Belajar Sains di Taman Pintar Yogyakarta

Taman Pintar di Yogyakarta bisa menjadi pilihan wisata edukasi keluarga. Datang yuk ke Taman Pintar

Belajar Sains di Taman Pintar Yogyakarta

Kalau ke Yogyakarta dan membawa anak kecil, saya sarankan berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta yang beralamat di Jalan Panembahan Senopati 1-3, Yogyakarta. Mengapa? Karena datang ke Taman Pintar ini sekaligus mengajarkan anak belajar tentang sains.

Saat ke Yogyakarta April 2017, saya hanya berdua sama Ayyas menginap di hotel di kawasan Malioboro. Dari hotel, kami berjalan-jalan melewati Pasar Beringharjo kemudian melewati bagian belakang pintu masuk Taman Pintar. Sebetulnyaa agak keder juga karena pintu masuknya itu melewati toko-toko buku bekas. Tapi setelah tanya kiri-kanan, dan lihat ada tulisan petunjuk Taman Pintar, akhirnya kami pun masuk. Selain jalan kaki dari Malioboro, aksesnya juga bisa dilakukan dengan naik becak.
 
tempat wisata gratis di yogyakarta taman pintar
Gedung Oval Taman Pintar Yogyakarta
Sebetulnya pas jalan kaki dari hotel ke Taman Pintar agak sedikit jauh bagi anak kecil. Tapi saya lihat Ayyas semangat dan beberapa kali saya nanya dia bilang belum lelah. Akhirnya ya udah kami memutuskan buat jalan kaki saja. Hhehehe.
Taman Pintar Yogyakarta ini memiliki tiga wahana dan tiga atraksi pertunjukan yakni :
Wahana Oval-Kotak : Bisa dimasuki semua umur. Tiket masuk buat anak Rp 10 ribu dan buat dewasa Rp 18 ribu
Wahana PAUD Barat/Timur : Usia 3-6 tahun. Tiket masuk Rp 3000
Wahana Bahari : Bisa dimasuki semua umur. Tiket masuk buat anak dan dewasa masing-masing Rp 4000.

cara menuju taman pintar di yogyakarta
Bagian luar ada taman juga
Untuk Planetarium, Teater 4D dan Dino Adventure harga tiket masuk antara Rp 15 ribu hingga Rp 15 ribu. Planetarium di Taman Pintar Yogyakarta ini merupakan Planetarium ke 4 di Indonesia dan menjadi yang pertama di Indonesia yang menggunakan digital projector.
 
harga tiket masuk taman pintar yogyakarta
Ada tentang sejarah jaman beheula juga
Planetarium ini menampilkan simulasi suasana langit kota Yogyakarta pada malam hari dengan susunan bintang dan benda-benda langit. Selain itu juga ada film film tentang perjalanan manusia di bulan. Planetarium ini berkapasitas 68 orang dengan durasi 30 menit setiap pertunjukan.  

Kami langsung memilih memasuk ke wahana Oval-Kotak yang menurut kami luas dan pas untuk seusia Ayyas. Setelah membeli tiket, kami langsung memasuki ruangan dan disambut dengan wahana pra sejarah. Ada manusia-manusia purba dan aneka dinasaurus serta telur-telur dinosaurus yang dipamerkan. Semuanya masih dalam kondisi bagus di Taman Pintar Yogyakarta. 

cara belajar sains di taman pintar yogyakarta
Suasana di Gedung Oval
Setelah itu, di ruangan oval, suasanaya terasa lebih luas. Sesuai namanya, bangunan ini terletak di bagian dalam dan berbentuk oval. Di sisi kiri dan kanan ada berbagi jenis ekperimen yang bisa dilakukan untuk tahu lebih banyak tentang sains.

