Mengajarkan Puasa Kepada Anak

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Mengajarkan Puasa Kepada Anak

Usia berapa sebaiknya anak berpuasa? Hmm ... Jawabannya bervariasi. Ada yang mengatakan lima tahun, ada yang sudah mengajarkan sejak tiga tahun. Bagi saya semua tergantung cara keluarga melatih anak dan kesiapan anak juga. Pengalaman saya, sejak kecil telah mengajarkan tentang puasa kepada anak. Saat anak duduk di bangku TK, sekolah juga membantu untuk mengenalkan manfaat dan arti puasa kepada anak-anak.
 
Sumber : pixabay.com
Saat TK dulu, sang guru mengatakan bahwa anak TK A telah ada yang berpuasa. Sang anak telah diajarkan untuk berpuasa setengah hari. Biasanya setelah shalat dzuhur, akan kembali berpuasa hingga magrib. Ada juga yang mengaku telah mengajarkan anak sejak dalam kandungan. tapi tentu saja harus mengetahui kondisi anak. Dalam masa perkembangan balita, tak ada salahnya memperkenalkan anak tentang puasa.


Perkenalan tidak langsung meminta anak berpuasa, tapi mempelajari tentang apa itu puasa. Selain itu, di bulan Ramadhan, jangan ragu melibatkan anak saat sahur, berbuka puasa hingga shalat tarawih.Tapi bagaimana caranya mengajarkan anak berpuasa sejak dini? Ada beberapa cara yang saya dan keluarga saya lakukan untuk mengajarkan anak berpuasa.

Sampaikan Manfaat Puasa Melalui Cerita

Melalui cerita, biasanya anak lebih mudah memahami dan mengerti sebuah kisah yang menginspirasi. Sampaikan kisah-kisah yang menginspirasi sehingga anak termotivasi untuk berpuasa. Kisah-kisah tak hanya tentang puasa, tapi kisah teladan Nabi pun dapat diajarkan melalui cerita kepada anak.  

Baca : Umrah Bersama Anak 

Berikan Motivasi kepada Anak untuk Puasa

Anak membutuhkan pujian jika ia mampu berpuasa separuh hari atau bahkan hanya beberapa jam. Menurut saya dengan pujian anak semakin termotivasi untuk melakukan puasa. Selain itu, sebaiknya tidak membanding-bandingkan antara satu anak ke anak yang lain. Bukannya memotivasi, kuatirnya anak semakin tak semangat untuk belajar puasa. Saya berusaha menghindari kalimat “Tuh, si B aja bisa puasa, kok kakak nggak?”. Anak kuatirnya akan merasa kita tak mengapresiasi upaya yang ia lakukan. Padahal dengan dia belajar puasa, itu sudah bagus buat dia.

Jangan Memaksa Anak

Anak memiliki kondisi yang berbeda-beda. Jadi, kondisi tubuhnya pun tak bisa disamakan dengan anak lain. Jadi, jika anak mengatakan tidak mampu berpuasa, jangan dipaksa. Lakukan puasa secara bertahap. Misalnya jika awal hanya 2 jam, besoknya tiga jam, kemudian setengah hari. Oh ya, apabila anak berhasil puasa sesuai kemampuannya, jangan ragu untuk memberikan hadiah walaupun sederhana. Kalau saya memberikan hadiah sederhana seperti penghapus atau pensil, anak saya sudah senang.

Berbagi Bersama Orang Tak Mampu

Dengan mengajak anak berbagi bersama orang tak mampu, anak semakin merasakan hikmah puasa. Berbagi bisa dilakukan dengan berbuka puasa atau berbagi makanan berbuka puasa ke orang-orang yang membutuhkan.

Selamat berpuasa bersama anak .. 




69 則留言

Avatar
Nathalia DP 2016年5月27日 下午3:23:00

jav jg udah ga sabar nih mau puasa :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月28日 上午8:03:00

Alhamdulillah Jav pinter bangeet ;)

Reply Delete
Avatar
Hana Bilqisthi 2016年5月27日 下午3:46:00

setuju.. tiap anak kondisinya beda2.. jadi kalau ditanya usia yang ideal, tergantung kondisi si anak :D

btw, makasih tipsnya :D
bener juga bisa mulai memperkenalkan dari pengetahuan dulu ya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月28日 上午8:04:00

Hallo mba Hana. Lama nggak ada kabar? Hihii
Iya bener mba, pelan-pelan mengajarkan ke anak :)

Reply Delete
Avatar
Sengon Solomon 2016年5月28日 上午3:12:00

Benar sekali Mbak, dengan memberi motivasi yang baik dan benar terhadap si anak, niscaya dia akan timbul insiatif yang baik untuk mau belajar puasa.

Tak terasa puasa tahun ini sudah dekat ya Mbak

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月28日 上午8:43:00

Motivasi baik itu penting, mas. Iyaa sebentar lagi. InsyaAllaah :)

Reply Delete
Avatar
Ida Tahmidah 2016年5月28日 上午5:40:00

Yang penting anak ikut suasana puasanya dulu, saur dan buka bareng.. mau batal jam 09 juga ga masalah... itu yg sy terapin ke kelima anak saya alhamdulillah sudah lulus semua hahaha....

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月28日 上午8:44:00

Bener banget, mba Ida. Alhamdulillaah ya kalau lulus semuaa yaa ...

Reply Delete
Avatar
Anisa Ae 2016年5月28日 上午8:16:00

Anakku udah gak sabar buat puasa, apalagi di film kesayangannya, ipin-upin juga puasa. :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月28日 上午8:47:00

Asyik ya kalau tokoh kesayangannya sudah memberi contoh :)

Reply Delete
Avatar
Hendri Litlebuk 2016年5月28日 上午9:40:00

Bagus sekali artikelnya mbak, ijin save ke microsoft word ya :) tq

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月28日 上午9:54:00

Alhamdulillah. Terima kasih dan silakan :)

Reply Delete
Avatar
Ririe Khayan 2016年5月28日 上午10:24:00

Azka semangat menanti2 Ramadhan, Alhamdulillah sdh puasa full sejak kelas 1.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月28日 上午10:53:00

Alhamdulillaah. Pinter bangeeet bang Azka. Moga puasanya lancar ya. Amin

Reply Delete
Avatar
android-aplikasi.com 2016年5月28日 上午10:52:00

pas banget seminggu lebih lagi kita masuk bulan yang penuh ampunan bulan puasa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月28日 上午10:54:00

Smoga Ramadhan kali ini penuh berkah ya. Amin

Reply Delete
Avatar
Gustyanita Pratiwi 2016年5月28日 上午11:10:00

Biasanya anak blajar dari iklan yg ngajarkeun blajar berpuasa juga ya mb
Misal dari iklan makanan yg ada cerita ato pesan morsl hikmah puasanya juga

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月28日 上午11:54:00

Iyaa kalau iklannya memotivasi insyaAllah bermanfaat ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana Menulis 2016年5月28日 上午11:35:00

Semoga besok anak2ku udah mau puasa penuh. Masih sudah, soalnya.

Reply Delete
Avatar
Perempuan November 2016年5月28日 下午12:58:00

seingat saya dulu saat kecil orang tua saya seringnya ikut melibatkan saya dengan hal-hal yang berhubungan dengan puasa seperti sahur, tarawih, nyiapin menu berbuka dll. jadinya saya kebawa euphorianya.
terus kata ibu saya dulu waktu saya masih sangat kecil *saya belum ingat* tiap ibu tarawih saya selalu dibawa. ibu cari posisi dekat dinding. jadi saya duduk saja disitu sambil memandangi ibu tarawih. katanya sih saya dulu anak baik. nggak berisik, nggak lari sana-sini. anteng hahhaa

cuma udah besar gini malah kakinya panjang suka kesana kemari :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月30日 上午7:22:00

Hihiii tapi alhamdulillah ya mba sudah diajarkan sejak dini untuk beribadah puasa oleh ibu :)

Reply Delete
Avatar
Eko Nurhuda 2016年5月28日 下午1:57:00

Anak saya sudah sejak bulan lalu bilang ke ibunya untuk ikut puasa. Kalau benar terlaksana, maka ini jadi puasa pertamanya. Usianya genap 6 tahun. Selama ini kami selalu libatkan dalam kesibukan puasa, sekalipun anak-anak tidak ikut puasa. Mereka bertanya kenapa puasa, dan kenapa satu bulan penuh, kami jawab baik dengan jawaban sesuai ajaran agama maupun menggunakan referensi kesehatan.

Mudah-mudahan tahun ini benar-benar ikut berpuasa.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月30日 上午7:23:00

Alhamdulillah ya mas Eko. Ikut bahagia membacanya. Moga kuat ya dan bersemangat puasa sekuatnya saja :)

Reply Delete
Avatar
Ria Rochma 2016年5月28日 下午3:08:00

Anakku yg usia 4 tahun, rencananya thn ini mau kuajak puasa, meskipun hny bbrpa jam. Baca post ini, jadi makin semangat :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月30日 上午7:23:00

Secara bertahap diajarkan ya, mba :)

Reply Delete
Avatar
Levina Mandalagiri 2016年5月28日 下午8:55:00

Betul Mbak, sejak dini diperkenalkan menurut saya sih lebih baik, cuma ngga terlalu dipaksa juga. Sekuatnya anak-anak dahulu. Lama-lama terbiasa juga. Tapi kalau udah besar biasanya harus ada sogokan dulu eung, THR katanya. Hahaha.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月30日 上午7:25:00

Nah, THR itu yang bikin semangaat, mbaaa
Hihiii

Reply Delete
Avatar
Naqiyyah Syam 2016年5月28日 下午10:41:00

Terima kasih sharingnya Mbk, anakku juga berpuasa Insya Allah tahun ini semoga kuat samapai selesai

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月30日 上午7:25:00

Amin, mbaa
InsyaAllah yang utama adalah niat dan semangat ya :)

Reply Delete
Avatar
Anne Adzkia 2016年5月29日 下午1:56:00

intinya mengajak dgn penuh kasih sayang ya mbak

Reply Delete
Avatar
Ety Budiharjo 2016年5月29日 下午9:28:00

Perkenalan itu memang harus ya, agar anak mengetahui dulu jangan lgsg disuruh puasa. Nice artikel mbak...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月30日 上午7:27:00

Ya, biar anak makin semangat dan melakukan dengan hati senang :)

Reply Delete
Avatar
Ayu Citraningtias 2016年5月30日 上午11:38:00

well noted mbak, kayaknya dulu aku mulai TK sudah ikut2an puasa tapi jam seperempat hari jam 9 buka, dzuhur buka, ashar buka hehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月30日 下午1:36:00

Wah sudah sejak TK ya, mba. Mantaap :)
Iya perlahan-lahan ya mba. Makasih sudah berbagi ya

Reply Delete
Avatar
Kang Nurul Iman 2016年5月30日 上午11:40:00

Alhamdulillah mbak bisa dapat ilmu baru berhubung saya belum punya anak sepertinya ini bisa diajarkan ke sepupu saya.

Reply Delete
Avatar
ali shodiqin 2016年5月30日 下午12:12:00

anak sejak dini emang harus dijari hal-hal yang positif seperti puasa itu. agar kedepannya anak itu sikapnya juga positif.

Reply Delete
Avatar
Pakde Cholik 2016年5月30日 下午3:08:00

Mengajar anak berpuasa bertahap sesuai umurnya. Saya dulu mulai puasa 'mbeduk' yang berakhir saat beduk sholat dhuhur terdengar hehehe
Terima kasih tipnya
Salam hangat dari Jombang

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月31日 上午8:41:00

Pakdhe dulu pas puasa godannya juga pasti banyaak yaa. Alhamdulillah smoga anak-anak masih semangat berpuasa. Amin

Reply Delete
Avatar
Keke Naima 2016年5月30日 下午8:52:00

Kalau saya dulu sudah bisa puasa full sejak TK. Anak-anak saya gedean lagi. SD kelas 2 dan 3, mereka baru mulai puasa full. Iya sih, kemampuan anak memang beda-beda :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年5月31日 上午8:42:00

Hebat banget mba Mrya berpuasa sejak TK. Anak-anaknya juga sudah diajarkan ya berpuasa sejak dini :)

Reply Delete
Avatar
Febri Dwi Cahya Gumilar 2016年6月1日 上午10:42:00

Hihihi iya sih, harus tanpa paksaan kalau ngajarin puasa ke anak :D

Aku dulu udah mulai puasa sejak SD kelas 1 apa ya? walaupun dulu puasa 'bedhug' dan pernah batal tanpa ketahuan orang :p wkwkwk

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年6月2日 上午8:29:00

Ntar kalo pake paksaan, kuatir anaknya nggak minat, mba. Hihii

Reply Delete
Avatar
Kanianingsih 2016年6月1日 下午3:39:00

waduh, semoga anak2 kita semangat ya mba...deg2an nih sama anak gadis kecil soalnya lebih manja dan suka ngambek dibanding kakanya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年6月2日 上午8:31:00

Amin. InsyaAllah dimudahkan ya mba Kani :)

Reply Delete
Avatar
Rini Hastuti 2016年6月1日 下午7:16:00

aku pertama latihan puasa kelas 3 SD dan baru full mulai kelas 6 SD :D
ini tipsnya oke banget mbaa buat mamah mamah muda yg lagi ngajarin anak anaknya pertama kali puasa :)))

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年6月2日 上午8:31:00

Pelan-pelan tapi pasti ya, mba
Alhamdulillah jika tipsnya berguna :)

Reply Delete
Avatar
Ika Koentjoro 2016年6月2日 上午3:54:00

Suka kelewat itu yang berbagi dengan yang tak mampu.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年6月3日 上午11:05:00

Ya mba. Harus sering-sering mengingatkan diri :)

Reply Delete
Avatar
Anjar Sundari 2016年6月2日 下午1:00:00

Saya lupa dulu ngajarin anak puasa mulai umur berapa ya mbak? Mungkin sejak kelas 4 atau 5 SD. Tapi sekarang sudah mewajibkan karena anak sudah kelas 2 SMP. Terima kasih tipsnya mbak Alida :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年6月3日 上午11:06:00

Nggak kerasa ya sudah SMP. Moga ibadahnya makin rajin ya, mba :)

Reply Delete
Avatar
Irham Sya'roni 2016年6月7日 上午10:31:00

Anak saya (TK B) kemarin sudah mulai belajar puasa. Dia bilang mau puasa sehari penuh. Eee... saat Zuhur dia gak kuat nahan lapar. Akhirnya, terpaksa makan (sedikit). Setelah itu dilanjut puasa lagi sampai maghrib. :) #PuasaSambungRasa..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年6月7日 上午10:37:00

Tapi alhamdulillah ya udah mulai puasa walau TK B. Anakku juga berpuasa sejak TK, mas. SMoga anak-anak smakin bagus ya ibadahnya ya. Amin

Reply Delete
Avatar
Effendi Nurdiaman 2016年6月11日 下午2:30:00

Yang jelas sih saya belum mempunyai anak mba tapi yang pasti saya akan mengajarkan ibadah puasa kepada anak sedini mungkin. ya walaupun anak nya belum mengerti penuh tetapi saya akan memberi pengertian sedikit demi sedikit bahwa puasa itu wajib dan menyehatkan :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年6月23日 上午9:07:00

Kalau punya anak, bisa diajarkan sedini mungkin mas
Makaish ya

Reply Delete
Avatar
nh18 2016年6月21日 上午10:34:00

Pengalaman saya tinggal di kompleks perumahan ...
Ketika saya kanak-kanak, kami belajar puasa awalnya karena "gengsi" dengan teman-teman. Mosok si Dedi puasa saya enggak. (Dedi adalah kawan sekelas)
Dari situlah kami berlomba ... Akhirnya jadi puasa pol.

Sama dengan anak saya
Karena mereka sekolah di Madrasah, mereka terbentuk juga dari lingkungan

Salam saya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年6月23日 上午9:08:00

Alhamdulillah. Banyak faktor pendukung ya pak
Walau awalnya gengsi, tapi malah bermanfaat :)

Reply Delete
Avatar
vika 2016年8月17日 下午6:19:00

setuju.. tiap anak kondisinya beda2.. jadi kalau ditanya usia yang ideal, tergantung kondisi si anak :D

btw, makasih tipsnya :D
bener juga bisa mulai memperkenalkan dari pengetahuan dulu ya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年8月19日 下午2:31:00

Iya mba Vika. Semoga membantu ya :)

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti 2017年5月28日 上午7:46:00

tipsnya keren ummi ni aku lg kenalin puasa sama Neyna alhamdulilah mau ikuta sahur dan aku bilang bukanya nti y pas adzan bobo (red:dzuhur) 😁

Reply Delete
Avatar
Desi 2017年5月29日 上午2:08:00

Jd inget cara emak ngajarin puasa mak 😊

Reply Delete