Wisata Keliling Jakarta

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Wisata Keliling Jakarta

Setiap kali ada keluarga dari luar kota ke Jakarta selalu menanyakan hal yang sama “Kalau ke Jakarta, enaknya kemana aja ya?”. Hayoo, siapa yang sering mendapat pertanyaan seperti itu? Atau teman juga seringkali kebingungan kalau ke Jakarta hanya punya waktu singkat tapi pengen banget bisa wisata keliling Jakarta?

Nah, saya akan membagi cerita tentang Mama Su, tante saya (Adik mama) yang datang ke Jakarta  bersama dua temannya. Jadi, saat lebaran tante saya telepon kalau akan ke Jakarta sekitar bulan Desember. Eh teryata dua hari sebelum tiba di Jakarta (November), tante saya bilang kalau akan tiba di Jakarta bersama kedua temannya. Pas rombongan tiba, saya pun langsung mengatur strategi agar bisa menemanin jalan-jalan di saat jadwal kerja saya.


Sebelum berangkat, saya pun menanyakan terlebih dahulu keingiann mereka bertiga. Apakah pengen jalan-jalan belanja atau sekedar ingin melihat kota Jakarta. Daan, jawabannya adalaah “Terserah Chici (panggilan saya) saja”. Yap, mereka memilih terserah saya saja mau kemana saja karena tak ada rencana khusus. Hehehhe …

Akhirnya saya membuat agenda kunjungan sehari ke Jakarta dan kemudian mendiskusikan bersama tante dan kedua temannya. Penasaran kemana saja selama sehari? Ini pilihannya …

Thamrin City
Perjalanan kami berempat dimulai dengan wisata belanja di Thamrin City. Dari arah Depok dan Bogor, kita bisa memilih kereta tujuan Tanah Abang/Jatinegara dan turun di stasiun karet kemudian dilanjutkan naik angkutan umum selama 5 menit dan tiba di Thamrin City. Tapi karena kemarin saya nebeng saudara ke arah halte UKI (Universitas Kristen Indonesia), akhirnya kami memilih menggunakan taksi online untuk tiba di Thamrin City. Biayanya sekitar Rp 39 ribu.

Mengapa Thamrin City? Karena lokasinya sangat mudah di akses dan tak terlalu luas buat mencari-cari, saya mengira tempat ini adalah pilihan yang tepat. Apalagi harganya pun banyak yang masih terjangkau. Misalnya atasan muslim seharga Rp 85 ribu dan scraft 4 buah hanya seharga Rp 100 ribu. Murah kan? Nah karena tiba di Thamrin City agak siang, akhirnya kami pun menyempatkan makan siang di salah satu food court yang terletak di lantai 2 Thamrin City.

Keliling Bus Tingkat Gratis
Setelah puas makan siang dan keliling di Thamrin City, kami pun memutuskan untuk ke keliling bus tingkat gratis. Hhm,  saat mengetahui ada bus tingkat gratis di Jakarta, saya sebetulnya ingin tapi selalu saja batal. Akhirnya, saat tante datang saya pun mengajak mereka jalan-jalan sekaligus untuk melihat pemandangan Jakarta.

Dari Thamrin City, kami menggunakan taksi online untuk berhenti di Halte stasiun Juanda. Biaya taksi online dari Thamrin City ke Halte Juanda sekitar Rp 29 ribu. Sat tiba di Halte stasiun Juanda, kami melihat beberapa bus tingkat gratis.

DI depan bus tingkat
Bus-bus tingkat gratis dikelompokkan berdasarkan jenis wisata yakni Sejarah Jakarta (Masjid Istiqlal-Kota Tua), Jakarta Modern (Masjid Istiqlal-Bundaran HI), Seni dan Kuliner (Masjid Istiqlal-Kota Tua), Jakarta Skycraper (Masjid Istiqlal-Bundaran Senayan), Ruang Terbuka Jakarta (Balaikota-RPTRA Kalijodo), dan Cagar Budaya (Masjid Istiqlal-Tanjung Priok).

Di bus tingkat 2
Sebelum naik bus, sebaiknya tanya terlebih dahulu tujuan busnya. Soalnya saat saya mau naik eh teryata itu tujuan ke Bundaran HI. Padahal saya inginnya ke kawasan Kota Tua. Pas naik bus, teryata masih sangat kosong. Di lantai 1 hanya 2-3 orang dan di lantai 2 hanya ada 5-8 anak SMA yang duduk di bangku belakang sambil ketawa ketiwi.

Saya kemudian duduk di bagian depan jadi bisa melihat sensasi lain saat berkunjung melihat-lihat Jakarta. Awalnya saya mengira bus tingkat itu akan berjalan-jalan dengan cepat dan hanya ke rute pendek saja. Eh teryata busnya memang jalan pelan dan berkeliling ke berbagai tempat. Sepanjang perjalanan itu, saya melihat Monas, patung kuda hingga kawasan Glodok. Seru banget kan?  

Berkunjung ke Kota Tua
Bus tingkat itu kemudian berhenti di halte terdekat Museum Fatahillah dan Stasiun Kota. Kami kemudian memutuskan shalat ashar di salah satu perkantoran di kawasan itu. Daripada kelupaan shalat nanti dosa kan? Hehhe… Kamu kemudian melangkahkan kaki masuk di kawasan Kota Tua. Oh ya, masuk ke Kota Tua ini adalah permintaan dari tante saya yang ingin berkunjung ke Kota Tua seperti mama saya. Ya sudah, akhirnya saya kabulkan keinginanya. Hhehehe …

Awalnya kami melihat ada banyak sepeda-sepeda kuno yang dipajang berderet-deret teratur. Sepeda-sepeda kuno ini berwarna-warni sesuai dengan topi bulat ala noni-noni belanda. Saya sempat nawarin tante dan kedua temannya untuk mencoba naik sepeda, tapi tak minat karena katanya tak sanggup menggoes sepeda. Hhehhehe. Padahal kalau mau, bisa menyewa sepeda seharga Rp 25 ribu untuk 15 menit (CMIIW).

Foto iseng ama tante
Kami kemudian memilih fefotoan aja di balik sepeda-sepeda itu dan melanjutkan kaki ke dalam Museum Fatahillah. Saat datang, sudah pukul 16.00 WIB dan museum tutup pukul 17.00 WIB. Waktu satu jam itu yang kemudian kami manfaatkan untuk berkeliling di dalam museum. Untuk masuk ke dalam Museum Fatahilllah, pengunjung hanya dikenakan biaya Rp 5000. Murah kan?

Di Museum Fatahillah, kami berkeliling selama hampi satu jam berkeliling untuk mengetahui sejarah Jakarta. Banyak lukisan orang Belanda dan barang peninggalan sejarah. Setelah puas berfoto-foto dan mengelilingi Museum Fatahillah, kami kemudian memutuskan untuk mencoba makan kerak telor seharga Rp 20 ribu per porsi dan es selendang mayang seharga Rp 10 ribu.

Jangan lupa foto di luar Museum ya
Setelah kenyang, kami pun memutuskan pulang karena sudah terlampau sore. Oh ya, di samping Museum Fatahilla ada Museum Seni Rupa, Museum Wayang, Museum Pos dan lain-lain. Tapi ya itu tadi, kami memilih untuk pulang menggunakan commuterline di Stasiun Kota.

Stasiun Kota
Datang ke Stasiun Kota ini adalah pilihan yang tepat karena Stasiun Kota menyimpan nilai sejarah yang tinggi. Tampak dari luar, stasiun ini masih gagah berdiri. Di bagian luar stasiun, banyak banget ojek online hingga angkutan umum. Stasiun ini dikenal dengan nama Stasiun Beos yang merupakan singkatan dari Bataviasche Ooster Spoorweg Mattschapij (askapai Angkutan Kereta Api Batavia Timur).

Kenapa saya bilang bangunan ini adalah bangunan bersejarah? Jadi, stasiun kota ini telah beroperasi sejak tahun 1873. Dan karena ini adalah peninggalan sejarah, stasiun ini termasuk dalam cagar budaya yang wajib dilindungi.


Ketika saya membaba di website Bobo, Stasiun Jakarta Kota ini dirancang oleh seorang arsitek kelahiran Tulungagung, Frans Johan Lowrens Ghijsels. Ia mendesain stasiun ini dengan mengkombinasikan struktur dan teknik modern barat “Art Deco”.  Saat pertama kali dibuat,  stasiun ini dijuluki ‘Het Indishe Bouwen’ atau ‘Gedung Hindia’. Konstruksi bangunan berbentuk huruf “T”.

Saya melihat sendiri uniknya rangka atau atap berbentuk kupu-kupu dengan penyangga kolom baja. Bangunan ini bergaya Eropa yang klasik. Kini, bangunan ini memilikis entuhan modernitas dengan adanya akses masuk ke stasiun serta beberapa toko-toko yang memenuhi stasiun. Walau demikian, stasiun ini masih tampak bersejarah. Setelah membeli tiket commuterline menuju Pondok Cina, Depok, kami pun bergegas menaiki commuterline.

Suasana di Stasiun Kota
Perjalanan seharian ini berakhir dengan kebahagiaan karena bisa wisata keliling Jakarta bersama saudara. Ingin mencoba melakukan hal yang sama? Atau udah pernah seseruan bareng? 



95 条评论

Avatar
Amallia Sarah 2017年12月7日 下午1:31:00

Wah seru banget ya. Aksi pengen aja keluarga jalan2 di Jakarta jg. Soalnya aku sering denger dari teman yang tinggal di Jakarta, banyak banget tempat wisata apalagi tmpt bersejarah.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月7日 下午2:27:00

Iya. Kalau aku kebetulan suka jalan ke tempat bersejarah :)

Reply Delete
Avatar
Utie adnu 2017年12月7日 下午1:36:00

Aku udah pernah ngerasain semuanya,. Asikkan murmer n happy apaly kalau bawa anak2 Pas Naik bus Coba deh mba existing bnget mereka

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月7日 下午2:29:00

Iyaa. Ayyas belum pernah ngerasain nih mbaa. Mau ah kapan2 aku ajak dia :p

Reply Delete
Avatar
De Pita 2017年12月7日 下午1:37:00

Aku lahir dan besar di Jakarta, sampai akhirnya harus merantau ikut suami ke Kalimantan aku belum pernah merasakan bis tingkat 😂. Pernah nunggu lama di depan halte istiklal gak datang2. Mana tiba2 haid dan langsung banyak. Tembus kemana2 hari yang riweuh hahaha

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月7日 下午2:30:00

Wah drama bangeet yaa. hhehe. Saranku pas hari kerja deh karena lumayan banyak dan nggak antri

Reply Delete
Avatar
Erin Herlina 2017年12月7日 下午2:29:00

Aku belum nyoba naik bus tingkatnya mba.
Seru banget ya mba, mudah-mudahan tahun depan bisa nyoba untuk menikmati Jakarta dari dalam bus.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月8日 下午12:46:00

Semoga ada kesempatan buat naik ya mba. Enak mba dan nyaman. Gratis pula :)

Reply Delete
Avatar
Dila Augusty 2017年12月7日 下午4:59:00

Dari dulu paling penasaran sama Museum Fatahillah plus kota tua Jakarta, Mbak. Apalagi liat foto orang - orang disana, kok cakep semua gitu loh. Pengen deh kesana pas di Jakarta. Tapi pas tinggal di Jakarta setahun malah gak kesana juga. Piye coba itu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月8日 下午12:47:00

Iya mungkin karena agak jauh ya. Tapi skarang udah banyak pilihan transportasinya nya mbaa :)

Reply Delete
Avatar
elva susanti 2017年12月7日 下午5:36:00

Wah keren2 mbak apalagi kl jalan2 ke Kota Tua bisa sepedaan

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月8日 下午12:49:00

Iya. Tapi aku nggak sempat naik sepeda karena udah mulai sore :p

Reply Delete
Avatar
Diyanika 2017年12月7日 下午6:45:00

Dalam bayanganku, Jakarta itu macet mana asyik buat jalan-jalan. Tapi baca cerita Chici kok seru banget ya. Seharian bisa ke beberapa tempat dengan biaya yang nggak mahal pula.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月8日 下午12:49:00

Iya alhamdulillah lancar jaya mbaa. Hayuk dicoba skali skali mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Noe 2017年12月7日 下午8:30:00

Seruu sekali memang keliling jakarta, aku pernah naik bus gratis ituu :D walau awalnya hrs antriii pas mau naik

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月8日 下午12:50:00

Ini pas kosong mbaa. Mungkin pas hari kerja ya

Reply Delete
Avatar
Lendy Kurnia Reny 2017年12月8日 上午5:16:00

Mba Chichi...((jadi ikut-ikutan manggil mba Chichi ^^))
Ternyata di Jakarta masih bisa jalan-jalan gratis yaa...((naik bis))
Aku kira di ibukota gak mungkin ada yang gratisan..

