Sensasi Makan Sate Maranggi Sari Asih

Nikmati kelezatan makan Sate Maranggi Sari Asih

Sensasi Makan Sate Maranggi Sari Asih

Aroma Sate Maranggi seolah selalu memanggil saya balik untuk merasakan kelezatannya walau harus menempuh perjalanan jauh. Memang tak ke Purwakarta, asal kota Sate Maranggi. Tapi cukup di kawasan Cianjur, Jawa Barat saja. Dari Jakarta, mobil melaju melewati pintu Tol CIawi dan mulai memasuki kawasan Puncak Bogor, Jawa Barat. Setelah melewati Puncak Pass, arahkan mobil hingga melewati Pasar Cipanas, tepatnya setelah pertigaan Jalan Raya Pacet, Cipendawa, Kabupaten Cianjur. 

Idealnya sih berangkat pagi-pagi agar tak terjebak macet. Tapi mas Ghaffar masih ada urusan dan begitupula Ayyas. Akhirnya semua urusan itu selesai pukul 11.00 WIB. Jam 11 siang baru jalan dari sekolah Ayyas dan alhamdulillah jalanan lancar hingga pintu tol Ciawi. Bahkan saat kami tiba, jalur buka ke arah Puncak telah dibuka dan posisi mobil kami di depan sehingga langsung deh melaju ke Puncak tanpa kendala. Alhamdulillah.
 
Sate Maranggi Sari Asih
Sate Maranggi Sari Asih
“Kenapa nggak makan siang terlebih dahulu? Aku pengen makan Sate Maranggi, Ummi,” kata Mas Ghaffar. Kebetulan, tempat Sate Maranggi yang dituju tak begitu jauh dari tempat kami menunaikan shalat dzuhur. Menurut Mas Ghaffar Sate Maranggi Sari Asih adalah kesukaannya. Dia pertama kali datang bersama teman-temannya. Setelah itu, tahun lalu ia merekomendasikan kami untuk menikmati Sate Maranggi Sari Asih. Dan kedatangan kami minggu lalu adalah kedatangan kedua bagi saya dan suami.

Ada satu hal yang menjadi hambatan saat datang ke Sate Maranggi Sari Asih yakni keterbatasan tempat parkiran. Dan benar saja. Saat datang, parkiran mobil penuh. Bahkan hingga di seberang jalan. “Wah Umi, gimana nih nggak ada parkiran mobil,” kata Bapak Suami. Mosok udah nyampe di lokasi tapi batal makan Sate Maranggi? Kalau saya sih NO! . Hehhee. Akhirnya suami pun mencari tempat parkir di tempat agak jauhan.
 
Sate Maranggi Sari Asih
Ramainya pengunjung di Sate Maranggi Sari Asih
Udara waktu itu lagi hujan sehingga kami pun berlarian menuju Sate Maranggi. Rasanya agak malas untuk membuka payung yang selalu tersedia di mobil. Tiba di dalam Sate Maranggi, kami pun ambil tempat duduk di ruko bagian depan. Oh ya, sate Maranggi itu ada tiga tempat di satu lokasi. Tempat pertama gabung dengan lokasi bakar Sate Maranggi. Lokasi kedua dan ketiga berada di ruko yang terpisah dinding. Dua kali ke Sate Maranggi Sari Asih, kami selalu memilih duduk di dalam ruko.
 
Bagian dalam Sate Maranggi Sari Asih
Tiba, kami pun langsung disajikan the tawar panas yang terasa pas di udara dingin seperti saat itu. Sate Maranggi ini harganya per tusuk. Sate campur lemak dijual seharga Rp 3000 per tusuk. Sedangkan sate daging polos dijual seharga Rp 4000 per tusuk. Harga ketan bakar dan nasi dijual seharga Rp 3000 per porsi.
 
Sate Maranggi Sari Asih
Teh Tawar 

Sate Maranggi Sari Asih
Sate Maranggi dan oncom Sate Maranggi Sari Asih
Kami memilih 20 tusuk sate campur lemak dan 10 tusuk sate daging polos. Pas mau pesan nasi teryata nasinya udah habis dan lagi proses dimasak. “Bentar lagi nasi matang, bu. Lagian ketan aja, bu, DI rumah kan udah biasa makan nasi,” kata karyawan Sate Maranggi. Oh ya benar juga. Akhirnya kami pun memesan 4 potong ketan bakar.

Sambil menunggu, saya melihat proses pembuatan Sate Maranggi. Puluhan tusuk Sate Maranggi siap bakar dimasukkan di satu ember. Bara api tak berhenti menyala untuk membakar ratusan tusuk sate dan ketan bakar di tungku pembakaran sate tradisional. Sate-sate itu dibakar berjejeran dengan ketan. Ketan-ketannya dipotong persegi dan dibakar sehkitar 2-3 menit hingga tampak bagian tengah yang terbakar. Rasa ketannya cendrung manis dan lembut. Tapi pas di bagian yang agak terbakar memang agak keras.

Sate Maranggi Sari Asih

Enaaknyaa
Tapi, apa sih yang membedakan antara Sate Maranggi dengan sate ayam?
Jadiiiii, Sate Maranggi adalah sate yang bercita rasa seperti dendeng. Cenderung manis tapi rasa yang paling menonjol adalah rasa bumbu ketumbarnya. Satu lagi yang membedakan adalah sambal oncomnya yang menjadi ciri khasnya. Rasa sambal oncomnya agak gurih tapi nggak pedas sama sekali. Makanya, disediakan cabe hijau kalau ada yang suka pedas.

Kalau ditanya mana yang lebih enak antara sate campur lemak atau daging polos, saya akan menjawab sate campur lemak. Lemaknya membuat sate menjadi makin enak dan gurih. Duh sampai skarang saya masih merasakan kelezatan Sate Maranggi di lidah saya. Saya juga nggak ingat berapa tusuk sate yang saya makan. Satu hal yang ingin saya tekankan, Sate Maranggi Sari Asih ini sangat saya rekomendasikan. Bikin ketagihan dan ketagihan lagi. Mampir ke kawasan Puncak, jangan lupa mampir sejenak ke Sate Maranggi Sari Asih yang buka 24 jam.

Kalau teman-teman sukanya makan sate apa? Sudah pernah mencicipi Sate Maranggi Sari Asih?


































76 条评论

Avatar
Lia Lathifa 2017年12月24日 下午1:46:00

Oalah gitu ya mbak, aku blm pernah makan sate maranggi hihi, sepertinya layak dicoba nih kalo berasa dendeng

Reply Delete
Avatar
Lia Harahap 2017年12月24日 下午7:08:00

Aku pernahnya yang di Purwakarta, Mbak. Enak rasanya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月25日 上午9:14:00

Aku pengen juga makan yang di Purwakarta euy

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 2017年12月25日 上午3:03:00

Udah pernah makan sate ini tapi dibawain kakak ipar belum nyobain langsung ditempatnya. Kalau langsung disana tambah enak pasti ya karena masih hangat satenya :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月25日 上午9:15:00

Iyaa bener banget mbaa. ENaak dan hangat hangaat

Reply Delete
Avatar
Leyla 2017年12月25日 上午4:21:00

Jadi penasaran rasanya, mba al terbayang2 gitu. Harganya 2x lipat sate biasa, harusnya emang enak ya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月25日 上午9:15:00

Mampirlah kalau ke Garut. Jalan jalannya mampir ke sini. Hehhee

Reply Delete
Avatar
Munasyaroh Fadhilah 2017年12月25日 上午8:20:00

Yang namanya Sate, apapun jenis dan namanya saya suka, asalkan halal

Reply Delete
Avatar
William Giovanni 2017年12月25日 上午8:32:00

Saya pernah mencoba Sate Maranggi saat acara kuliner dan banyak kreasinya, bisa dikombinasikan dengan berbagai sambal yang membuat rasanya semakin nikmat.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月25日 上午9:15:00

Nah aku belum pernah kreasi pakai sambal lain nih mas. Mau mencoba ah :)

Reply Delete
Avatar
Fiberti 2017年12月25日 上午9:03:00

Belum pernah. Tapi dari artikel ini jadi penasaran nih. Dicatat mba. Terima kasih sharingnya..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月25日 上午9:16:00

Selamat mencoba suatu saat ya mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Ria Bilqis 2017年12月25日 上午10:46:00

Sih jadi ngiler pengen nyobain sate Maranggi, saya mau yang polos aja tanpa lemak, soalnya elmakunsudah banyak hehehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月26日 上午9:39:00

Hahhaha
Tapi mba harus mencoba yang pakai lemak karena emang enak bangeet

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 2017年12月25日 下午1:12:00

Ih, baru kemarin ke Kongkow nikmati sate khas Jawa Barat ini. pijar Pendar suka banget

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月26日 上午9:46:00

Hayuk smoga kapan kapan kita bisa makan langsung ke tempat asalnya yaaa

Reply Delete
Avatar
Yesi Intasari 2017年12月25日 下午3:22:00

Sate maranggi sari asih yang di puncak ini mah favorit aku juga mbak 😀

Reply Delete
Avatar
Sie-thi Nurjanah 2017年12月25日 下午3:33:00

Saya pernah mempir ke rumah makan sate marangi, pasti selalu padat
Luar biasa ya..banyak org yg suka dengan kuliner ini

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月28日 上午8:07:00

Iyaa mungkin karena banyak yang suka yaaa

Reply Delete
Avatar
Yasinta Astuti 2017年12月25日 下午7:22:00

Aku pernah coba nih mbak, pas kesana selalu penuh deh kayanya karena rasa sate Maranggi ini emang enaaak

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari 2017年12月25日 下午8:25:00

Duuuw, baca ini malem2 jadi pingin nyate rasanya.. Hihihi.. Sama jauh juga mba Al di Cianjur.. Aku penasaran nih sama sate maranggi di Purwakarta. Aku suka rasanya yg manis gitu.. :D

Reply Delete
Avatar
Fanny f nila 2017年12月25日 下午10:39:00

Ini sepertinya beda ama sate meranggu di cibungur purwakarta ya mba? Kalo yg di sana aku makannya pake sambel yg pedesnya banget deh. Bukan sambel oncom begitu. Apa ada versi yg beda lg dr sate meranggi yaa.. Tp jd penasaran sih ama yg asih ini

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月28日 上午8:08:00

Nah, aku belum pernah coba yang di Purwakarta mbaaa

Reply Delete
Avatar
Andi Nugraha 2017年12月25日 下午11:47:00

Banyak juga ya yang datang, enak sekalian buat nongkrong sembari ngemil sate ini mah...he
Penasaran sama rasa satenya, terlebih sama bumbunya itu..he

Reply Delete
Avatar
mpo ratne 2017年12月26日 上午1:14:00

Mpo belum pernah ke sini. Tapi kalau festival kuliner ada sate maranggi pasti beli. Sate yang bumbu endes dan empuk

Reply Delete
Avatar
miss dapur 2017年12月26日 上午1:15:00

Terbayar deh rasa cape, susah parkiran dengan nikmatnya sate ini. Endes. Bungkus buat miss ya

Reply Delete
Avatar
Een Endah 2017年12月26日 上午6:03:00

Sukaaa makan sate marangi dgn ketan bakar saos sambel oncom

Reply Delete
Avatar
Dapur Ngebut 2017年12月26日 上午10:58:00

aku belum pernah coba sate maranggi cipanas. kayaknya mirip ya sama sate maranggi purwakarta. beda cocolannya. yg ini pake oncom ya mba? hmm jadi penasarann

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月28日 上午8:12:00

Katanya emang ciri khasnya emang oncom ini mbaa

Reply Delete
Avatar
Asriani Amir 2017年12月26日 下午6:18:00

penasaran jadinya. delivery ke sulsel bisa nda yah? hahhaha

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 2017年12月26日 下午9:21:00

Sate Maranggi favorit saya ada di daerah Cikampek sana. Tapi saya penasaran dengan rasa sate maranggi yang ini :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月28日 上午8:09:00

Aku belum pernah coba yang di Cikampek euy :p

Reply Delete
Avatar
Kang Nata 2017年12月27日 上午11:06:00

kalau kami sebagai pembaca bagaimana Mbak merasakan Sensasi Satenya, nee air liur saya mulai menetes, ngiler melihat penampakan satenya. :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti 2017年12月27日 上午11:55:00

Alhamdulilah y Ummi meski berangkat jam 11 tapi ga kejebak macet, n iknow u ummi ga akan mungkin batal cuman gegara parkiran ga ada :D

btw itu karyawannya hebat juga bisa pengaruhin dirumah sering makan nasi uda makan ketan aja wkwkwk akhirnya makan ketan deh..jujur aku belum pernah makan maranggi :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月28日 上午8:08:00

Hahhahaa iya karyawannya ngerayuuu :P

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 2017年12月28日 上午10:05:00

Ya Allah, ngileeeerrrr.. Kayanya liburan besok bisa deh mampir kesini yaaa.. Hihihi. Makasi sharingnya ya Mak Lidaaaaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月30日 上午11:20:00

Iyaa hayuk skali skali mencoba buat mampir dan mencicipi ya mbaaa

Reply Delete
Avatar
Larasati Neisia 2017年12月28日 下午3:32:00

Belum pernah makan sate maranggi sari asih mba.. mupeng banget ampun, kapan-kapan harus coba :D

Reply Delete
Avatar
Eka Aprilya 2017年12月29日 上午7:47:00

kok sate nya kecil kecil ya mba. tak puas banget itu kalau saya yang makan hehe

Reply Delete
Avatar
Roy Vandi Tambunan 2017年12月29日 上午7:50:00

wahhh melihat postingan ini langsung cuss nyari sate deh

Reply Delete
Avatar
Nefertite Fatriyanti 2017年12月29日 上午11:44:00

Adik-adikku suka sate Maranggi ini, aku masih penasaran, belum kepengin. Sama nggak rasanya sama sate sapi di jawa itu mba?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月30日 上午11:27:00

Agak manis ini deh mba. Dan bumbu ketumbarnya kerasa bangeet

Reply Delete
Avatar
Elly Nurul 2017年12月29日 下午1:52:00

Aku pernah coba yg di purwakarta, sambel matahnya yg banyak tomatnya itu aku suka.. mba al ngga suka pedes ya?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月30日 上午11:28:00

Aku suka banget makan pedas, mba Elly :)
Ini pakainya sambal oncom mbaaa

Reply Delete
Avatar
Monda 2017年12月29日 下午2:35:00

ini nih temanku sering cerita sate Maranggi Cipanas...,
ternyata betul ada he.. he..., kukira dia salah sebut, karena setahuku yang enak mah di Purwakarta
catet deh kalau ke daerah sini

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月30日 上午11:28:00

Iyaa ada di Cipanas. Aku belum pernah ke Purwakarta malah. Hhehehe

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 2017年12月29日 下午2:49:00

Kayaknya enak tuh sate maranggi 😊 Aroma ketumbarnya terasa banget ya dan ada oncomnya juga. Meskipun ga pedas, disediakan cabe ijo hehe mantap nih. Wah kalau aku sih pilih pure daging ayam karena aku ga doyan lemak 😊

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月31日 上午8:07:00

LEmak menuruku bikin tambah enak. Hehhee

Reply Delete
Avatar
Annisa Rizki Sakih 2017年12月29日 下午8:32:00

duh, jadi ngiler mbak. Ternyata sambalnya sambal oncom ya.. Berarti yang pernah saya cicipi cuma ngaku2 sate maranggi, soalnya kayaknya ga ada oncomnya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月31日 上午8:08:00

ENtahlah nih katanya sambal oncom tuh khasnya jugaaa

Reply Delete
Avatar
Liswanti 2017年12月30日 上午12:40:00

Udah lama ga Ke Purwakarta jadi kangen Sate Maranggi

Reply Delete
Avatar
Ade UFi 2017年12月30日 上午12:40:00

Ade dah pernah makan disini. Waktu itu makan pagi. Jam 10an kalau nggaj salah. Jadi blm terlalu rame. Enaaak... rasanya sih nggak kayak dendeng banget, Mba. Lebih ke steak tapi potongan kecil-kecil. Iya ketumbarnya berasa. Kalau nggak inget iai dompet, nambahnya ga berhenti2 tuh.. haha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月30日 上午11:58:00

Oh kalau steak nggak kerasa bumbu ketumbarnya mba. Kalau sate ini ekrasa banget bubu ketumbarnya

Reply Delete
Avatar
windhu 2017年12月30日 下午2:28:00

Sudah lama banget aku nggak makan Sate Maranggi. Jadi ingin, apalagi coba makan pakai ketan. Nyam...

Reply Delete
Avatar
Mira Miut 2017年12月31日 下午9:47:00

Baru tau awal tahun 2017 ternyata dimana mana ada maranggi hahahaha. Tapi paling kena ke hati yang di Purwakarta uwow

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年1月3日 上午9:24:00

Ajak aku ke Purwakarta dong. Hehheh

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera 2018年1月2日 下午8:28:00

Saya baru tau mba kalau sate maranggi itu makannya pakai sambal oncom. Waktu itu pernah makan sate maranggi di sebuah resto, dan dikasih sambal biasa sih, haha...

Reply Delete
Avatar
Dzulfikar 2018年1月3日 下午4:17:00

Saya baru sekali nyobain, klo dibandingkan dengan Maranggi Bungur, selera saya lebih cocok sama yang di Purwakarta hehehe

Reply Delete
Avatar
Wian 2018年1月16日 下午8:08:00

Ak blm pernah nyobain yg disitu mba. Sekali nyobain maranggi, waktu ke purwakarta.

Reply Delete
Avatar
匿名 2018年2月25日 下午12:23:00

Sate dan ketan bakarnya juaraaa.. Paporit banget ma paksu beli sate ksini, berangkat dr bdg jam 9 malem cuma sekedar beli sate aja.. Hehehhe aq drpd pwkt lebih suka ini..

Reply Delete