Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Tetap Nyaman Bepergian Jauh Menggunakan Kereta Api dengan Tips Ini

Selasa, September 19, 2017

Akhir-akhir ini, kereta api menjadi pilihan akomodasi yang paling banyak digunakan saat bepergian, baik jarak dekat, menengah, maupun jauh. Transportasi darat ini juga menjadi pilihan yang pas baik untuk keperluan perjalanan bisnis maupun wisata. Saya saat berkunjung ke Banyumas, Jawa Tengah juga memilih menggunakan kereta api bersama keluarga. N 

Kelebihan Menggunakan Kereta Api
Ada banyak hal yang menjadi faktor semakin larisnya rangkaian gerbong bermesin ini. Salah satunya dari segi biaya yang lebih terjangkau dan sesuai. Untuk perjalanan menengah dan jauh, harga tiket pesawat masih relatif susah untuk dijangkau masyarakat luas. Sementara itu, harga tiket kereta api lebih ramah di kantong. Fasilitas yang diberikan pun kini jauh lebih baik dibandingkan beberapa tahun yang lalu. Kini, penumpang kereta bisa menikmati perjalanan dengan lebih nyaman. Kelas ekonomi pun telah dilengkapi dengan AC, sehingga tidak ada lagi cerita penumpang berkeringat lantaran kepanasan. 
Sumber foto : solo.tribunnews.com

Kejadian mabuk kendaraan menggunakan kereta pun lebih sedikit dibandingkan pesawat, kapal feri, bus, atau transportasi lainnya. Sekalipun hal tersebut terjadi, penumpang bisa menghilangkannya dengan tidur nyaman atau memesan teh hangat kepada pramusaji yang siap melayani. Bila ingin mengisi perut dengan makanan berat pun, penumpang dapat membeli kepada pramusaji yang selalu berkeliling atau datang ke gerbong makan.

Tentu saja, bagi penumpang yang melakukan perjalanan jauh, menggunakan kereta api tentu akan memakan waktu yang lebih lama dibandingkan pesawat. Contohnya, bila penerbangan Jakarta-Surabaya naik pesawat hanya 1 jam tapi naik kereta membutuhkan waktu hingga 12 jam. Lama kan? Tapi tetap saja menyenangkan.

Durasi tersebut memang bukan durasi yang singkat. Terutama bagi penumpang yang cenderung aktif melakukan sesuatu, menghabiskan waktu seharian di atas mesin bergerak tentu bisa menjadi hal yang sangat membosankan. Akan tetapi, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk membunuh rasa bosan ini. Nah, jika Anda termasuk orang-orang yang akan melakukan perjalanan jauh menggunakan kereta, simak beberapa tips berikut. Selain menyegarkan pikiran yang suntuk, pegal-pegal di badan lantaran terlalu banayak duduk juga dapat diminimalisasi.

Pilih kursi yang nyaman
Kenyamanan tentu dimulai dari pilihan kursi. Semakin awal melakukan reservasi, semakin besar kesempatan dapat memilih kursi yang nyaman sesuai keinginan. Jadi ya tidak perlu datang langsung ke stasiun dan mengantre untuk memesan tiket. PT. KAI memberikan fasilitas kepada calon penumpang untuk melakukan reservasi secara online di situs resmi PT. KAI atau perusahaan penjualan tiket online resmi seperti Traveloka. Saat memilih kursi pun, jangan sembarangan. Perhatikan hal-hal berikut ini agar kursi pilihan nyaman sesuai harapan.

Kursi kereta yang nyaman. Sumber : ikon.transport.biz
·     Agar tidak terganggu suara bising, hindari memilih gerbong yang berdekatan dengan lokomotif dan ruang makan.
·       Pilih kursi di bagian tengah gerbong untuk meminimalisasi getaran selama perjalanan.
·      Perhatikan ruang gerak untuk kaki. Umumnya, kelas ekonomi memang memiliki ruang gerak yang terbatas karena duduknya yang berhadap-hadapan. Jika menaiki kelas bisnis dan eksekutif, sebaiknya hindari kursi yang menghadap ke bordes (ruang antargerbong tempat naik dan turunnya penumpang).
·    Bila ingin dekat dengan steker untuk memudahkan mengisi baterai pada ponsel atau perangkat elektronik, pilih kursi dekat jendela. Namun, bila ingin lebih leluasa untuk melakukan mobilitas, pilih kursi yang dekat koridor.

Ketika melakukan pemesanan tiket kereta api di Traveloka, kita bisa melihat denah kursi dari kereta yang dipilih. Jadi, tidak perlu khawatir dengan sebatas mengira-ngira denah kursi, mengingat setiap kereta dan rute memiliki denah yang berbeda. Selain itu, dapat juga melihat jadwal kereta untuk liburan  yang masih banyak pilihan kursi kosongnya.

Pastikan gadget dalam keadaan baterai penuh
Tidak bisa dimungkiri, tentu akan memerlukan setidaknya ponsel atau tablet untuk berkomunikasi atau sekadar menghilangkan kebosanan. Untuk hal yang terakhir ini, memang bisa mengakalinya melalui obrolan dengan penumpang di sebelah. Akan tetapi, percakapan tentu tidak akan bertahan selama berjam-jam tanpa henti, bukan?

Sumber : jalantikus.com
Siapkan camilan atau makanan favorit
Saya selalu membawa makanan ringan. Walaupun di kereta api menyediakan makanan ringan dan berat di kereta api harga yang ditawarkan memang cenderung sedikit lebih mahal dibandingkan harga yang ada di pasaran. Ditambah lagi, boleh jadi selera yang berbeda dengan menu yang disediakan. Untuk mengantisipasi hal ini, persiapkan camilan atau makanan berat favorit sebelum berangkat.

Berjalan-jalan di gerbong
Duduk selama berjam-jam tentu akan membuat badan  pegal—punggung dan pinggang yang kaku, pinggul yang capai menahan beban tubuh, hingga kaki yang terasa kebas. Karena itu, cobalah untuk berjalan-jalan dari satu gerbong ke gerbong lainnya. Selain melemaskan otot-otot yang lelah, siapa tahu akan menemukan hal-hal baru dan menyenangkan lainnya?

Lakukan gerakan ringan di kursi atau bordes
Jika aktif bergerak dan melakukan olahraga ringan, lakukan hal ini di bordes saat tidak ada orang sehingga tidak mengganggu. Ruang yang terbatas dapat Anda manfaatkan untuk melakukan peregangan sederhana seperti olahraga kaki. Di kursi pun,  juga bisa melakukan kegiatan kecil seperti pelemasan untuk kepala, pundak, bahu, dan punggung. Akan tetapi, pastikan ada cukup ruang untuk melakukannya sehinga penumpang di sekitar tidak merasa terganggu.

Bawa barang kegemaran atau pekerjaan yang bisa dilakukan
Beberapa orang yang tidak ingin kehilangan waktu produktivitasnya tentu akan sangat kesal saat menghabiskan berjam-jam tanpa menghasilkan sesuatu. Jika teman adalah salah satu di antara golongan ini, persiapkan hal-hal yang mungkin Anda lakukan di dalam perjalanan. Seperti contoh, bila seorang ilustrator atau desainer, manfaatkan waktu dengan membuat sketsa atau gambar selama perjalanan. Menggunakan kertas dan pensil atau perangkat yang mendukung seperti tablet, waktu tidak akan terasa begitu sia-sia.

Perjalanan jauh menggunakan kereta api tidak selamanya buruk. Dengan enam tips ini, tidak mustahil bila justru ketagihan bepergian menggunakan kereta. Jangan lupa, perhatikan barang bawaan juga, ya!
33 komentar on "Tetap Nyaman Bepergian Jauh Menggunakan Kereta Api dengan Tips Ini"
  1. iya jangan duduk dekat bordes
    bau dari KM sering menyengat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan sampai bau menyengat ya mas. Hehhee

      Hapus
  2. pas dari Solo ke Bandung naik kereta aku beli cemilan segambreng karena sendirian berhubung perjalanan malam eh kalah sama tidur ummi wkwkwkwk jadinya cemilan ga kemakan..
    beda pas naik kereta ke Bekasi bareng keluarga cemilan memang wajib bawa apalagi bawa anak cimit kayak Neyna dikit2 ngemil jadinya ga bosen dan di KA ada TV jadi tambah seneng Neyna

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa iya. Itu mah alasan bunda aja biar tetap langsing makanya nggak ngemil :p

      Hapus
  3. Thank you tipsnya. bermanfaat banget pas sewaktu-waktu aku mau jalan-jalan pake kereta :)

    BalasHapus
  4. Saya pernah berdua Naik kereta sama si kecil. Si kecil waktu itu berumur 10 bulan, untungnya selama perjalanan anteng karena gak berisik & udaranya sejuk. Saya udah was was aja kalo dia rewel selama perjalanan.

    BalasHapus
  5. aku pernah sekali aja pergi naik kereta
    lumayan menyenangkan
    karena udah bawa banyak cemilan dari rumah
    hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi menyenangkan ya mba perjalanannya. Hehhee

      Hapus
  6. Naik kereta api.. gak berasa banget goyangannya kalinya mba...stabil jadi ga berasa pusing atau mabuk...berasa lurus aja...gak kayak supir ugal2an..he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener, mba. Menyenangkan sekali :)

      Hapus
  7. naik kereta memang menyenangkan :D
    apalagi semakin bagus layanannya hehe

    BalasHapus
  8. Sejak dulu favorit banget naik kereta api..romansa gitu.inget jaman kereta bak pasar dari pengamen sampai tukang ayam ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha iya. Tapi skarang udah bersih mbaa

      Hapus
  9. Kalo kereta di indo, aku baru sekali naiknya mba, dr jkt ke solo :D. Kalo yg commuterline mw dibayarin jg aku emoh hahahaha.. Ga kuat kalo hrs bersaing ama para anker yg suka ganas :p. Aku tau diri, badan kecil gini bisa remuk didorong2 :p. Tp utk jarak jauh, aku akuin nyaman kok :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Naik commuterline nyaman banget kok mbaa. Hhehee

      Hapus
  10. Saya juga demen naik kereta api mbak. Sayang, di sini belum rame jadwal keberangkatannya. Karena lebih fokus ke kereta baranh daripada kereta penumpang. Kalo di pulau jawa kan fokusnya ke penumpang yaa...

    BalasHapus
  11. Alhamdullilah akhir2 ini sering dpt undangan blogging sehingga mantap aja kemana mana via KA

    BalasHapus
  12. stasiun kereta di pekalongan kampung halamanku kata sepupu2ku udah bagusan, kepingin pulkam naik kereta api belum kesampean, kebiasaan naik kendaraan sendiri ato bis

    tips dari ibu pejabat kereta ini patoet ditjamkan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk lah coba naik kereta api. Nyaman banget anti macet

      Hapus
  13. Wah, KA ekonomi sekarang ber-AC juga ya?
    Duluuuu terakhir naik kereta ekonomi, masih kudu kipas-kipas sendiri biar nggak kepanasan *entahlah itu tahun berapa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah skarang memang beda banget mba. Lebih aman dan nyaman banget

      Hapus
  14. Untungnya sekarang Kereta Api ekonomi pun udah ada colokan ya mbak, jd kalau misal keabisan gadget tinggal colokin :D
    Tapi kalau bisa sih ya jgn sampai keabisan, tapi susah sih kalau sepanjang jalan online mulu #ituaku wkwkwk
    Kalau yg jalan2 di gerbong itu anak2 -____-"

    BalasHapus
  15. Aku pernah ajak anak2 dan suami naik KA kls ekonomi, bisnis dan eksekutif. Beda memang, tapi biar kita tau kayak apa sih rasanya hehehe teh panas manis masih 5 ribu ga ya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skarang kereta ekonomi udh rasa kereta esklusuf kok mba :)

      Hapus
  16. Aku naik kereta itu pas di medan. Rail link bandara kuala namu. Sangat aman dan nyaman. Kalau di aceh belum ada kereta :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYaa yang di kuala namu emang nyaman bangeet

      Hapus
  17. Wah, soal naik KA aku pernah tuh ke Malang naik KA kelas ekonomi tapi pulangnya kelas eksekutif, biar anak2 merasakan kayak apa gitu hehehe. Lumayan ya pegel kalau belum terbiasa, tapi enak dan nyaman sih kereta zaman sekarang sudah benar2 diperhatikan PT KAI dan pemerintah juga alhamdulillaah.

    BalasHapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature