Enaknya Puding Roti Panggang

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Enaknya Puding Roti Panggang

Saya sekeluarga suka makan roti. Bagi saya, roti itu mudah di konsumsi dan mengenyangkan. Jadi seringkali saya membeli roti melalui tukang roti yang selalu lewat di depan rumah saya. Tukang roti itu menjual di pagi dan malam hari. Namun seringkali saya lebih banyak membeli di malam hari. Roti yang saya beli biasanya masih baru alias masa kadarluarsanya masih panjang. Roti lebih enak dikonsumsi dengan mentega dan meises. Terkadang saya mengkonsumsi roti ditemani teh manis panas.


Puding Roti


Tapi, kemudian lama kelamaan menjadi bosan makan roti seperti itu. Inginnya ada variasi lain agar tak bosan. Saya kemudian mencari-cari resep pengolahan untuk puding. Kebetulan masih ada sisa delapan lembar roti. Tak menunggu lama, saya kemudian mengelola roti untuk diolah menjadi puding. Bahan-bahannya mudah diperoleh dan proses pembuatannya pun mudah. Oh ya walau namanya puding, tapi tidak pakai agar-agar sama sekali. Tekstur puding roti yang saya buat ini juga sedikit lebih padat. Saya sudah modifikasi resep ini dari resep asli yang saya peroleh dari dapur iseng milik mba Irma Marcella.

Bahan-bahan :
8 lembar roti
500 ml susu cair
1 sendok makan mentega (lalu cairkan mentega)
3 sendok makan gula (kalau kurang manis silakan ditambah)
2 butir telur
½ sendok teh vanili cair
Kismis secukupnya

Cara membuat :
Ambil roti lalu dirobek-robek dan di tata di pirex/alumunium foil. Jangan lupa rotinya di tekan-tekan biar lebih padat. Pinggiran roti bisa digunakan, tapi bisa juga nggak. Kalau saya milih tetap gunakan, biar jadi lebih padat.

Di wadah lain, kocok susu, mentega cair, gula, vanili cair dan telur. Kalau kerasa kurang manis, silakan tambah gula. Kismis dipotong-potong jadi dua lalu dimasukkan ke dalam adonan susu. Setelah itu tuang semuanya ke roti yang telah ditata tadi. Panaskan oven sampai 150 derajat celsius (saya pakai oven tangkring). Lalu masukkan adonan tadi ke oven dan masak hingga 25 menit atau sampai matang. Kalau saya masak hanya pakai api bawah.

Jangan kaget ya kalau puding roti ini menggembang ke atas saat berada di dalam oven. Biarkan saja hingga berwarna kecoklat-coklatan. Setelah itu, matikan api tapi biarkan saja puding roti di dalam oven hingga 5 menit. Tunggu dingin, potong-potong dan siap dikonsumsi.

Tuh kan ... Gampang kan yaa ... Yukk buat di rumah ...



20 条评论

Avatar
Hanna Christina Uranus 2016年4月8日 上午10:10:00

dari fotonya aja udah keliatan enak.. aku jadi ngebayangin aku masak pas baca instruksi kakak hihi :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年4月8日 上午10:18:00

Iyaa enaakk. Sambil aku temani deh, mba Hanna. Hihiii. Makasih

Reply Delete
Avatar
Yesi 2016年4月8日 上午10:40:00

puding roti panggang emang enak banget mba, saya sering bikin kalo masih ada sisa roti tawar yang nganggur di rumah hehe

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年4月8日 上午11:01:00

Nah ya kan ya kan... hihii emang enak. Aku pernah beli d toko harganya mahal :(

Reply Delete
Avatar
wawa 2016年4月8日 下午4:55:00

eh ini pake kayak happycall (maap sebut merek) gitu bisa gak yaa utk pengganti oven....jd pengen masak nih

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年4月8日 下午5:01:00

Aku belum pernah nyoba kalo pake happycall, mba. Hiihii

Reply Delete
Avatar
Agung Han 2016年4月9日 上午6:04:00

lihat gambarnya langsung bayangin rasanya
Yummyy
salam sehat amin

Reply Delete
Avatar
Ruli retno 2016年4月10日 下午12:32:00

Aku sdh coba mba. Pke 2 lembar roti yg takarannya semaunya aku. Wkwkwk.. Di bwh roti sobek, tengahnya aku kasih pisang di slice tipis, atasnya baru roti lagi. Baru di siram. Alhamdulillah nya enakkk.. Hehehe.. Cm memang klo di kukus agak lama ya matengnya

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年4月10日 下午1:19:00

Wah kreatif tuh, mba Ruli. Iya sebetulnya resep ini bisa dikembangkan semaunya, Hihii. Bikin dua roti kurang banyaak tuh, mbaa

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年4月10日 下午1:19:00

Ntar bikin yang agakan banyak ya mba, Kirim ke Jakarta. Hihiii. Makasih sudah coba reseonya ya, mba Ruli

Reply Delete
Avatar
lianny hendrawati 2016年4月10日 下午8:56:00

Aku pernah buat puding roti tapi versi lain, roti tawar dan agar-agar dicampur, namanya puding roti juga, sudah kutulis di blogku.
Ini kelihatannya enak, kapan-kapan mau nyobain ah puding roti yang versi dioven ini :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年4月11日 上午8:07:00

Sip ntar aku mampir ya mba Lianny :)

Reply Delete
Avatar
Arina Mabruroh 2016年4月11日 下午9:54:00

Hm.. sepertinya enak, tapi ribet ya kalo harus pake oven *kebanyakanalasanih* :D

Reply Delete
Avatar
Lily Widjaja Sinaga 2016年4月14日 下午8:52:00

Happy banget kalo liat ada yang share resep sendiri, tapi belom kesampean untuk bikin sendiri hehe

Reply Delete
Avatar
Gilang Maulani 2016年4月25日 上午2:57:00

Judulnya itu lho mba menarik perhatian. Puding tapi roti :) liat gambarnya aja aku udah ngiler, apalagi kalau aslinya. Keknya bisa kalap dan timbangan naik. Makasih share resepnya mba, nanti mau aku praktekkin :)

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2016年4月25日 下午3:20:00

Yuukk diincip, mbaaa :)
Makasih yaa

Reply Delete
Avatar
Siti Mudrikah 2016年5月3日 下午8:56:00

Bookmark y mba,, kapan2 dicoba.

Reply Delete