Mengembangkan Semangat Berwirausaha

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Mengembangkan Semangat Berwirausaha

Memilih berwirausaha bagi saya adalah pilihan yang tak mudah. Mungkin karena saya tak memiliki jiwa wirausaha sehingga selalu gagal walau baru berniat memulai usaha. Belum mulai saja sudah mundur. HIhiii. Memulai usaha itu harus dilakukan orang yang tak mudah menyerah. Seperti teman blogger saya yang bernama Ria Mustika Fasha.

Sebelum menikah, ia termasuk perempuan yang cukup aktif di kampus dan di dunia kerja. Mulai dari menyambi sebagai penyiar radio Jazirah FM, jualan kreasi flanel, jualan pin, jualan pulsa, buka rentalan, hingga mengajar les private hingga pukul 21.00 WIB. Semua itu dilakukan untuk mendapatkan tambahan uang kuliah. Saya nggak tega kalau minta ke orangtua walaupun ibu dan ayah selalu mengusahakan yang saya butuhkan untuk pendidikan,” kata Mba Ria, panggilan akrabnya.
Mba Ria sekeluarga. Sumber foto : facebook 
Kala itu, setiap hari ia pergi pagi untuk siaran, lalu lanjut kuliah. Sore hingga malam mengajar les anak SD-SMP. Saat kuliah, ia pernah menjadi relawan gempa Sumatera Barat (Sumbar) pada tahun 2009 khusus untuk trauma healing anak-anak selama 2 bulan.

Setamatnya kuliah, ia sempat mengajar di Poltekes KEMENKES Bengkulu hingga akhirnya memilih untuk mengelola PAUD dan Bimbel di Curup, Kabupaten Rejang Lebong yang terletak sekitar 3 jam dari Bengkulu. PAUD itu milik rekan sang ayah yang belum teroganisir dengan rapi. Ia dan temannya kemudian belajar mengelola PAUD. Dari PAUD itu pula ia belajar banyak tentang keikhlasan guru-guru disana yang tetap mengajar walau dengan gaji 100ribu setiap bulannya
 
Sumber foto : Blog mba Ria


Ia juga belajar perjuangan ibu dan ayahnya temennya yang siap mengeluarkan kocek pribadi demi keberlangsungan PAUD. Tahun 2013, karena berniat menikah akhirnya ia pulang lagi ke Bengkulu dan mengajar di Sekolah Alam Mahira. Sekolah yang sangat unik, karena anak-anak sangat mencintai sekolah mereka. Anak-anak senang karena tidak dipaksa untuk pintar, mereka dibekali ilmu sekaligus akhlak dan mencintai alam. Pembelajaran dibuat sangat menarik seperti belajar di sawah, outbound, hingga pentas dan pemeran. Setelah menikah, ia membuka usaha foto copy dan rental di kampus yang dibantu dengan 2 orang mahasiswa. Usahanya lancar namun suami mintanya berhenti karena keguguran. Mba Ria dianggap terlalu capek dan kena radiasi mesin fotocopy. Ia kemudian membuka usaha Moystuff & cake, jualan brownies pizza dan pernah pernik ulang tahun. Namun mba Ria tak hanya aktif berwirausaha. Ia menekuni dua blogger sejak tahun 2009. Ia mulai ngeblog dari multiply, blogdetik, kompasiana, hingga blogspot. Kini, ia memutuskan untuk mengurus dua blog yakni www.riafasha.com dan www.happyummi.com. Blog riafasha.com berisikkan banyak tulisan misalnya menu makanan, cerita tentang hubungan pernikahan, tulisan kesehatan dan lainnya.  

Ingin tahu banyak tentang mba Ria, yuk mampir di akun sosial medianya di bawah ini :
Facebook : Ria M Fasha
IG : @riafasha
Twitter : @chikarein



43 則留言

Avatar
Feriyana sari 2017年3月28日 下午2:16:00

Setelah baca, langsung inget masa kuliah dulu saya termasuk malas. Beda jauh sama mbak ria. Kuliah sambil kerja sih, tapi gak se ulet mb ria. Du saat sekarang mau nyoba lebih ulet, ternyata usia tak mendukung. 😂😃

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年3月30日 上午9:34:00

Alhamdulillah sekarang udah makin rajin ya mba :)

Reply Delete
Avatar
Nikmal 2017年3月28日 下午4:46:00

Siap baca ini rasanya pengen menjadi orang yg lebih ulet lagi. Insya Allah, belum ada kata terlambat.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年3月30日 上午9:35:00

Setuju, mba. Tak ada kata terlambat ya :)

Reply Delete
Avatar
retno 2017年3月28日 下午5:30:00

pernah bertemu dengan mba Ria waktu ada acara di Jogja...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年3月30日 上午9:35:00

Wah aku malah belum pernah ketemu :)

Reply Delete
Avatar
kornelius ginting 2017年3月28日 下午5:47:00

Jadi sadar masih banyak yang lebih berjuangnya... dan sadar perjuangan diri sendiri belum seberapa.

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年3月30日 上午9:35:00

Aku pun maish harus berjuang, mba :)

Reply Delete
Avatar
Lusi 2017年3月28日 下午5:48:00

Berutung sekali ortunya punya anak seperti mbak Ria, ulet & mandiri.

Reply Delete
Avatar
herva yulyanti 2017年3月28日 下午6:29:00

Ah perjuangan mba Ria mengingatkan perjuangan teteh bella wkwkwk *digetok ummi :p

Reply Delete
Avatar
GUS BOLANG ADVENTURE 2017年3月28日 下午6:56:00

bagi pribadi saya mbak alida ... lebih enak berwirausaha .. waktu punya kita ,,,, mau kerja mau gak kerja gak ada yang marah ... sehingga kalau berwirausaha kita bisa bebas mennikmati hari hari kita

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年3月30日 上午9:36:00

Ih soalnya aku nggak berani berwirausaha :)

Reply Delete
Avatar
fanny fristhika nila 2017年3月28日 下午9:34:00

abis kuliah masih kasih les lagi... hebaaaat :D.. aku ga yakin bisa soalnya... biasanya udh kekuras duluan tenaga utk di kuliah.. -__- .. kalo tetep dipaksa, pasti ada 1 yg hrs jeblok..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年3月30日 上午9:36:00

Hihi ada skala prioritas ya mba Fanny :)

Reply Delete
Avatar
Ria M Fasha 2017年3月28日 下午10:16:00

saya masih pemula mbak alida hihi, tapi tetap percaya bahwa punya rejeki di wirausaha...
btw makasih banyak ya mbak tulisannya ^_^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年3月30日 上午9:36:00

Mba Ria keren. Semangatnya harus ditiru :)

Reply Delete
Avatar
Ria Bilqis 2017年3月29日 上午5:25:00

Kreatif banget si mba Ria M Fasha ini. Orang sukses memang sudah bekerja keras sejak muda, keren.

Reply Delete
Avatar
Nita Lana Faera 2017年3月29日 上午7:52:00

Perempuan kalau udah biasa kerja serabutan. Peluang ini itu yang baik, diambil, hidupnya pun insya Allah makin kreatif. Sukses untuk ibu-ibu berdua ya :D

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年3月30日 上午10:22:00

Sukses untuk kita semua ya mba Nita :)

Reply Delete
Avatar
Ucig 2017年3月29日 下午2:47:00

Semangat jadi menginspirasi ya mba...
Btw, headernya baru lihat mba. Cantik. Aku baru bw lagi karena anak sakit :'(
Tfs ya mbaaa^^

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年3月30日 上午10:22:00

Makasih, mba. DUh, smoga si kecil lekas sembuh ya mba. Aamin

Reply Delete
Avatar
Nunu Halimi 2017年3月29日 下午11:06:00

Saya dukung mba Alida kalau mau beriwirausaha, menjadi wirausaha ada juga yang nggak perlu meninggalkan pekerjaan mba...

Reply Delete
Avatar
Adriana Dian 2017年3月30日 上午9:54:00

Langsung cuss mampir mampir ah ke blognya mbak Riaaa. Makasi perkenalannya mak Alidaaaa

Reply Delete
Avatar
Nova Violita 2017年3月30日 上午10:33:00

Keren.. mba ria orangnya penuh semangat banget...
semiga suksez dg usaha mba ria..

Reply Delete
Avatar
widyantiyuliandari 2017年4月1日 上午10:07:00

Aku selalu kagum pada orang-orang yg berani berwirausaha. Mereka itu orang-orang berani dan tangguh.

Reply Delete
Avatar
Hendra Suhendra 2017年4月1日 下午5:11:00

Satu kata buat mba Ria. SALUTE!! Sangat menginspirasi banyak orang. Semoga dengan jerih payahnya, ia mendapatkan apa yang ia wujudkan. Pergi pagi, pulang malam, tidak mau merepotkan orang tuanya.

Very nice sharing mba...

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年4月2日 上午9:22:00

Iya mas Hendra. Semoga memberikan semangat untuk kita ya

Reply Delete
Avatar
windhu 2017年4月1日 下午8:37:00

Sangat menginspirasi yang dilakukan mbak satu ini. Terima kasih telah berbagi kisah.

Reply Delete
Avatar
muarra 2017年4月1日 下午9:24:00

Alhamdulillah saya sering main-main ke blog mba Ria Fasha, balas komen,, nanti gantian..,
Hehehe Inspiratif..

Reply Delete
Avatar
Rach Alida Bahaweres 2017年4月2日 上午9:23:00

Iya biar saling berteman jadi sering2 BW ya :)

Reply Delete
Avatar
Haeriah Syamsuddin 2017年4月2日 下午6:53:00

Mba Ria keren. Harus belajar banyak nih, pengen punya mental baja kayak mba Ria.

Reply Delete
Avatar
indah nuria Savitri 2017年4月4日 上午2:33:00

oke bangeeet nih..jiwa wirausaha memang harus dikembangkan terus yaa

Reply Delete
Avatar
Febrianty Rachma 2017年4月6日 下午2:07:00

Luar biasa semngatnya mba Ria ya, banyak hal yang dilakukannya sewaktu kuliah. Wahh salut euy, jiwa uletnya nih yang harus ditiru ya

Reply Delete