Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

iLOTTEHangout : Cooking Class Buat Takjil Sehat dalam 30 Menit

Rabu, Juni 06, 2018

Hayoo, siapa yang sering mengalami drama menyiapkan takjil di rumah? Nah saya tuh yang paling sering alami. Binggung mau makan apa saat berbuka puasa. Dan juga binggung juga mau masak apa. Jadi, pas dapat undangan untuk menghadiri iLOTTEHangout :  Cooking Class Buat Takjil Sehat dalam 30 Menit pada Rabu, 30 Mei 2018, saya pun tak melewatkan undangan ini.

Saya tiba sekitar pukul 15.30 WIB di kantor iLOTTE di kawasan Kuningan, Jakarta. Saat pertama datang, kami diminta untuk memilih beberapa kertas berbentuk lingkaran beraneka warna. Nah kertas berwarna itu dipilih secara acak dan menentukan posisi tempat duduk.

cara membuat makanan praktis
Teman satu tim berfoto bersama Putri Habibi

Saya kebetulan milih warna ungu yang pas dengan tunik yang saya gunakan. Di meja telah tersedia perlengkapan masak seperti telenan, sendok dan garpu hingga cetakan yang terbuat dari almunium foil. Ada beberapa bahan makanan yang disajikan yakni dua potong pisang, whipped cream, biskuit dan susu kental manis.

Pas tahu bahan-bahan itu, saya belum ada gambaran mau masak apa. Sekitar pukul 16.20 WIB, acara kemudian dibuka oleh MC, Andiyani Ahmad yang kebetulan juga berprofesi sebagai blogger. Sambutan awal disampaikan Dini, Marketing Communication Specialist iLotte.

“Di iLOTTE itu banyak produk yang dijual. Mulai dari perlengkapan ibu dan anak hingga kosmetik,” kata Dini kepada kami. Saya sebetulnya sudah sering mampir ke website iLotte dan selalu senang lihat produk-produk yang ditawarkan Ilotte.“iLOTTE ini konsepnya seperti mall tapi online,” kata Dini lagi.
 
cara membuat resep takjil
Suasana cooking class
Untuk proses pengiriman, iLotte bahkan menawarkan paket tiba hanya dalam waktu tiga jam saja setelah barang selesai di pesan. Namun tentu saja ada batas jarak pengiriman jika produk yang diinginkan cepat tiba.

iLOTTEHangout Cooking Class Takjil Sehat dalam 30 Menit 

Sejak pertama datang, saya sudah penasaran mau masak apa di cooking class. Dengan bahan-bahan makanan yang disediakan serta alat yang diberikan, saya belum tahu akan masak apa.  Sebelum masak, kami diperkenalkan oleh Putri Habibie. Sejak awal mendengar namanya, saya sudah menduga bahwa Putri Habibie ada hubungannya dengan Bacchruddin Jusuf Habibie, Mantan Presiden RI. Dan teryata tebakan saya benar. Putri Habibie yang memiliki nama lengkap Marini Putri Ayu ini adalah cucu Pak B.J. Habibie.

Sejak awal masuk ke ruangan, saya sudah merasakan aura keramahan dari dirinya. Ia pun tampak luwes saat berbagi cerita dengan para blogger. Putri Habibie ini telah memilikiki ketertarikan memasak sejak kecil. Mengutip dari Detik.com, ia telah belajar memasak sejak kelas 4 SD dan benar-benar bisa memasak ketika duduk di kelas  SD dan mencoba bisnis makanan ketika SMA.
 
takjil sehat untuk anak
Putri Habibie
Tahun 2014, ia mendirikan Lady Bake Cooking Class. Hingga kini, sudah ratusan perempuan maupun pria yang telah diajarkan masak olehnya. Mulai dari anak-anak hingga selebriti. Beberapa selebriti yang pernah mengikuti Lady Bake Cooking Class ini antara lain Raisa, Alice Norin, Nataszha Rizky Pradita hingga Ashanty. Menu makanan yang diajarkan relatif lebih simpel namun menyehatkan.

Jadi, pas tahu Putri Habibie akan mengajarkan menu takjil hanya dalam waktu 30 menit, saya pun penasaran untuk mengikutinya. Saya satu tim dengan Eni Martini dan Leyla Hana. Nah, menu masakan kami adalah Banoffe Pie. Dikutip dari Viva.co.id, makanan ini pertama kali dibuat oleh Ian Downing dan Nigel Mackenzie dari Restoran The Hungry Monk di Jevington. Makanan ini berkembang sejak tahun 1972 yang terinspirasi dari makanan penutup asal Amerika yang disebut Blum’s Coffie Toffie Pie.
 
takjil mudah dan murah
Bahan-bahan
Ini pertama kali saya mendengar menu masakan itu sehingga membuat saya penasaran dengan hasil jadinya. “Ibu-ibu, saya hanya sampaikan resepnya sekali ya. Nggak di ulang,” kata Putri Habibie sambil tersenyum ramah. Kami bertiga pun berbagi tugas dengan baik. Ada yang bagian menghancurkan biskuit, ada yang potong-potong pisang dan ada juga yang beberapa kali bertugas memotret. Hihiii ... Nah, di bawah ini saya lampirkan ya bahan dan cara membuatnya.

lagi serius masak
Resep Banoffe Pie

Bahan-bahan :
Biskuit
Pisang
Susu kental manis
whipped cream

Cara membuat :
Pertama-tama, biskuit dihancurkan. Biskuit-biskuit dimasukkan ke dalam kantong plastik kemudian dihancurkan kasar. Biskuit yang dihancurkan kasar ini agar bisa ada tektur biskuit saat digigit.

Pisang kemudian dipotong-potong sesuai selera. Bisa dipotong miring atau lurus. Lalu masukkan susu kental manis dan dicampur hingga rata.

Masukkan biskuit yang telah dihaluskan di almuniuum foil berukuran persegi. Setelah itu masukkan pisang yang telah tercampur susu kental manis, di atas biskuit. Kalau mau manis, bisa menambahkan lagi susu kental manis.

Setelah itu, hias dengan whipped cream sesuai keinginan. Bisa juga dengan oleskan whipped cream secara merata di atas adonan awal. Nah setelah rata, bisa juga kita hias dengan potongan biskuit. Setelah itu, masukkan di kulkas dan siap dinikmati bersama keluarga.

resep praktis dan mudah
Hasil jadi 
Setelah acara masak memasak selesai, kami pun bersiap untuk berbuka puasa. Saya memilih berbuka puasa dengan cara minum air putih, makan dan kemudian shalat magrib. Setelah makan, MC mengumumkan pengumuman pemenang instagram dan alhamdulillah nama saya pun keluar sebagai pemenang instagram berupa voucer belanja di iLotte.

Alhamdulillah menang voucher belanja untuk instagram terbaik
Voucher belanja itu kemudian saya gunakan untuk menggunakan produk Claris. Claris ini adalah perusahaan brand plastik Indonesia yang dinaungi PT Kirana Pacific Luas dan telah berdiri sejak tahun 1996 dan hingga kini terus berinovasi.

Saya senang dengan produk-produk Claris karena ada banyak pilihan mulai dari telenan, ember, sendok dan garpu hingga berbagai kebutuhan rumah. Warnanya pun sangat colorful

Oh ya, apakah teman-teman punya menu makanan berbuka puasa yang praktis? 

Pose dengan seluruh peserta






19 komentar on "iLOTTEHangout : Cooking Class Buat Takjil Sehat dalam 30 Menit "
  1. Aku juga baru tahu tentang Banoffe Pie ini. Bahan-bahannya gampang banget. Rasanya juga enak. Aku juga berpikiran mba Putri pasti ada hubungannya sama B.J Habibie

    BalasHapus
  2. Sebagai emak rempong, wajib punya menu cepet saji 30 menit gini.

    BalasHapus
  3. rezeki ummi solehah dapet voucher euy alhamdulilah langsung dibelanjain deh y ummi...btw resepnya gampil bahannya juga gampang didapet jadi mau coba bikin ah

    BalasHapus
  4. Gg ribet ya, Mbak? Bisa dicoba nih...tfs yah :)

    BalasHapus
  5. Nah kalau punya anak gadis malas ke dapur aka malas masak bisa jadi segera kenalkan kepada Putri Habibie. Siapa tahu bisa menukar kemampuannya

    Resepnya kekinian dan praktis pasti disukai anak zaman now

    BalasHapus
  6. Kayaknya simple dan menggugah selera banget ya Banoffe Pie ini, jadi pengen praktek deh, hihi. Nyummmm! Coz aku termasuk yang suka bingung mikirin menu berbuka, haha

    BalasHapus
  7. Menu sehat berbuka memang penting banget, karena perut seharian kosong.
    Alhamdulillah,Ramadhan kali aku bebas gorengan sebagai awal buka.
    Gorengan makannya setelah tarawih

    BalasHapus
  8. resepnya asyik-asyik bangeeet mba...jadi pengen nyobain deh!

    BalasHapus
  9. Asyik ya belajar membuat snack ga pakai baking, bahannya sederhana dan mudah dibuat.

    BalasHapus
  10. Jiah kakak udah dapat ilmu bikin tajil dapat hadiah ig competition pula. Swlamat ya sekali dayung 23 pulau terlampaui. Keren!

    BalasHapus
  11. Wah asyiiiik dpt resep baru. Nanti coba recook ah. Gampil banget ini buatnya. Dan bahannya anak2 suka lagi. Tinggal cari whipe cream. Cuuus..

    BalasHapus
  12. Oooo td kukira bakalan dipanggang atau dikukus ternyata cukup dimasukkan kulkas. Aku keinget ciskek2an yang sempet booming tahun kemarin, mirip2 kyk gtu cuma pakainya oreo hehe.

    BalasHapus
  13. Seru banget ya acaranya.. silaturrahmi sekaligus belajar masak bersama.. resepnya juga terlihat mudah, mau coba juga praktek dirumah ah

    BalasHapus
  14. Resepnya bener-bener simple ya. Aku pun selalu masak yg simple dan cepet apalagi kalo dikejar DL, ahaha

    BalasHapus
  15. Wah.b Al happy dong ya bisa belajar bikin kue bareng cucu Pak habibie yang keren ini 😊 Aku jg penasaran sama iLotte. Nyaman kayaknya belanja online gini. Pasti produk2nya lengkap 😘 aku mau coba ah resep pie nya buat buka puasa thanks.

    BalasHapus
  16. Enak banget ini Banofee Pienya. Tinggal 1 suapan lagi, habis deh simpanan di rumahku.

    BalasHapus
  17. enak kalau masak barengan mba. tiap ada coocking gini aku menang (pamer) tapi bukan berarti dipraktekin dirumah hahaha. soalnya klo coocking kan tim aku bagian cuma hmm yapp ini enak alias nyobain hahaha

    BalasHapus
  18. Uwaaaahhhh begitu doaaang?? Tanpa oven ya mba. Hahahaa aku seeeneeeng kalo nemu resep gampil beginiiii :D. Mau cobaaa :D

    BalasHapus
  19. Wew nambah lagi dong ya cemilan sehat buat Ayyas. Pas lagi ada whipped cream nih, jadi tinggal beli regalnya aja sama SKM.

    BalasHapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature