Makan Lontong Balap Pak Gendut di Surabaya

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Makan Lontong Balap Pak Gendut di Surabaya

Makanan ini, pernah membuat saya ngidam saat hamil Ayyas dulu. Pas hamil, saya pengen banget makan lontong balap. Iya, lontong balap. Mungkin karena pernah tinggak di Sidoarjo, Jawa Timur, jadi suka sekali makanan khas dari Jawa Timur. Tapi darimana membeli lontong balap di Jakarta? Setelah Nanya kiri nanya kanan, akhirnya dapat referensi makan lontong balap di Mall Pondok Indah. Harganya, berkali-kali lipat daripada harga yang biasanya saya beli. Tapi ya mau gimana lagi, sekali doang sih. Padahal tak lama kemudian saya pulang ke Sidoarjo dan tentu menikmati lontong balap. Hihii. Kabarnya, nama lontong balap ini berawal karena para pedagang lontong berjualan di satu tempat dengan bergantian memakai perlatan dan selalu ingin cepat selesai. Istilahnya, saling balapan (cepat-cepetan).






Saat pulang ke Sidoarjo, 16 September lalu saya menyempatkan mampir dan makan di lontong balap Pak Gendut. “Ir, tolong antar Chi kesana,” kata saya kepada adik saya. Sore harinya, saya bersama keluarga kemudian meluncur ke lontong balap Pak Gendut yang terletak di kawasan Praban, Surabaya, Jawa Timur. Tempat makanan ini jadi tempat tujuan saya sekeluarga sejak dulu.

Tempat jualan lontong balap Pak Gendut 
Dulu, saat datang ke sini banyak sekali pilihan lontong balap yang terletak di kiri dan kanan Saya nggak tahu siapa yag pertama kali memperkenalkan saya makan lontong balap Pak Gendut. Jadi ya sejak pertama tahu hingga kini, saya masih  makan disini.

Mas penjualnya, duh saya lupa namanya, adalah generasi ketiga dari warung lontong balap Pak Gendut. Warung ini memiliki dua cabang lainnya. Warung yang di Pramban ini sederhana sekali. Hanya ada tempat seperti bakulan yang membawa dua gentong besar di kiri dan kanan. Dua gentong besar ini terbuat dari tanah liat dan berisi kuah dan kecambah. Kecambah yang digunakan adalah kecambah Jepang yang lebih besar dan bersih. Kecambahnya masih segar saat dikonsumsi. Kuahnya memiliki perpaduan rasa yang pas.
 
Penjual lontong balap Pak Gendut Generasi ke 3
Makanan lontong balap berisi kuah serta kecambah kemudian ada tahu serta beberapa potongan lontong. Juga ada lentho lezat yang terbuat dari kacang tolo dan beraneka bumbu. Saya suka lentho karena maish garing alias kriuk kriuk saat disantap walaupun telah disiram kuah. Sayangnya, kuahnya kurang panas kalau versi saya. Padahal memang penyajiannya tidak dalam bentuk kuah panas. Beda dengan soto. Oh ya, makanan ini menjadi semakin enak karena ada petis dan sambal yang khas. Menurut mas penjualnya, ciri khas dari lontong balap Pak Gendut adalah racikan petis dan sambal yang dijadikan satu. Satu porsi lontong balap harganya Rp 11 ribu. Supaya semakin lezat, saya memilih makan lontong balap dengan sate kerang. Sate kerangnya satu porsi isi 10 harganya Rp 11 ribu. Sate kerang ini makan dengan kuah kecap dan sambal. Untuk minumnya, saya pilih es kelapa muda untuk menetralisir kerang. 

Lontong balap Pak Gendut ini mulai berjualan pada tahun 1956 di jalan Wonokromo. Lalu pada tahun 1976 pindah dan menetap dan berjualan di depan Bioskop Garuda, hingga kini. Sayangnya, Lontong Balap Pak Gendut tak ada di Jakarta. Kalau ada, saya bakalan sering mampir dan makan lontong balap. Enak sih ...  





Halo perkenalkan saya Alida. Seorang Ibu bekerja yang senang ngeblog. Jika ingin bekerjasama, bisa mengirm email ke lidbahaweres@yahoo.com. Terima kasih

71 条评论

Avatar
lianny hendrawati 2016年9月27日 上午10:04:00

Wahahaha sedapnyaaaaa, itu ada lentho nya juga. Sudah lama nih nggak makan lentho, pengin lontong balap :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月27日 下午12:49:00

Lenthonya kriuk kriuk mba. Enaak deh. Moga kesampean makan lontong balap ya

Reply Delete
Avatar
Munzir Shakila 2016年9月27日 上午10:07:00

mantap emang lontong balapnya...next k surabaya katong kuliner lai ee chi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月27日 下午12:50:00

