Mudik Gratis Bareng Sido Muncul ke-30

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Mudik Gratis Bareng Sido Muncul ke-30


Tahun ini teman-teman ada rencana mudik? Atau dalam perjalanan mudik dan bahkan sudah tiba di tempat tujuan ? Mudik bagi saya itu adalah momen yang menggesankan setiap menjelang lebaran. Sebelum menikah, saya mudik ke Ambon ketika mama-papa saya masih tinggal di Ambon. Setelah menikah, saya hampir selalu mudik ke kampung halaman suami saya di Kudus, Jawa Tengah.

Tapi pernah juga orangtua di Jakarta dan setelah itu baru kami ke Kudus menggunakan kendaraan pribadi. Sekarang mudik bagi saya semakin menyenangkan karena infrastrukturnya semakin bagus dan juga selalu ada mudik gratis setiap tahun.
 
Foto : Sido Muncul 
Saya belum pernah ikut mudik gratis karena jadwal libur saya yang berbeda dibandingkan pekerja swasta lainnya. Nah ngomong-ngomong soal mudik gratis, Sido Muncul boleh dibilang sebagai salah satu pengagas pelaksanaan mudik gratis jelang lebaran.

Dan tahu nggak kalau tahun ini adalah tahun ke 30 Sido Muncul mengadakan mudik gratis loh. Yeay!

Rabu, 29 Mei 2019 saya mengikuti konferensi pers pelaksanaan ke 30 kegiatan mudik gratis yang diadakan oleh Sido Muncul yang diadakan di kawasan SCBD, Jakarta. Sekitar pukul 17.00 WIB, acara konferensi pers dilakukan.

Pemudik jelang pelepasan keberangkatan. SUmber : Sido Muncul

Tahun ini, sebanyak 12.000 pemudik menggunakan 189 bus. Keberangkatan bus sebanyak 114 bus berangkat di Museum Purna Bhakti Pertiwi, Taman Mini Indonesia Indah, Jakarta Timur dan juga ada beberapa bus yang diberangkatkan dari Tangerang, Bogor, Sukabumi, Cikampek dan Bandung.

Tahun demi tahun pelepasan keberangkatan para pemudik dilakukan oleh para pejabat terkait. Tahun ini, keberangkatan pemudik dari Jakarya dilepas oleh Menteri Perhubungan Ir, Budi Karya Sumadi, Menteri Ketenagakerjaan RI Muhammad Hanif Dhakiri, Pak Irwan Hidayat Direktur Sido Muncul dan lain-lain.

Ada delapan kota yang menjadi tujuan pemudik yakni Cirebon, Kuningan, Tegal, Banjarnegara, Solo, Wonogiri, Yogyakarta, dan Gunung Kidul. Saya sempat menanyakan apakah ada kemungkinan wilayah tujuan bertambah menjadi ke arah Jawa Timur? Pak Irwan mengatakan usulan ini bisa dipertimbangkan karena jalan menuju Jawa Timur semakin baik.

pengalaman mudik gratis sido muncul
Launching Mudik Gratis 

Pak Irwan Hidayat, Direktur Utama Sido Muncul mengatakan pelaksanaan mudik gratis ini mendapat dukungan dari banyak pihak. “Semuanya berjalan lancar,” katanya. Kalaupun ada kendala, lebih karena keterbatasan memperoleh bus untuk mudik gratis.
 
“Sekarang agak berkurang yang ikut mudik gratis karena banyak yang juga adakan mudik gratis,” kata Pak Irwan. Selain itu juga, semakin banyak pedagang jamu yang sukses sehingga tidak mengikuti mudik gratis.

Awal dilaksanakan mudik gratis yakni tahun 1999, diikuti 2500 orang yang diberangkatkan menggunakan 50 unit bus dan diberangkatkan dari Lapangan Parkir Timur Senayan. Kegiatan mudik gratis ini dikarenakan keprihatinan Sido Muncul terhadap pedagang jamu Se Jabodetabek yang keusulitan untuk mudik ke kampung halaman. Kegiatan pelaksanaan mudik gratis ini kemudian konsisten dilaksanakan dari tahun ke tahun dan selalu mendapat apresiasi dari banyak pihak.

Oh ya, peserta mudik dulunya di dominasi para pedagang jamu. Namun dari tahun ke tahun, ada juga pemudik yang berprofesi sebagai asisten rumah tangga, pemulung dan lain-lain. Hal ini menunjukkan masih banyak yang meminati kegiatan mudik gratis yang dilaksanakan oleh Sido Muncul.

pengalaman mudik gratis
Pak Irwan Hidayar, Direktur Utama Sido Muncul 

Lalu, bagaimana cara mendaftar mudik gratis Sido Muncul? Pak Irwan mengatakan pendaftaran mudik gratis dilakukan melalui agen-agen jamu Sido Muncul. Dan, mudik gratis ini benar-benar gratis karena tidak di pungut biaya sepeserpun. “Bahkan kami menyediakan snackdi bus,” katanya.

Selain itu, kenyamanan juga menjadi proritas utama dari Sido Muncul. Bus-bus yang digunakan adalah bus-bus baik yang berpendingin udara. Selain itu, unsur keselamatan juga menjadi prioritas Sido Muncul untuk adakan mudik gratis. Bus-bus yang digunakan adalah bus-bus yang memiliki reputasi terbaik untuk mengantar para pemudik.

Ingin mudik gratis? Jangan lupa perhatikan kapan batas terakhir pendaftaran untuk mengikuti mudik gratis dan informasi lain yang terkait kegiatan mudik gratis. Selain itu, jangan lupa untuk perhatikan apakah daerah tujuan masuk daftar pengantaran mudik gratis atau tidak. Barang-barang yang dibawa sebaiknya tidak terlalu banyak sehingga tidak menganggu yang lain. Jangan lupa juga untuk datang tepat waktu di tempat pemberangkatan.

Penting juga untuk membawa obat-obat pribadi. Tak lupa membawa beraneka produk Sido Muncul yang tepat untuk menemani perjalanan jauh teman-teman semua. Apalagi Sido Muncul punya produk beragam seperti tolak angin yang akan membuat perjalanan mudik menjadi menyenangkan.

Teman-teman punya rencana mudik ke mana ?






21 条评论

Avatar
Mugniar 2019年5月30日 下午1:27:00

Hm, semoga lain kali bisa difasilitasi yang mau mudik dari Jawa ke SUlawesi ya Mbak Alida :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2019年6月1日 下午10:04:00

Aamiin. Aku pun berharap begitu mbaa

Reply Delete
Avatar
Dian farida ismyama 2019年5月30日 下午10:15:00

Wah serunya mudik gratis. Sidomuncul memang sejak dulu ya mengadakan mudik gratis. Pasti banyak karyawan dan pihak pemudik yang terbantu. Lumayan banget enggak perlu keluar ongkos mudik

Reply Delete
Avatar
Rohyati Sofjan 2019年5月31日 上午11:01:00

Dari saya ABG kayaknya sudah tahu tentang mudik gratis yang disponsori Sido Muncul. Keren banget jadi pelopor demikian. Sangat bermanfaat dan membantu pemudik agar bisa pulang kampung dengan selamat. Saya salut.
Saya dukung dengan beli produk Sido Muncul. 😘

Reply Delete
Avatar
Mechta 2019年5月31日 下午4:19:00

Iya ya .. Sido Muncul ini sepertinya pelopor fasilitas mudik gratis. Sangat menolong bagi yg memang membutuhkan ya mba . Dan Alhamdulillah sekarang makin banyak fasilitas mudik gratis ini.

Reply Delete
Avatar
Arda Sitepu 2019年5月31日 下午8:26:00

Asiknya bisa mudik gratis dan memang hal ini sangat dibutuhkan untuk membantu masyarakat. Apalagi memang yang susah untuk mudik karena transportasi yang kurang dan sebagainya. Sukses selalu Sido Muncul.

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 2019年5月31日 下午10:59:00

Saya juga tahunya Sido Muncul ini yang jadi pelopor mudik gratis yang diselenggarakan untuk warga umum. Ternyata udah 30 tahun ya, nggak terasa udah lama banget. Salut deh, semoga makin banyak perusahaan yang aware dengan kegiatan sosial seperti ini

Reply Delete
Avatar
Utie Adnu 2019年5月31日 下午11:16:00

Ini udah lama bnget ya program mudik gratis sido muncul peduli bngt,, jadi memudahkan karyawan2nya,, untuk mudik

Reply Delete
Avatar
Rahmah 'Suka Nulis' Chemist 2019年6月1日 上午1:43:00

Wah tahun depan saya mau coba ah ikutan mudik gratis Sidomuncul ini.
Saya terlambat tahu infonya apalagi sudah tiap tahun ternyata.

Reply Delete
Avatar
Novitania 2019年6月1日 上午6:09:00

Aku nggak mudik mba Al, lebarannya di Bekasi aja nih. Tapi y liat mba Al seru seruan mudik aku juga pengen ikutan deh😍

Reply Delete
Avatar
Ida 2019年6月1日 上午6:30:00

Wah org Ambon manise nih hehe...asyiknya punya pengalaman jauh dr kampung halaman. Aku mah ga pernah mudik2 an hehe. Dinikmati aja jd ga usah macet2 an..heje

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 2019年6月1日 上午8:04:00

Huhu tahun ini ga mudik kak, masih stay di Jakarta aja. Btw Keren banget emang Sido Muncul ini setiao tahun ngadain mudik gratis.

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 2019年6月1日 上午8:12:00

Salut lho dengan Pak Irwan dan perusahaan Sido Muncul-nya yang sejak 30 tahun lalu sudah aware dengan kebutuhan transportasi untuk para pemudik. Dulunya hanya diperuntukkan untuk para penjual jamu aja, tapi lama-kelamaan banyak juga lainnya yang ikutan ya. Amat membantu menghemat ongkos pulang ke kampung halaman.

Reply Delete
Avatar
Sri Widiyastuti 2019年6月1日 上午9:15:00

Sido muncul legend banget ya ini perusahaan jamu kan Mi?, Saya tahun ini gak mudik, memang mudik itu jadi pengalaman berkesan banget ya tiap jelang lebaran. Alhamdulillah.

Reply Delete
Avatar
Leyla Hana 2019年6月1日 上午9:28:00

Aku pengen deh ikutan mudik gratis tapi sayang kebanyakan me arah Jawa Tengah. Coba dong yang ke arah Jawa Barat: Bandung, Garut, Tasik hehe

Reply Delete
Avatar
Indah Nuria Savitri 2019年6月1日 上午9:45:00

Mudik memang seruuu.. banyaaak cerita aja ya mba. Aku ke Lampung terus untuk lebaran

Reply Delete
Avatar
Istiadzah 2019年6月1日 下午1:01:00

Sido Muncul ini emang ya... dari tahun ke tahun, ngajakin mnudik gratiiiiiiisss mulu. MasyaAllah uang yang dikeluarin untuk orang seabrek2 yang pada mudik. :))

Reply Delete
Avatar
Atisatya Arifin 2019年6月1日 下午8:58:00

Aku sejujurnya iri lho sama yang tiap tahun mudik, soalnya aku nggak pernah mudik sama sekali meskipun ortu asli jawa timur (Malang dan Madiun). Kepingin gitu rasanya seru-seruan mudik bareng-bareng. Iya kayanya sekarang banyak juga ya yang memberikan mudik gratis selain Sido Muncul. tapi salut lho sama sido Muncul karena selalu konsisten menyelenggarakan mudik gratis.

Reply Delete
Avatar
Lia_Lathifa 2019年6月1日 下午9:55:00

Pengen banget deh ngerasain mudik lagi, sekarang bumer ada di Jakarta, jadi mudiknya ke sana aja deh yg deket, hehe. Padahal asik ya apalagi kalo rame-rame kaya gitu, seru..

Reply Delete
Avatar
Desri Desri 2019年6月2日 下午12:17:00

program mudik gratis ini membantu banget untuk masyarakat yang mudik jauh tapi gak punya budget banyak untuk mudik ya mba. seneng banget liat mudik gratis ini.

Reply Delete