Tapi sayang,
yang memanfaatkannnya sedikit yaa, mba?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月8日 下午12:50:00

Ini pas hari kerja mba. Jadinya sepi. Hehhehee

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 2017年12月8日 上午5:35:00

Seru bangeeett. AKu belum bener2 keliling JKT :(
Sekalinya niat ke Kota Tua pas liburan dan banyak org sampai gak bisa foto huhuhu.
Moga2 ada kesempatan pas muterin Jkt pakai bus gratis TFS

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月8日 下午12:51:00

Aih ntar kita bikin trip sendiri yuukk :)

Reply Delete
Avatar
Inna Riana 2017年12月8日 上午8:02:00

waaa aku pingin ajak boyz naek bis tingkat

Reply Delete
Avatar
dongeng naura 2017年12月8日 上午8:06:00

Wah.. asyiknya.. btw tabtenya funky mbak.😊

Reply Delete
Avatar
Ade ufi 2017年12月8日 上午9:19:00

Wah Mba Al ngerasain naik Mpok Siti juga ya. Enak sekarang Mba jalan2 wisata kota tua dihantar dengan Bis tingkat nyaman pulaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月8日 下午12:52:00

IYaa nyaman bangeet. Ketagihaan. Hhehe

Reply Delete
Avatar
Anggraeni Septi 2017年12月8日 上午9:40:00

Wah seru sekali, banyak tempat kece gratis ya. Aku pernah kerja di Jakarta tapi gak pernah ketempat2 ini. Moga besok2 bs ke kota tua, museum fatahillah yeyyy. Amin :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月8日 下午12:53:00

Aamiin. Smoga disegerakan ya mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 2017年12月8日 上午10:52:00

Aku paling suka ke kota tua, trus ke fatahilah, museum wayang, museum bahari, museum BI, museum bank mandiri, puaa seharian main di sana

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月8日 下午12:53:00

Yuk kapan2 kita main lagi ke sana yuuukk

Reply Delete
Avatar
Mildaini 2017年12月8日 下午12:18:00

Informasinya penting bgt ini buat aku, rencana mau ke jakarta. Nice info mak

Reply Delete
Avatar
Nurul Sufitri 2017年12月8日 下午12:24:00

Aku pernah ke ThamCit 1x aja. Trus kalau keliling Jakarta naik bus kayaknya belum deh hehehe.... pernah ke Kota Tua pas Lebaran pertama wiiiihhhhhhh ga enak bgt super ruameeee gerah pula. Wah asik dong tante dkk happy diajak mb Alida keliling Jakarta. Mantap 😀

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月8日 下午12:54:00

Kalau pas lebaran memang rmai banget ya mbaa.

Reply Delete
Avatar
APRIL TUPAI 2017年12月8日 下午12:52:00

Penasaran bgt nyobain bus tingkat. Seru kayaknya :D

Reply Delete
Avatar
alan nobita 2017年12月8日 下午1:19:00

wah kotatua ya, rasanya mengunjungi kota tua seperti mengunjungi malioboro jogja, g bosan2 :D
blm pernah dpt bus keliling yg sesepi ini

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月10日 上午8:40:00

Ini mungkin pas hari kerja jadi emang kosong mas :)

Reply Delete
Avatar
eskaningrum 2017年12月8日 下午1:30:00

aih asyik banget jalan-jalan dengan budget hemat ya. Minggu lalu aku ke Istiqlal juga liat ada bus tingkat gratis, pengen cobain tapi takut bingung arah. Dengan tulisan ini cukup mencerahkan. Makasih yaa sharingnya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月10日 上午8:43:00

Ada beberapa pilihan pas mau naik bus tingkat, mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Fiberti 2017年12月8日 下午4:37:00

Kota tua memang nggak ada matinya ya mba. Banyak tempat cantik buat difoto....seru wisata keliling Jakartanya.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月10日 上午8:43:00

Aku belum sempat kemarin ajak explore semuanya mba :)

Reply Delete
Avatar
Gita Siwi 2017年12月8日 下午6:13:00

Udah semuanya aku. Terakhir kota tua lomba balap sepeda boncengan. Susah ternyata onthel hahaha

Reply Delete
Avatar
ayahblogger 2017年12月8日 下午9:38:00

pengen banget bawa anak ke museum fatahillah. Pernah ke jakarta cuma jenguk uwaknya sakit. si kecil masih penasaran dengan kota jakarta

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月10日 上午8:44:00

Mau liburan sekolah adalah pilihan yang tepat ya mas :)

Reply Delete
Avatar
Annisa 2017年12月8日 下午9:47:00

Ide bagus nih buat jalan jalan keliling Jakarta. Masih banyak destinasi bagus buat jala jalan d kota. Tapi lebih enak pas moment lebaran atau liburan biasanya jakarta sepi. Hehehe. tambah lowong jalan enak deh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月10日 上午8:45:00

Bener banget. Nggak desak-desakan pula :)

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin 2017年12月8日 下午11:12:00

Wuiiih wisata Kota Tua semakin kece yaa. Terakhir aku ke sana udah lama bangeeet, ada kali 10 tahun yang lalu. Kepingin ngajak anak-anak ke sana ah akhir pekan ini. Biar jalan-jalan sekaligus mengenalkan sejarah Indonesia.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月10日 上午8:45:00

Ah iya bener. Perkenalkan sejarah ke anak ya mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Dwi Larasati 2017年12月9日 上午1:01:00

Hemat banget ini jalan-jalannya. Apalagi ke tempat yang seru-seru begini.

Reply Delete
Avatar
Annisa Rizki Sakih 2017年12月9日 上午5:56:00

Tantenya gaul ya mbak, mau diajak pose2 seru. Saya pengen nyobain bus tingkatnya

Reply Delete
Avatar
Witri Prasetyo Aji 2017年12月9日 上午10:05:00

Kota tua dan keliling bus tingkat gratis... aku mauuuuuuu

bisa jadi agenda nih kalau ke Jakarta

TFS ya Mbak :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月10日 上午8:46:00

Yukk kapan2 bisa mencoba kalau ke Jakarta ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Dewi Nuryanti 2017年12月9日 下午11:42:00

Aku aja yg tinggal di Jkt masih bingung aja setiap ditanya, tempat yg enak utk dikunjungi di Jkt apa saja ya? Ternyata Jkt punya bnyk tempat yg asik utk didatangi.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月10日 上午8:46:00

Cari yang nyaman dan harganya murah ya mbaa

Reply Delete
Avatar
Mira Miut 2017年12月9日 下午11:55:00

Babam pernah nih.. tapi aku sampe mau nangis kalau inget waktu itu hahahaha.
Pan kapan mau main lagi cuma harus bawa orang extra hihi. Pengalamannya seru suka kalau baca yang cerita begini.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月10日 上午8:46:00

Waduh, kenapa sampai nangis, Mamih :P

Reply Delete
Avatar
Fanny f nila 2017年12月10日 上午8:45:00

Waktu temen kuliahku yg orang asing dtg k jkt, aku jg bawanya ke thamrin city, dan monas tapi. Yg kota tua aku malah belum prnh mba huehehe.. Slama ini cm tau aja tempatnya..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月10日 上午8:52:00

Ke kota tua pasti mereka suka banget mbaa :)

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih 2017年12月10日 下午1:14:00

aaaah asiknyaaa, belum pernah naik bis tingkat 2 :D

Reply Delete
Avatar
Helenamantra 2017年12月10日 下午3:59:00

City tour bus dan ke sekitar kota tua juga jadi pilihan menarik tiap ajakin teman jalan-jalan. Banyak spot foto!

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月17日 上午8:22:00

Asal puas berpanas panas ria ya mba :p

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi 2017年12月10日 下午6:34:00

wah ini rutenya pas buat keliling Jakarta, aku belum pernah naik bus tingkat..jadi tertarik juga nih, kapan ya bisa jalan-jalan di Jakarta..