Siaappp. Insyallah Ir. Enak sih yaaa

Reply Delete
Avatar
Reta Yudistyana 2016年9月27日 上午10:29:00

Saya baru kenal lontong balap justru setelah merantau ke Bontang hihi. Kalau di sini satu porsi rasanya banyak sekali makanya suka pesan setengah aja :p Yang paling saya suka itu gorengannya yang bulat-bulat, apa ya namanya..haha.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月27日 下午12:51:00

Wah jauh banget kenal lontong balapnya. Hihiii. Iyaa itu lentho mb. ENAKKK

Reply Delete
Avatar
Uniek Kaswarganti 2016年9月27日 上午10:56:00

Segeeerr banget nih penampakannya ya Mba. Aku blm pernah nih makan lontong balap.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月27日 下午12:51:00

Iyaa mba. Seger euy. Cobalah kapan kapan mba Uniek

Reply Delete
Avatar
Fanny f nila 2016年9月27日 上午11:45:00

Pernah dgr sih makanan ini tp blm prnh nyobain mba :). Penasaran.. tp sambelnya pedes kan ya??

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月27日 下午12:52:00

Sambalnya mantaap mba. Pedess. Bisa nambah sambal jugaa hihii

Reply Delete
Avatar
Budy TravellingAddict 2016年9月27日 下午12:30:00

duh ngiler jadi pengen makan lontong balap

Budy | Travelling Addict
Blogger abal-abal
www.travellingaddict.com

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月27日 下午12:52:00

Hayuuuk mas dcoba makan lontong balapnyaa

Reply Delete
Avatar
Bondan murdani 2016年9月27日 下午3:52:00

sudah 7 tahun di surabaya tapi blm pernah kesini.

Reply Delete
Avatar
Eri Udiyawati 2016年9月27日 下午6:22:00

Pengeeen, apalagi pas lapar gini, tapi jauuuh

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月28日 上午7:08:00

Deket kok mba. Cuma satu jam perjalanan

Reply Delete
Avatar
Lina W. Sasmita 2016年9月27日 下午10:32:00

Kirain lontong balap itu saking banyaknya tukang lontong terus mereka balapan kalau melihat ada pelanggan yang mau beli :D

Reply Delete
Avatar
Kurnia amelia 2016年9月28日 上午11:22:00

Huaaa baca ini jadi ngilerrr ..Lontong balap kayaknya enak nih.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月29日 上午5:38:00

Enaak menurutku mba Amel. Cobaaa yuuukk

Reply Delete
Avatar
Yudy Ananda 2016年9月28日 下午1:01:00

deskripsi lenthonya yummy banget mba, sayang seumur-umur belum pernah ngerasain lontong balap hiks :( coba cari ah mudah-mudahan nemu

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月29日 上午5:39:00

Iyaa aku lihat juga jadi pengen makan lagi hahhaha

Reply Delete
Avatar
Ratna Dewi 2016年9月28日 下午3:43:00

Mbak, lontong balap ini yang suka dimakan pake sate kupang ya? Pas liputan ke Sidoarjo dulu aku nggak sempat nyicipin kuliner ini, huhuhu.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月29日 上午5:39:00

Iyaaa. Bener banget mba Dewi. Wajib tuh kali jalan2 coba kulinernyaa

Reply Delete
Avatar
Ety Abdoel 2016年9月28日 下午4:36:00

Weh, saya juga suka lontong balap.
Kalau mudik ini salah kuliner inceran.
Duh, jadi pengin deh.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月29日 上午5:40:00

Mmmh yummy ya. Ini juga jadi wajib buat aku kalo pulang mba. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Rusydina Tamimi 2016年9月28日 下午5:20:00

lontong blap, sama tahu lontong atau tahu campur sebenrnya sama ngga sih ya mbak? apa cuma beda di bumbunya aja ya?

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月29日 上午5:41:00

Beda mbaaa. Kuahnya lebih bening lontong balap. Hayuk dicoba semuanya. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Hidayah Sulistyowati 2016年9月28日 下午7:21:00

Lama banget nggak makan lontong balap, ada sekitar tiga tahun, duuuh.. bikin mupeng lihat fotonya, mbakkk

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月29日 上午5:41:00

Kelamaan itu mbaa. Yuk makan lagi. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Nathalia DP 2016年9月28日 下午8:10:00

Br tau tentang lontong balap nih... Kecambahnya bnyk bgt ya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月29日 上午5:41:00

Itu bikin enak kecambahnya juga mba. Kriuk kriuk

Reply Delete
Avatar
retno 2016年9月28日 下午9:47:00

aih jadi pingin makan lontong balap mba... kebetulan suamiku kan orang sidoarjo, jadi suka sekali makan lontong balap. malahan dulu kalo ga sibuk suamiku sering masak sendiri lontong balap lalu dibagiin ke tetangga... kemarin Paksu juga baru beli kacang tolo, maunya dibikinin lentho, tapi belum sempat hihihi

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月29日 上午5:42:00

Wah baru tahu aku. Asyik kalau bisa bikin sendiri lontong balapnya ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Ranny 2016年9月29日 上午6:23:00

Huaaa pagi-pagi bw ke sini jadi lapar huhuhu tanggung jawab mbak :D *dikeplak hhehehe
Sebenarnya saya bukan penggemar lontong, tapi setelah nikah misua tuh suka lontong jadi deh ikutan suka *halah labil
Saya selalu suka kuliner di tempat kayak gitu mbak, biasanya makanan yang dijual enaaaaakkk

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月29日 上午7:54:00

Iyaaa. Biar menikmati kuliner daerah mba. Lontong emang enak

Reply Delete
Avatar
aya rosidi 2016年9月29日 上午7:23:00

Enaaaaak Kayanya ya mbaa.. Ngiler jadinya .. Hahaha

www.hai-ariani.com

Reply Delete
Avatar
sari widiarti 2016年9月29日 上午9:57:00

salam kenal mbak..aku suka juga sama lontong balap pak gendut. deket rumahku ada mbak, di sidoarjo :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月29日 下午2:03:00

Sama-sama oranG Sidoarjo. Salam kenal mba :)

Reply Delete
Avatar
Anita Carolina Tampubolon 2016年9月29日 下午1:06:00

Saya taunya Mie balap, Mba. Lontong balap baru tau nih...

Reply Delete
Avatar
prana ningrum 2016年9月30日 上午8:43:00

Jd pengin makan lontong balap nih..kenyang bgt mb kalo makan lontong.

Reply Delete
Avatar
Kang Nurul Iman 2016年9月30日 上午9:03:00

Kalau saya mah belum pernah nyoba mbak karena dikota saya juga tidak ada jadi saya jujur baru lihat sekarang.

Reply Delete
Avatar
Ophi Ziadah 2016年9月30日 上午9:56:00

mbaaa ini lontong balap langganannya ahmad dhani itu bukan sih? kalau iya aku udah pernah ke sini dua kali kayaknya. inget sm lentho-nya yang khas

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年9月30日 下午4:23:00

Mbaa Ophiee aku nggak tahu kali langganan AD. Nggak pernah dengar ceritanya. Hihiii

Reply Delete
Avatar
Lidha Maul 2016年9月30日 下午9:51:00

mbakkk...baru kemaren makan lontong balap..porsinya jumbo
Saya bilang sama suami, ah kebanyakan nih berdua aja...Tau nya nggak cukup.
Sekarang kangen lagi :D

Reply Delete
Avatar
Bang Aswi | @bangaswi 2016年10月1日 上午10:00:00

Lontong adalah makanan favorit saya. Di Bandung saya suka lontong kari dan kupat tahu. Kalau makan lotek, bahkan lebih suka pakai lontong daripada nasi. Lontong balap? Belum pernah cobaaa ... ^_^

Reply Delete
Avatar
laili umdatul khoirurosida 2016年10月2日 上午9:24:00

Mbaak.. aku kira dulu itu lontong balap ini jualanny sambil balapan, alias berpindah pindah tempat hihi
Ternyata gara gara cepet cepet an selesai tooh..

Lama banget aku nggak kesurabaya, nanti kalau aku ke surabaya aku pengen nyobain. Itu udah sampe generasi ke 3 dan masih eksis, kayaknya enak deh :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年10月2日 上午9:29:00

Hahhaa ...
Iyaa skali skali cobain mba :)

Reply Delete
Avatar
Nur Rochma 2016年10月3日 下午4:26:00

Aduh kenapa aku buka yang ini. Pas menanti waktu makan tiba. Uhuk!

Hanya satu hal, karena saya sudah lama nggak makan lontong balap.

Reply Delete
Avatar
Yurmawita Adismal 2016年10月3日 下午7:19:00

Mba.. Itu tauge banyak buangeet...secara aku penggemar toge..ngiler euy..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年10月4日 上午7:41:00

Tauge banyak ini yang bikin ngiler. Hehhehe

Reply Delete
Avatar
NiaNastiti 2016年10月4日 上午10:27:00

Rasa lontong balap sebenarnya gmn sih Mba? Kapan hari aku pernah coba di Pasar Modern Bintaro, kok ya kurang gurih dari imajinasiku :p

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年10月6日 上午8:02:00

Iya nggak gurih, mba. Seger kayak kuah sop tapi lebih ringan :)

Reply Delete
Avatar
Anisa Ae 2016年10月4日 上午11:04:00

Enaknya ... :o Jadi pengen nyobain. :D

Reply Delete
Avatar
Rudi Medan Wisata 2016年10月4日 下午5:09:00

Waduhhm,,,,, sore gini baca postingan ini, menambah tingkat lapar aja nih,,

apalagi lontong pula.. yummy

Reply Delete
Avatar
Elva susanti 2018年6月20日 下午1:08:00

Maknyus mbak. Bikin ngilerrr. Di Depok ada gak ya yg jual Lontong Balap.

Reply Delete