Jumat, September 15, 2017

Mengajarkan Semangat Kemerdekaan kepada Anak

Walaupun bulan Agustus telah lewat dan kini memasuki bulan September, bulan Agustus masih menyisakan kisah berkesan bagi saya sekeluarga. Tentu ini dikarenakan pelaksanaan 17 Agustus yang merata di berbagai wilayah di Indonesia dan diikuti oleh semua kalangan.

Saya sekeluarga sejak awal bulan Agustus sudah menyiapkan berbagai cara agar rumah kami semarak kemerdekaan. Tahun ini kami terpaksa harus mengganti tiang bendera karena tiang bendera lama milik kami rusak. Untunglah ada penjual tiang bendera yang berkeliling wilayah kami. Tiang bendera yang berwarna merah putih pun saya beli seharga Rp 20 ribu. Harga yang terjangkau ya.
 
Yuk ikut lombanya :)

Untuk bendera, saya masih memiliki bendera merah putih yang masih kondisi bagus. Setiap kali tak digunakan, bendera itu saya lipat rapi dan dimasukkan ke plastik khusus agar tetap selalu bagus.

Tak hanya memasang bendera saja tapi juga aneka pernah pernik 17 Agustus juga kami siapkan. Salah satunya dengan menyiapkan bendera merah putih yang berukuran kecil. Bendera-bendera kecil itu dihias di rumah agar aura 17 an terasa. Tak hanya itu saja, di wilayah perumahan kami pun memasang banyak bendera merah putih dan bendera warna-warni sehingga suasana semakin meriah. Beraneka lomba pun dilaksanakan selama pelaksanaan 17 Agustus. Nah, biasanya yang paling heboh untuk ikut lomba 17 Agustus adalah Ayyas.

Sejak usia 4 tahun, dia selalu mengikuti lomba 17 Agustus yang dilaksanakan di wilayah perumahan. Saat masih kecil, Ayyas biasanya janjian ama temannya yang rumahnya berdekatan untuk mengikuti lomba. Nah, lomba-lomba yang diiikutkan biasanya sederhana dan disesuaikan dengan usia. Salah satunya lomba makan kerupuk. Ketika memasuki usia sekolah, pelaksanaan lomba-lomba kemerdekaan dilaksanakan beberapa hari kemudian.

Nah saat lomba di sekolah, persiapan biasanya lebih banyak. Salah satunya ya menyiapkan baju ganti karena lomba-lombanya biasanya membuat baju basah seperti lomba memindahkan air menggunakan ember kecil dan banyak juga aneka lomba lainnya. Biasanya sebelum pergi ke sekolah untuk mengikuti lomba, saya menyiapkan sarapan buat Ayyas dan tentunya segelas susu vidoran Xmart 5+ Madu untuk dikonsumsi. Saat Ayyas masih kecil, ia mengkonsumsi ASI (Air Susu Ibu). Nah, susu vidoran Xmart 5+ ini merupakan susu untuk tumbuh kembang anak yang mengandung asal lemak esensial dan sumber serat pangan Inulin yang baik untuk pencernaan anak. Di dalam vidoran Xmart  ini juga ada berbagai nutrisi penting yang dapat mengoptimalkan pertumbuhan. Satu hal lain yang saya suka dari vidoran Xmart 5+ ini ada kandungan Cod Liver Oil (minyak hati ikan kod) yang tinggi nutrisi dan berasal dari perairan laut dalam. Pemenuhan gizi melalui mengkonsumsi susu menurut saya sangat penting untuk pertumbuhan anak.
 
Yuk minum susu
Jika pemenuhan gizinya tercukupi, berbagai kegiatan yang dilakukan untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan kepada anak pun bisa dilakukan. Nah, selain mengikuti lomba-lomba kemerdekaan, ada berbagai cara yang dapat dilakukan untuk menumbuhkan semangat kemerdekaan pada anak yang selalu saya terapkan yakni : 

Mengunjungi Museum Perjuangan 
Di berbagai daerah banyak museum perjuangan yang dapat dikunjungi. Di Jakarta misalnya ada museum Nasional Republik Indonesia yang terletak di jalan Merdeka Barat Nomor 12, Jakarta. Miuseum ini merupakan museum pertama dan terbesar di Asia Tenggara.  

Mengenalkan Nama Pahlawan 
Di berbagai buku pelajaran sekolah, ada materi terkait nama-nama pahlawan. Nah biasanya saya juga mengulangi materi pembelajaran terkait nama-nama pahlawan sehingga anak pun semakin mengingat. Pernah juga sih anak saya mendapat tugas rumah mengumpulkan foto-foto pahlawan. Nah upaya ini dapat dilakukan sambil mengenalkan perjuangan yang telah dilakukan para pahlawan. 

Mendengarkan dan Menyanyikan Lagu Kemerdekaan 
Saya membiasakan anak tak hanya menyanyikan lagu-lagu yang ngehits saat ini saja, tapi juga lagu-lagu kemerdekaan. Tidak langsung menghafal tapi juga dinyanyikan berulang-ulang saat bersama-sama dan menjelaskan makna di balik lagu itu. 

Susu Vidoran Xmart
Nah, ngomong-ngomong soal lagu kemerdekaan, pas banget saat vidoran Xmart   mau mengajak anak-anak usia balita dan sampai 8 tahun untuk ikut lomba menyanyikan lagu Hari Merdeka (17 Agustus)  #SemangatAnakvidoran. Caranya pun tak sulit. Cukup merekam video saat menyanyikan lagu Hari Merdeka  ciptaan H. Mutahar, dengan smartphone atau pun gadget lainnya. Nyanyinya boleh sendiri, tapi lebih seru lagi kalau sama Mama, Papa, adik, atau kakak. 

Mekanisme mengirim videonya bagaimana? Ini S&K-nya: 
1. Semangat Anak vidoran adalah kampanye yang mengajak orang tua dan anak Indonesia mengabadikan momen kebersamaan dengan menyanyikan lagu Hari Merdeka karangan H.Mutahar sebagai wujud semangat kemerdekaan. 
2. Seluruh peserta adalah warga negara Indonesia dan berdomisili di Indonesia, memiliki anak berusia maksimal 8 tahun  dan dapat dibuktikan dengan identitas diri berupa kartu identitas (KTP/SIM).
3. Periode kegiatan ini mulai dari 1 Agustus – 17 September 2017.
4. Mekanisme Semangat Anak vidoran: 
a. ‘Like’ Facebook Fanpage Anak vidoran, ‘Follow’ Twitter @anakvidoran dan Instagram @anak.vidoran. 
b. Beli produk susu vidoran apa saja. 
c. Abadikan momen bersama si Kecil menyanyikan lagu Hari Merdeka karangan H.Mutahar. 
d. Upload videonya ke Facebook atau Instagram. 
e. Mention @anakvidoran dan sertakan hashtag #SemangatAnakvidoran. 
f. Wajib menggunakan atribut merah putih dan menyertakan kemasan susu bubuk vidoran Xmart 1+, 3+, atau 5+. 
g. Peserta boleh mengirimkan lebih dari satu video. 
h. Peserta boleh menggunakan alat musik sebagai alat bantu menyanyi.
5. Kriteria pemenang adalah ekspresi dan kreativitas dalam penampilan membawakan lagu. Keputusan juri tidak dapat diganggu gugat.
6. Hadiah yang akan diberikan berupa 10 voucher belanja masing-masing senilai Rp 1.000.000 dan bingkisan produk untuk 10 video terbaik pilihan juri.
7. Pemenang akan diumumkan pada akhir periode di Facebook, Twitter, dan Instagram Anak vidoran.
8. Pemenang akan dihubungi Penyelenggara untuk verifikasi data diri. Kandidat Pemenang wajib memberikan dan/atau mengisi data diri dengan benar dan lengkap, paling lambat 1 (satu) minggu setelah dikonfirmasi pihak Penyelenggara
9. Penyelenggara berhak melakukan verifikasi data kandidat. Pemenang dan berhak membatalkan status pemenang jika diketahui data yang diterima palsu.
10. Pengiriman hadiah akan dilakukan maksimal 90 (Sembilan puluh) hari setelah konfirmasi kelengkapan data dilakukan.
11. Dengan mengikuti kegiatan ini, seluruh peserta dianggap telah menyetujui syarat dan ketentuan yang berlaku.
12. Pihak penyelenggara berhak untuk mengubah dan/atau memodifikasi syarat dan ketentuan kegiatan ini dari waktu ke waktu dengan atau tanpa pemberitahuan terlebih dahulu.
13. Pihak penyelenggara berhak mendiskualifikasi peserta dan/atau pemenang yang menurut penyelenggara tidak memenuhi dan/atau melanggar syarat dan ketentuan kegiatan ini.
14. Keterangan lebih lanjut dapat menghubungi Facebook, Twitter, atau Instagram Anak vidoran.
15. Hadiah tidak dapat dialihkan, ditukar barang lain, atau diganti dengan uang, dan dipindah-tangankan.
16. Setiap hasil video dan data yang diikutsertakan dan dikirimkan dalam program ini menjadi hak milik vidoran dan penyelenggara berhak untuk mempergunakannya sesuai dengan kepentingan program.
17. Program ini tidak dikenakan biaya apapun. Pajak ditanggung penyelenggara. Hati-hati penipuan. Keputusan Penyelenggara tidak dapat diganggu gugat.

Jangan lupa Ikuti lomba #SemangatAnakvidoran ya teman-teman. Bagaimana cara teman untuk mengajarkan semangat kemerdekaan kepada anak? Sudah ikutan lomba nyanyinya? Yuk masih ada waktu hingga 17 September 


Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

86 komentar:

  1. Kaka Ayyas idola bet dr 4 th dah ikutan lomba Neyna boro ikutan lomba 17an hahaha
    wah vidoran y jd rahasianya kaka Ayyas mesti ubek2 cari ini biar bisa ikutan lombanya ni apalagi suru nyanyi 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk dek Neyna nyanyi bersama kakak Ayyas :*

      Hapus
  2. Waah,asyiik ada lombanya. pijar ikutaaaan

    BalasHapus
  3. wah serunya dunia anak-anak. jadi gak sabar pengin lihat video2 lombanya.

    BalasHapus
  4. betul ya biar anak punay semangat yg tinggi

    BalasHapus
  5. Keren... Sontek ah cara menumbuhkan semangat kemerdekaan pada anaknya...

    BalasHapus
  6. Aku ko penasaran sama videonya ya, seru pastinya ya, Teh..
    Sedari kecil di ajarkna hal seperti itu pasti bisa menambah wawasan anak..

    BalasHapus
  7. Waah lombanya asyik! Perlu nih, buat mewariskan kecintaan terhadap bangsa sendiri, apalagi dengan cara2 yg menyenangkan begini ^^

    BalasHapus
  8. Kalau nonton video yang berhubungan dengan semangat cinta tanah air gimana Mba?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, ini juga bisa jadi pilihan mba :)

      Hapus
  9. aku pernah liat yg ikutan lombanya di IG :D biar anak hafal lagu-lagu Nasional sekaligus mengajak anak bangga akan Indonesia :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Sama mengasah anak biar berani juga mba. Hehhe

      Hapus
  10. alhamdulilah anakku suka banget sama rasa susunya jadi semangat ikut lomba nyanyi hari merdeka :D

    BalasHapus
  11. Lomba yg edukatif dan nasionalis mengingat semakin menurunnya kemampuan anak anak usia SD ttg lagu-lagu kebangsaan negri ini.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba Dewi. Harus dipupuk sejak dini

      Hapus
  12. cara ikutannya mudah dan hadiahnya wow! ikutan ahh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Hayuk jangan sampai kelupaan yaa :)

      Hapus
  13. Salfa belum bisa dikenali nama pahlawan... Hahaha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti kalau agak gedean dikit ya. Hhehe

      Hapus
  14. Kakak Ayyas pasti menang lomba 17an ya doalnya sarapannya sehat banget. Mas Deniz juga ikutan lomba nyanyi nih meski nyanyinya masih lupa lupaan.

    Wah ide bagus mbak, kayanya aku mau agendakan ke museum ah sama anak-anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah anaknya memang penuh semangat mba Tya ;)

      Hapus
  15. Hebat kakak Ayyas. Semoga menang lombanya yaaa...

    Tante aja yg umur segini suka banget kalo ke museum. Hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin. Makasih mba Alma kesayangan :)

      Hapus
  16. Wah sampe kemarin ya lombanya, telat nih. Mau ku info kan ke adik ipar biar ponakanku ikutan lomba nyanyi juga :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seru ya kalau ikut lombanya bareng2 sodara :)

      Hapus
  17. Banyak cara mengajari anak untuk memperingati makna kemerdekaan ya mbak. Wah seru banget lombanya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Biar anak pun nggak bosan untuk diajarkan tentang kemerdekaan

      Hapus
  18. Anak yang pintar selalu ada orang tua yg luar biasa. Keren bgtt kakak ayas....good luck ya ...

    BalasHapus
  19. seruuu ini kayaknya liatin video anak2 lagi nyanyi :D
    lumayan juga hadiahnyaa hihi

    BalasHapus
  20. Semoga menang ya kak...
    Memang arti kemerdekaan sudah harus kita ajarkan ya pada anak2 dan juga bagaimana prakteknya ya seperti dirimu ajarkan pada anak2 ya kak. Praktek langsung pun pd hal2 yang sederhana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Gita. Mulai dari hal sederhana untuk mengajarkan kepada anak ya

      Hapus
  21. udah ikutan lomba nyanyinya soale ini lagu kesukaan mada eh tapi pas direkam rupanya gak mudah ya bikin bideo batita berkonsep

    btw anakku suka susu vidoran xmart 3 tahun rasa madu nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha emang nggak mudah mba Maria tapi senang ya kalau anak bersemangat :)

      Hapus
  22. Sayang gk bs ikutan bpk n anak kompakan gk mau exiss, good luck ya Kaka ayyas, punya Umi kreatif memamg Keren

    BalasHapus
  23. Duh..jadi pengen ikutan lombanya. Kira-kira si kecil mau gak ya? :D

    BalasHapus
  24. Sukses ya Kakak lombahnya...
    Sayang Fahmi mah pemalu berat. Dia gak mau nyanyi jadi ga bisa ikutan ini hehehe
    Daripada malu2in...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha tapi aku senang lihat gayanya Fahmi pas pakai baju polisi :)

      Hapus
  25. Anakku masih susah diajak ikutan lomba nyanyinya.padahal emkanya semangat banget ini.

    BalasHapus
  26. Kok video kakak ayyas ga dimasukin kesini, mba? Kan pengen liaaaat. ^_^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iyaaa. Harusnya dimasukkan ke sini ya mba Ade

      Hapus
  27. kak Ayyas samaan ni sama Fathan, dari kecil udah semangat ikutan lomba 17an. Semoga semangat merdekanya selalu terjaga yaaa, yuk kapan kita balap karung bareng? *eh

    BalasHapus
  28. whaaa voucher belanja 1juta. Mau... eh tapi udah lewat yak :))

    BalasHapus
  29. Nyari yg boks kecilnya di Indomaret gak ada, yowis aku gak jadi ikut lombanya. Ada yg boks besar, tapi takut anak2 gak doyan. Mau ditest dulu gitu rasanya.

    BalasHapus
  30. Ponakan ku sejak ikutan acara 17 an jadi teus-terusan pengen oakai baju pahlawan hihi, begitulah anak-anak begitu dikenalkan sejarah dan perjuangan saat kemerdekaan mereka semakin penasaran :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, jadinya bagus kan ya mba buat anak. Hehhee

      Hapus
  31. Makin berani anak untuk ujuk Gigi dengan menyanyikan Lagu Kebangsaan Dan sugar patriot

    BalasHapus
  32. Wah ini susu nya sama ky anak ku, kandungan dlm susu nya bagus yah mbak :)

    BalasHapus
  33. Dari dulu pengen ajak anak2 ke museum blm sempet. Ntr coba ah kali wiken bisa. Anak2 emang kudu ditanamkan rasa nasionalis sejak kecil ya mbak TFS

    BalasHapus
  34. Goodluck, ya ka Ayyas buat lombanya.

    Mau ikutan lomba, tapi usia Sultan belum nyampe 😁

    BalasHapus
  35. Kak ayyas semangat ya mbak al nyam ut kemerdekaan. Ortu semangat, nular ke anak semangatnya

    BalasHapus
  36. Vidoran smart memang jadi pilihan tepat ya mbak buat anak2

    BalasHapus
  37. Jadi pingin main ke museum lagi, nih. Tahun ini Boo sama Mika juga pertama kalinya ikut 17an mba. Ikut sepeda hias dan sampai berapa minggu ini hiasannya belum dicopot-copot. Hihi... Terus tiba-tiba suka nyanyi lagu Hari Merdeka gitu, eh ternyata udah hapal. Hahaha...

    BalasHapus
  38. Wah, Ayyas keren banget, semoga menang ya, tapi kalau nggak menang juga jangan kecewa karena yang penting kak Ayyas udah keren banget :) berani ikutan lomba2

    http://www.dajourneys.com/

    BalasHapus
  39. Sejak usia TK Salsa sering kuajak ke museum.
    Seru jg ya ngajarin anak2 ttg kemerdekaan dan kepahlawanan.
    Sukses lombanya ya mbak Alida.

    BalasHapus
  40. Wahhh hebat yaa kak Ayyas,sudah berani ikut lomba 17an sejak kecil. Semangatnya diteruskan yaa kakak

    BalasHapus
  41. Aku kemarin mau ikutan ini, tapi ternyata udah lewat umurnya abang, huhu..si kecil belum bisa nyanyi..sayang..

    BalasHapus
  42. Aku kok ngerasa 17 an yg skr ga semeriah ama 17an jaman aku sekolah :p. Kayaknya dulu bener2 totalitas bangetlah, di sekolah2, dijalan, di komplek perumahan, sampe lomba2nya beraneka macam. Aku msh inget dulu tiap 17 agustus slalu ada bazar besar di komplek rumahku. Yg skr ga terlalu asyik mba. Rt rw di area rumahku jg kyk males2an bikin acara lomba, jdnya kitapun ga semangat mau meriahin acaranya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa bener. Mudah-mudahan tahun depan udah makin banyak yang buat bazar dan ramai

      Hapus
  43. Ais juga suka nih ke museum. Tempat hiburan yang murah dan sarat ilmu.

    BalasHapus
  44. Wah iya Mbk aku juga suka mengajak anak ke museum mengenalkan perjuangan pahlawan. Seru nih kakak cantik ikutan lomba nyanyi

    BalasHapus