Jumat, Juni 16, 2017

Menjalin Kebersamaan dengan Anak di Bulan Ramadan

Selama bulan Ramadan tahun ini, saya selalu berbuka puasa bersama keluarga. Apalagi Ayyas hingga kini semangat belajar puasa hingga magrib sehingga tak tega rasanya jika saya tak berbuka puasa tanpa Ayyas. Ini tahun kedua Ayyas berpuasa hingga magrib. Tahun lalu, ia berpuasa penuh hingga magrib dan hanya bolong 3 hari karena sakit. Pertama kali Ayyas puasa adalah saat TK B yakni puasa hingga dzuhur. Dan alhamdulillah selama ini dia tak pernah merengek ataupun ‘drama’ saat berpuasa. Semuanya berjalan dengan mudah dan lancar. Alhamdulillah.

Sebagai bukti dukungan karena ia mampu berpuasa hingga magrib, saya selalu mendampinginya saat berbuka puasa. Nah, sambil menunggu waktu berbuka puasa, kami melakukan kegiatan bersama-sama. Mulai dari nonton film bersama-sama atau memasak-masakan ringan bersama-sama. Cara-cara itu yang dapat membantunya untuk menghabiskan waktu. Jadi tanpa dia sadari, tak lama kemudian sudah waktunya untuk berbuka puasa.
 
Hiasan Choco Pie oleh Chef

Rabu, Juni 14, 2017

5 Tips Mudik Selamat, Aman dan Nyaman Menggunakan Transportasi Udara

Seberapa sering menggunakan transportasi udara untuk mudik? Dulu, saya hampir selalu mudik lebaran menggunakan transportasi udara. Misalnya mudik lebaran ke Ambon saat Mama dan Papa saya masih tinggal di Ambon. Menggunakan transportasi udara lebih menghemat waktu dibandingkan transportasi laut yang menghabiskan waktu hingga 4 hari 3 malam.  

Setelah Mama saya pindah kerja ke Surabaya, mudik kemudian berpindah ke Surabaya. Papa saya yang masih bekerja di luar kota pun mudik lebaran ke Surabaya. Jarak tempuh pesawat hanya 1,5 jam dari Jakarta ke Surabaya. Kini, saya lebih banyak mudik lebaran di rumah mertua di Kudus, Jawa Tengah. Setelah lebaran, biasanya saya ke Surabaya untuk nyekar ke makam Mama. Selama menggunakan pesawat terbang, ada beberapa hal yang saya lakukan agar mudik berjalan aman dan lancar. Saya selalu berharap agar perjalanan yang saya lakukan bisa sehat dan selamat sampai di tujuan. Bahkan, saya juga bergabung menjadi #SobatAviasi yang dibentuk oleh Direktorat Jenderal Perhubungan dan selalu ada informasi agar perjalanan udara berjalan lancar. Yuk, simak apa saja yang saya lakukan …  
 
Kondisi bandara saat saya tiba di Surabaya