Kurma Muda Dipercaya untuk Program Hamil

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Kurma Muda Dipercaya untuk Program Hamil

Saya ingin menulis pengalaman umrah Mei lalu (6 Mei-16 Mei 2016) secara bertahap. Kali ini, saya ingin cerita tentang salah satu info menarik yang saya peroleh selama umroh. Salah satu jamaah umroh bernama Pak Sigit bercerita kepada saya tentang kurma muda saat kami di Perkebunan Kurma di Madinah. Saat keluar dari toko di perkebunan kurma, ia membawa satu plastik yang berisikan kurma muda. “Sayangnya hanya satu plastik, kalau ada banyak saya mau beli,” kata Pak Sigit kepada saya. Awalnya saya mengira kurma muda itu seperti kurma lainnya. Tapi teryata, teman saya mengatakan kurma muda dipercaya dapat membantu untuk program hamil.

Kurma Muda sekilas mirip anggur hijau

Kepada saya, ia bercerita setelah menikah selama empat tahun, pernikahannya tidak membuahkan anak. Berbagai upaya pun dilakukan untuk persiapan kehamilan. Ia dan istri mendatangi berbagai dokter hingga berbagai pengobatan alternatif agar cepat hamil. Berdasarkan pemeriksaan dokter, di rahim sang istri ada gangguan yang tidak memungkinkan untuk hamil. 

Baca : Umrah Ala Backpacker 

“Kami syok mendengar kabar itu,” katanya. Tapi perjuangannya untuk memperoleh anak tetap dipertahankan. Kemudian, pasangan suami istri itu diperkenalkan saudara dengan kurma muda. Kurma muda ini dipercaya dapat membantu agar cepat hamil.  Bagi pasangan yang belum memiliki anak, kurma muda dianggap berkhasiat untuk kesuburan pasangan yang belum mempunyai keturunan. Warnan kurmanya hijau dan bentuknya lebih kecil dibandingkan kurma lainnya. Rasanya lebih sepet dan agak sedikit keras. Saya sendiri belum tahu apa kandungan di kurma muda ini, tapi manfaat kurma muda sangat terkenal untuk kesuburan pasangan suami istri.

Kebetulan saat itu, saudaranya baru tiba dari umrah dan membawa pulang oleh-oleh kurma muda. Berbekal keyakinan dan tetap yakin atas kehendak Allah, pasangan suami istri itu kemudian mengkonsumsi kurma muda sebagai makanan penunjang kehamilan. Kurma muda itu dikonsumsi setiap hari. Sehari tiga hari yakni pada waktu pagi, siang dan malam. Kurma itu dihancurkan kasar, kemudian dikonsumsi langsung. 

Baca : Umrah Bersama Anak 

Kurang dari sebulan, berkat ijin Allah, sang istri hamil anak perempuan. Dua tahun kemudian, sang istri pun kembali hamil anak perempuan. “Kami langsung datang ke dokter yang sempat mengatakan istri tak bisa hamil. Dokter takjub dengan keberhasilan kami,” katanya.

Pohon Kurma di Perkebunan Kurma, Madinah
Keberhasilan Pak Sigit itu kemudian diketahui banyak tetangga. Saat umroh kemarin, ia dipesankan untuk membeli kurma muda untuk dibawa pulang. Nah, karena kurma muda yang dijual di toko Perkebunan Kurma sudah habis, kami pun bergegas ke halaman belakang perkebunan. Di sana ada beberapa pohon kurma yang tumbuh lebat.
Nah, di bawahnya ada berbagai buah kurma yang masih segar. Kami pun bergegas mengambil buah kurma tersebut. Setelah itu, kurma dicuci bersih. Sayangnya aps di Mekkah, buah kurma tersebuh warnanya menghitam. Mungkin karena tidak dijemur agar lebih kering dulu sehingga penyimpananya lebih awet. Tiba di Jeddah, saat hendak kembali ke Jakarta tepatnya di Mesjid Terapung, saya pun menemukan kurma muda yang dijual di sekitar Mesjid Terapung itu. Ada beberapa jamaah umroh yang juga membeli kurma muda untuk di bawa ke Jakarta. 


Penjual kurma muda di Jeddah
Harganya sekitar 10 real (1 real=Rp 3636) untuk satu plastik kecil. Ada juga yang menjual dalam bentuk bubuk, tapi banyak juga yang memilih dalam bentuk buah utuh. Saya sempat bawa pulang untuk saudara saya. Namun hingga kini, keinginannya untuk memiliki anak belum terwujud. Ya, semuanya kembali kepada pribadi-masing-masing. Manusia hanya bisa berencana, Allah yang menentukan.     



96 条评论

Avatar
Effendi Nurdiaman 2016年7月13日 下午2:50:00

Hebat nih buah kurma ini bisa di konsumsi untuk wanita yang lagi melaksanakan program kehamilan :)

Reply Delete
Avatar
Rusydina Tamimi 2016年7月13日 下午3:29:00

baru tau jika kurma muda bisa membantu program kehamilan, nice info mbak :)
bisa aku share ke tante aku yang udah lama pengen punya anak ^^

makasiih banyak artikelnya :)


rusydinat.com

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月13日 下午8:45:00

Awalnya aku juga nggak ngeh, mba. Ya tapi semua ya kehendak Allah. Smoga segera dikabulkan keinginannya ya, mba

Reply Delete
Avatar
Meutia rahmah 2016年7月13日 下午5:54:00

Benar banget mba, kurma muda bisa untk program hamil, pernah bawain untk temen alhamdulillah hamil.btw enak jg kurma muda

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月14日 上午6:42:00

Alhamdulillah kalau ada yang berhasil ya, mba :)

Reply Delete
Avatar
Julia Amrih 2016年7月13日 下午6:36:00

Baru tahu khasiat kurma muda, semoga kapan-kapan bisa umroh dan bawa oleh-oleh untuk saudara yang juga sedang promil...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月14日 上午6:43:00

Amin amin, mba :)
InsyaAllah ya moga berhasil :)

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 2016年7月13日 下午9:55:00

makasih infonya, kebetulan lg ada rencana program hamil :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月14日 上午6:43:00

Namanya aja usaha ya, mba. Semoga berhasil

Reply Delete
Avatar
Ruli retno 2016年7月13日 下午10:30:00

Wah ada tambahan info utk ikhtiar ya mba.. sy pnh denger cara ini tp belom pnh denger ada yg sukses berkat cara ini.. akhirnya skrg baca kisah sukses nya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月14日 上午6:43:00

Iya aku malah awalnya nggak tahu tentang kurma muda ini mba :)

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah 2016年7月14日 上午3:14:00

Wah informasi yg bermanfaat..bukan utk program hamil saya tentu saja hahaha.... makasih ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月14日 上午6:44:00

Siapa tahu berguna bagi yang lain ya mba

Reply Delete
Avatar
Unknown 2017年4月25日 下午1:50:00

mbak ,klw kurma muda nya langsung dimakan gtu aja gimna?

Reply Delete
Avatar
Belalang cerewet 2016年7月14日 上午6:35:00

Saya juga pernah dengar soal kurma muda buat Ikhtiar biar bisa hamil, namun belum pernah dengar kasusnya langsung. Semoga saudara Mbak segera diberi amanah ya.

Btw, di paragraf pertama yang keluar dari toko perkebunan itu siapa, Mbak? Terus yang bilang mau beli kurma siapa? Kok saya baca berulang-ulang, agak ga nyambung, hehe....

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月14日 上午7:03:00

Amin atas doanyaa, mas.
Terima kasih koreksinya. Maksudnya, Pak Sigit yang baru keluar toko perkebunan dan bilang mau membeli kurma

Reply Delete
Avatar
Beautyasti1 2016年7月14日 上午8:03:00

Tapi kalau memang ada gangguan rahim (alat reproduksi ), gak ada hubungan nya dengan kesuburan lagi.. Btw aku baru tau ada kurma muda ini loh mba, tapi termasuk murah ya dibanding kurma nabi. Mungkin di tanah abang ada yang jual hehehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月14日 上午11:05:00

Iya mba. Aku juga baru tahu. Ada yang jual dalam bentuk bubuk warna hijau. Mmh kalau di tanah abang, aku nggak tahu ada yang jual atau nggak mba :)

Reply Delete
Avatar
Ety Abdoel 2016年7月14日 上午9:48:00

Kalau di Jakarta, ada yang jual nggak mba?. Kalau ada biar saya rekomendasikan buat adek.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月14日 上午11:07:00

Aku nggak tahu kalau di Jakarta. Mungkin kalau ada yang pas umroh ya mba. Kayaknya ga tahan lama. Moga saudaranya bs terkabul keinginannya ya mba :)

Reply Delete
Avatar
muti mimut 2016年7月14日 下午11:02:00

Kurma muda ini bermanfaat juga buat kesehatan kah? apa mungkin kita tanam sendiri di pekarangan rumah yaa..lumayan bisa menghemat hehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月15日 上午9:07:00

Sepertinya iya mba Muti. Kalau tanam sendiri, kontur tanahnya sebaiknya harus sangat kering

Reply Delete
Avatar
cuap - cuap Widhie BBF 2016年7月15日 上午8:44:00

Wah aq baru tau mba...
Mudah mudahan segala ikhtiarnya di ijabah oleh Allah SWT..Amiiin

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月15日 上午9:53:00

Amin mba Widhie. Aku ya baru tahu pas umroh itu. Selama ini nggak ngeh mba

Reply Delete
Avatar
SiBlogger Kendal 2016年7月15日 上午9:03:00

Saya juga tahu info ini kebetulan waktu itu pas ada tayangan film, kurma muda bisa menyuburkan rahim untuk yg sukar punya momongan. Alhamdulillah, berkat izin Allah ya, Kak.
Semoga senantiasa diberi kesehatan.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月15日 上午9:53:00

Semuanya atas kehendak Allah :)
Amin amin doanya :)

Reply Delete
Avatar
Ophi Ziadah 2016年7月15日 上午11:01:00

rasanya gimana tuh mba??/ tetep manis kah?

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati 2016年7月15日 上午11:20:00

Baru tau kurma muda bisa untuk program hamil. Kurma memang banyak khasiatnya ya. Waktu anakku kena DBD bulan lalu, kuberi sari kurma.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月15日 下午1:23:00

Sari kurma emang bagus juga mba. :)

Reply Delete
Avatar
Riri kusnadi 2016年7月15日 下午2:40:00

Banyak bgt manfaat kurma ya ... Baru tahu hihi :)

Reply Delete
Avatar
Jiah Al Jafara 2016年7月15日 下午3:10:00

blm pernah makan kurma muda

smoga bs ke sana langsung utk ibadah tentunya

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 2016年7月15日 下午4:11:00

Aku pengen nyobain kurma muda nya mbak biar lekas hamil huhu...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月16日 上午8:08:00

Ini salah satu iktiar, mba Tuty :)
InsyaAllahs emoga disegerakan ya mba. Amin amin

Reply Delete
Avatar
Ira guslina 2016年7月16日 上午12:21:00

Wah baru tahu ttg kurma muda ini.. khasiatnya ternyata war biasa ya mba. Eh tapi di Indonesia belum ada yg jual ya mba? Di tanah abang ada ga ya..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月16日 上午8:37:00

Nah, aku nggak tahu ada yang dijual di Indonesia atau nggak. Nggak tahan lama soalnya mba

Reply Delete
Avatar
Vety Fakhrudin 2016年7月16日 上午1:30:00

Saya dulu waktu promil juga sempat dapat kurma muda dari kenalan ibu saya yang pulang umroh. Yang amsyong banget itu kalo disuruh minum serbuk kurma...rasanya itu gimana gitu...nggak bisa diungkapkan lewat kata-kata...hihihi...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月16日 上午8:38:00

Serbuk yang bubuk warna ijo itu ya mba ...
MMh aku belum nyicip mba yang serbuk :)

Reply Delete
Avatar
Nurul Fitri Fatkhani 2016年7月16日 上午5:45:00

Ternyata kurma muda bisa menyuburkan ya mbak, saya baru tau, nih he he...
Nanti saya beri tahu teman saya, soal ini. Makasih infonya ya Mbak ;)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月16日 上午8:44:00

Semoga bermanfaat infonya ya mba :)

Reply Delete
Avatar
April Hamsa 2016年7月16日 下午12:31:00

Kurma yang masih buahnya sepertinya emang lbh manjur buat "obat" ketimbang yang sudah berbentuk manisan atawa ciran kali ya mbak? Atau khasiatna sbnrna sama aja ya? Tapi mendpatkannya jauh jg ya hehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月19日 上午7:51:00

Banyak yang mengatakan demikian, mba April. Lebih baik langsung buahnya ya :)

Reply Delete
Avatar
Susindra 2016年7月18日 下午11:03:00

Saya baru tahu lho Mbak. TFS ya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年7月19日 上午7:51:00

Semoga bermanfaat infonya ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Ety Budiharjo 2016年7月24日 下午4:29:00

Saya suka sama kurma muda klu pas ada yg umroh suka nitip...makasih infonya mba...

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih 2016年7月25日 下午3:48:00

saya juga pernah dengar kurma muda utk terapi hamil, tapi kembali pada Yang Maha Memberi ya mba semuanya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月6日 下午1:04:00

Bener mba. Kita hanya mengusahakan ya mba

Reply Delete
Avatar
Susindra 2016年7月27日 上午7:07:00

Baru tahu ada yang jual kurma muda Mbak. Dan baru tahu khasiatnya. Ah, semoga yang belum memiliki keturunan segera mendapatkannya. Sedmangat ya Mbak, makan kurma muda terus dengan penuh keyakinan dan doa

Reply Delete
Avatar
Indra3H 2016年7月27日 上午7:08:00

Obat alamai dan atas izin Allah, in sya Allah berhasil.

Reply Delete
Avatar
Kang Burhan 2016年8月30日 下午3:18:00

bu boleh di copas tulisannya?tks

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月6日 下午1:04:00

Silakan dengan mencantummkan nama saya dan alamat blog saya ya :)
makasih

Reply Delete
Avatar
Winda Sari 2016年9月10日 上午10:25:00

terimakasih untuk artikelnya mbak.. kebetulan juga lagi program ney, sepertinya bisa diterapkan. cuma disini adanya kurma biasa, kira2 khasiatnya sama juga gak yah?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月11日 上午9:37:00

Mba WInda, aku nggak tahu nih beda khasitanya. Hanya saja memang ya semua sesuai keputusan Allah :)

Reply Delete
Avatar
Tita 2016年10月27日 上午8:30:00

Assalamualaikum. Saya jual kurmud mbak.. saya lgsg dtngkan dr Jedah. Bisa WA saya di 085707060919

Reply Delete
Avatar
Tita 2016年10月27日 上午8:29:00

Assalamualaikum.

Saya sendiri berhasil hamil dgn makan kurma muda kuning. Setelah menunggu kurleb 2 tahun, konsumsi dlm wkt 1 bulan Alhamdulillah sdh dikarunia buah hati. Dari pengalaman saya, saya berniat membantu pasangan lain yg ingin ikhtiar dgn kurmud. Alhamdulillah bbrp teman dan cust hamil jg. Bbrp dr mereka jg ttp konsumsi terutama saat semester 2 dan 3 sbg penguat kandungan alami. Jika berminat bisa WA di 085707060919 atau follow Instagram saya @tokosaudiarabia. Makasi sharenya mbak Alida. :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年1月27日 下午6:41:00

Semuanya berkat bantuan Allah. Alhamdulillah ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Ahmad 2016年12月13日 下午8:24:00

denger - denger emng kurma muda bisa untuk program hamil, tetapi kurma muda susah untuk mendaparkannya

Reply Delete
Avatar
Riana Gernalia Manalu 2016年12月27日 下午8:04:00

Makannya sehari tiga kali, msg2 berapa buah kurma mbak... suami istri yah? Sy sedang promil, pengen nambah anak, sdh ada dua, dan usia sy menjelang 40 thn, dktr bilang rahim saya sumbat keduanya, doakan sy atas ijin Allah yah mbak, ikhtiar...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年1月27日 下午6:40:00

InsyaAllah semoga dimudahkan ya mba Riana. Aamin :)

Reply Delete
Avatar
agugus.com 2017年2月13日 下午9:19:00

Terimakasih nyimak artikel ini bertambah pengetahuan baru manfaat kurma untuk program hamil

Reply Delete
Avatar
Melinda Niswantari 2017年3月9日 下午3:43:00

Aku suka sama kurma muda, rasanya itu nda terlalu manis dan krenye-krenyes2...enak...cocok buat ganjel perut pas lagi thawaf :)

Reply Delete
Avatar
ana mariana 2017年3月24日 下午9:04:00

saya baru di kasih oleh2 sama saudara pulang dr umroh,,, kurma muda basah.. sama kerma muda dalam kendaan sudah kering.. mudh2n nanti ada hasil,,,

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年5月25日 下午1:59:00

Aamin mba Ana. Semoga ada hasilnya ya mba

Reply Delete
Avatar
ANITA CINTHYA 2017年3月29日 下午3:54:00

Alhamdulillah,smoga ikhtiar saya bisa dengan cara ini,makasih infonya ya mba

Reply Delete
Avatar
ANITA CINTHYA 2017年3月29日 下午3:55:00

Alhamdulillah,saya juga sedang ikhtiar,smoga dengan jalan yg kali ini allah mengabulkan doa saya.amin.
makasih ya mba

Reply Delete
Avatar
Suryana Yana 2017年4月7日 下午7:48:00

Assalmualaikum.. mf mba mau tanya klw di tanah air kita trcinta ini kira2 dmn y yg kual qurma muda itu?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年5月25日 下午1:57:00

Ada beberapa yang menjual online mas

Reply Delete
Avatar
infoana 2017年4月15日 下午10:16:00

aku pernah dikasih temen. makannya bentuk frozen, nungu cair dulu.
enak.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年5月25日 下午1:58:00

Oh ya aku juga pernah makan kurma beku mba. Hihih

Reply Delete
Avatar
Feriyana sari 2017年4月22日 下午5:40:00

Iyaa sering banget denger khasiatnya. Tapi belum pernah nyoba saya.

Reply Delete
Avatar
Yesi Intasari 2017年5月23日 上午11:41:00

searching2 soal kurma muda ini di google, eh ketemu blognya mba ida.. aku juga lagi promil nih mba mudah2an diqodar berhasil leewt promil kurma muda ini, amiiinnn..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年5月25日 下午1:58:00

Aamin mba Yesi. Semoga terwujud ya mba :). Aamin

Reply Delete
Avatar
Kurmapedia 2017年7月12日 下午2:40:00

Saya jual bun kurma muda klo mau. hubungi WA : 0857 8087 9125

Reply Delete
Avatar
Kurmapedia 2017年7月12日 下午2:39:00

Keren nih web. cantik dan bermutu.

Reply Delete
Avatar
Jiah 2017年8月17日 上午8:41:00

Aku pernah lihat liputan ttg kurma muda di TV. Namanya jd usaha ya

Reply Delete
Avatar
bursahp 2018年3月11日 上午10:20:00

informasi yang bagus..ternyata kurma dapat berkhasiat banyak untuk kehamilan......selebihnya sukses selalu

Reply Delete
Avatar
Eni Martini 2018年5月2日 上午7:12:00

Tahu gini aku nitip kurma muda

Reply Delete
Avatar
Desonline 2018年5月8日 上午9:58:00

Informasi yang sangat bagus nih, dan patut dicoba untuk mereka yang belum hamil

Reply Delete
Avatar
jagoteknologi 2018年5月25日 下午4:00:00

Gak hanya kurma yang sudah matang, ternyata yang mentapun mengandung banyak manfaat

Reply Delete
Avatar
Unknown 2018年9月13日 下午3:10:00

Assalamu'alaikum...
gmn cara ngolah dan konsumsi kurma muda untuk promil mbak .??

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2018年9月18日 下午3:54:00

Beberapa teman konsumsi langsung dan ada juga yang di blender mba

Reply Delete
Avatar
Unknown 2018年9月27日 下午5:05:00

Aku juga sedag promil tpi baru dpt buah kurma mudanya besok. Semoga ikhtiarku melalui kurma muda Allah izikan aku mendpatakan momongan segera . aamiin

Reply Delete
Avatar
Siti Faridah 2018年11月27日 下午6:07:00

Baru tahu kalau ternyata ada manfaat dari kurma muda. Belum pernah mencoba kurma muda deh aku kayaknya. Biasanya cuma makan kurma yang udah matang. Malah kadang-kadang aku konsumsi sari kurma.

Reply Delete
Avatar
fanny f nila 2018年12月25日 下午6:13:00

pas aku umroh kmrn, aku sempet mba cari kurma muda. utk anak buahku yg blm punya anak sampe skr. tp aku cari di pasar kurma, dan nanya2 ke bbrp org, trnyata lg ga musim. krn saat itu arab saudi udh masuk winter kan. bukan saatnya kurma berbuah. tp org2 itu nawarin yg dlm bntuk bubuk. ya sudah, yg ptg khasiat sama aja.cm sbnrnya aku penasaran apa rasa kurma mudanya. :). pernah liat di IG temen, dia makanin kurma muda ama bumbu rujak. katanya enak krn sepet2. itu yg bikin pgn coba :D

Reply Delete