Menu Buka Puasa dengan Selai Kacang Skippy

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Menu Buka Puasa dengan Selai Kacang Skippy


Masih binggung dengan menu buka puasa ? Sama. Hihihi. Sebetulnya walaupun sudah sering membuat aneka kreasi makanan untuk buka puasa, tapi tetap saja saya binggung mau masak apa. Buat saya, menyiapkan menu buka puasa itu harus nggak ribet, bergizi, enak dan di sukai keluarga. Tapi ya karena sering menyiapkan  nyetok aneka bahan makanan, maka ada aja ide yang terlintas untuk memasak dengan menggunakan bahan makanan yang ada.

Selai Kacang Skippy kesukaan saya
Salah satu bahan makanan yang selalu ada adalah selai Skippy. Selai kacang Skippy (skippy peanut butter). Selai Skippy ini boleh dibilang adalah kesukaan saya sekeluarga makanya hampir selalu ada dalam salah satu daftar belanjaan kami. Apalagi, selai skippy ini juga bisa di temui di berbagai mini market yang dekat dengan rumah saya. Saya terkadang membeli selai kacang skippy di minimarket dekat rumah atau di toko langganan belanja bulanan kami sekeluarga.

Mengapa saya selalu menyediakan selai kacang Skippy di rumah ? Selai kacang Skippy mengandung kacang 85%, gula, minyak kacang, penstabil nabati (mengandung minyak kedelai) dan garam. Dikutip dari Narita, selain karena enak, selai kacang juga memiliki berbagai manfaat yang baik untuk kesehatan tubuh.

Menjaga kesehatan jantung

Ingin jantung tetatp sehat, konsumsi selai kacang mampu membantu menjaga kesehatan jantung. Mengapa? Karena selai kacang mengandung asam p-coumaric yang bisa membantu mengimbangi kerusakan yang dilakukan pada sel-sel yang terkait penyakit kardiovaskular


Menurunkan berat badan

Jika ingin berat badan tetap terjaga baik, konsumsi selai kacang sangat bermanfaat untuk menekan rasa lapar sehingga tidak makan dalam jumlah banyak. Adanya kombinasi serat 2,6 gram per porsi dan protein 1-8 gram per porsi membuat selai kacang bermanfaat untuk diet.

Memenuhi Kebutuhan gizi

Tahu nggak kalau setiap dua sendok makan selai kacang mengandung lebih dari 8 gram protein, 2 gram serat makana, 208 miligram potasium, 188 kalori ? Selain itu juga mengandung lebih dari setengah gram zat besi. Ini tentu sangat bermanfaat untuk kebutuhan gizi tinggi.

Resep Buka Puasa menggunakan selai kacang skippy

Menggunakan selai kacang skippy itu buat saya sangat menambah cita rasa. Apalagi ada banyak resep buka puasa yang bisa dicoba untuk dapat dinikmati bersama keluarga. Tapi ya saya pengennya menu buka puasanya menggunakan resep makanan yang mudah dibuat serta bahan-bahannya nggak sulit untuk di peroleh.

Selai kacang 

Resep pertama yang saya buat adalah pisang gepeng lapis selai kacang Skippy. Kami penggemar berat pisang sehingga pas tahu ada resep baru yakni pisang gepeng, saya pun tertarik untuk membuatnya di rumah. Bikin pisang gepeng ini mengingatkan saya dengan pisang gepe (gepe adalah bahasa ambon dari kata gepeng) yang mudah di temui di Ambon. Tapi saya buat dengan kreasi pilihan saya. Bahan-bahannya mudah banget karena hanya pakai tiga bahan saja.

Resep Pisang Gepeng Selai Kecang  

  • Bahan-bahan :
  • Pisang cavendish
  • Selai kacang Skippy
  • Tepung bumbu pisang goreng


Cara Membuat :

Pertama-tama, bagi pisang menjadi dua bagian melebar. Setelah itu, masing-masing pisang di tipiskan. Pisang ditipiskan hingga agak tipis. Saran saya sih jangan terlalu tipis biar tidak hancur. Jangan lupa pisang di alasin plastik terlebih dahulu biar tidak menempel dan hancur.

Setelah itu, olesin selai kacang Skippy di atas pisang yang telah di tipiskan. Olesin selai kacang secara merata di atas pisang yang telah di tipiskan dan kemudian tumpukan dengan pisang lain yang juga telah di tipiskan.
 
pisang dipipihkan 
Kemudian masukkan pisang itu di tepung bumbu pisang yang telah di campir air. Jika telah rata, masukkan ketepung pisang goreng gering. Kemudian goreng hingga pisang berwarna kekuning-kuningan.

Pisang Gepeng Selai Kacang ini paling enak memang jika dinikmati ketika masih dalam keadaan panas karena kriuk-kriuk. Selai kacang Skipy membuat pisang goreng ini menjadi semakin nikmat dan rasa kacangnya sangat terasa.
 
Goreng pisang 
pisang gepeng selai kacang 

Saya rencananya akan membuat kreasi masakan lainnya untuk menu buka puasa menggunakan selai kacang selai Skippy.



Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

22 則留言

Avatar
herva yulyanti 2019年5月8日 下午2:39:00

pisang ini kesukaan Neyna banget jadi nambah nih ide buat aku ummi bikin kreasi pisang pake skippy kebetulan di rumah ada skippy yeay ga sabar nih pengen buat

Reply Delete
Avatar
Raisa Hakim 2019年5月17日 上午10:34:00

Ini sih kayaknya harus dimakan selagi hangat ya biar selai kacangnya lumer. Ya allah lembutnya pisang terus ditambahin selai kacang gurih ini pasti maknyus. Mau coba bikin juga ah

Reply Delete
Avatar
Winda - dajourneys.com 2019年5月17日 下午2:03:00

anakku suka banget nih selai skippy, karena gurih dan bikin kenyang, kalau sarapan sebelum sekoalh dibikinkan ini pasti girang banget :)

Reply Delete
Avatar
Farida Pane 2019年5月18日 上午1:07:00

Pasti enak dan kenyang nih, makan pisang gepeng pake skippy.

Reply Delete
Avatar
Vicky Laurentina 2019年5月18日 上午4:53:00

Baru paham tentang cara bikin pisang ini. Selama ini saya kirain bikin pisang goreng itu, pisangnya dipotong terus dibalurin tepung aja gitu.
Kayaknya enak nih pisang goreng tipis Ambon rasa kacangnya. Mau dong, Lid, kirimin 1 kg ke Surabaya sini :))

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 2019年5月18日 上午8:47:00

Skippy ini memang enak banget dipadukan dengan berbagai makanan, paling enak buat sarapan sih saya biasa olesin ke roti aja haha males ribet emang saya.

Reply Delete
Avatar
Rahma Brilianita 2019年5月18日 下午1:28:00

praktis juga ya selainya buat bikin snack takjil sebelum makan besar. Manfaatnya juga banyak sekali :D

Reply Delete
Avatar
Mellisa 2019年5月18日 下午4:12:00

Resepnya simple dan kayanya enak banget ya. Cocok buat referensi buka puasa nih. Biasanya kan pisang goreng cuma pakai tepung aja, tp ini ada selai kacang nya.

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin 2019年5月18日 下午10:04:00

Waah sesimple itu yaaa resepnya. Tapi kebayang sih kombinasi selai skippy sama pisang itu pasti uenak tenan. aku biasanya malah pakai selai skippy buat campuran smoothie biar lebih padat gizi.

Reply Delete
Avatar
Tori Chu 2019年5月18日 下午10:31:00

iya nih masih suka bingung pilih pilih menu buka 😂 wah ini ga kepikan buat camilan pake skippy, gmpng ya buat nya 💕

Reply Delete
Avatar
Tori 2019年5月18日 下午10:33:00

jadi pngn coba juga buat pisang gepeng pake selai skippy, tambahin keju makin mantap jg kali ya,

Reply Delete
Avatar
Flo fairy 2019年5月19日 上午1:03:00

skipppyyyyyy.. enak loh, aku suka sarapan pake selai ini. ngeganjel perut heheh

Reply Delete
Avatar
Demia 2019年5月19日 上午3:49:00

skippy ini favorit aku dan suami banget nih, jadi keidean buat bikin pisang goreng dengan skippy juga dehbjadinyaaa hehehehe

Reply Delete
Avatar
Beautyasti1 2019年5月19日 上午4:55:00

Dimakan dalam keadaan hangat makin mantap ini mba, rasa selai skippy nya maknyuss.. btw di pipihkan itu maksudnya di geprek gitu bukan mba?

Reply Delete
Avatar
Novi 2019年5月19日 上午5:13:00

Aduh jd kangen pas msh kuliah nih tiap pagi sarapan roti pakai selai skippy, enak banget selai kacangnyaaa

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 2019年5月19日 上午8:35:00

Oh Skippy nya malah dikasih sebelum di goreng?
Rasanya tenggelam gak kak Lid?
Aku suka pisang goreng....dan ini resepnya gampil, mudah ditiru banget...
Asiik~

Haturnuhun, kak.

Reply Delete
Avatar
Suzannita 2019年5月19日 上午9:52:00

Sepertinya menggoda sekali ya menu yang satu ini ya Mbak, Jadi pengen juga nyobain resepnya Mbak Lid deh

Reply Delete
Avatar
Nur Arviani 2019年5月19日 下午1:13:00

aku fikir bakal di pasangin sama roti, ternyata sama pisang, kayanya bisa jadi rekomendasi berbuka ntar ni

Reply Delete
Avatar
Rizka 2019年5月19日 下午8:05:00

wah resepnya patut dicoba nih, aku suka banget sama pisang goreng :D

Reply Delete
Avatar
Gisela Vianney 2019年5月20日 上午7:40:00

Aku dulu suka bgt skippy tapi udah laga ga beli lagi gatau knp, pdhl enak 😂

Reply Delete
Avatar
Aulia Rizky W 2019年5月21日 上午10:24:00

jadi mau nyoba euy, tapi lebih enak pake skippy yang kacangnya masih kasar mba jadi ada tekstur kacangnya gitu hihi

Reply Delete