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera 2017年12月10日 下午7:27:00

Wah senangnya Tante diajak kelayapan seharian. Saya belom pernah loh ke TamCit, haha... Seringnya Sarinah, ini pun ngopi di Mc D nya sambil nonton macet. Naik Mpok Siti pun juga belum pernah, karena takutan macet, haha... KoTu ini enaknya banyak yang dilihat ya cukup di satu area. Waktu adek ke sini kemarin, juga bingung sih mau diajak kemana, haha... Akhirnya dia mutusin ke Dufan. Stasiun Kota ini memang macam eropa2 gitu yak atapnya. Keren dan luas juga.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月17日 上午8:22:00

Thamrin City lumayan nih mba tempatnya. Nggak perlu bercapek capek ria eh banyak pilihan belanja :p

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 2017年12月11日 上午5:09:00

Passs banget anak anak pengen jalan jalan ke jakarta. Alhamdulillah dapet ini. Makasih ya mbak. Informatif ;)

Reply Delete
Avatar
Beautyasti1 2017年12月11日 下午12:23:00

Aku jadi inget pas jaman kuliah suka mengexplore jakarta khususnya museum dan tempat bersejarah lainnya. Next time kemana lagi nih mba? :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月17日 上午8:25:00

Nah aku malah pengen ajak jalan juga keliling museum musem di Jakarta nih mba :)

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah 2017年12月12日 上午3:21:00

Sering ke Jakarta, tapi dari list di atas yang udah cuman Thamrin City doang hehe..

Reply Delete
Avatar
Mugniar 2017年12月12日 下午1:34:00

Beberapa kali ke Jakarta, saya tidak pernah ke tempat2 itu, Mbak Lida. Suatu saat nanti harus ke sana,deh :)

Reply Delete
Avatar
Astin Astanti 2017年12月13日 下午8:43:00

Waaah asyik banget ya jalan-jalannya, komplit. belanja, wisata gratis dan ke kota tua. Aku juga sudah pernah naik bis wisata ke arah tanjung priuk, gak nanya dulu itu teh bis ke mana, hiks

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月17日 上午8:48:00

Wah jauh juga ampe Tanjung Priok. Hhehee

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti 2017年12月17日 上午5:25:00

aku belum pernah ke Thamrin wkwkwk nti ah klo mudik ke Bekasi pgn mampir sekejap kesitu 😁

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年12月17日 上午8:48:00

Aku temanin deh kalau ke Thamrin City :)

Reply Delete
Avatar
Evi 2017年12月17日 下午1:35:00

Nah, aku juga lumayan sering bingung kalau harus membawa saudara yang dari luar jalan-jalan di Jakarta. Terpikir masak kota tua lagi..Tapi itu kan dari sudut pandang kita ya, Jakarta sudah biasa saja, kurang ada tempat menarik. Sementara dari sisi kerabat yang tak tinggal di Jakarta pastinya menelisik Jakarta dengan naik bus wisata pasti pengalaman menarik :)

Reply Delete
Avatar
Ursula Meta Rosarini 2017年12月19日 下午4:41:00

Asyik banget ya keliling Jakarta yg murah meriah, transport umum juga udah mendukung banget. Aku udah kunjungi semuanya, dan yg paling ga membosankan itu Kota Tua hihihi

http://ursulametarosarini.blogspot.co.id/

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 2017年12月20日 上午1:57:00

Pengen nyoba keliling naik bus... Ke kota tua jg belum pernah huhu...

Reply Delete
Avatar
Dita Indrihapsari 2017年12月21日 上午6:13:00

Aku belum kesampaian nig mba Al ngajak Boo sama Mika naik bis tingkat.. Mayan ya, gratis lagi.. :D Dan Kota Tua itu berapa kali ke sana juga gak bosen rasanya hehe.. Senengnya bisa jalan-jalan sama saudara.. :)

Reply Delete
Avatar
Dee - HDR 2017年12月21日 上午7:25:00

Sekarang wisata keliling Jakarta lebih mudah, udah banyak pilihan transportasi seperti bis tingkat itu yaa :)

Cheers,
Dee - heydeerahma.com

Reply Delete
Avatar
Mydaypack 2018年1月24日 上午7:42:00

kkala sy ke jkt pasti sering ke kota tua sama monas di sore hari, ramai disana

Reply Delete