Hal-Hal yang Dirindukan Pada Ramadhan Tahun-Tahun Lalu

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Hal-Hal yang Dirindukan Pada Ramadhan Tahun-Tahun Lalu


Alhamdulillah tahun ini kita bisa melaksanakan ibadah puasa di bulan ramadhan. Bulan ramadhan, bulan penuh berkah dan memberikan kesempatan bagi kaum muslimin untuk mendapatkan pahala berlipat-lipat. Bulan ramadhan memberikan kesempatan bagi kaum muslim untuk memaksimalkan diri menjadi orang yang bertakwa.

Dalam hadits riwayat Ahmad berbunyi “Telah datang bulan ramadhan, bulan penuh berkah, maka Allah mewajibkan kalian untuk berpuasa pada bulan itu, saat pintu-pintu surga dibuka, pintu-pintu neraka ditutup, para setan diikat dan pada hari itu pula terdapat satu malam yang nilainya lebih baik dari seribu bulan”.
 
Sumber foto : pixabay.com

Berpuasa di bulan ramadhan dan berharap pahala dari Allah maka Allah akan mengampuni dosa-dosanya yang telah lalu. Bahkan, jika kita memberi makan orang yang berpuasa maka kita juga akan mendapat pahal sebanyak pahala orang yang berpuasa. Alhamdulillah ...

Selain itu, sedekah yang paling baik adalah pada bulan ramadhan sehingga tak heran banyak yang berlomba-lomba bersedekah di bulan ramadhan.  

Namun tahun ini, bulan ramadhan berbeda dengan ramadhan-ramadhan sebelumnya. Ini semua terjadi karena wabah virus corona melanda seluruh dunia, termasuk Indonesia. Bahkan di Mekkah dan Madinah yang menjadi pusat kegiatan umat muslim pun meniadakan ramadhan seperti tahun-tahun sebelumnya.
 
Al Quran
Sedih? Sangat! Dengan keadaab wabah virus corona ini melanda. Pergerakan sehari-hari menjadi terbatas. Kemana-mana harus menggunakan masker, cuci tangan sesering mungkin dan himbauan lebih baik di rumah saja membuat ramadhan tahun ini berbeda.

Ada beberapa hal yang bagaimanapun akan dirindukan pada ramadhan-ramadhan tahun lalu seperti :

Tarawih Berjamaah di Masjid
Biasanya, seusai berbuka puasa dan shalat magrib, saya sekeluarga melangkahkan kaki untuk menuju masjid di dekat rumah. Biasanya kami janjian sama tetangga untuk sama-sama menuju masjid. Kami menggunakan mukena sejak dari rumah sehingga tiba di masjid sudah langsung siap menunaikan ibadah shalat tarawih. Namun tahun ini, pelaksanaan shalat tarawih di masjid ditiadakan untuk meminimalisir kumpulan orang yang mempermudah menularnya wabah virus corona.

Ngabuburit
Siapa yang suka suka ngabuburit di bulan ramadhan ? Biasanya, kebiasaan ramadhan ini dilakukan untuk menghabiskan waktu sambil menunggu waktu berbuka puasa tiba. Ada yang memilih keliling-keliling wilayah rumah menggunakan motor, ada yang memilih sekedar cuci mata di mall, ada yang memilih tilawah bersama-sama di rumah kenalan dan masih banyak kegiatan lain yang dipilih. Tapi tahun ini, kegiatan ngabuburit sebaiknya ditiadakan dan lebih memilih harus di rumah saja.

Buka Puasa Bersama di Masjid
Di wilayah rumah saja ada kebiasaan berbuka puasa di masjid. Biasanya, setiap orang ada jadwal untuk menyiapkan makanan berbuka bersama warga lainnya. Sehari biasanya ada beberapa warga yang menyiapkan menu berbuka puasa. Jadi misalnya ada yang kue, ada yang minuman dan lain-lain.

Persiapan Mudik
Hampir setiap tahun saya sekeluarga selalu mudik ke Kudus, Jawa Tengah, kampung halaman suami. Biasanya kami mudik pada lebaran pertama usai silaturahmi bersama tetangga. Tahun lalu, kami berangkat lebih awal. Seusai berbuka puasa langsung kami memilih berangkat ke Kudus. Alhamdulillah perjalanan tahun lalu lancar tanpa drama dan tanpa diduga bisa tiba dini hari dan bisa shalat Idul Fitri bersama keluarga besar di Kudus. Senangnya bukan main. Tapi tahun ini, tak ada mudik dalam keluarga kami dan ini tentu ada rasa kerinduan yang tak tertahankan.

Tapi bagaimanapunn, ramadhan tahun ini adalah momen bagi kaum muslim untuk lebih banyak berdiam diri di rumah dengan memperbanyak ibadah shalat dan tilawah. Selain itu, ini juga momen juga untuk semakin mendekatkan diri dengan keluarga.

Teman, apa yang teman rindukan saat ramadhan tahun lalu ?



25 комментариев

Avatar
Rudi Chandra 23.04.2020, 09:23

Gara-gara satu virus, ramadhan tahun ini jadi kurang semarak ya Mbak. Tapi mau gimana lagi, pasrah aja deh, yang penting ibadah ramadhannya tetap jalan dan tetap semangat ngejalaninnya.

Reply Delete
Avatar
Demia 23.04.2020, 16:37

bener bener nggak kerasa ih ramdhan ternyata besok ya , rasanya baru kemaren kemaren merayakan lebaran hihihi., semoga ramadhan kali ini diberi kelacaran

Reply Delete
Avatar
Neti Suriana 23.04.2020, 20:18

Yg paling dirindu dari ramadhan itu salah satunya pasti sholat taraweh berjamaah plus tadarusannya. Hiks...sedihnya tahun ini kehilangan banyak banget momen-momen itu. Meski sedikit berbeda smg tdk mengurangi semangat kita dalam ngalab berkahnya.

Reply Delete
Avatar
Mei 24.04.2020, 05:42

sama mba semuanya yang mba sebutkan, aku juga kangen, kangen juga janjian sama teman-teman buat bukber, masak bareng sama temen-temen di flat

Reply Delete
Avatar
winda - dajourneys.com 24.04.2020, 10:07

selamat menjalankan ibadah puasa ya mbak, semoga semuanya di lancarkan sampai hari kemenangan tiba :)

Reply Delete
Avatar
Jalan-Jalan KeNai 24.04.2020, 11:51

Ramadhan kali ini memang berasa lebih spesial. Banyak hal-hal yang berbeda dibanding sebelumnya. Mengajak kita semua untuk semakin menahan diri. Semoga aja tetap penuh berkah dan dilancarkan ya, Mbak. Aamiin

Reply Delete
Avatar
Tami Oktari 24.04.2020, 14:32

Semuanya dikangenin banget. Alhamdulillah tahun ini masi bisa bertemu Ramadhan walaupun dengan suasana yang berbeda. Semoga cepat berlalu ya mba pandemi ini

Reply Delete
Avatar
Ani 24.04.2020, 15:45

Bener banget mba aku aja udah kangen bisa tarawih di masjid, terus ngababurit nyari takjil rindu semua

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Author keluargahamsa.com 24.04.2020, 16:42

Ya gak nyangka Ramadan bakalan kyk sekarang. Yg dikangenin ya suasana ngabuburit dan bukber di masjid haha. Juga jalanan yg rame krn pd jualan takjil. Gk tau nih skrng blm cek apa rame apa gk heuheu

Reply Delete
Avatar
(sulis) bunda raka-alya 24.04.2020, 22:52

Aku kangen suasana tarawih rame2..biasnya aku pulang dr masjid jalan kaki sambil liat bintang. Klo anak2 pasti kangen buka bersama di masjid+takbiran...liat kembang api...

Reply Delete
Avatar
Melissa Olivia 25.04.2020, 03:10

Puasa kali ini emang bakal berbeda banget ya mba. Puasa sambil perang sama virus. Semoga kelar Ramadhan, kelar juga virusnya.

Reply Delete
Avatar
Tiaranab.com 25.04.2020, 04:31

Bacanya jadi sedih 😭😭😭 engga ada cerita bukber dan foto foto buker ditahun ini.. semoga Corona cepat selesai 🙏🏼

Reply Delete
Avatar
April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 25.04.2020, 04:51

Memang Ramadan yang beda, namun kyknya bakal dikenang. Dijalani saja dengan ikhlas sambil doa moga problem dunia ini lekas berlalu :-'(

Reply Delete
Avatar
Nyi Penengah Dewanti 25.04.2020, 05:28

Bagi takjil aku mba, sama komunitas heehhe sama ngabuburit juga biasanya full jadwal ke sana ke sini sekarang udah free di rumah aja.

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 25.04.2020, 07:23

Yang paling saya kangen dari bulan puasa itu tarawih dan ngabuburit berburu takjilan. IItu dua suasana yang memang khas di bulan Ramadan. Lalu sekarang dua aktivitas itu tidak ada. Huhuhu sedih.

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 25.04.2020, 07:58

sekarang ini sepertinya gak bakal mudik dulu deh. duh sedih ya. kata suami yg nakes, sepertinya gak bakal berakhir jg pasca lebaran. lha kami mudiknya kapan donk?

Reply Delete
Avatar
lendyagasshi 25.04.2020, 09:45

Yang dirindukan dari bulan Ramadan biasanya adalah ramainya orang jualan menjajakan jajanan yang khas Ramadan. Tahun ini, kami sama sekali gak beli jajan, karena memang sepi.

Sedihnyaa..


Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 25.04.2020, 09:51

Iyaaa ya mba.. aku pun rindu semuanyaaa.. semoga meskipun tetap di rumah tapi ibadah makin khusuk ya mba

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 25.04.2020, 16:52

Aku jadi sering - sering kontak via video call aja dengan keluarga.. kalau sholat memang khusuk di rumaah

Reply Delete
Avatar
Caroline Adenan 25.04.2020, 10:28

Ramadhan tahun ini terasa berbeda ya mba, yg aku kangenin itu adalah aku dibangunin sahur sama orang2 keliling2 komplek blus berburu takjilnya... hiks...

Reply Delete
Avatar
Herva Yulyanti 25.04.2020, 20:49

Semuanya itu hampir ga bisa dilakukan ya Ummi sedih semoga pandemi ini segera berakhir aamiin

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 25.04.2020, 23:03

Aku rindu pulang ke ibu mertua di hari pertama sahur dan puasa
Sekarang ibu mertua ku pasti sedih karena sepi banget Ramadan tahun ini

Reply Delete
Avatar
TIAN LUSTIANA 27.04.2020, 08:58

"ngabuburit" tradisi dari tahun ke tahun , tahun ini harus skip Ramadan tanpa ngabuburit, hehe. Tapi jadinya di rumah ngabuburitnya masak yah.

Reply Delete
Avatar
Artha Amalia 28.04.2020, 07:26

sekarang kami tarawih di rumah, bertiga dg si kecil. usianya baru 2 th, jd walau ikutan pakai sarung tp kegiatannya tuh muterin kami yg lg sholat. wkwkw. tp udah gak ada adegan naik2 ke punggung

Reply Delete
Avatar
Afifah Haq 28.04.2020, 10:42

Waktu kuliah saya dan geng suka jadi PPT (Para Pemburu Ta'jil) hahaha. Kalau seandainya saya masih kuliah di masa ini, mungkin saya bakal kangen berburu ta'jil.

Kebayang juga nanti akhir Ramadan ga akan ada i'tikaf. Sedihh. Semoga wabah ini segera berlalu.

Reply Delete