Tips Tetap Sehat Agar Terhindar dari Virus Corona

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tips Tetap Sehat Agar Terhindar dari Virus Corona

Assalamu Alaikum Wr Wb. Apa kabar teman-teman? 
Saya berharap teman-teman yang membaca tulisan ini dalam keadaan sehat dan bahagia. Takkala saya menulis postingan ini, bumi ini sedang mengalami wabah virus Corona yang menewaskan lebih dari ribuan jiwa di seluruh dunia. Indonesia pun menjadi salah satu negara yang mengalami peningkatan jumlah korban yang positif penyakit Covid 19. Menyedihkan memang. Saya sendiri tak pernah menyangka kita semua akan mengalami ini.  Dan saya yakin teman-teman pun tak menyangka. 

Happy. Summer Foto : pixabay.com
Satu hal yang hingga kini disesali, ketika negara lain mengalami wabah penyakit ini, banyak yang meragukan bahwa Indonesia akan terkena dampaknya. Akhirnya kemudian berdampak pada peryataan-peryataan yang seharusnya berupaya pencegahan tapi malah mengingkari. Alhasil, kelabakan. Rumah sakit-rumah sakit yang menjadi rujukan pun kelebihan jumlah pasien. Tenaga kerja kelelahan. Dan jumlah korban jiwa yang meninggal pun bertambah. Innalillahi wainnailahi radjiun. 

Sedih ... 

Lantas, apa yang harus kita lakukan agar tetap sehat untuk mencegah virus corona? Satu sisi, kita tidak mungkin menyangkal bahwa penyakit ini bisa dialami siapa saja, kapan saja tanpa mengenal perbedaan strata sosial, jenis kelamin dan lainnya. 

Namun tugas kitalah, untuk tetap berikhtiar untuk sehat. Tugas kita juga menjaga keluarga bisa bahagia beraktiftas. Lantas, apa yang harus kita lakukan ? 

Berdiam Diri di Rumah 
Jika ada kepentingan mendesak, berdiamlah di rumah. Dengan berdiam di rumah, kita bisa menjaga penyebaran virus corona. Ini berbeda dengan melakukan bepergian yang akan memperbesar kemungkinan terkena virus corona. Bosan kelamaan di rumah ? Saya yakin banyak yang bosan. Tapi demi kebaikan dan kesehatan bersama, berdiam diri di rumah tentunya lebih baik.   

Jaga Jarak 
Jika terpaksa harus bepergian, sebaiknya tetap jaga jarak. Jaga jarak minimal 1-2 meter. Di commuterline dulunya bisa duduk satu bangku panjang hingga 8 orang. Tapi kini, satu kursi panjang hanya untuk 4 orang saja. Upaya ini pun merupakan salah satu cara untuk menjaga jarak. Di berbagai stasiun atau bandara juga sudah mulai pengaturan tempat duduk untuk jaga jarak. 

Gunakan Masker kain 
Sekarang, penggunaan masker kain menjadi kewajiban. Mengapa harus masker kain ? Karena sekarang masker bedah sudah semakin langka dan masker itu serta masker N 95 diperuntukkan untuk petugas medis. 

Penggunaan masker kain ini agar bisa digunakan berkali-kali dan tentunya ini lebih murah. Masker medis yang dulunya satu boks Rp 25 ribu kini naik menjadi Rp 300 hingga Rp 400 ribu! GIlak kan? Karena kelangkaan, peruntukan dan harganya yang juga semakin menggila maka sangat disarankan menggunakan untuk menggunakan masker kain. Penggunaan masker ini karena kita tidak pernah tahu orang tanpa gejala pun bisa menjadi sumber penyebaran penyakit, ketika kita di luar rumah. Selain itu, masker dari kain dapat dicuci menggunakan air sabun agar tetap bersih dan efektif untuk mencegah penyebaran virus Covid-19.

Cuci Tangan Pakai Sabun 
Penting banget untuk cuci tangan pakai sabun hingga bersih selama 20 detik. Mengapa hingga 20 detik? Karena dengan jangka waktu seperti itu, tangan pun jadi lebih bersih. Ada tujuh langkah cuci tangan yakni : 
Gosok sabun ke telapak tangan dengan merata 
Usap kedua punggung tangan kita dengan merata 
Bersihkan sela-sela jari 
Gosok kedua punggung jari bergantian 
Bersihkan kedua ujung-ujung jari bergantian 
Bersihkan kedua ibu jari bergantian 
Bersihkan kedua pergelangan tangan bergantian

Konsumsi Makanan Bergizi 
Ketika kondisi wabah seperti ini, jangan lupa perhatikan asupan gizi yang dikonsumsi sehari-hari. Perbanyak konsumsi buah, sayur-sayuran dan air minum minimal 2 liter per hari. Jika diperlukan, jangan lupa konsumsi multivitamin. Tapi mengkonsumsi buah-buahan juga menjadi penambah gizi. 

Sempatkan olahraga minimal 30 menit sehari 
Sempatkan olahraga ya walaupun sebentar. Jujur saya pun kadang terasa malas olahraga karena ada aja yang harus dikerjakan di rumah ataupun di kantor. Tapi dengan melakukan kegiatan olahraga ringan seperti jalan santai atau zumba dan lain-lain, membuat peredaran darah menjadi lebih sehat dan kuat. 

Berdoa 
Kepada siapa lagi kita memohon agar wabah ini segera teratasi jika tanpa bantuan Allah SWT ? Hanya kepada Allah pula kita mohon diberikan kesehatan untuk diri sendiri dan juga keluarga. Bagi umat muslim, lantunkan ayat-ayat al quran, perbanyak dzikir dan tilawah. 

Hindari stres 
Memang tak mudah untuk mengurangi stres di kala wabah seperti ini. Tapi percayalah untuk selalu berusaha agar tidak mudah stres walaupun menerima informasi soal covid dari banyak pihak. JIka merasa tak nyaman untuk melihat informasi soal korona, sebaiknya kurangi. Lakukan hobi yang mungkin selama ini jarang dilakukan seperti berkebun, dan lainl-lain 

Bismillah, kita tetap berusaha untuk selalu sehat dan kuat. Semoga Allah memberikan perlindungan kesehatan kepada kita dan keluarga dari wabah korona serta penyakit lainnya. Sehat selalu dan saling mendoakan ya.  








8 አስተያየቶች

Avatar
winda - dajourneys.com 07/04/2020 1:22 ከሰዓት

stress, itu no 1 sih mbak, awal2 saya stres berat membaca berita2 ttg virus ini, apalagi teman sekantor suami banyak yg kena, huhuhuu untungnya sekarang saya lebih bijak dalam menggunakan medsos jadi ga stres lagi

Reply Delete
Avatar
Ani 07/04/2020 3:19 ከሰዓት

Bener banget mba mending pake masker kain ya, aku pun keluar kalo darurat banget soalnya wabah ini bener-bener bikin dunia tumbang

Reply Delete
Avatar
Mei 07/04/2020 6:36 ከሰዓት

olahraga ini yang betul keatur dengan baik niy, masih suka bolong-bolong mba, ditambah lagi stress bacain berita yang makin ga karuan

Reply Delete
Avatar
Lily Kanaya - www.Glowlicious.Me 08/04/2020 11:58 ጥዋት

Hindari stress dan olahraga ini lagi aku galakkan banget saat ini mba, semoga ya kita sehat terus dan musim ini segera berlalu aminn

Reply Delete
Avatar
Widya Lim 08/04/2020 8:28 ከሰዓት

aku sekarang lumayan rajin olahraga, tapi cuma 15 menitan sih, harus lebih semangat berolahraga nih XD Kadang sekalian berjemur juga hihii..

Reply Delete
Avatar
Ria Nugros 08/04/2020 10:42 ከሰዓት

insyaAllah semua sudah saya lakukan mba, kecuali hindari stress hehehe ngajarin anak dirumah kadang bikin saya stress :D mudah-mudahan ya mba virus ini bisa segera hilang

Reply Delete
Avatar
cilya marthalena 09/04/2020 7:55 ጥዋት

Kadang baca berita-berita di Medsos suka buat kita stress. Karena itu aku suka ngga buka link yg di share atau nonton berita dulu supaya pikiran tetap positiv. Terus aku juga jadi sering cuci tangan ☺️

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 09/04/2020 9:23 ጥዋት

Nah iya mba, penting tuh untuk tidak stres. Semoga aja kita semua dipermudah dalam menjalankan aktivitas tanpa terkena stres ya, terutama para pencari nafkah yang pasti pusing tujuh keliling kalau ga ada pendapatan gara2 corona ini.

Reply Delete