Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Persiapkan Warisan Terbaik melalui Produk Asuransi Berbasis Syariah

Kamis, Januari 18, 2018
Menjadi seorang muslimah yang baik, membuat saya menjadi lebih berhati-hati dalam memilih produk apapun. Hal yang paling sederhana adalah makanan. Saya menyeleksi makanan yang menurut saya halal utuk dikonsumsi saya dan keluarga.

Hal ini juga didukung oleh hadist yang berbunyi :
“Dari Abu Hurairah Radhiyallahu ‘anhu berkata : Rasulullah Shallallahu ‘alaihi wa sallam bersabda: “Sesungguhnya Allah baik, tidak menerima kecuali hal-hal yang baik, dan sesungguhnya Allah memerintahkan kepada orang-orang mu’min sebagaimana yang diperintahkan kepada para rasul, Allah berfirman : “Hai rasul-rasul, makanlah dari makanan yang baik-baik, dan kerjakanlah amal yang shalih. Sesungguhnya Aku Maha Mengetahui apa yang kamu kerjakan”. Dan firmanNya yang lain : “Hai orang-orang yang beriman, makanlah di antara rezki yang baik-baik yang Kami berikan kepadamu”. Kemudian beliau mencontohkan seorang laki-laki, dia telah menempuh perjalanan jauh, rambutnya kusut serta berdebu, ia menengadahkan kedua tangannya ke langit : “Ya Rabbi ! Ya Rabbi! Sedangkan ia memakan makanan yang haram, dan pakaiannya yang ia pakai dari harta yang haram, dan ia meminum dari minuman yang haram,dan dibesarkan dari hal-hal yang haram, bagaimana mungkin akan diterima do’anya” [Hadits Riwayat Muslim no. 1015]

Ilustrasi Asuransi. Sumber : Pixabay.com
Tak hanya makanan saja yang menjadi prioritas halal bagi saya. Tapi juga perlindungan jiwa. Bentuk perlindungan jiwa misalnya dengan memilih asuransi syariah. Memang penyerapan asuransi syariah di Indonesia masih cukup rendah.

Berdasarkan liputan Detik.com 29 April 2017 yang menyebutkan data Otoritas Jasa Keuangan (OJK) yang menyebutkan market share atau pangsa pasar yang masih rendah yakni 3,45% dari seluruh asuransi wajib dan asuransi sosial.

Jumlah aset asuransi syariah secara nasional mencapai Rp 34,3 triliun. Sedangkan untuk aset asuransi konvensional tercatat Rp 958,06 triliun. Kemudian untuk total aset gabungan mencapai Rp 992,34 triliun. Perbandingan yang cukup jauh kan?

Data lain pun menyebutkan bahwa penetrasi produk asuransi syariah masih terbatas. Hasil Survei Nasional Literasi dan Inklusi Keuangan tahun 2016 oleh Otoritas Jasa Keuangan (OJK) mencatat bahwa literasi asuransi syariah baru 2,5 persen.
 
Hitung dana asuransi. Sumber foto : pixabay.com
Artinya, dari 100 orang penduduk, yang sudah mengerti akan asuransi syariah hanya 2-3 orang. Minimnya pemahaman asuransi syariah di Indonesia tentunya menjadi tantangan tersendiri bagi pelaku industri asuransi di Indonesia. 

Tak heran, pasar asuransi syariah di Indonesia semakin di lirik oleh perusahaan-perusahaan asuransi. Salah satunya PT AXA Mandiri Financial Service (AXA Mandiri) yang meluncurkan produk terbarunya yakni Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah (MEP Syariah) pada 17 Januari 2017.

Sebenarnya, ini bukan produk asuransi pertama perlindungan bebasis syariah AXA Mandiri. Jadi, perlindungan berbasis syariah AXA Mandiri yang telah ada adalah Asuransi Mandiri Rencana Sejahtera Syariah Plus, Asuransi Mandiri Sejahtera Cerdas Syariah, Asuransi Mandiri Proteksi Kesehatan Syariah, dan lain-lain. Namun, dengan hadirnya Asuransi Mandiri Elite Plan tentu membawa angin segar dalam pertumbuhan asuransi syariah di Indonesia.

Peluncuran produk asuransi ini dilakukan di Rumah Maroko, Jalan Tasikmalaya No 4 Menteng, Jakarta Pusat. Acara diawali dengan tarian sufi yang dibawakan oleh dua orang penari. Tari sufi merupakan tarian yang dianggap juga bagian dari meditasi dan sangat erat kaitannya dengan ajaran sufistik Islam.

Setelah itu, acara dibuka oleh Bapak Edwin Dwijajanto, Director Distribution & Services PT Bank Syariah Mandiri. Dan dilanjutkan oleh sambutan dari President Director AXA Mandiri, Jean Philippe Vandenschrick.
 
Sambutan oleh President Director AXA Mandiri, Jean Philippe Vandenschrick. Sumber foto : April Hamsa
Hadirnya Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah ini tak lain merupakan bentuk komitmen AXA Mandiri dalam mewujudkan tujuan perusahaan yaitu Empower People to Live a Better Life.

 “Asuransi MEP Syariah juga dapat membantu masyarakat, khususnya keluarga muslim yang ingin rencanakan lebih hidupnya dengan cara mengelola risiko sesuai dengan prinsip-prinsip syariah,” ungkap President Director AXA Mandiri, Jean Philippe Vandenschrick.

Produk ini, ditujukan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat Indonesia dalam menghadapi risiko ketidakpastian hidup, sekaligus merencanakan masa depan yang lebih baik ini dikelola sesuai dengan syariat Islam, sehingga terbebas dari ketidakpastian (gharar), riba dan barang haram.

Bagi penduduk mayoritas beragama Islam, keberadaan asuransi syariah ini tentunya membawa angin segar sehingga membuat kehidupan menjadi lebih baik. Tak hanya satu perlindungan jiwa saja. Melainkan juga investasi jangka panjang untuk persiapan masa depan yang lebih baik.
 
Launching Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah
Acara kemudian dilanjutkan dengan launching Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah yang dilakukan oleh President Director PT AXA Mandiri Financial Service, Jean Philippe Vandenschrick;  bersama Director of In Branch Channel AXA Mandiri, Tisye Diah Retnojati,  Direktur Distribution and Services PT Bank Syariah Mandiri Edwin Dwidjajanto dan Executive Vice President Retail Deposit PT Bank Syariah Mandiri, Ivan Baruna.

Setelah itu, diskusi yang juga dihadiri artis Zee Zee Shahab. Zee Zee merasakan pentingnya manfaar asuransi syariah, khususnya untuk pendidikan anak. Dengan menggunakan Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah, dia merasakan tenang karena dikelola dengan bersih dan bebas dari gharar (ketidakpastian), riba dan barang-barang haram.
 
Talkshow Asurasi Mandiri Elite Plan Syariah. Sumber foto : April Hamsa
Dengan adanya asuransi berbasis syariah, dianggap dapat membantu memenuhi kebutuhan perlindungan masyarakat Indonesia. Dan juga mempersiapkan warisan terbaik untuk orang-orang tercinta

“Ini adalah komitmen nyata AXA untuk meningkatkan literasi dan inklusi keuangan terhadap produk dan jasa keuangan syariah di Indonesia,” ungkap Jean Phillipe lagi.

Lalu, apa saja keunggulan MEP Syariah?
Peserta Asuransi Syariah Beragam
Produk Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah ini dapat dimiliki oleh peserta mulai dari usia 15 hari hingga 70 tahun (usia masuk peserta) dengan minimum total kontribusi sebesar Rp 25 juta per tahun.

Memiliki Beragam Santunan
Asuransi ini menyediakan manfaat santunan asuransi dasar hingga 50 kali dari total kontribusi yang telah dibayarkan, jika peserta meninggal dunia. Selain itu, santunan asuransi tambahan juga akan diberikan apabila peserta meninggal dunia karena kecelakaan pada saat melakukan ibadah haji atau umrah. Ada juga perlindungan kecelakaan, kesehatan serta prima sejahtera plus syariah, yaitu santunan asuransi jika peserta didiagnosa dari 33 penyakit kritis yang mengacu pada ketentuan polis.

Adanya Fitur Khusus
Salah satu keunggulan Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah adalah fitur loyalty bonus, yaitu berupa tambahan unit investasi sebesar 10% dari total kontribusi tahun pertama yang diberikan kepada peserta di tahun ke-5 dan ke-6 sejak tanggal berlakunya polis dan sebesar 15% pada tahun polis ke 7 hingga ke 8.

Untuk memiliki Asuransi Mandiri Elite Plan Syariah juga mudah karena Bank Syariah Mandiri memiliki 765 kantor cabang di seluruh Indonesia. Jadi, jika ingin memperoleh informasi lebih lengkap, bisa langsung menghubungi Bank Syariah Mandiri di kota teman-teman ya.
                                                                                                                                                                                            
66 komentar on "Persiapkan Warisan Terbaik melalui Produk Asuransi Berbasis Syariah"
  1. Semoga masyarakat indonesia makin cerdas literasi keuangannya, salah satunya asuransi syariah, termasuk aku nih yang kurang melek keuangan, padahal penting menyiapkan masa depan keluarga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba. Harus benar2 melek keuangan :)

      Hapus
  2. saya sih setuju banget tentang investasi terbaik ini

    BalasHapus
  3. Perbedaan Asuransi Syari'ah dg Konven yang saya suka salah satunya karena ada sistem Tabaru. Cash flownya berbeda dan tidak berbasis bunga melainkan nisbah.

    Insya Allah berkah yaaa :)

    BalasHapus
  4. Wah...AXA Mandiri ini keren bgtt ya...asuransi syariah membuat hidup menjadi berkah. Setuju banget dengan masalah halal. Kalau semua kita lakukan dengan halal maka hidup kita akan tenang dan berkah...Amin.
    Semoga dengan peluncuran Ada Mandiri Elite Plan Syariah ini banyak masyarakat yg peduli akan asuransi yg berbasis Syariah ini.

    BalasHapus
  5. Asuransi biasa aman dunia, asuransi syariah aman dunia akhirat ya mi..

    BalasHapus
  6. Saya jua sudah menyiapkan warisan buat Naqib, biar Naqib tetep bisa sekolah biarpun misalnya terjadi sesuatu hal yg nggak diinginkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Sekalian par Ayyas boleh lai

      Hapus
  7. Semakin ke sini banyak yang menggunakan sistem syariah, lebih halal tentunya ya mba Lida.
    Makasih ya mba udah sharing soal warisan terbaik.

    BalasHapus
  8. Aku lagi nyari-nyari asuransi nih mba, liat post mba yang ini jadi melipir kesini. Karena memang setau aku asuransi kebanyakan yang konven, jadi suka ragu apa baik atau enggak tapi dilain pihak penting juga buat asuransi. Thank ya mba.. bisa jadi bahan referensi aku ini ^^

    BalasHapus
  9. aku malah belum sempat memikirkan masalah yang satu ini nih mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga terbnatu dengan info ini ya mba :)

      Hapus
  10. Sebagai seorang muslim saya nggak ragu bikin asuransi nih. Semuanya jelas dan sesuai syariah, jadi nggak akan ragu adanya riba atau ketidakpastian

    BalasHapus
  11. Saya sudah bikin asuransi pendidikan buat anak tapi yg non syariah. Was was juga sih sebenarnya takut ada unsur yg ga diperbolehkan.

    Andai udah ada dari dulu asuransi syariah mandiri ini, huhu

    BalasHapus
  12. Masyarakat jadi punya lebih banyak pilihan buat berasuransi ya mba.. Dan asuransi syariah kayak gini bisa bikin hidup lebih tenang juga.. :) Proses bikinnya gampang ya mba Al? Kita tinggal ke BSM aja berarti ya.. Premi perbulannya terjangkaukah?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada beberapa pilihan untuk premi bulanannya mba :)

      Hapus
  13. Kalau dulu mikir berkali-kali jika ingin berasuransi. Sekarang sudah ada asuransi Syariah jadi ga perlu takut lagi ya.

    BalasHapus
  14. Ternyata santunan dr asuransi ini diberikan juga untuk peserta yang meninggal dan kecelakaan saat menjalani ibadah haji maupun umroh. Tenang ya hati kita jika menggunakan asuransi syariah se0erti ini..mb Alida 😊

    BalasHapus
  15. Aku belum kefikiran untuk asuransi, mungkin nanti kalau anak-anak udah gede :D

    BalasHapus
  16. jaman sekarang kebutuhan muslim bukan cuma soal tersedianya bank dengan sistem syariah tapi juga sudah merambah ke asuransi ya..

    BalasHapus
  17. Semoga pada prakteknya memang berjalan sesuai syariah ya mba supaya berikan rasa aman bagi umat muslim yg ingin berasuransi.

    BalasHapus
  18. Asuransi ini memang menenangkan...karena kita bisa saving sekaligus dapat banyak benefits yang ditawarkan.
    Tapi keluargaku belum ada tanda-tanda ingin ikut asuransi, mba...

    ((jiaa...malah tjurcol..))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa pilihan masing-masing keluarga ya mba :)

      Hapus
  19. Keren ya Bank Syariah Mandiri. Dan yes program syariah gini aman dunia akherat :)

    BalasHapus
  20. Halal itu yg utama ya, Mbak. Menenangkan jiwa dalam urusan apapun. Termasuk investasi di asuransi ini.

    BalasHapus
  21. Makasih infonya Mbk tercerahkan sekali soal asuransi. Memang dipeukan asuransi syariah ya. Semoga makin banyak muslimah tersadarkan pentingnya memilih asuransi syariah.

    BalasHapus
  22. Sumiku pun pake asuransi syariah buat pendidikan anak2 dan asuransi jiwa. bentuk ikhtiar sebagai manusia 😄

    BalasHapus
  23. sekarang senang deh karena semakin banyak produk berbasis syariah. itu artinya masyarakat semakin sadar untuk mengurangi penggunaan yang berbasis riba. jadi aku mendukung semua produk yang berbasis syariah ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah iyaa. Iya memang harus dilakukan pengurangan berbasis riba ya mba

      Hapus
  24. Alhamdulillah makin banyak asuransi yang berbasis syariah. Jadi ga ragu deh kalau mau beli asuransi. Buat jaga-jaga, biar lebih tenang juga hidupnya.

    BalasHapus
  25. Aku juga sekarang lebih hati hati dlm memilih produk perbankan. Ngeri euy dgn ribanya itu. Aku memang lebih sreg dg perbankan syariah sih. Minimal lebih bikin tenanglah.

    BalasHapus
  26. Wah, asuransi jiwa ada halal dan tidak nya juga ya mba? Apa mungkin sudah syariah ya mba.. jadi tertarik untuk tau banyak asuransi ini

    BalasHapus
  27. Yang paling membedakannya ini, adanya santunan untuk orang2 yg meninggal saat haji maupun umrah ya. Dengan berbasis syari-ah, insya Allah memang sesuai dg yg diingatkan umat muslim.

    BalasHapus
  28. Halal dalam segala aspek kehidupan. Saya ingin menjalani ini Mba. Makanya mau bealih dari asuransi konvensional ke syariah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada satu langkah yang harus dilewati ya mba :)

      Hapus
  29. Jika ada yang bikin kita nyaman dunia akhirat mendingan gunakan asuransi syariah ya Mba :)

    BalasHapus
  30. Lebih tenang ketika investasi kita dikelola di perusahaan yang sesuai syariat. Bisa pilih juga mau investasi di mana dengan unit link dari AXA Mandiri

    BalasHapus
  31. Yang penting bebas riba dan hati tenang ya mbak.

    BalasHapus
  32. aku agak merinding kalau membahas soal warisan, tapi itu kan keniscyaan ya mba,dan ini membuka mata banget, harus di persiapkan dari sekarang..

    BalasHapus
  33. Bener banget, edukasi perihal asuransi masih minim dan perlu dikembangkan lagi untuk digarap oleh perusahaan asuransi yg berpengalaman pastinya. So, adanya MEP ini semoga bisa jadi pilihan ya mbak dalam berasuransi syariah dengan tenang dan salah satu cara menghindari riba.

    BalasHapus
  34. Boleh nih coba investasi di sini. Makasih infonya mbak

    BalasHapus
  35. Produk asuransi syariah ini jawaban utk keraguan umat muslim atas asuransi. Kalau di Indonesia asuransi blm banyak peminat, soalnya selama ini dikira mengundi2 hidup gtu. Alhamdulillah moga edukasi2 ttg literasi keuangan kyk asuransi syariah ini makin banyak jd org gk ragu lagi makai TFS

    BalasHapus
  36. Wah baru tau mba kalo ada ya asuransi yg syariah hehe. Soalnya sampai saat ini belum berani ikutan asuransi

    BalasHapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature