Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag

Jumat, Juni 01, 2018

Ngalamin sakit maag tuh nggak banget. Saya pernah mengalami saat setahun lalu tepatnya di bulan puasa. Siang hari di kantor, perut saya nyerinya luar biasa. Belum lagi beberapa kali terasa mual dan muntah. Awalnya ada yang menduga saya hamil, tapi saya katakan terus terang kalau saya tak hamil. Saya masih mencoba bertahan di kantor hingga pukul 15.00 WIB.

Supaya tiba di rumah lebih cepat, saya memilih menggunakan ojek online dari Palmerah ke stasiun Cawang, Jakarta. Dalam perjalana, perut saya semakin melilit. Saya bahkan berhenti di pinggir jalan di kawasan Cawang karena mual yang tak tertahankan. Setelah itu saya memaksakan diri untuk tetap ke stasiun Cawang.
 
H2 Zativa bagi penderita Maag. Photo by : Uchy Sudharto
Tapi ketika tiba di stasiun Cawang, commuterline penuhnya luar biasa. Perut saya juga sudah semakin melilit. Perut pun alami nyeri. Akhirnya saya memutuskan untuk istirahat di ruang khusus karyawan sambil menunggu waktu berbuka puasa.

Setelah berbuka puasa, saya memberanikan diri untuk pulang menggunakan commuterline. Saya tak langsung ke rumah tapi ke klinik 24 jam yang terletak dekat rumah. Dokter jaga kemudian memeriksa saya dan mendiagnosa saya terkena maag.

Gejala dan Penyebab Sakit Maag

Jika mengalami gejala nyeri atau rasa tidak nyaman di ulu hati, mual, muntah, rasa cepat kenyang, rasa penuh di lambung, kembung, atau sendawa maka bisa dikatakan seseorang mengalami sakit maag. Maag merupakan peradangan pada dinding lambung yang disebabkan ketidakseimbangan asam lambung merupakan dasar penting terjadinya sakit maag.

Penyebab sakit maag juga dikarenakan karena beberapa hal yakni makanan tinggi lemak, minuman berkafein dan berkarbonasi seperti soda hingga makanan yang mengandung asam lemak.

 H2 Zativa untuk Penanganan Sakit Maag Bagi Penderita Maag

Lalu, bagaimana penanganan untuk sakit maag? Hal yang harus dilakukan adalah menetralkan asam lambung di dalam lambung, mengurangi produksi asam lambung dan memperkuat pertahanan mukosa lambung.

Nah, untuk penanganan sakit maag kini telah ada produk yang dikeluarkan oleh Kalbe. Produk itu bernama H2 Zativa yang mengandung ekstrak jinten hitam (niggela sativa/habbatussaudah), kunyit (curcuma domestica), dan temulawak (curcuma xanthoriza) yang bermanfaat untuk mencegah kekambuhan gejala dyspepsia/maag seperti mual, kembung, nyeri lambung.
 
Kunyit untuk sakit maag. Photo by : Pixabay.com
Obat Zativa ini mengandung :
Kunyit (Curcuma domestica) 350 mg
Temulawak (Curcuma xanthorrhiza) 100mg
Jinten Hitam (Ekstrak Nigella sativa) 150 mg
 
Zativa untuk Obat Maag. Sumber foto : Uchy Sudharto
Ekstrak jinten hitam mengandung zat aktif thymoquinone sementara temulawak dan kunyit mengandung zat aktif curcumin. Kombinasi ini dalam H2 Zativa bekerja dengan mekanisme anti flatulen (menghilangkan kembung) dengan cara memecah gelembung gas di lambung menjadi lebih kecil dan mudah di keluarkan, mucosa protection (melindungi dinding lambung) dengan cara meningkatkan produksi musin/lendir yang melapisi dinding lambung. Untuk mengkonsumsi Zativa ini hanya 1-2 kapsul sehari dan harus diminum 1 jam sebelum makan.

 Puasa Bagi Penderita Maag

Lalu, bagaimana dengan penderita puasa yang hendak berpuasa? Mungkin bagi penderita maag, ada kekuatiran tak dapat melaksanakan puasa dengan baik. Padahal banyak manfaat yang diterima ketika seseorang berpuasa.  

Pas banget tanggal 30 Mei 2018, bertempat di KALCare Lotte Kuningan, Jakarta, H2 Health & Happiness beserta beberapa narasumber menyelenggarakan diskusi kesehatan bertema ”Manfaat (lain) Dibalik Puasa”.

Ada tiga narasumber yang dihadirkan yakni :
dr Liza (dokter kecantikan dan anti aging dari Klinik Estetiderma)
dr Ari Fahrial Syam SpPD (dokter gastroenterology dari FKUI RSCM)
dr Claudia Anggi (Medical PT Kalbe Farma Tbk).
 
Talkshow Manfaat di balik berpuasa. Photo by : Mira Utami
Dalam acara itu dibahas manfaat lain dari berpuasa. Berpuasa berkaitan dengan efek detoksifikasi dengan cara mengeliminasi atau menetralkan toksin yang dihasilkan di proses biokimia di setiap organ seperti ginjal, paru, hati, usus maupun di kulit. Eliminasi atau netralisasi toksin ini bermanfaat untuk menjaga tubuh lebih sehat kembali sehingga bisa mengurangi efek negatif yang sebelum nya ada.

Kondisi lambung yang kosong tanpa makanan selama 14 jam membuat lambung akan memproduksi asam lambung yang bisa merusak dinding lambung atau dihasilkan gas yang ditandai dengan kembung.

Dr Ari Fachrial Syam, seperti dikutip dari Kompas.com mengatakan bahwa perut kosong selama 14 jam harus diawali dengan minum satu gelas air untuk membasahi. “Tapi tidak bileh minum air es karena suhu tubuh sekitar 37 derajat celsius akan kaget,” kata dr Ari Fachrial Syam.

Nah, orang dengan kondisi maag maka harus menghindari makanan yang mengandung gas seperti soda, durian, sayur-sayuran seperti kol, kubis, makanan beralkohol, asam seperti lemon, jeruk, serta makanan pedas dan berminyak.

Upaya untuk menghindari sakit maag juga dapat dilakukan dengan menghindari makanan tersebut ketika sahur atau berbuka puasa. Bagi yang memiliki sakit maag yang tidak ditangani dengan baik, maka beresiko terjadi serangan akut lebih sering dan yang lebih fatal adalah perdarahan lambung akibat luka lambung. Selain itu juga bisa mengalami heart burn atau GERD (Gastro Esophageal Reflux Disease) yang dirasakan nyeri di ulu hati atau dada yang kerap kali dianggap serangan jantung padahal tidak.

Mengkonsumi obat yang mengandung bahan-bahan herbal seperti kunyit, jinten hitam, pisang, cincau, bisa menjadi pilihan agar tidak terkena sakit maag.

Dengan adanya H2 Zativa, kini tak ada lagi alasan untuk tak berpuasa bagi penderita maag. Apa yang teman lakukan jika berpuasa mengalami sakit maag?


37 komentar on "Tips Berpuasa Bagi Penderita Maag"
  1. Alhamdulillah makin canggih inovasi produk justru menbantu konsumen untuk lancar beribadah :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mbaaa. Jadi membantu buat tak maag ya mbaa

      Hapus
  2. Makasih sharingnyaa mbaak, saya punya penyakit gastritis yang saudaraan sama maag. menyiksa banget kalau gastritisnyaa kambuh, bersyukur ada obat seperti H2 Zativa yaa, bisa meredakan maag dan puasa jd lancar. . :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Alhamdulillah bermanfaat banget

      Hapus
  3. aku banget mba, punya magh dari dulu dan kalo perut kosong dikit aja aduh duh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sangat tak menyenangkan ya kalau ada maag

      Hapus
  4. Emang kesian ngeliat suamiku kalau gak nyaman berpuasa karena maag. Alhamdulillah Zativa ngebantu untuk mencegahnya tapi aku juga lumayan ketat jaga makanan untuk papih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dijaga baek baek papihnya jangan smapai kena maag :)

      Hapus
  5. Saat lagi menjalani ibadah puasa kadang sakit maag memang sering kali datang terutama saat makanan yang kita konsumsi memicu asam lambung naik. Harus dibantu dengan suplemen atau obat untuk menghilangkan rasa nyeri dan mual. Zativa ini kandungan nya baik ya mbak, dan sunah rasullullah juga

    BalasHapus
  6. dulu aku kena maag ummi pas masi kuliah mungkin krn pola makan ga betul bulak balik masuk ugd runkit terus coba tau obat ini dr dulu yah krn obat maag yg beredar umumnya uda ga mempan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yaah sedihnya kalau bunda kena maag gitu. Moga sehat selauuu yaaa

      Hapus
  7. Saya inget dulu pas sakit maag, terus ada orang yang nggak aku kenal nyaranin buat rutin minum air kunyit. Beneran membantu mengurangi sakit maag :D

    Sekarang jadi lebih mudah yaa dengan herbal praktis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah jika memang sangat membantu ya mbaa :)

      Hapus
  8. puaa InsyaAllah lancar. mag mah bukan alesan buat ga puasa sih.. banyak cara buat berpuasa.... salah satunya dengan stok H2 Zaytiva

    BalasHapus
  9. gak nyangka perpaduan jinten hitam, kunyit dan temulawak bisa bantu atasi gejala maag.. pas nih mbak kalau mau beralih ke herbal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba Uchy. Membantu banget

      Hapus
  10. Wah terima kasih tipsnya Mbak, saya kalau puasa suka kambuh maagnya.

    BalasHapus
  11. Baru tahu kalau kandungan kunyit bisa untuk orang sakit maag.

    BalasHapus
  12. Ada temulawaknya, pahit ga ya, Mba? Memang 3 kandungan itu (temulawak, jinten dan kunyit) bagus buat kesehatan tubuh. Ternyata lebih baik lagi utk kesehatan lambung ya.

    BalasHapus
  13. Kandungan herbalnya bagus mba,aku sering parut kunyit kalau pas maag kambuh
    H2 zativa malah lebih lengkap kamdungannya

    BalasHapus
  14. Duuuh jadi inget kapan lalu saat berbuka diluar, makan gorengan dan minum es besoknya meler haha.

    Kaget sih ya peyutnya, biasanya berbuka sm kurma or buah hehe. Bener kata dokter jangan minum es saat berbuka.

    Makasih tipsny umi, baru tahu kalbe ngeluarin produk buat sakit maag dengan bahan2 yang alami lagi ya 😍

    BalasHapus
  15. Mba Al, aku nih sering banget kembung, ada riwayat maag juga.. mau coba konsumsi ini deh.. bisa dibeli dimana mba dan harga berapa?

    BalasHapus
  16. Mba Al, aku ada riwayat maag dan suka kembung kalo telat makan, mau coba konsumsi ini deh, bisa dibeli dimana mba? dan harga berapa?

    BalasHapus
  17. aku pernah sakit maag terus sampai bikin jantung sakit banget, kata dokter karena asam lambung naik dan stress, makan jadi gak teratur. Andai tahu ada herbal ini aku langsung beli deh, gak perlu ke dokter dulu

    BalasHapus
  18. Pas banget niih kaaak Alida infonya untuk temen temen yg punya maag tp dijadiin alasan untuk nggak berpuasa hehe

    BalasHapus
  19. Kalo di rumahku mama yang kena maag mba, dan sampai gak puasa beberapa hari juga.. Apalagi udah berumur ya.. Penderita maag memang gak bisa sembarangan pilih makanan ya..

    BalasHapus
  20. Nah ini perlu dibaca suamiku karena dia penderita magh kronis. Ga boleh telat makan banget deh.

    BalasHapus
  21. Seneng deh sekarang udah banyak yang berinovasi dengan herbal utk kesehatan dan juga utk kecantikan. Sakit maag ini ada yg bilang sakit sejuta Umat, tapi bukan halangan utk puasa ternyata ya apalagi dg adanya H2 Zativa ini. Wah bagus nih kayaknya buat Mamaku di Garut :)

    BalasHapus
  22. Cocok nih dikonsumsi saat bulan puasa begini. Ibuku punya maag bisa kali ya konsumsi Zativa?

    BalasHapus
  23. Wah aku kadang kalau lemes banget, sakaw krn belum kena gula seharian langsung buka susu coklat dingin. Justru dingin gak boleh yaaaaaaaaa.. Iya kalau maag kudu menghindari makanan yg menimbulkan gas kyk kol gtu2.
    Ini poduknya baru ya mbak?

    BalasHapus
  24. Anakku nih mba, ada sakit maag...dan selalu minum obat maag saat puasa. Bolah juga nih rekomendasinya. Belum pernah minum obat selain yang biasa di minum, harus di coba nih H2 yang ini..

    BalasHapus
  25. sakit maag itu perih banget ya mbak? alhamdulillah sekarang ada solusi herbalnya ya. jadi ga berasa minum obat.

    BalasHapus
  26. selama ini kalau timbul maag yang dipermasalahkan biasanya ketika sahur..
    alhamdulillah, kalau memang diniatkan puasa, maag itu tidak berani datang. berbeda dengan terlambat makan, karena saum memang mengubah jadwal makan, bukan terlambat makan.. :))

    BalasHapus
  27. Mau cobain deh H2 Zativa ini, semoga setelah istiqomah konsumsi maag akut ku bisa mendingan ya :)

    BalasHapus
  28. Wah..aku ..juga pernah maag akut..gak melilit sih..tapi langsung mual muntah...duh sampai trauma..,

    Sekarang udah sembuh tapi kadang suka muncul kalau salah makan...


    Pengen deh nyobain H2 Zativa

    BalasHapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature