Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

CBN Digital Nation Menyongsong Masa Depan Digital Indonesia

Minggu, November 05, 2017
Hidup saya lekat dengan dunia internet. Saya hampir selalu menggunakan internet dalam segalaa aktifitas. Mulai dari urusan pekerjaan, keluarga atau sekedar me time. Bekerja sebagai jurnalis dan blogger membuat saya tak bisa terlepas dari internet. Internet merupakan penghubung bagi saya dengan banyak orang untuk menyelesaikan berbagai kegiatan dan aktifitas. Saya tak perlu lagi memikirkan perbedaan jarak karena semuanya menjadi dekat dengan adanya internet. Sebagai jurnalis yang bertugas menjadi koordinator liputan daerah membuat saya selalu berkoordinasi dengan tim lapangan menggunakan internet.

Mulai dari mengirimkan naskah berita melalui email, seringkali mengirimkan video dan foto melalui whatsapp grup hingga berkomunikasi menggunakan internet. Berkat internet pula saya saat bertugas bisa mendapatkan visual peristiwa hanya dalam hitungan menit. Misalnya saat kejadian tanah longsor, tim lapangan langsung mengirimkan visual kejadian saat itu juga. Visual itu kemudian diolah untuk ditayangkan di program televisi.
 
Kehidupan digital 
Berkat internet, saya juga mampu menyelesaikan tugas ngeblog sesuai deadline. Jadi, tak hanya menjadi jurnalis saja yang selalu dikejar-kejar deadline. Jadi blogger pun demikian. Deadline-deadline tulisan di blog ini akan terlaksana dengan baik jika jaringan internet tak lancar. Bayangkan, kalau deadline tak ditepati job pun bisa melayang. Saya sih ogah banget kalau ada kejadian seperti ini.

Mmh .. tak hanya urusan pekerjaan saja yang terbantu karena internet. Urusan keluarga pun jadi terbantu dengan adanya grup keluarga online yang memudahkan memberi kabar kepada anggota keluarga lain yang di luar kota. Apalagi saya yang keluarga sebagian besar di luar Jakarta tetap bisa bersilaturahmi dengan keluarga besar melalui grup whatsapp keluarga. Saat ada kabar anggota keluarga yang sakit, informasi pun dengan cepat tersebar di whatsapp grup dan doa-doa serta bantuan pun mengalir kepada anggota keluarga yang sakit.

Hidup di dunia serba digital memang memudahkan. Namun kemudahan itu haruslah didukung dengan literasi digital yang merata di seluruh Indonesia. Jika tidak, bagaimana masyarakat bisa dengan mudah mengakses internet untuk menunjang aktivitas sehari-hari?

Sumber : swa.co.id
Sabtu, 28 Oktober 2017 saya mendapat informasi CBN mengelar acara bertajuk ‘CBN Digital Nation’ yang merupakan rangkaian kegiatan kampanye CBN untuk mendukung literasi digital di Indonesia. PT Cyberindo Aditama (CBN) adalah pionir perusahaan penyedia Internet (Internet Service Provider) di Indonesia yang telah hadir sejak 1995. Pada tahun 2008, CBN mendapatkan lisensi NAP (Network Access Provider) yang memberikan perusahaan keleluasaan untuk mengembangkan infrastruktur dan telah hadir di berbagai kota di Indonesia.

Walaupun acaranya dilaksanakan di 23 Paskal Shoping Center Bandung, meriahnya acara terasa hingga di Jakarta. Kegiatan itu merupakan kegiatan awal (kick off) dari semangat baru agar menuju era digital.

Pelaksanaan kick off CBN sangat menarik minat masyarakat kota Bandung dan sekitarnya. Hal ini tentu tak lepas dari beragamnya kegiatan yang dilakukan selama acara. Mulai dari kompetisi vlog dan fotografi berhadiah senilai Rp 5 juta hingga berkumpulnya anime dan gamers.

Mengapa harus di Bandung? President Director CBN, Budi Sumarsono mengatakan bahwa Bandung selama ini telah berhasil menerapkan smart city dalam pengelolaan kota. 
Pemerintah Kota Bandung kini telah memiliki 394 aplikasi Smart City yang dibangun sejak tahun 2014. 

“Salah satunya telah membuat lebih dari 400 aplikasi yang telah diimplementasikan,” katanya. Dukungan CBN yang diberikan adalah akses internet super cepat, cloud services, serta solusi lainnya yang bisa mendukung kemajuan kota Bandung mengaplikasikan smart city. CBN telah memiliki target untuk dapat memenuhi 150 ribu homepass.

“Penggunaan teknologi digital di Indonesia meningkat pesat dan akan semakin berkembang ke depannya. CBN sebagai salah satu pelopor perusahaan Internet Service Provider telah meningkatkan kapasitas menjadi Digital Service Provider agar bisa memberikan layanan yang lebih sesuai dengan kebutuhan masyarakat.” ujar Dani Sumarsono, President Director CBN.

CBN adalah perusahaan TIK terdepan di Indonesia yang menawarkan layanan Internet andal, Data Center, Cloud Computing, dan TV interaktif. CBN memiliki ribuan kilometer infrastruktur jaringan fiber optik dan terus bertumbuh sejak 1996.

Penasaran apa layanan unggulan yang ditawarkan CBN Digital yakni :
  • CBN Fiber : Koneksi internet super cepat up to 1Gbps dengan teknologi fiber optic, yang 300x lebih cepat dari rata-rata penggunaan internet di Indonesia selama tahun 2015.
  • Dens TV : Digital entertainment IPTV interaktif yang menghadirkan konten High Definition TV premium, e-education, blockbuster video on demand, dan fitur e-commerce. Dens TV dapat diakses melalui website, mobile application IOS dan android serta interactive smartbox terbaru. Nah, Dens TV ini dapat diakses dengan klik  https://play.google.com/store/apps/details?id=tv.dens.mobileapp. 
  • CBN apps : Virtual customer service yang dapat diakses melalui aplikasi IOS & Android untuk  mempermudah pelanggan memperoleh info layanannya. Calon pelanggan CBN juga bisa mengakses di CBN apps untuk mendapatkan informasi online untuk jangkauan area, pendaftaran berlangganan, CBN WiFi dan promosi-promosi terbaru dari CBN.

Tampilan Dens TV
Oh ya, jangan lupa untuk mengikuti juga blog competition dengan tema The Breathrough for Indonesian Digital Future karena berhadiah Notebook Lenovo bagi pemenang utama dan dua pemenang favorit berhal mendapat voucher sebesar Rp 1 juta dari JD.ID. Ditunggu hingga 28 November ya teman-teman ... 




63 komentar on "CBN Digital Nation Menyongsong Masa Depan Digital Indonesia "
  1. wah penting nih ya, mba. Buat emak2 yg ngga bisa lepas dari internet. Seperti kamu, aku dan juga yang lainnyaaaa...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Semuanya serba internet ya mba. Hehhee

      Hapus
  2. Keren ya CBN bisa mendukung sedemikian jauh untuk literasi digital

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget. Keren dan diharapkan merata banget ke berbagai daerah :)

      Hapus
  3. makasih sharingnya, memang hebring ya

    BalasHapus
  4. Internet sudah jadi kebutuhan sehari-hari yah, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Rani karena terhubung dengan orang lain yang jauh ya mba

      Hapus
  5. Ibu rumah tangga biasa seperti saya pun membutuhkan internet untuk informasi seputar perkembangan anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener banget mba. Semuanya bisa dilakukan jika untuk keluarga ya mba :)

      Hapus
  6. Digital berkembangnya memang sangat pesat ya mbak, mau tidak mau kta harus mengikuti perubahan jangan sampai tertinggal. Btw aku suka dengan tampilan blog barunya lebih fresh. :)

    BalasHapus
  7. Asik banget ya Bandung telah didukung hal seperti ini, konon Jakarta juga sdg persiapan, hmm Bogor semoga menyusul juga :)

    BalasHapus
  8. Internet sekarang ini sudah menjadi kebutuhan.
    Sehari aja nggak ada internet serasa ada yang kurang haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah aku pun kadang merasa begitu ya mba Liany.

      Hapus
  9. Sekarang itu yg penting koneksi ya mbak. Buat blogger, kacau deh kalau internet down meski cuma sebentar. Baguslah ada provider yang mendukung kemajuan jenis2 pekerjaan jaman sekarang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita butuh ya mba provider yang mendukung usaha kita menjadi blogger yang berkualitas ya mba :)

      Hapus
  10. Bermanfaat banget nih. Tanpa kualitas internet yg mumpuni kerjaan bisa berantakan dan kadang bisa bikin mati gaya 😄. Thanks infonya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Inge. Tapi kita ya harus bijak menggunakan internet untuk kehidupan ya

      Hapus
  11. Mantap nih ada lomba blognya juga. Coba baca-baca S&Knya dulu deh. Kali aja sempat digarap.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk yuk mba kita ikutan lombanya yaaa

      Hapus
  12. wah saya baru tahu CBN itu dari postingan Kak Alida. Soalnya di Aceh enggak ada penyedia layanan internet lain selain Telkom. heheheh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, semoga CBN akan makin banyak di berbagai daerah di Indonesia ya mba

      Hapus
  13. semua lini kehidupan butuh internet, memang perkembangan zaman tidak bisa di bendung ya, dan kita musti menyesuaikan dengannya

    BalasHapus
  14. Saat ini rasanya tak mungkin deh lepas dari internet. Banyak perkerjaan yang dimudahkan oleh internet. Sudah seperti sebuah kebutuhan deh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skarang memasuki era digital ya mba Nur

      Hapus
  15. Makasih info lombanya mbak, kece ah hadiahnya

    BalasHapus
  16. Jujur saya belum pernah dengar CBN, Tapi kelihatannya jika CBN adalah provider internet yang mendapatkan lisensi NAP (Network Access Provider) tentu akan menjadi angin segar bagi pengguna internet di Indonesia

    BalasHapus
  17. Oooh Bandung itu smart city dlm pengelolaan tata kota ya. Cocok berarti kick off CBN di Bandung 😊 Ini cocok buat kita yg aktif menggunakan internet. Kapasitasnya juga gede loh. Mantap deh berseliweran di dumay dan pekerjaan.

    BalasHapus
  18. Oh Internet menjadi sahabat emak2 jaman now yang ga bisa dilepaskan ya.
    Acaranya keren banget ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Nchie. Keren dan meriah banget ya mbaa

      Hapus
  19. Perkembangan digital semakin cepat dan itu membuat kita harus tahu Dan jgn sampai gaptek ya mba,,. Terus belajar memanfaatkan ke arah yg positif

    BalasHapus
  20. Semoga di Citayam nanti ada CBN juga deh biar jadi smart city. Pengen langganan internet yg lancar tapi murah hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener mba Leyla
      Kita jadi mudah ngeblog ya mba

      Hapus
  21. Semua makin dipermudah ya dengan adanya internet. Dan semakin banyak provider2 yg mendukung kelancaran komunikasi era digital ini. Duh ntar jaman anak2 dah seperti apa ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pasti semuanya semakin lancar ya mba Ade. Tapi kita sebagai orangtua ya harus mengarahkan dengan baik

      Hapus
  22. sejak semakin banyak penguna digital, perlu banget akses internet yang kencen jadi mempermudah aktivitas. Dengan adanya CBN, masyarakat bisa memilih yang terbaik untuk mereka

    BalasHapus
  23. Woooo ada lombanya. Moga gak kelewat DL-nya hahaha. Tengkyu infonya. Lumayan koleksi notebook (kyk bakal menang aja hahaha) :P

    BalasHapus
  24. Kontribusi nyata dan telah terbukti dari CBN yess mba..

    BalasHapus
  25. Memang ya internet itu seperti "makanan" sehari-hari. Kalau habis kuota bisa kelaparan kitanya. Semoga menang mba ikut lombanya.

    BalasHapus
  26. Kayaknya aku pun gak bisa hidup sehari tanpa internet.. hehe.. Hadiah lombanya bikin mupeng juga itu mbaa.. :D

    BalasHapus
  27. Nungguin di Depok rumahku fiber gak masuk-masuk ndut ndutan inetnya kadang bikin esmoso apalagi klo pengen buru buri hihi. Semoga bisa aku rasakn manfaatnya nih

    BalasHapus
  28. Inet aku butuh kamu apalagi dirumahku susah banget. Gak dilewatin si fiber. Hei cbn kamu mampir ke rumahku ya

    BalasHapus
  29. Semoga nanti sampai Kalimantan. Mau membuktikan sendiri, soalnya disini jaringan sering ngajakin berantem :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa sabar ya mbaa. Aamin. Moga mampir ke Kalimantan dan lancar main internet ya mbaa :)

      Hapus
  30. Waaah ini, aku sering kalo signal buruk suka males nulis. Untuk uload foto aja ,mesti nenangga , nebeng ke adik, wkwkw.
    semoga segera ada di seputar Bojong yaa

    BalasHapus
  31. Internet is always on in our life. Haha, pokoknya kaya gak "hidup" ya mba kalau gak ada internet. Terutama di zaman digital kaya sekarang. Oya, ini lomba ya, masih lama nih deadlinenya... Sukses mba al manis :)

    BalasHapus
  32. Ternyata lengkap banget ya CBN ini ya

    BalasHapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature