Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Catatan Traveling dan Kuliner di Kuliner Wisata

Rabu, September 06, 2017
Buat saya yang sering bepergian, ada hal yang wajib yang harus dilakukan sebelum bepergian yakni mencari informasi terkait kuliner dan tempat. Pencarian informasi ini menurut saya penting agar saya tak kesulitan untuk menemukan tempat yang sesuai pilihan. Nah, salah satu tempat pencarian yang menurut saya layak dikunjungi adalah www.kulinerwisata.com. Di website kuliner wisata misalnya menulis tentang wisata di Bandung yang paling menarik. Ada empat tempat yang wajib dikunjungi selama di Bandung yakni : 

Sumber : pixabay.com
Transtudio Bandung
Ingin aneka wahana anti mainstream yang dapat dikunjungi bersama keluarga? Transtudio ini adalah pilihan yang tepat. Ada juga wahana yang bisa menambah wawasan anak.

Bandung Trade Centre
Bagi teman yang senang berbelanja, Bandung Trade Centre ini ini merupakan tempat belanja yang paling favorit. Mengapa? Di tempat ini terdapat banyak pilihan busana mulai anak-anak hingga dewasa. Tak hanya itu saja. Bandung Trde Centre merupakan pusat pembelanjaan terbesar sehingga tentunya sangat nyaman dan lengkap. Ibaratnya, mau cari apa saja ada.  

Noah Barn
Dari namanya mungkin banyak yang menebak-nebak tempat apakah Noah Barn ini. Jadi, Noah Barn ini merupakan tempat yang pas untuk para pecinta kopi. Pecinta kopi bisa mendapatkan pilihan kopi berkualitas seperti kopi khas Jawa, Toraja, Bali, dan Papua.

The Lodge Eartbound Adventure Park
Ingin menikmati sejuknya udara dan hijaunya hutan pinus? The Lodge Eartbound Adventure Park ini merupakan pilihan yang tepat untuk melepas penat setelah seharian bekerja. Terdapat juga wahana paint ball yang berada di luar ruangan dan tentunya akan memberikan sensasi bermain paint ball yang berbeda. Oh ya, untuk menikmati The Lodge Eartbound Adventure Park, tak perlu mengeluarkan biaya sama sekali alias gratis.

Tiga tempat itu menurut blog www.kulinerwisata.com, merupakan tujuan wisata yang wajib dikunjungi di Bandung. Tapi di blog itu tak hanya menulis tentang tempat tujuan wisata ke berbagai tempat wisata seperti Bandung saja. Tapi juga ada berbagai tips terkait traveling yang bermanfaat. Misalnya terkait 7 aturan keselamatan yang perlu dipahami, sebelum memulai solo traveling yakni :

Disiplin Soal Waktu
Walaupun tak ada teman seperjalanan, perencanaan waktu sangat diperlukan. Misanya merencakan berangkat jam berapa dan perkiraan tiba di tempat tujuan pada pukul berapa. Terlihat sepele tapi teryata jika berantakan akan berakibat rencana liburan berantakan misalnya tertinggal pesawat.

Bawa Kartu Identitas Asli dan Fotocopy-an
Ketika melaukukan perjalanan sendiri, banyak hal yang tak terduga. Nah, untuk berjaga-jaga dari kemungkinan negatif, sejumlah dokumen penting sebaiknya di bawa yakni asli maupun fotocopy/scan di gadget. Di antaranya KTP, SIM, Kartu Asuransi, Paspor, dan kartu identitas penting lainnya.

Simpan Uang di Berbagai Tempat
Hindari meletakkan semua uang yang dimiliki di dompet atau di dalam tas. Pecah uang-uang tunai yang dimiliki dan simpan sebagian di dompet, tas, saku pakaian, dan tempat-tempat lain yang memungkinkan untuk menyimpan uang. Jadi, menyebar uang tunai di berbagai tempat ini sangat berguna bila terjadi kehilangan atau kecopetan.


Kantongi Informasi Seputar Kawasan Wisata yang Dikunjungi
Sebelum berangkat, alangkah baiknya melakukan riset mengenai daerah tujuan wisata. Kenali budaya lokal, agar bisa berbaur dan tidak mencolok nantinya. Misalnya pakaian yang tepat, waktu yang tepat, transportasi yang tepat, cara mendapatkan peta, dan seterusnya.

Bawa Barang Seringan Mungkin
Kemaslah barangseringan dan se-simple mungkin. Bila ada rencana menginap, segera simpan barang bawaan di penginapan, sebelum mulai menjelajah daerah tujuan wisata. Untuk itu disarankan mencari penginapan dekat dengan stasiun kereta api, terminal, atau bandara.

Bersikap Layaknya Orang Lokal
Jangan menunjukkan sebagai orang asing seperti sibuk memainkan handphone atau mendengarkan musik saat diperjalanan. Berjalanlah dengan yakin seolah memiliki tujuan jelas dan jangan tunjukkan sedang ber-solo traveling.

Beri Tahu Keberadaan Anda Pada Orang Terdekat
Hal penting terakhir yang perlu dilakukan sebelum solo traveling ialah menunjukkan tujuan dan posisi kita berada pada orang terdekat. Beri tahu kapan berangkat, kapan akan kembali, tempat wisata yang dituju, hingga penginapan pada keluarga, sahabat, atau orang terdekat lainnya.
 
Mba Atanasia Rian
Berbagai informasi tentang kuliner dan wisata tak lepas dari kepiawaian Atanasian Rian menulis. Mba Rian, panggilan saya kepadanya, mengaku awalnya sangat tidak suka dengan dunia tulis menulis. “Nulis diary aja selalu gagal sebentar sudah bosan dan dibiarkan begitu saja,” katanya. Hingga kemudian ia melihat pacarnya, yang kini menjadi suaminya, memilih profesi sebagai  blogger di tahun 2005. Semangat menulis itu kemudian tanpa dia sadari tertular kepada Rian.

Titik awal Rian menjadi blogger kemudian dimulai saat komunitas Blogger Jogja harus mempersiapkan diri untuk menghadiri Blogger Nusantara 2011 di Surabaya. Dari situ Rian membantu untuk mempersiapkan agar acara sukses. Lama kelamaan, ini kemudian selalu ikut event Blogger. “Setiap event selalu ditanya blognya apa, karena gak punya blog jadi bingung dech jawab apa,” katanya. Akhirnya, tahun 2012 ia membeli domain www.kulinerwisata.com. Namun kala itu ia sekedar menulis apa adanya. Dua tahun kemudian, tepatnya 2014 ia semakin termotivasi mengupdate blog. Hasilnya, blog kulinerwisata terupdate secara baik.


Mengapa memilih nama menjadi kulinerwisata? “Karena pada dasarnya dari kecil saya dan keluarga (bapak mama) itu hobby banget jalan-jalan, dari kecil setiap weekend selalu pergi jalan-jalan bahkan luar kota,” kata Rian lagi. Kini, kulinerwisata.com menjadi tempat ia menuliskan pengalaman ia menulis tentang perjalanan dan aneka kuliner. Ingin berwisata sambil kuliner, kulinerwisata,com pilihannya. 
38 komentar on "Catatan Traveling dan Kuliner di Kuliner Wisata "
  1. hihi ketahuan dech kalau nulis karena ketularan suami hihi. Makasih ya mba alida

    BalasHapus
  2. Kl ke bandung ada Iga Bakar Jangkung mba... Enakk banget! *Mendadak ngiler

    BalasHapus
  3. Aku mau mampir ah. Copet banyak kudu waspada. Nanti pas mau bayar duitnya di copet

    BalasHapus
  4. Bawa seringan mungkin, itu yang penting. Biar bahu nggak pegel gendong-gendong ransel :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kan capek mba kalau harus banyak bawan. Hehhee

      Hapus
  5. Mbak berbie... Banyak banget ulasan di blognya. Aku suka mampir ke situ lho

    BalasHapus
  6. Simpan uang di berbagai tempat, saya suka nih mbak. Bapak saya juga ngajarin trik ini dari kecil. :)

    BalasHapus
  7. mau ke Bandung belum sempet-sempet ya Allah, hehehhe mupeng banget bisa main ke Bandung.

    BalasHapus
  8. Sampai sekarang aku masih belum ke Noah Barn kalau ke Bandung. Berasa diingatkan.
    Aku juga setiap mau pergi-pergi selalu brosing dulu cari info tempat makan, tempat wisata, dan semacamnya. Kadang listnya sampai panjang, tapi pas pulang yang tercontreng cuma beberapa. hehehehehe Yang penting ga kehabisan ide mau ngapain.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah, kumpulkan ide mau ngapain aja di Bandung ya mba :)

      Hapus
  9. Berwisata tanpa kuliner memang berasa ada yang kurang. Jadi harus komplit keduanya :)

    BalasHapus
  10. Kalau ke Bandung paling jalannya ke Baltos. Dekat dari kosannya si kakak soalnya.

    BalasHapus
  11. Akupun sebelum berangkat traveling kemanapun, selalu browsing dulu kulinernya apa, dan wisata uniknya apa :D. Syukur2 bisa nemu wisata yg extreme.. Tp kalo ga pun, setidaknya berharap kuliner di tempat itu enak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaan kayak aku mba. Biar nggak ngeblank :)

      Hapus
  12. Ketularan baik dari suami dalam perkara jalan-jalan dan urusan dapur. :)

    BalasHapus
  13. semoga suatu saat Dija bisa main main ke bandung
    aamiiin

    BalasHapus
  14. tipss nya keren banget ni . ayo ke kepri mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Semoga suatu saat bisa terkabulkan. Aamin

      Hapus
  15. " Simpan Uang di Berbagai Tempat" ibuku juga nerapin ini, awalnya bingung kenapa masukin uang ke tas mukena hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku baru mau akan melaksanakn loh mba, HEhhhehe

      Hapus
  16. Poin tips travellingnya, pun.saya terapkan demikian.
    Mba Rian, pernah beberapa kali mampir di blog nya. Sangat produktif post tulisan

    BalasHapus
  17. Bandung udh rame banget sekrng, macetnya sama dengan Jakarta. Kalau saya sukanya minggir dikit ke Lembang hehhehe ( macet juga sama :)

    BalasHapus
  18. Baru kepikiran tuh bawa fotokopi KTP, mb. Selama ini pasti punya, cuman disimpen aja di map. Sapa tau butuh mendadak. Gak pernah kepikiran bawa masukin dompet. Ide bagusss itu ... Cakep. Noted

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya. Aku juga akan lakukan ah dengan siapkan fotocopy :)

      Hapus
  19. Tipsnya manfaaat bange nih, sederhana tapi penting, makasih mba Al

    BalasHapus
  20. paling seruuuu nih mba...traveling seru memang dengan kuliner

    BalasHapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature