desa Alo, Kelurahan Sumber Agung, Kecamatan Kemiling, Lampung.

Pertama datang, kami menuju museum kupu-kupu yang terletak tepat di depan pintu masuk Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Lantai pertama ada berbagai souvenir yangdijual seperti pin, kalung-kalung, gantungan kunci dan lain-lain.





Tapi sayangnya tak ada yang menjaga sehingga kami tak bisa mencari informasi banyak soal souvenir yang dijual. Bapak suami mengajak kami untuk menaiki satu per satu tangga melingkar yang terbuat dari kayu.

Di lantai dua, lebih banyak informasi soal kupu-kupu. Keindahan kupu-kupu ditampilkan di pigura-pigura kaca yang ditempel di dinding-dinding. Selain ada kupu-kupu yang diawetkan, juga ada berbagai lukisan-lukisan kupu-kupu yang sungguh memikat mata. Penataannya terlihat rapi dan tak hanya kupu-kupu yang telah diawetkan saja yang ditampilkan tapi juga informasi soal kupu-kupu pun tersedia.



Pas buat nyantai

Misalnya soal informasi fakta-fakta kupu-kupu seperti :  
  • Kupu-kupu adalah serangga yang mempunya dua pasang sayap, tiga pasang kaki dan sayap yang bersisik
  • Kupu-kupu terbang aktif pada siang hari
  • Jumlah spesies kupu-kupu tidak kurang dari 28 ribu spesies dan 80 persen berada di daerah tropis
  • Setiap kawasan memiliki keragaman spesies kupu-kupu yang berbeda.

Saya sarankan untuk duduk di kursi-kursi kayu memanjang yang terletak di balkon berlantai kayu. Sambil menikmati semilir udara sejuk, kita juga akan menyaksikan pemandangan hijau yang sungguh menyegarkan mata.

Ingin melihat penangkaran kupu-kupu di Taman Kupu-Kupu Gita Persada  Lampung? Langkahkan kaki ke arah belakang dan tampilan hutan kota yang dihiasi dengan berbagai hiasan khas kupu-kupu tersaji. Mulai dari foto ala kupu-kupu hingga berbagai mainan khas anak.

Penangkaran kupu-kupu berada di ruangan khusus yang bisa membuat kita melakukan interaksi langsung dengan kupu-kupu. Tapi jangan lupa untuk selalu menutup pintunya setelah masuk agar kupu-kupu tak keluar.
 
Bapak di hutan Taman Kupu-Kupu Gita Persada
Selain itu, di penangkaran kupu-kupu kita juga bisa melihat bagaimana proses perkembangan kupu-kupu memulai hidupnya dari telur, kemudian menetas menjadi ulat. Nah ulat ini akan bertumbuh kembang menjadi besar hingga 100.000 kali. Setelah ulat cukup besar, akan menjadi kepompong. Fase kepompong ini adalah fase penting bagi kupu-kupu. Dan di fase ini kupu-kupu akan mengubah seluruh organ tubuhnya menjadi kupu-kupu dewasa.

Untuk terbang, kupu-kupu butuh sinar matahari, jadi pagi harinya akan hinggap dengan sayap terbuka dan menggumpulkan sinar matahari. Biasanya kupu-kupu paling aktif mereka terbang dari jam 10 sampai jam 2 siang. Nah di sore hari, kupu-kupu akan mencari tempat aman untuk tidur.
 
ala Prewed :)
Setelah di penangkaran kupu-kupu, saya dan suami kemudian melangkahkan kaki ke bagian dalam Taman Kupu-Kupu Gita Persada. Kondisinya masih sangat asri seperti layaknya hutan asri yang belum terjamah. Apalagi ada kursi-kursi santai bahkan ayunan yang membuat kita semakin menikmati pemandangan serta suasana yang sangat asri.
 
Pemandangan dari balkon lantai 2 
Setelah menghabiskan waktu sekitar hampir 1,5 jam di Taman Gita Persada Kupu-Kupu, Lampung kami pun memutuskan untuk langsung menuju Bakeuhuni untuk bisa langsung kembali ke Jakarta.

Sungguh tak menyesal bagi kami berkunjung ke Taman Kupu-Kupu, Lampung. Andaikan bisa datang lagi ke Lampung, tempat ini akan menjadi salah satu tujuan. 


৬০টি মন্তব্য

Avatar
Susindra ১৬ অক্টোবর, ২০১৯ ১০:০৭:০০ PM

Taman kupu-kupu ini, termasuk yang saya incar kalau ke Lampung, Mbak. Karena sangat unik dan sulit dicari di kota lainnya.
Tempatnya juga bagus untuk foto-foto gitu ya,

Aah.. jadi ingat cerpen teman tentang kupu-kupu dengan setting di sini.

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati ১৬ অক্টোবর, ২০১৯ ১০:১৬:০০ PM

Kalau ke Lampung ga mesti ke pantai atau lihat gajah, penangkaran kupu-kupu begini bisa dikunjungi wisata juga.

Reply Delete
Avatar
Siti Mustiani ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ৮:৪৪:০০ AM

Baru tahu kalau di Lampung ada taman kupu-kupu seperti ini. Aku belum pernah ke Lampung sih, tapi sepertinya taman ini bisa jadi bucket list aku kalau explore Lampung. Btwe, terima kasih informasinya ya mbak... sangat menarik

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ১১:১৮:০০ AM

Wah, jarang2 ada tulisan kayak gini mbak Al. Aku sukaaa 😍 Keren ya ada ug meraoh gelar doktor pertama di bidang ini. Apresiasi banget buat beliau. Nah kalau sudah dibuka untuk umum kan enak ya siapa aja boleh masuk ke taman kupu2 ini. Yang langka pasti mahal ya. Asri bener tempatnya.

Reply Delete
Avatar
Ana Ike ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ১২:৫১:০০ PM

Aku belum pernah main ke penangkaran kupu-kupu. Pasti keren banget ya, lihat kupu-kupu terbang kesana kemari. Kapan ya bisa main ke Lampung? Mupeng ih lihat hutannya. Keren

Reply Delete
Avatar
nurul rahma ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ২:১৪:০০ PM

Mbaaa aku takjub dgn cara dikau membagi waktu.
Berkarir, ngeblog, dan acara family traveling teteup lancar jaya.
kalo aku kok kayak ngga bisa balanced semua gitu yhaaaa hiks hiks.
btw, ini taman kupu2nya cihuyyy amat. bisa released stress banget
--bukanbocahbiasa(dot)com--

Reply Delete
Avatar
Mugniar ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ২:২৩:০০ PM

Masya Allah. 184 jenis kupu-kupu di penangkaran? Wuih pasti Indah sekali ya. Di Sul Sel juga ada penangkaran kupu-kupu tapi belum pernah lihat. Pengen lihat euy, kebayang keindahan melihat banyak kupu-kupu beterbangan. Eh, apakah seperti itu, ya?

Reply Delete
Avatar
tantiamelia.com ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ২:৪৯:০০ PM

aku baru tau loh kupu kupu itu lebih aktif di pagi dan siang hari. Di SDC Serpong ada taman kupu kupu juga, waktu itu sama anak anak ke sana

mereka heran (serius, heran!) lihat ada kupu kupu. Jaman now, kupu-kupu udah nyaris punah, kan? Di rumahku aja udah ga pernah ada kupu-kupu, padahal rumahku depannya persis itu sawah yang menggenang jadi danau gitu.

Reply Delete
Avatar
Ucig ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ৩:০৭:০০ PM

Aku suka kupu2.. anak2 jg. Adem banget sejuk brasa ksini nih mba hihii. Jadi dulunya tempat pendidikan aja ya, akhirnya utk tempat wisata. Itu foto ala2 prewed. Ihiiiy ihiy

Reply Delete
Avatar
Farida Pane ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ৪:১৬:০০ PM

Luas juga ya, lahannya. Pasti asyik nih, kalau bisa melihat berbagai koleksi kupu2 yang ada.

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ৪:৪৯:০০ PM

Kupu-kupu aslinya tidur apa ya? Gak ada yang kelihatan, hahaha

Aku udah lama gak lihat kupu-kupu. Ingin juga ke penangkaran karena kupu-kupu yang cantik sudah jarang banget

Reply Delete
Avatar
Perempuan Unik ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ৪:৫১:০০ PM

Ah, jadi belum dibuka untuk umum ya. Tapi setuju sih karena sekarang kan banyak yang datang hanya buat foto2. Kalau buat pendidikan ya gak masalah

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ৮:১৩:০০ PM

Saya juga pernah mudik ke lampung dan Palembang dengan jalan darat dari Bogor ke Jakarta terus ke pelabuhan merak. Pertama kali naik kapal Fery deg degan banget heuheu. Btw baru tahu ada penangkaran kupu kupu di taman kupu kupu, nanti kalau ke Lampung lagi mau ke sini insyaInsya

Reply Delete
Avatar
Jeanette Agatha ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ৮:২৬:০০ PM

Bagus sekali tempatnya, mbak. Jadi bisa mengenal berbagai jenis kupu2 yang ada ya :)
Spot untuk fotonya juga banyak :)

Reply Delete
Avatar
April Hamsa ২১ অক্টোবর, ২০১৯ ৩:২৮:০০ PM

Wah iya ya, kalu bawa anak ke sana bisa jadi salah satu wisata edukasi yang bagus banget sehingga anak2 mengenal kalau kupu2 itu banyak banget ragamnya :D

Reply Delete
Avatar
Farida Pane ১৭ অক্টোবর, ২০১৯ ১০:৩৪:০০ PM

Aku pasti bakal seneng banget di sini. Gampang ngga sih buat fotoin kupu2nya?

Reply Delete
Avatar
Syarifani Mulyana ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ৪:৫৮:০০ AM

Suasana rumahnya asri banget, adem gitu rasanya. Disana jual souvenir berupa pigura kupu-kupu yang diawetkan juga kah mba ? Rasanya kok cantik dijadikan hiasan di dinding rumah.

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ৪:৫৯:০০ AM

Asyik banget ya berkunjung ke taman kupu-kupu, bisa mempelajari dan berinteraksi dengan kupu-kupu yang cantik-cantik... Di cimahi ada taman kupu-kupu, tapi nama cafe bukan penangkaran kupu-kupu, hiks...

Reply Delete
Avatar
Komi Kendy ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ৭:৩৫:০০ AM

Penasaran sama taman kupu kupu ini.. Bawa anak bisa jadi arena edukasi ya mom. Mudah mudahan ada kesempatan ke Lampung berkunjung ke taman ini

Reply Delete
Avatar
Widyanti Yuliandari ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ৭:৪৮:০০ AM

Aku baru tahu kalau di Lampung ada Taman Kupu-kupu. Pengin juga suatu saat ke sana. Asyik banget itu tempat nongkrong-nongkrongnya :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ৮:৫৫:০০ AM

Sejak dibuka untuk umum, tentu peminatnya makin bertambah ya mbak untuk berkunjung ke taman kupu2 ini? Tapi kelihatannya masih sepi hihihihi. Seru ya mbak Al pas ke Lampung sekalian melihat2 koleksi kupu2 cantik. Aku mau ah ajak anak2 siapa tau ada kesempatan ke sana. Yang langka pasti mahal ya :D

Reply Delete
Avatar
Mutia Erlisa Karamoy ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ১০:৪৭:০০ AM

Ya ampun, aku aja yang kampung halamannya di Lampung belum pernah mampir di Taman Kupu-kupu ini, cuma numpang lewat doang soalnya agak kesanaan dikit ada lokasi wisata Lembah Hijau, tapi yah itu...kalau musim liburan macet dan bikin ngak nyaman, ntar kalau pulang ke Lampung mau mampir ke sini ah, soalnya lokasinya juga ngak terlalu jauh dari pusat kota Bandar Lampung.

Reply Delete
Avatar
Bang Day ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ১১:২৯:০০ AM

Lampung ternyata tidak hanya Gajah yah... asik suasana hutan2 kecilnya. Anak2 pasti betah bermain dan belajar tentang kupu2

Reply Delete
Avatar
Lusi ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ১:১৮:০০ PM

Wah bagus. Aku belum pernah eksplor Lampung. Yang udah cuma mampir makan bakso son haji aja. Kapan2 lewat Lampung harus disempetin eksplor nih.

Reply Delete
Avatar
Nanik Nara ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ১:৩৬:০০ PM

Bagus banget tempatnya buat foto-foto ya, sampai bisa foto ala prewed hehehe....
Suasananya asri. Semoga tempatnya makin terawat dan makin banyak petugas yang bisa memandu para pengunjung ya mbak

Reply Delete
Avatar
Nefertite ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ৫:১৬:০০ PM

Sudah lama baca tentang Taman Kupu-kupu di Lampung ini, ternyata tempatnya bagus ya, asri.
Sekarang kuu-kuu makin langka, nggak kaya dulu sering banet ihat kupu-kupu.
Dengan datang ke Taman Kupu-kupu ini kita jadi tahu ya, betpa banyak kupu-kupu yang ada di negeri ini.

Reply Delete
Avatar
Ria Fasha ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ৬:১৮:০০ PM

wah pasti seru bisa main kesini, suasananya asri juga banyak jenis spesies kupu-kupu. PAsti cantik banget deh
itu yang pajangan dalam bingkai itu kupu-kupu asli ya mba lid

Reply Delete
Avatar
Mutiara Fhatrina ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ৬:২৬:০০ PM

waaaahh aku jadi kepengen kesana. tempatnya asri banget ya mbak. cocok utk liburan bersama keluarga

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu ১৮ অক্টোবর, ২০১৯ ৯:০৭:০০ PM

Nti klo pas travellingan ke Lampung aku mau mampir k taman kupu2 kepingin dari dekat lihat bnyak species kupu2

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ১২:২১:০০ AM

Ke Lampung aku baru sekali mbak.. dan itu didaerah metro, masih kotanya dan deket pelabuhan.. semoga suatu hari nanti bisa ke lampung lagi dan bisa berkunjung ke taman kupu kupu gita persada juga ya mbak.. aamiin

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ১:৫৯:০০ AM

Tempatnya bagus banget mbak dan jadi pengen datang langsung, mulai dari dekorasi sampai ke gantungan kunci semua jenis kupu2 cantik.

Reply Delete
Avatar
Mpo Ratne ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ৩:৫৮:০০ AM

Taman kupu kupu gita persada merupakan bentuk kecintaan seorang yang mencintai kupu-kupu. Untungnya harga tiket murah

Reply Delete
Avatar
Afifah Mazaya ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ৫:২৫:০০ AM

Baru tau kupu-kupu butuh sinar matahari untuk terbang. Kayaknya, tempatnya enak untuk mendapatkan udara yang cukup bersih.

Reply Delete
Avatar
Maliha ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ৫:৫৮:০০ AM

Liat Kupu2 di Jakarta sekarang udah jarang banget habibatnya, seneng banget ya wisata ke tempat habitat kupu2 yang masih lengkap yang berada di Lampung

Reply Delete
Avatar
Siska Dwyta ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ৬:০১:০০ AM

Kalau ngomongin taman kupu-kupu, jadi ingat Bantimurung di Maros yang terkenal juga sebagai kawasan penakaran Kupukupu. Ternyata di Lampung juga ada ya. So bisa jadi referensi juga buata saya nih kalau ada kesempatan jalan-jalan ke Lampung.

Reply Delete
Avatar
Yoanna Fayza ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ৬:৫৬:০০ AM

Sudah lama penasaran dengan Taman Kupu-Kupu di lampung ini, sayang jauh banget dari Jogja dan belum punya kesempatan main ke Lampung. Tempatnya dem banget yaa mba :)

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ১০:৫৩:০০ AM

Wahh asri banget ya mba tempatnya. Beneran bisa buat edukasi anak2. Sekalian bisa buat tempat wisata nih, wisata edukasi judulnyam

Reply Delete
Avatar
Ibadah Mimpi ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ১২:২৫:০০ PM

Wahh keren! Kami baru tau ada tempat kece kek gini di Lampung. Kayaknya boleh nih dimasukin dalam daftar whistlist...

Reply Delete
Avatar
HENI Ajaa ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ১:৩৬:০০ PM

Selamat datang di Bandar Lampung mbaa.. Kebetulan sy wrga sini.. Sy udh sempet main disini tp blom smpt tulis.. Foto udh kelamaan di simpen... Mari kunjungi wisata lainnya disini.. Jg kuliner nya yg murah meriah juga sedappp... Kapan" mampir lagi yaa disini 😄

Reply Delete
Avatar
Khoirur Rohmah ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ১:৫৪:০০ PM

Aku suka banget sama sosok ibu Herawati Soekardi, kecintaannya pada kupu-kupu bisa sampai tercipta taman kupu-kupu Gita Persada, Mbak
Lihat gambarnya aja, tempatnya beneran ijo royo royo dan cocok buat pengunjung pun bisa melihat kupu-kupu di hutan itu ya mbak, hheee
TFS Mba

Reply Delete
Avatar
Aprillia Ekasari ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ২:২৮:০০ PM

Aku jd inget drama Jepang ttg peneliti kupu2 itu. Kupikir di Sulawesi aja ada taman kupu2 ternyata di Lampung juga ada. Noted nih kapan2 kalau ke Lampung bisa jd destinasi yg bisa dikunjungi.

Reply Delete
Avatar
Nunung yuni ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ৬:৫১:০০ PM

Mbak..kalau ke Lampung gitu butuh berapa jam ya dari Jakarta sampai Lampung plus nyebrangnya? Kapan kapan pengin jalan jauh juga . Tengkyu mbak.

Reply Delete
Avatar
Ainhy Edelweiss ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ৭:০০:০০ PM

Taman kupu-kupunya cantik banget kak, jd teringat tempat wisata yang ad di Bantimurung, Sulsel, ad jg taman kupu2 kayak gini

Reply Delete
Avatar
Lidha Maul ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ৭:২২:০০ PM

Saya pun sungguh tak akan menyesal bila bisa ke taman ini mbak :D
Dulu di rumah saya banyak kupu-kupu sering mampir, yang besar yang kecil. Sekarang cuma kupu-kupu buah (yang punya niat makan buah) karena bunganya udah nggak ada :(
Cakep ya tempatnya. Saya mikirin anak2 sekarang ada juga ternyata yang belum pernah lihat kupu-kupu.

Reply Delete
Avatar
Aswinda Utari ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ১০:৫৪:০০ PM

Duh, udah lama banget pengen ngajak anak aku ke taman kupu kupu. Tp blm kunjung terealisasi. Bagus banget ya mba tempatnya. Aku berharap di daerahku bakal ada inovasi tempat kupu kupu begini juga.

Reply Delete
Avatar
April Hamsa ১৯ অক্টোবর, ২০১৯ ১১:৪১:০০ PM

Kalau ada kupu2 biasanya identik dengan masih banyak pohon dan bunga ya mbak Al. Tempatnya kyknya asri gtu di sana. Di sana pastinya bikin betah :D

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti ২০ অক্টোবর, ২০১৯ ১:১০:০০ AM

Ternyata ga jauh dari Bandar Lampung ya letaknya. Kapan hari pas ke Lampung aku melewati nih daerah Kemiling, tau gitu bisa maen dulu ke situ dan menikmati kecantikan kupu-kupu.

Reply Delete
Avatar
Tika Samosir ২০ অক্টোবর, ২০১৯ ১:৪৪:০০ AM

Taman kupu-kupu ini bisa menjadi tempat wisata menyenangkan ya mba. Sejatinya keindahan kupu-kupu selalu terpancar yang bikin tertarik untuk mengunjunginya.

Reply Delete
Avatar
Dee_Arif ২০ অক্টোবর, ২০১৯ ৮:২৫:০০ AM

Jalan jalan kesini enak ya, segar..

Lalu bisa lihat macam macam kupu kupu..

Smg ada kesempatan main ke lampung

Reply Delete
Avatar
Irra Octaviany ২০ অক্টোবর, ২০১৯ ৪:১৮:০০ PM

Lucu banget ya taman kupu-kupu, bisa jadi referensi kalau nanti main ke Lampung nih. Dulu sempet nonton di berita bahas taman ini. Jadi penasaran.

Reply Delete
Avatar
Nabila Cahya Haqi ২০ অক্টোবর, ২০১৯ ৭:০৮:০০ PM

Dari Jakarta ke Bandar Lampung berapa jam mbak? Emang deket ya naik kapal? Gini ini rasanya pengen buka peta, hehe

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu ২০ অক্টোবর, ২০১৯ ১০:৫২:০০ PM

Taman kupu-kupu ini bagus banget mbak dan berbagai souvernirrnya pun berbentuk kupu2 lucunya euy.

Reply Delete
Avatar
Antung apriana ২১ অক্টোবর, ২০১৯ ৫:২২:০০ AM

Baru tahu ada taman kupu-kupu di Lampung. Penasaran nih saya pengen lihat kupu-kupu yang terbang

Reply Delete
Avatar
Rani R Tyas ২১ অক্টোবর, ২০১৯ ৬:৩৬:০০ AM

Menurutku daripada diawetkan ya emang bagus dilakukan penangkaran ya Mbak? Jadi lebih banyak lagi kupu-kupu yang akan berkembang.

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti ২১ অক্টোবর, ২০১৯ ১০:২৬:০০ AM

asik banget ummi ke Lampung ada sewa mobil juga yah, wkatu ke Lampung aku naik pesawat sih *ya ampun pamer bener ni orang wkwkwkwk* jadi ga tau juga ada rute mantuul..

sayangnya juga pas ke Lampung ga banyak eksplor :(

Reply Delete
Avatar
Farhati Mardhiyah ২১ অক্টোবর, ২০১৯ ১০:৪৫:০০ AM

Pernah ke lampung tapi belum pernah ke tempt wisatanya krena cuma sehari dong kondangan, padahal ada banyak tempat yg bisa dieksplore kaya taman kupu-kupu ini asri banget

Reply Delete
Avatar
elva susanti ২১ অক্টোবর, ২০১৯ ১১:৩৬:০০ AM

Jadi pengen ke taman kupu2, pasti seru banget kl kesana bareng keluarga. Saya belum pernah ke Palembang :(

Reply Delete
Avatar
Grandys ২২ অক্টোবর, ২০১৯ ১১:৪৪:০০ AM

aku waktu ke Taman kupu-kupu kayaknya sewaktu di Jatim Park sewaktu masih kuliah, jadi ada beberapa jenis aja kupu-kupunya. Kalo nanti aku k Lampung, bisa nih sehabis dari Pahawang.

Reply Delete
Avatar
Handriati ২২ অক্টোবর, ২০১৯ ১০:০৪:০০ PM

Wah keren, anak-anakku lagi seneng ma kupu-kupu nih mba. Kalau diajakin kesini pasti excited banget hihihi

Reply Delete
Avatar
Efa Butar butar ২৪ অক্টোবর, ২০১৯ ৯:৩০:০০ AM

Ahhh, seru banget. Habis liat laut langsung liat kupu-kupu. Aku belum kesampaian ke taman kupu kupu ini nih, soalnya tiap kali ke Lampung, pasti ujung ujungnya ke laut. Hehehe

Reply Delete