Cara Wakaf Melalui Asuransi Jiwa Syariah AXA Mandiri

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Cara Wakaf Melalui Asuransi Jiwa Syariah AXA Mandiri


 Apa yang terpikirkan di benar-benar ketika mendengar kata wakaf ? Lalu, tahukah bahwa kini wakaf bisa juga melalui asuransi jiwa syariah ? Mungkin teman-teman, sama seperti saya, masih belum familiar informasi bahwa kini wakaf pun bisa melalui asuransi jiwa syariah.    

Namun kini, AXA Mandiri telah melaunching adanya fitur wakaf melalui asuransi jiwa syariah pada Senin, 13 Mei 2019 di Jakarta. Sebelum saya membahas lebih lanjut tentang fitur wakaf melalui asuransi jiwa syariah, saya akan membahas terlebih dahulu tentang wakaf.


Sumber foto : Imawan Ashari

Dikutip dari Badan Wakaf Indonesia, secara etimologi, wakaf berasal dari perkataan Arab “Waqf” yang bererti “al-Habs”. Ini merupakan kata yang berbentuk masdar (infinitive noun) yang pada dasarnya berarti menahan, berhenti, atau diam. Apabila kata tersebut dihubungkan dengan harta seperti tanah, binatang dan yang lain, ia berarti pembekuan hak milik untuk faedah tertentu (Ibnu Manzhur: 9/359).

Sebagai satu istilah dalam syariah Islam, wakaf diartikan sebagai penahanan hak milik atas materi benda (al-‘ain) untuk tujuan menyedekahkan manfaat atau faedahnya (al-manfa‘ah) (al-Jurjani: 328). Ada empat rukun yang mesti dipenuhi dalam berwakaf yakni :
  • Orang yang berwakaf (al-waqif)
  • Benda yang diwakafkan (al-mauquf)
  • Orang yang menerima manfaat wakaf (al-mauquf ‘alaihi)
  • Lafadz atau ikrar wakaf (sighah)

Wakaf Melalui Asuransi Jiwa Syariah AXA Mandiri

Lalu, bagaimana cara wakaf melalui asuransi jiwa syariah AXA Mandiri ? Asuransi syariah adalah untuk saling melindungi dan tolong menolong di antara sejumlah orang melalui investasi dalam bentuk aset dan atau tabrru’.

Asuransi berdasarkan prinsip syariah adalah usaha saling tolong menolong dan melindungi di antara para peserta melalui pembentukan kumpulan dana yang dikelola sesuai prinsip syariah untuk mnghadapi resiko tertentu.

Adakah teman-teman yang telah memutuskan berasuransi ? Saya pribadi telah memutuskan untuk berasuransi sejak tahun 2012 untuk masa depan anak saya. Pilihan saya dan suami untuk berasuransi merupakan salah satu bentuk ikhtiar.
 
Sumber foto : Imawan Ashari 
Bukankah kita tidak pernah ada yang tahu apa yang akan terjadi kelak? Memutuskan untuk berasuransi boleh dibilang merupakan upaya untuk :
  • Meminimalisir resiko nila terjadi musibah di masa mendatang
  • Upaya memproteksi kebutuhan financial bagi pribadi dan keluarga
  • Saling menolong dalam menghadapi kesulitan
  • Berinvestasi untuk masa depan

Memutuskan untuk berasuransi syariah berarti menghindari larangan-larangan syariah yang prinsipa seperti masyir, gharar dan riba. Selain itu, prinsip asuransi syariah sangat sesuai dengan semangat al Quran dan sunnah.

Lalu apa yang dimaksud dengan asuransi berprinsip syariah ? Asuransi berprinsip syariah merupakan usaa saling tolong menolong dan melindungi di antara para peserta melalui pembentukann kumpulan dana yang dikelola sesuai prinsip syariah untuk meghadapi resiko tertentu.

Launching Fitur Wakaf Asuransi Jiwa Syariah AXA Mandiri

Sesuai yang tadi saya sampaikan bahwa Senin, 13 April AXA Mandiri launching fitur wakaf Asuransi Jiwa Syariah AXA Mandiri. Hal ini tentunya merupakan inovasi demi inovasi yang dilakukan AXA Mandiri untuk kebutuhan nasabahnya. Dan tentu juga sesuai dengan tagline AXA Mandiri unit Syariah yakni #BerbagiJadiBerkah.

Mengapa harus fitur wakaf ? Bukan tanpa sebab mengapa AXA Mandiri melaunching fitur wakaf. Jadi,  
fitur wakaf merupakan fitur yang sesuai dengan Fatwa Dewan Syariah Nasional MUI No.106/DSN-MUI/X/2016 tentang wakaf Manfaat Asuransi dan Manfaat Investasi pada Asuransi Jiwa Syariah, yang mengatur ketentuan wakaf pada Asuransi Jiwa Syariah bagi masyarakat.
 
Launching ditandai dengan pemukulan rebana. Sumber foto : Imawan Ashari
Menurut Badan Wakaf Indonesia dalam Indonesia Wakaf Summit 2019 mencatat potensi aset wakaf per tahun mencapai Rp 2.000 triliun dengan luas tanah wakaf mencapai 420 ribu hektar. Terkait potensi wakaf berupa uang tunai, mencapai kisaran Rp 188 triliun per tahun.

“AXA Mandiri unit Syariah percaya fitur terbaru ini menjadi pilihan yang menarik untuk masyarakat. Tidak hanya memberikan manfaat proteksi dan perencanaan keuangan sesuai prinsip syariah, namun melalui fitur wakaf, nasabah juga diberi kemudahan beramal,” kata Presiden Direktur AXA Mandiri, Handojo G. Kusuma

Lalu, dimana cara untuk wakaf melalui Asuransi Jiwa Syariah AXA Mandiri ? Produk asuransi syariah ini bisa dipasarkan tidak hanya kepada nasabah Bank Syariah Mandiri yang berjumlah sekitar 5,5 juta orang tapi juga masyarakat umum. Ada sebanyak 765 kantor cabang di seluruh Indonesia, Bank Syariah Mandiri siap menjadi mitra yang menghubungkan produk AXA Mandiri unit Syariah dengan nasabahnya.

Selain berkomitmen untuk mengembangkan produk asuransi syariah, AXA Mandiri unit Syariah juga secara berkelanjutan melakukan literasi dan edukasi mengenai manfaat asuransi syariah kepada masyarakat. Bentuk nyata perusahaan dijalankan secara rutin bersama Majelis Ulama Indonesia (MUI) untuk mengadakan kegiatan literasi dan edukasi kepada kaum muslim di Indonesia.

Selain itu, untuk mempercepat peningkatan dan perluuasan literasi keuangan di kalangan umat Islam, AXA Mandiri bekerja sama dengan Majelis Ulama Indonesia (MUI) melalui program “Satu Juta Umat Mandiri”.

Adanya edukasi kepada masyarakat mengenai prinsip dan pentingnya asuransi khususnya asuransi syariah mampu meningkatkan penetrasi asuransi syariah di Indonesia. Boleh dibilang, fitur Wakaf ini menjadi salah satu bentuk komitmen AXA Mandiri untuk memberdayakan masyarakat Indonesia agar menjalani kehidupan yang lebih baik melalui inovasi Solusi Perlindungan yang memenuhi setiap tahapan kehidupan masyarakat.



21 条评论

Avatar
catatanemak 2019年5月16日 上午7:33:00

Berwakaf lebih mudah dan ngga hrs nunggu nanti2 klo uangnya sdh terkumpul bnyk. Tinggal jd nasabah AXA Mandiri unit Syariah aja, sdh bs berwakaf sambil berasuransi. Simple dan bermanfaat dunia akherat.

Reply Delete
Avatar
Reyne Raea (Rey) 2019年5月16日 下午1:52:00

Masha Allah, senang banget ya makin banyak yang meluncurkan program2 wakaf seperti ini.

Memudahkan banget bagi orang2 yang ingin berwakaf.

Salut deh ama AXA Mandiri unit syariah.
Semoga berkah bagi yang berwakaf, aamiin :)

Reply Delete
Avatar
fenni bungsu 2019年5月16日 下午7:22:00

Komitmen axa mandiri dengan program wakafnya semakin terpercaya sebagai asuransi terbaik

Reply Delete
Avatar
Okti Li 2019年5月16日 下午9:34:00

Literasi dan edukasi asuransi wakaf ini yg belum sampai ke masyarakat bawah seperti di kampung saya. Dengan menggandeng MUI minimal tiap desa ada sosialisasi jadi masyarakat akan semakin tahu. Soalnya kalau di kampung saya jangankan baca blog, berita tv saja jarang.

Reply Delete
Avatar
Desi 2019年5月16日 下午10:23:00

nah, wakaf jadi lebih mudah ya. Fungsi asuransi jiwa jd lebih banyak, hingga merambah ke wakaf

Reply Delete
Avatar
Meli Engku 2019年5月17日 下午10:20:00

sekarang mau wakaf lebih mudah ya kak pake axa mandiri. berwakaf lewat asuransi. Edukasi perlu banget kak, karena byk masyarakat awam yang belum begitu paham tentang ini :)

Reply Delete
Avatar
Nunik Utami 2019年5月17日 下午10:54:00

Sekarang kalau berwakaf sudah ada wadahnya, ya. Nggak perlu nunggu bisa mewakafkan masjid atau sebidang tanah kosong. Wakaf berupa uang yang jumlahnya sesuai kemampuan kita pun bisa. Seneng aku dengernya :)

Reply Delete
Avatar
Uci 2019年5月17日 下午11:22:00

Aku tahunya wakaf itu berupa tanah yang bisa dimanfaatkan oleh orang banyak, sekarang jadi lebih paham di AXA dengan ikut asuransi syariahnya bisa ikut juga berwakaf.

Reply Delete
Avatar
mira utami 2019年5月18日 上午12:53:00

Waktu acara aku suka cara membukanya pakai rebana. Jadi lebih mengerti sih kemana uang asuransi kita berjalan dan kalau untuk wakaf akan menjadi lebih nyaman juga tenang untuk memiliki produk asuransi syariah

Reply Delete
Avatar
Tetty Hermawati 2019年5月18日 上午3:40:00

enak ya kalau sambil berasuransi kita bisa berwakaf juga, udah gtu asuransi ini berprinsip syariah untuk tolong menolong, jadi ga takut menyalahi aturan agama Islam

Reply Delete
Avatar
Uci 2019年5月18日 上午3:42:00

Alhamdulillah sekarang berwakaf menjadi semakin mudah dan bisa menjadi asuransi. Sekarang saya semakin paham lagi mengenai asuransi syariah yang ternyata prinsipnya tolong menolong.

Reply Delete
Avatar
Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 2019年5月18日 上午4:31:00

Senang sekali dengernya sekarang pun asuransi AXA Mandiri juga memiliki program wakaf ya mbak. Jadi memudahkan juga untuk para nasabah kalau ingin berbagi dalam kebaikan.

Reply Delete
Avatar
Awan 2019年5月18日 上午10:20:00

Dulu saya tahuny wakaf itu hanya dengan tanah atau bangunan, namun kini bisa lebih mudah melalui asuransi jiwa syariah seperti yang dilakukan oleh AXA Mandiri Syariah ini.

Reply Delete
Avatar
Novitania 2019年5月18日 下午1:35:00

Alhamdulillah ya mba. Di Bulan yang penuh berkah ini, skrg kita dimudahkan untuk memproteksi diri, sekaligus berwakaf menjalankan perintah Allah

Reply Delete
Avatar
Ludyah Annisah 2019年5月20日 上午2:06:00

Wah, baru tahu kalau bisa berwakaf dengan asuransi jiwa. Praktis banget ya mba sekaligus bermafaat. Terlebih, jadi semakin luas manfaatnya untuk bisa berbagi

Reply Delete
Avatar
Tuty Queen 2019年5月20日 上午4:08:00

Sekarang siapa saja bisa berwakaf, Alhamdulillah ya kita punya kesempatan untuk menyalurkan wakaf lewat Asuransi AXA Mandiri Syariah.

Reply Delete
Avatar
Primasari AndiMirati 2019年5月20日 上午9:04:00

terkesan sekali dengan inovasi Asuransi AXA Mandiri Syariah ini.. niat berwakaf bisa tersalurkan dengan mudah dalam bentuk asuransi.. insya Allah bisa mendatangkan lebih banyak manfaat lagi.. Aamiin..

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti 2019年5月22日 下午3:24:00

Asik ya ummi bisa berwakaf dengan mudah :)semoga memberikan manfaat untuk bisa berbagi

Reply Delete
Avatar
Faradila Putri 2019年5月23日 上午4:07:00

Inovasi dari AXA Mandiri ini bagus yaa. Bisa memudahkan kita untuk beribadah skaligus berbagi dengan sesama

Reply Delete
Avatar
Evi Fadliah 2019年5月23日 上午11:59:00

Dengan adanya fitur wakaf dari AXA Mandiri ini manfaatnya double ya Mba, proteksi dirinya dapet, trus manfaat amal jariyahnya juga dapet. Nggak ada alasan sekarang ini kalau mau berwakaf nunggu banyak tanah dulu..

Reply Delete
Avatar
EninMartini 2019年5月23日 下午1:40:00

Kalau gini Insaallah siapa saja bisa wakaf ya, umi. Tidak harus yang memiliki tanah dan bangunan lebih, Alhamdullilah senang rasanya

Reply Delete