Sabtu, Mei 20, 2017

Yuk, Pastikan Asupan Sayur dan Buah Tercukupi untuk Keluarga

“Siapa yang di ruangan ini yang tadi sarapan sayur?,”. Pertanyaan sederhana itu dilontarkan MC (master ceremony) acara ngobras (ngobrol bareng sahabat) dengan tema “Ibu Cerdas, Pastikan Asupan Sayur dan Buah Terpenuhi untuk Keluarga” yang diadakan oleh PT Kalbe Farma Tbk pada hari Sabtu, 6 Mei 2016. Namun dari sekitar 25 peserta yang hadir, teryata hanya sedikit sekali yang sarapan sayur. Termasuk saya yang tadi pagi hanya sarapan nasi dengan lauk kikil dan tahu tempe. Tak ada sayuran sama sekali. Setelah pertanyaan itu terlontar, MC kemudian langsung memanggil tiga narasumber yakni dr Rida Noor Sp.GK (dokter gizi), Adelia Pramasita (Brand Manager Juice Kategory PT Kalbe Farma Tbk) dan Sakri Sab’atmaja, SKM, Msi, Kasubdit Advokasi dan Kemitraan Kementerian Kesehatan RI untuk berbagi informasi.

                                   Ketiga narasumber (kiri-kanan) Adelia Pramasita (Brand Manager Juice),
                              dr Rida Noor Sp (dokter gizi) dan Sakri Sab'atmaja (Kementerian Kesehatan)

Jumat, Mei 19, 2017

Konsumsi Nutri Sendi untuk Nyeri Sendi

Punya hobi olahraga tapi terhambat faktor kesehatan? Mungkin terdengar aneh. Tapi itulah yang terjadi pada salah satu teman saya. Kebetulan kami dulu berada di kantor yang sama. Teman saya itu hobi banget olahraga badminton. Setiap pulang kerja, dia selalu olahraga badminton. Pas libur kerja, pagi hari pun menyempatkan diri untuk badminton. Bahkan di kantor, ia berinisiatif untuk mengajak rekan sekantor mendirikan club badminton. Tujuannya satu, biar olahraga badminton ini semakin banyak yang digemari. Dia mengakui, karena rajin olahraga, badannya menjadi lebih sehat dan bugar. Sebetulnya saya sudah beberapa kali diajak gabung ke klub badminton itu, tapi entah kenapa saya nggak terlalu minat. “Masih muda itu harus banyak olahraga. Jangan malas,” katanya kepada saya. Baiklah, omongan itu benar. Tapi entah kenapa saya kurang sreg karena tangan selalu pegal setiap kali badminton. Mungkin karena tak terbiasa. 

Nah beberapa bulan lalu kami reuni bersama teman-teman yang lain. Pas acara kumpul-kumpul itu saya pun bertanya tentang kebiasannya olahraga badminton. “Lagi berhenti bentar, Lid,” katanya. “Loh, kenapa?,” kata saya. Setelah saya tanya begitu, dia mulai cerita bahwa dia mengalami nyeri sendi. Katanya ada penipisan tulang rawan sendi (osteoarthritis) di lutut kakinya itu. “Kata dokter, ada pengapuran,” ujarnya.  Nah pada saat gerakan melompat itu, tumit kakinya sering nyeri sendi tak tertahankan. “Mungkin kurang pemanasan,?” kata saya kepo lagi. “Nggak. Aku ya pasti pemanasan dulu lah,” katanya. Iya bener juga sih. Obrolan kami kemudian beralih pada obrolan tentang nyeri sendi hingga konsumsi obat untuk membantu mengobati nyeri dan radang sendi. Dari hasil obrolan dan searching ke website solusisendi.com, nyeri sendi adalah rasa sakit pada bagian tubuh yang menghubungkan tulang dengan tulang. Nah, nyeri sendi ini bisa berlangsung singkat atau lama dan tingkat keparahannya juga bervariasi. Beberapa penyebab nyeri sendi adalah  :


Viostin DS