Persiapan Sebelum Melakukan Perjalanan Bisnis

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Melakukan perjalanan bisnis kerap kali saya lakukan. Dulu bahkan hampir setiap weekend saya keluar kota karena perjalanan bisnis. Perjalanan bisnis yang saya lakukan tak melulu karena urusan kantor. Tapi kerap juga karena tugas mengajar ke luar kota atau untuk urusan organisasi.

Saya pribadi bersyukur perjalanan bisnis yang kerap saya lakukan mendapatkan dukungan dari suami. Setiap kali saya keluar kota, suami dengan senang hati mengambil alih urusan rumah tangga sehingga saya menjadi terkonsetrasi dengan perjalanan bisnis.

Sumber foto : pixabay.com

Tapi bagaimanapun setelah menjadi seorang ibu, saya membatasi bepergian dalam waktu lama. Bagaimanapun, saya masih kerap teringat anak. Apalagi ketika anak saya masih menyusui. Saya pernah melakukan perjalanan ke Yogyakarta di pagi hari. Setelah mengajar, siang harinya saya memutuskan untuk kembali ke Jakarta untuk menemui anak.

Cerita Perjalanan Dinas

Perjalanan ke Jayapura pun menjadi sangat singkat ketika saya melakukan perjalanan bisnis. Saya berangkat tengah malam dan tiba di Jayapura pagi harinya. Setelah seharian mengajar, saya pulang esok paginya. Suami saya sempat bilang mumpung ke Jayapura, puas-puaskan bisa keliling Jayapura. Tapi waktu itu, anak saya Ayyas masih usia balita sehingga terasa berat jika saya bepergian luar kota dalam waktu lama.

Ada saat dimana saya memutuskan mengurangi perjalanan bisnis. Ceritanya, saat itu saya janjian dengan suami di tempat yang biasanya suami jemput sepulang saya keluar kota. Biasanya makanan dari pesawat tak saya makan tapi sebagai makanan buat anak yang kala itu masih balita. Pas saya hendak memeluknya, mendadak anak saya tak mau.

Saya ketika selesai perjalanan dinas sebagai narsum di Malaysia

Terkesan sepele tapi anak saya waktu itu memilih tetap duduk di pangkuan bapaknya. Perasaan saya galau dan perih. Walaupun hanya dalam hitungan menit anak tak mau saya peluk, tapi momen itu membuat saya memutuskan mengurangi bepergian luar kota.

Setelah anak beranjak besar, perjalanan bisnis masih saya lakukan walaupun tak sesering dulu. Setiap kali melakukan perjalanan bisnis, saya selalu melakukan persiapan. Walaupun seminimal mungkin, persiapan sebelum melakukan perjalanan bisnis wajib saya lakukan. Tapi ya pernah juga pas masih jadi kontributor majalah nasional di Surabaya, pas baru balik dari luar kota, besok paginya sudah harus bertugas ke luar kota. Capeknya jangan ditanya. Tapi karena tugas kantor, mau tak mau harus dilakukan.

Tips Persiapan Perjalanan Dinas

Namun sebelum melakukan perjalanan dinas, ada beberapa hal yang harus disiapkan. Persiapan seperti ini sangat penting agar perjalanan dinas berjalan lancar dan sukses. Lalu, apa saja yang harus disiapkan sebelum melakukan perjalanan dinas ?

Cek Dokumen Terkait

Dokumen ini bisa berupa pasport atau bahkan KTP dan tiket. Kalau naik pesawat, siapkan tiket pesawat sebelum keberangkatan. Jangan lupa sebaiknya screenshoot juga tiketnya sebagai antisipasi. Bahkan jika diperlukan, juga bisa print tiket dan pasport. Saran saya, semuanya diletakkan di satu tempat khusus seperti dompet khusus dokumen. Jadi pas butuh, tak perlu ribet membongkar isi tas.

Bawa Barang Secukupnya

Melakukan perjalanan dinas sebaiknya barang yang dibawa tidak terlalu banyak. Cukup bawa pakaian secukupnya agar barang bawaan juga tak melebihi kapasitas dan harus membayar kelebihan bagasi itu. Pakaian yang dibawa juga sesuai dengan pelaksanaan perjalanan dinas itu. Sebaiknya bawa pakaian resmi juga jika ada rapat atau kegiatan formal lainnya.

Perlengkapan Kerja Wajib Dibawa

Namanya saja perjalanan dinas, jangan lupa bawa perlengkapan kerja. Perlengkapan kerja bisa seperti laptop, kamera, ID card, surat tugas jika diperlukan. Peralatan penunjang juga penting. Misalnya simcard kamera, power bank. Jangan lupa untuk bawa power bank sehingga bisa tetap lancar pekerjaannya.

Cek Kesiapan Kendaraan Penunjang Perjalanan Dinas

Melakukan perjalanan dinas semakin menyenangkan jika tak perlu lagi repot-repot cari kendaraan sebelum berangkat atau setelah berangkat. Inginnya, semua sudah terencana dengan mudah sehingga saya tak perlu capek-capek menunggu kepastian kendaraan yang akan mengantar atau menjemput saya saat melakukan perjalanan dinas.

TRAC Mendukung Perjalanan Dinas

Solusi yang bisa dilakukan adalah menyewa kendaraan dari rental mobil terpercaya dan sudah terbukti kualitasnya, yakni TRAC. Kebetulan kantor TRAC itu dekat dari rumah saya di kawasan Pasar Rebo, jadi TRAC ini boleh dikatakan membantu saya untuk perjalanan dinas. Dengan adanya TRAC, bisa melakukan antar jemput dari dan ke bandara. Tak ada lagi alasan telat sampai bandara karena semua terlayani dengan baik dan tepat waktu oleh TRAC.

Kenapa harus menggunakan TRAC ? Pertama, TRAC memiliki kemudahan akses dan juga jaringan yang luas. Dengan adanya TRAC di 18 kota di Indonesia, tentunya perjalanan bisnis menjadi mudah dilakukan. Kedua, ada jaminan proteksi dan layanan prima dari TRAC selama perjalanan. Ketiga, keselamatan dan kenyamanan perjalanan juga terbukti karena sistem TRAC terhubung dengan TRAC Fleet Management Solution. TRAC ini juga standby 24 jam sehingga jika ada kebutuhan mendesak, TRAC menjadi pilihan.  Caranya bisa melalui 1500-009 atau melalui aplikasi WhatsApp di nomor (+62)811-1177-087 untuk pusat bantuan dan informasi.

Di masa pandemi seperti sekarang, TRAC juga fokus untuk menjaga protokol kesehatan. Upaya ini tentunya sebagai langkah untuk meminimalir penyebaran virus covid dan sebagai bentuk dukungan TRAC untuk menjaga kesehatan penumpang dan drivernya.

Apa saja upaya penerapan protokol kesehatan yang dilakukan ? TRAC menerapkan SMART Protocol seperti :

• Melakukan penyemprotan disinfektan ke seluruh unit yang akan melayani dan setelah melayani pelanggan
  • Menyediakan hand sanitizer di semua unit yang bertugas melayani penumpang
  • Menerapkan social distancing di seluruh unit yang mengangkut penumpang
  • Memberikan sekat pembatas (berbahan fiber) antara driver dengan penumpang
  • Setiap driver yang bertugas akan melalui proses pengecekan kesehatan
  • Setiap driver yang bertugas diwajibkan untuk menggunakan masker dan sarung tangan
  • Driver tidak diperkenankan melakukan kontak fisik apapun kepada penumpang

Jangan lewatkan kesempatan promo Oktober dengan pembayaran menggunakan AstraPay sejak tanggal 4 Oktober hingga 3 November 2021. Kunjungi https://www.trac.astra.co.id/promo atau www.trac.astra.co.id untuk informasi lebih lanjut.

Untuk kemudahan akses, teman-teman bisa langsung download aplikasi TRAC To Go di Google Playstore di Appstore dibawah ini :

Link GooglePlay Store :https://play.google.com/store/apps/details?id=com.trac.tractogo&hl=en&gl=US Link Apple App Store : https://apps.apple.com/us/app/trac-to-go/id1459840738

34 கருத்துகள்

Reyne Raea 20/10/21, PM 9:21

Yang paling penting tuh bawa perlengkapan kerja yang dibutuhkan ya Mba.
Jangan sampai malah ketinggalan, dan ternyata penting banget.
Btw TRAC ini makin jaya aja ya, menjangkau banyak jasa transportasi, pernah naik Busnya, keren banget sih.
Apalagi jasa antar jemput di bandara ya :)

fanny_dcatqueen 20/10/21, PM 10:34

Sekarang ini utk urusan kendaraan sewa, ATO bus, aku lebih milih Trac juga. Udah percaya banget, apalagi ini anak usaha ya Astra. Nama besar Astra jujurnya yg bikin aku yakin kalo service yg ditawarkan Trac udah pasti bagus :).

Uniek Kaswarganti 24/10/21, AM 12:15

Nama baik memang ngaruh banget ya, kita jadi percaya saat akan melakukan sewa armada gini. Maunya dapet yang layanannya bagus dong kayak Trac gini.

thya 21/10/21, PM 4:25

Masyaallah.. dinasnya jauh-jauh banget mbaaa.. persiapannya sih kudu mateng ya mbaa jangan sampai ada tang tertinggal.. pun transportasinya harus yang nyaman dan aman. dan emang bener, TRAC Pilihan terbaik apalagi dimasa pandemi begini

Gina Nelwan 21/10/21, PM 8:22

wah ternyata TRAC bisa berguna juga yaa mba untuk perjalanan dinas nih, saya jadi tau loh thanks sudah baca artikel ini, ak keep ah infonya

Ida 22/10/21, AM 6:57

Jadi ingat impianku masa remaja, berkarir sering perjalanan dinas keluar negeri hahaha..... tapi seiring waktu semua impian itu pupus.... tapi setelah anak2 besar tetep bisa perjalanan dinas ke luar negeri juga sih alhamdulillah walau statusnya sebagai blogger :D

Indah Nuria Savitri 22/10/21, AM 9:35

hehehehe been there done that.. ketemu Mas Agung yaa waktu di Malaysia yaa mba. Persiapan memang extra saat akan perjalanan bisnis

Lidya Fitrian 22/10/21, AM 9:44

Alhamdulillah ada kesempatan kemana-mana lewat perjalanan dinas ya mbak Alida. Harus disiapkan dokumen & perlengkapan dalam perjalanan yersebut ya. Enaknya kalau perjalanan dinas semua sudah disediakan ya urusan kendaraan pun jadi enak. TRAC bisa bantu perusahaan untuk melakukan perjalanan dinas karyawannya

Eka Rahmawati 22/10/21, AM 9:55

Aku sendiri belum pernah pake jasa TRAC. Tapi udah pernah dengar soal layanan penyewaan kendaraan ini.

Apalagi ini anak perusahaan Astra ya. Sudah pasti punya fasilitas dan layanan yg mumpuni

lendyagassi 22/10/21, AM 10:46

Dilematis banget yaa, kak...antara tanggungjawab di kantor dan di rumah sebagai Ibu juga istri.
Salut kak Lid, dengan berbagai perjuangannya.

Melakukan perjalanan dinas yang aman, kudu banget inget TRAC To Go.

Idah Ceris 22/10/21, AM 11:00

Bener banget. bagaimana pun kalau masih menyusui, tuh, suka enggak tega ninggalin lama2 ya, mbak. beruntung suami siaga banget.

btw, sekarang untuk pemenuhan kendaraan untuk kebutuhan dinas enggak pusing lagi, tinggal klik TRAC, ya.

Monica Anggen 22/10/21, AM 11:42

TRAC bisa jadi solusi transportasi saat kita bepergian ya, Mbak, bahkan setibanya di tempat tujuan pun tinggal pesan. Kalo sekarang, persiapannya juga bakal tambah nih, masker ganti, hand sanitizer, vitamin, juga perlu masuk ke daftar selain dokumen, uang, dan pakaian

Uniek Kaswarganti 22/10/21, PM 12:58

Emang bener mba, segala macam printilan terkait kerjaan kalau enggak disiapin sejak awal, bisa jadi malah ketinggalan ya. Rempong deh jadinya. :))

Begitupun dengan transportasi, kalau pas dinas gitu paling enak udah standby armadanya. Bisa sewa di TRAC agar lebih cepat dan lancar.

diane 22/10/21, PM 2:35

Seneng banget ya mak ada sarana yang memudahkan perjlanan Dinas.. Kita gak pusing2 lagi ngurusi transport..tinggal kontak TRAC beres deh..

Bibi Titi Teliti 22/10/21, PM 3:54

Duh, pasti jleb banget itu rasanya ketika anak lebih milih dipangku papanya dan gak mau meluk kita yaaaah. Ngambek terselubung kayaknya itu mah yah mbaak hehe

Wah, iya nih dengan adaya TRAC bisa memudahkan kita dalam perjalanan bisnis yah. Udah gak perlu ribet lagi deh nyari2 kendaraan, tinggal pesen di TRAC aja deh

Eviindrawanto.Com 22/10/21, PM 5:59

Memang bagi kaum ibu melakukan perjalanan bisnis atau dinas ketika anak-anak balita terasa memberatkan. Bisa deh dibayangkan gimana rindu dan kuatirnya saat berjauhan dengan mereka. Tapi setidaknya dengan TRAC bisa mengurangi sedikit kekuatiran ya. Perjalanan dinas berjalan lancar. Jadi Mbak Alida bisa hanya konsentrasi pada tugas dan rindu rumah :)

Keke Naima 22/10/21, PM 8:32

Jadi ingat ketika masih ngantor, kalau lagi ditugasin ke luar kota biasanya akan disediakan kendaraan untuk bermobilitas. Kalau mobil kantor lagi dipakai, biasanya sewa mobil. TRAC bisa banget direkomendasikan karena armadanya bagus semua

April Hamsa | Parenting Blogger keluargahamsa.com 23/10/21, AM 10:14

Memang ya ibuk2 kalau perjalann dinas pasti inget anak terus, makanya males deh kalau extend2.
TRAC enak ya skrng ada di mana2 jd kalaupun gk bawa kendaraan sendiri saat di lokasi daerah dinas bisa nyewa TRAC aja.

Sri Widiyastuti 23/10/21, PM 4:38

wah ummi Alida pernah jadi narsum ya di Malaysia, tahun berapa itu Ummi? btw alhamdulillah sekarang perjalanan dinas bisa sewa TRAC ya, jadi lebih enak perjalanannya dan lebh aman

Dewi Rieka 23/10/21, PM 4:42

Perjalanan dinas memang banyak yang kudu disiapkan ya apalagi masa pandemi, sewa mobil untuk dinas mending di Trac yang sudah terpercaya

Okti Li 23/10/21, PM 5:45

Pasti perjalanannya makin menyenangkan kalau menggunakan kendaraan yang selain aman, nyaman juga ketat protokol kesehatan nya.

Nyi Penengah 23/10/21, PM 6:41

Allhamdulillah mba Lid, makasih banyak buat tipsnya nih. Aku beberapa kali dah mulai perjalanan kembali juga nih. Semoga kita semua sehat dan bahagia

nurul rahma 23/10/21, PM 6:46

Mbaaa, dirimu emang ciamik tenan!
Energi, passion dan jiwa berbagi-mu warbiyasakk.
TabarokAllah ya mbaaa
semogaaaa di masa mendatang makin banyak kebaikan2 yg dikau sebarkan

lendyagassi 23/10/21, PM 7:36

Sekarang kalau bepergian langsung ingetnya aplikasi TRAC To Go yaa..
Karena mudah dan aman juga nyaman.
Bepergian di masa pandemi, bismillah...sehat selalu dan lancar urusannya, bisa kembali ke rumah dengan selamat.

Suciarti Wahyuningtyas (Chichie) 23/10/21, PM 7:58

Aku kangen sekali melakukan perjalan dinas, dan biasanya kudu siap H-3 semuanya, termasuk beberapa dokumen penting. Apalagi kalau dinasnya dalam waktu lama tambah banyak deh yang harus disiapkan.

Alfa Kurnia - pojokmungil.com 23/10/21, PM 8:02

Dokumen dan perlengkapan kerja wajib double check ya, Mbak, kalau mau perjalanan dinas. Dan perjalanan dinas ini dilema ibu pekerja emang sih, dulu teman-teman suka nawar nggak mau dinas luar kota lama-lama dengan alasan anak. Waktu masih belum kerja jadi nggak paham, pas udah jadi ibu terasa deh galaunya.

Antung apriana 24/10/21, PM 3:42

Jadi ingat dulu pas ada tugas dari kantor buat ke makassar aku hampir ketinggalan pesawat karena salah perkiraan pesan mobil online. Asli deh mbak takut banget waktu itu. Mungkin harusnya perusahaan menyiapkan mobil jemputan ya kalau karyawannya mau dinas ke luar kota

Nunung Yuni Anggraeni 24/10/21, PM 3:50

Karena ibu rumah tangga saya nggak kerja. Tapi setiap perjalanan dinas suami pasti saya yamg siapin segala printilannya. Dari baju, dokumen, laptop, sepatu, kaos kaki sampai kadang dia minta anterin sampai bandara.

Pernah suatu saat mau tugas seminggu di Hongkong . Semua dah siap dan subuh baru ketahuan kalau charger laptop ketinggalan di kantor padahal harus dibawa. Akhirnya subuh subuh ke kantor ambil charger, nitip mobil ke kantor bablas bandara. Sepanjang jalan berdoa biar gak ketinggalan pesawat. Aku aja sampai belum mandi ikutan panik ke kantor dan ngantar sampai bandara.

Sekarang ada TRAC enak ya bisa 24 jam. Bisa melayani ke bandara kapan pun . Dinas pun jadi tenang .

Milda Ini 24/10/21, PM 7:27

asik yah kalo ada TRAC To GO nih, jadi nyaman, Saya udah lama gak melakukan perjalanan bisnia mak, kangen juga yah

catatansiemak 24/10/21, PM 8:18

Emak-emak kalau mau bepergian memang lebih ribet persiapannya ya mb Alida. Karena juga mikirin buat yg ditinggal di rumah. Untung ada Trac nih memudahkan para emak kalau ada perjalanan dinas

Nia K. Haryanto 25/10/21, AM 4:24

Untuk pergi ke mana pun, segala sesuatu harus dipersiapkan dengan baik, ya. Termasuk saat melakukan perjalanan dinas. Untuk kendaraan bisa percayakan ke TRAC. Dijamin siap nganter kita ke mana pun

Unknown 28/10/21, AM 8:21

Lagi pandemi Trac pas banget disewa khusus untuk keluarga jd lebih steril

Witri Prasetyo Aji 28/10/21, PM 3:14

Anak enggak mau diajak itu, duh rasanyaaa... Sakit loh...

Ngomongin perjalanan bisnis, TRACK ini membantu banget, apalagi di masa pandemi gini... Dan TRACK ini menerapkan prokes yang ketat

Hana Aina 28/10/21, PM 5:28

Dokumen perjalanan itu penting banget, ya. Sampai suka ngecek beberapakali sangking takutnya ketinggalan atau hilang. Syukurnya, meski masih pendemi, kita sudah diperbolehkan pergi-pergi. Asalkan protokol kesehatannya tetap dijaga, ya. Termasuk yang sudah TRAC terapkan.