Berpose di simulator gempa bumi
Sayangnya, karena tak ada pemandu saat saya datang dan saya pun tak begitu paham soal sains, akhirnya ya seolah hanya mencoba dan tak begitu paham. Memang sih ada sedikit penjelasan, tapi tetap saja tak mudah saya pahami walau percobaan sains itu sederhana. Harap maklum ya. Hheheh. Tapi apapun, kami cukup terhibur dan Ayyas pun tak ragu untuk mencoba berbagai percobaan.

Nah, di bagian agak atas, ada beberapa pemandu yang membantu menjelaskan tentang gempa. Jadi, ada rumah-rumahan yang disetting bisa bergerak seperti gempa melanda Yogyakarta. “Hayuk bu, dicoba masuk ke rumah gempa,” kata mas pemandu. Baiklah, akhirnya saya dan Ayyas pun masuk dan kami berdua pun berpelukan karena setting gempa ini dibuat seperti gempa sekitar 5 skala richter. Astagfirullah. Tak terbayangkan paniknya kondisi Yogyakarta saat gempa dahsyat melanda kala itu. Saya dan Ayyas kemudian dijelaskan banyak kondisi Yogyakarta.

Keliling Taman Sains

Setelah itu, kami melewati jalan yang memutar ke atas dan di dinding-dinding ada informasi tentang tokoh-tokoh penting seperti Avicenna (Ibnu Sinna) yang sangat memberikan kontribusi pada dunia kedokteran, psikolingi dan lain-lain. Juga ada foto-foto Prof Baharuddin Jusuf Habibie dan Prof Eniya Listiani Dewi yang memberikan kontribusi besar bagi perkembangan teknologi hingga kimia terapan di Indonesia. 

lokasi taman wisata di yogyakarta
Kebangaan Bangsa Indonesia :)
Oh ya, Prof Eniya Listiani Dewi ini dulu pernah saya wawancara untuk profil beliau untuk kantor saya dulu tapi sayangnya saya nggak sempat foto bareng. Padahal, sapa tahu foto saya ikutan nempel di sampingnya ya. Duh mengharap banget. Tapi ya sapa tahu bukan saya tapi foto Ayyas ikut mejeng di antara foto tokoh-tokoh keren itu. Aaamiin ... J

Kalau ingin belajar tentang  fisika, biologi dan lain-lain, di Taman Pintar ini ada beberapa zona yang bisa dimasuki. Salah satunya adalah zona fisika. Di zona fisika, kita bisa mendapat banyak informasi. Misalnya tentang cermin cekung dan cermin cembung. Dijelaskan bahwa pada cermin cembung dan cermin cekung tidak terdapat pantulan cahaya melainkan pembelokan cahaya.

Oh ya, di Taman Pintar ini, kita juga bisa mengetahui lebih banyak tentang kota Yogyakarta.  Informasi ini kami peroleh saat datang ke Galeri Kota Wisaya Yogyakarta. Misalnya ada miniatur candi borobudur hingga informasi upacara adat dan pesta rakyat di Yogyakarta.    
 
bagaimana cara menuju taman sains
Ayyas mejeng :)
Untuk berkunjung ke gedung oval Taman Pintar Yogyakarta ini ada beberapa aturan. Misalnya, tidak diperkenankan membawa makanan dan makan dan minum di dalam gedung. Alur kunjungan di Gedung Oval-Kotak adalah satu alur. Sehingga bila sudah di dalam gedung tidak diperkenankan keluar masuk kecuali membeli tiket baru kembali.

Jika ingin ke Yogyakarta bersama anak, saya sarankan berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta. Ayyas selama hampir satu jam berkeliling Gedung Oval sangat senang dan terkesan antusias. Sayangnya kami tak sempat mencoba planetarium dan aneka wahana lain di Taman Pintar karena keterbatasan waktu.

Apakah teman-teman sudah pernah berkunjung ke Taman Pintar Yogyakarta ? Ada kesan yang bisa dibagikan selama di sana?

Taman Pintar Yogyakarta
Jalan Panembahan Senopati 1-3 Yogyakarta

Tlp : 0274583631 

113 則留言

Avatar
Anggraeni Septi 2018年1月21日 下午9:11:00

Wah bagus niiih taman pintar jogja. Bagus ya ada info tokoh-tokoh penting seperti Avicenna dll. Moga bs ajak Luigi ke Jogja sekalian merayakan rindu unt kuliner dan suasana malam jogja :)

Reply Delete
Avatar
Utie adnu 2018年1月21日 下午9:15:00

Kmrn ke Jogja ngga ke sini mba,,, mepet waktunya next bawa kidos Kali ya,, biar happy sekaligus education ada,,,

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月22日 上午8:18:00

Hayuk pas buat ajak anak-anak nih mbaa

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 2018年1月21日 下午9:24:00

Wahhh keren ya ..selain happy kita bisa dapat ilmu juga hehe.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月22日 上午8:20:00

Dan anak-anak yjuga senang banget mbaa

Reply Delete
Avatar
Ayi Prima 2018年1月21日 下午9:31:00

Agenda wajib ini tiap pulang ke Jogja. Planetarium nya keren banget!

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月22日 上午8:21:00

Agak sedikit nyesel nggak ke Planetarium, mbaaa

Reply Delete
Avatar
Tira Soekardi 2018年1月22日 上午2:45:00

bagus buat anak2 untuk edukasi mereka ya

Reply Delete
Avatar
Indira 2018年1月22日 上午9:42:00

Waaah belum pernah kesana saya Mbak Lidaaa.. Makin keren Jogja yaaa

Reply Delete
Avatar
Junita Susanti 2018年1月22日 上午9:59:00

Jogga memang selalu bikin kangen, aku pernah ke sini tahun 2012, memang Taman Pintar cocok untuk wisata edukasi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月22日 上午10:47:00

Iya bener. Pas buat wisata edukasi mba :)

Reply Delete
Avatar
Okti Li 2018年1月22日 上午10:17:00

Kami berkunjung ke taman pintar tahun lalu saat Kompasiana ngadain acara di Yogyakarta. Saat yang lain wisata kuliner di Malioboro, sebelum pulang kami mampir di sini. Iya anak suka kami juga hehehe...

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti 2018年1月22日 下午12:20:00

Aku dulu sering ek Taman Pintar, waktu masih jadi pengurs TK, bagus buat sarana bejar teknologi bagi anak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月22日 下午1:06:00

Wah pantesan sabar. teryata mantan pengurus TK :)

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi 2018年1月22日 下午1:10:00

Dulu banget pas adikku masih SD, aku suka kesini sama dia. Belajar soal sains trus diakhiri beli buku di pasar buku yang nggak jauh dari Taman Pintar. Dulu kalau janjian kopdar sama teman juga disana karena tempatnya enak dan strategis. Sekarang udah lama banget nggak ke Taman Pintar. Udah banyak berubah ya kayaknya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月24日 上午7:02:00

Asik ya mba dan berkesan banget. Aku nggak sempat ke toko buku bekas disamping itu

Reply Delete
Avatar
Larasati Ristiana 2018年1月22日 下午2:10:00

Wah, wajib ke sini nih, pas ke yogyakarta. Pastinya menarik banget ya, Mbak untuk anak-anak.

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 2018年1月22日 下午2:21:00

Aku belum pernah kesini, insya alloh kalau ke jogja sama anak2 mau main ah, edukatif ya buat anak.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月24日 上午7:03:00

Alhamdulillaah smoga bisa ke sini ya mba Tetty

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti 2018年1月22日 下午2:26:00

aku pengen nih nanti kapan2 kesini ajakin neyna dan adenya hehehe..

ummi salfok sama tas kaka ayyas hahaha perjuangan yah dapetin tas itu detik2 terakhir di KL :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月24日 上午7:03:00

Iya ntar ama Ayyas yaa. Hhaha iya sampai skarang tasnya masih bisa dan bagus lohh

Reply Delete
Avatar
Ikrom Zayn 2018年1月22日 下午2:42:00

hampir tiap hari saya transit di halte TJ Taman Pintar
tapi belum eprnah masuk
lihat ramenya jadi males hehe
tapi bagus banget apalagi bisa main2 di ruang oval

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月24日 上午7:03:00

Ih aku pas datang nggak terllau rame mas :)

Reply Delete
Avatar
Uchy Sudhanto 2018年1月22日 下午3:34:00

Wuuaah keren banget! Jadi pengen kesana.. nanti mampir ah kl ke jogja..

Reply Delete
Avatar
Yervi Hesna 2018年1月22日 下午5:42:00

InsyaAllah mau ke Yogya September ini. Langsung masuk list nih buat anak anak. Makasih mbak Lidha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月24日 上午8:36:00

Alhamdulillah dan semoga berlangsung dengan baik ya mba

Reply Delete
Avatar
Anindita Ayu 2018年1月22日 下午7:57:00

Kalo di bengkulu ga perlu ada simulator gempa lagi mbak, karena sering banget gempa..

Reply Delete
Avatar
prana ningrum 2018年1月22日 下午9:10:00

aku belum keturutan nih mbak ke taman pintar...karena macet dan macet nanti deh kalau anak2 libur sekolah

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati 2018年1月22日 下午11:51:00

Asyik nih ke Yogya ada tempat wisata lain. Jadi nggak ke Candi mulu ya...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月24日 上午8:46:00

Aku udah lama banget nggak ke candi

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah 2018年1月23日 上午3:51:00

wah kebetulan baca ini..insa Allah ada planning mau ke sini Maret nanti. Tks infonya mba :)

Reply Delete
Avatar
Leyla 2018年1月23日 上午4:28:00

Aiih keren banget nih tamannya. Kapan ya ke Yogya. ajak donk mbaa

Reply Delete
Avatar
Hani S. 2018年1月23日 上午7:08:00

Udah lama bgt pengen liburan ke Jogja,semoga bisa kesana dalam waktu dekat dan bisa wisata edukatif ke Taman ini. :)

Reply Delete
Avatar
Annafi 2018年1月23日 上午9:29:00

Wih seru banget ya, mba! Murid sd enaknya diajakin ke sini biar lihat mater3secara langsung, pasti gampang ingetnya. Masuk ke wishlist kalo main ke yogya!

Reply Delete
Avatar
Puspita Yudaningrum 2018年1月23日 上午9:37:00

Wah keren nih selain rekreasi tempat ini bisa dijadi tempat belajar juga, sayang di Bengkulu belum ada

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月24日 上午9:11:00

Pas ke Jogja bisa buat mampir ke sini mbaaa

Reply Delete
Avatar
Noe Traveler 2018年1月23日 上午10:44:00

Kemaren waktu ke Jogja, mau ke taman pintar tapi ngga jadi. Nyeseel

Reply Delete
Avatar
yurmawita 2018年1月23日 下午1:45:00

subhanallah masih mudah sudah profesor muslimah lagi keren banget deh. asli.

Reply Delete
Avatar
laili umdatul khoirurosida 2018年1月23日 下午7:57:00

Kalau buat seumuran saya (yang ABG *ah ngaku ngaku aja wkwk) pasti taman pintar macam ini kurang menarik, tapi kalau buat anak anak pasti seneng banget di ajak kesini.
Saya dulu inget, seumuran Ayyas itu sukaa banget di ajak liburan ke tempat macam begini. Biasanya sebelum berangkat, malam harinya saya gak bisa tidur bayangin liburan macam ini.

haha.

Nah aku setuju mba, di tempat sains kayak gini biasanya pamerannya hanya berupa tulisan2. Seharusnya di tambahin guide ya untuk penjelasan2 gitu.
Semoga suatu saat nanti Taman Pintar lebih atraktif kalau ada guide nya di bagian percobaan2 sains nya itu ^^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月24日 上午9:12:00

Bener banget, mba. Biar emak-emak dengan keterbatasan info kayak aku, jadi lebih paham

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 2018年1月23日 下午9:05:00

Bagis nih buat anak-anak,temen-temen di Yogya banyak yang recomend taman ini

Reply Delete
Avatar
Zulaeha 2018年1月23日 下午9:15:00

Professor Eniya itu keren banget, Mbak. Aku sampai zoom fotonya agar bisa membaca full bio-nya. :D

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 2018年1月23日 下午11:05:00

Waaah ade pernah kesini waktu abang usia 7 tahun. Dia suka bangeeet. Jangankan Abang, umminya aja suka.. hahaha.. jadi senang ya, mba belajar ipa kalau masuk taman pintar.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月24日 上午9:13:00

Nah, harapannya begitu, mba. Anak pun jadi tertarik ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Maria Soraya 2018年1月23日 下午11:45:00

pernah ke taman pintar sama adik2ku, setelah anakku lahir blom pernah ngajak ke situ sih

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 2018年1月24日 上午9:39:00

Moga2 ada kesempatan ke Yogyakarta dan bisa ke sana. Dari dulu penasaran org bilang Taman Pintar2 tapi aku blm pernah ke sana T.T

Wah org2 keren dgn otak cemerlang di Indonesia ada di sana ya. Jd nyesel dulu pas sekolah gk belajar lbh rajin hehe :P

Reply Delete
Avatar
Damar Aisyah 2018年1月24日 上午11:21:00

Saya malah blas belum pernah ke Taman Pintar, padahal setiap tahun ke Jogja. Dulu mikirnya ank2 masih kekecilan. Tahun ini mgkn sudah cukupan lah ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月26日 上午9:16:00

Ajak yuk mba dan pasti anak-anak akan senang banget

Reply Delete
Avatar
nur rochma 2018年1月24日 上午11:50:00

Dulu, waktu anak-anak masih kecil, pernah kesini. Tempatnya bikin mereka penasaran. Trus, liburan lalu, nggak sempat kesini lagi.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月26日 上午9:18:00

Nih anakku ya pengen juga nih mba :)

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 2018年1月25日 上午4:53:00

Dulu pernah ke sana jg pas jav msh kecil, jd blum terlalu ngerti

Reply Delete
Avatar
Vanisa Desfriani 2018年1月25日 上午7:36:00

dulu pas masih sekolah pengen ke sini, tapi pas ke sana ternyata tutup. Sekarang udah dewasa kok ya kurang seru haha emang harus sama anak2 ke sana nya :)

Reply Delete
Avatar
Ranselusang 2018年1月25日 上午9:25:00

ah seru sekali kak, ternyata ada wahana seprti ini di jogja. apalagi sampai bisa mencoba simulasi gempa, merinding juga kalo ngebayangin gempa beneran.

ini bisa jadikan destinasi pilihan jika berkunjung ke jogja jika sedang rame

Reply Delete
Avatar
Kang Nata 2018年1月25日 上午10:06:00

saya suka hal yang berbau sains,,, menarik dan masuk akal soalnya. :)

namun dikota saya belum ada,,,,,

sepertinya membaca artikel diatas adalah pengobatnya,,heheh.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月26日 上午9:21:00

Smoga main ke Jogja dan bisa berkunjung ya :)

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti 2018年1月25日 下午12:06:00

lengkap banget ya Taman Pintar ini. Semua yang ingin dipelajari mulai dari alam ada semua, kapan-kapan kuagendakan ach kalau pas ke Yogyakarta lagi

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera 2018年1月25日 下午1:03:00

Waaa jadi kangen ke Taman Pintar. Udah lama banget. Orang dewasa pun banyak yang suka, karena setidaknya banyak area untuk jadi tempat foto, hahah... Plus nambah banyak wawasan juga. Taman Pintar banyak area-nya, nggak cukup kalau cuma sekali datang. Kalau ke sana lagi, pingin ke Petualangan Dino nya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月26日 上午9:26:00

Petualangan DIno nggak cukup aku eksplore nih mba. Padahal pengen juga sih

Reply Delete
Avatar
Hana Bilqisthi 2018年1月25日 下午2:42:00

wow biaya masuknya murah ya mba :D makasi infonya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月26日 上午9:28:00

Dan bisa mendapat banyak info menarik ya mba

Reply Delete
Avatar
dudukpalingdepan 2018年1月25日 下午5:24:00

Jogja memang selalu istimewa ya mba 😍. Di Jambi belum ada model taman seperti itu semoga bisa jadi contoh di provinsi lainnya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月29日 上午8:50:00

Iya tapi mungkin variasi tempat yang seperti ini ya mba

Reply Delete
Avatar
dekcrayon tata 2018年1月26日 上午11:11:00

Wah kalo anak-anak dibawa liburan ke tempat seperti ini pasti seru ya mbak. Bisa jadi refrensi kalo liburan kesana. Tengkyu mbak sharing pengalaman liburannya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月29日 上午8:51:00

Terima kasih kembali udah mampir mba :)

Reply Delete
Avatar
Latifika 2018年1月26日 下午12:56:00

Wah, baru tau ada taman pintar di Yogya, aku taunya di Malang. Maklum tinggal di Kalimantan, hehe. Padahal suami sering ke Yogyakarta nih, nanti kalo diajakin sama blio mau masukin list ke Taman Pintar ini ah *ngarepp

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月29日 上午8:51:00

Yuk main main sapa tahu bisa ke JOgja

Reply Delete
Avatar
Primastuti Satrianto 2018年1月26日 下午4:01:00

Ini deket banget sama rumah mama, sering anter ponakan ke sini malah blm nulis cerita lengkapnya. Makasih mbaaaa infonya. Ayuk ketemuaaann di Jogjaaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月29日 上午8:52:00

Iya mpga bisa ketemuan ya pas ke JOgja mba

Reply Delete
Avatar
wati 2018年1月27日 上午7:47:00

Harus dicoba Gedung Oval supaya dapat belajar sains serta mengenal tokoh tokoh sains dunia, terimaksih sharinya mba

Reply Delete
Avatar
mutie aryanti mutimimut 2018年1月28日 下午5:19:00

Pengen banget ke Taman Pintar ini, sayang terakhir ke Yogya belum kesampaian...mesti diagendakan lagi nih kapan-kapan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月29日 上午9:00:00

Aih sayangnya. Semoga bisa ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Indri Noor 2018年2月3日 下午2:10:00

Anak anak udah ngajakin ke sini nih. Thanka infonya mba. Mudahan ada rezekinya nih ke sana ngajak mereka 😊

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年2月4日 上午8:20:00

alhamdulillah jika sudah mencoba ya mba. Siap aamin aamin

Reply Delete
Avatar
Tuty Saca 2018年2月3日 下午4:14:00

Beberpa kali bolak-balik ke Jogja dua tahun lalau tapi tidak tahu tempat ini. Boleh nih dikunjungi saat nanti ke jogja lagi. Listed.

Reply Delete
Avatar
Afifah Mazaya 2018年2月3日 下午5:33:00

Pengen ke sini juga waktu ke Jogja, tapi kayaknya serunya kalau bareng anak-anak, ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年2月4日 上午8:21:00

Iyaa. Saranku emang ajak anak deh mba :)

Reply Delete
Avatar
ahmadi sultan 2018年2月3日 下午6:27:00

Wah tempat yang keren. Gak hanya buat refreshing tapi juga jadi tempat belajar. Jadi kangen jalan-jalan lagi ke Yogya!

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年2月4日 上午8:41:00

Smoga ada kesempatan lagi ya mas :)

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 2018年8月24日 上午6:41:00

Bagus ya ada taman edukasi begini buat anak-anak. Anak jadi pintar plus happy

Reply Delete