Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Tips Agar AC Tetap Awet

Kamis, Agustus 17, 2017
Sejak dulu saya merasa nyaman walau hanya menggunakan kipas angin. Walaupun udara sepanas apapun, menggunakan kipas angin bagi saya sudah cukup. Tapi saat anak lahir, saya mengira kipas angin pun telah cukup untuk membuat kondisi rumah cukup sejuk. Tapi semua berubah saat di wajah anak muncul biang keringat. Tak hanya diwajah tapi juga di punggung. “Ini pasti karena bayi ini nggak kuat panasnya udara di Jakarta,”kata tante saya. Kebetulan saat itu tante saya datang dari Surabaya untuk mengunjungi saya yang usai melahirkan.

Hal itu saya sampaikan ke suami saya. ,”Bap, kalau udara panas begini kasian anak,”kata saya ke suami. Kepada suami, saya menyarankan untuk membeli AC. Hari itu juga, suami langsung membeli AC dan dipasang di rumah. Percaya atau tidak, biang keringat jadi tak mudah muncul di kulit anak. Tak hanya itu saja, dia mudah lelap saat tidur menggunakan AC.


Saat kami pindah rumah, walaupun telah memasang AC, kondisi kamar tak sedingin seperti rumah di kontrakan lama. Beberapa kali setting suhu hingga 20 derajat celsius tapi juga tak mempan. Usut punya usut, PK AC lebih kecil sehingga tak cukup untuk mendinginkan kamar. Ini karena kamar di rumah sekarang lebih besar dibandingkan kamar di rumah kontrakan sebelumnya. “Kayaknya kita harus beli satu AC lagi dengan PK yang lebih besar,”kata suami. Akhirnya kami membeli satu lagi AC untuk diletakkan di kamar satunya.


Ayyas dan Bapak nyaman ngobrol di kamar
Membeli AC bukan berarti tak ada masalah. Beberapa kali kami harus mengisi freon karena teknisi yang kami panggil mengatakan freon habis. Ini belum termasuk biaya membersihkan AC. Belakangan kami ketahui tak perlu mengisi freon karena freon tak mungkin habis. Hingga kini, kedua AC saya telah awet lebih dari 8 tahun. Awet kan? Lalu mengapa AC saya hingga kini masih tetap awet dan tanpa kendala? Saya memiliki beberapa tips agar AC tetap awet yakni :

Perawatan Berkala
Tiga bulan sekali saya selalu memanggil tukang AC langganan saya. Kebetulan rumahnya nggak begitu jauh dari rumah saya. Tukang AC saya ini rekomendasi dari tetangga-tetangga saya. Biasanya tiga bulan sekali dia datang untuk membersihkan AC saya. Proses membersihkan AC tak makan waktu lama namun kondisi AC tetap bersih. Unit outdoor AC juga di cek. Biasanya apabila sudah kotor maka pembuangan udara tak akan maksimal.

Suhu Rasional
Seringkali ketika suhu di ruangan panas, saya seringkali mengatur temperatur hingga di bawah 20 derajat celsius. Tapi itu dulu. Sekarang saya selalu memasang temperatur di suhu normal yakni 25-26 derajat celsius. Suhu ini sudah membuat ruangan cukup dingin. Sedangkan suhu di bawah 20 derajat celsius akan membuat kondisi terlalu dingin dan menjadi tak nyaman


A post shared by Rach Alida Bahaweres (@lidbahaweres) on


Gunakan Seperlunya
Saat anak masih bayi, saya menggunakan AC terlalu sering. Saat tidur siang, AC nyala. Tidur malam juga. Mungkin hanya sore hari saja yang AC mati. Tapi setelah anak semakin besar, penggunaan AC seperlunya saja. Saat siang hari tidur tak pakai AC dan hanya kipas angin. Seringkali nggak pakai kipas angin dan hanya memanfaatkan angin yang masuk lewat jendela.  Sejuk dan nyaman …

Nah, itu tips agar AC saya awet dan mampu membuat rumah menjadi sejuk dan nyaman. Apakah teman punya cerita bagaimana membuat AC menjadi sejuk dan nyaman? Yuk ikut kompetisi #BeyondComforting yang diselenggarakan Daikin dari tanggal 1-21 Agustus 2017. Cara berpartisipasi mudah banget. Cukup LIKE Facebook fan page Daikin Indonesia dan FOLLOW Instagram @Daikinindonesia lalu share foto dan ceritamu dengan tema “Bagaimana AC Membuat Rumah Anda Menjadi Sejuk dan Nyaman” di Instagram (boleh single photo, or carousel photos). Tag Instagram @Daikinindonesia sertakan hashtag #BeyondComforting. Info lengkap langsung klik ke Daikin .
Jangan lupa tag dan mention 5 teman Anda untuk ikut berpartisipasi. Hadiahnya uang cash jutaan rupiah loh! Yuk berbagi pengalaman teman-teman menggunakan AC.

134 komentar on "Tips Agar AC Tetap Awet"
  1. Saat masih baru punya 1 anak, saya tetap pakai kipas angin. Ketika anak kedua lahir, orang tua saya pasangin AC di kamar saya. Jadi aja sekarang kebiasaan pakai AC. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya. Kadnag karena kebiasaan jadinya ya pakai AC ya mba. Hiehehee

      Hapus
  2. Perawatan berkala itu penting bgt yaa mba. Kl gak dirawat jd cepat rusak ACnya. Freonnya jg gak ketauan kl sdh habis

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Barang apapun kalau di rawat dengan baik pasti akan terpelihara baik ya :)

      Hapus
  3. gunakan seperlunya itu yang berat wkwkwkwk kadang kalo liburan betah banget pake AC

    BalasHapus
  4. Di rumah kami tidak punya AC. Kalau kipas angin ada. Kami pakai Ac atau merasakan jika lagi menginap di hotel aja, hahaha...

    Apapun kalau tidak dirawat tidak akan bertahan sesuai harapan ya. Merawat AC sebuah keharusan bagi masyarakat kota khususnya di Jakarta dan sekitarnya.
    Mungkin beberapa tahun lagi kampung saya juga akan semakin padat, panas. Perekonomian semakin membaik tidak menutup kemungkinan warga mulai menggunakan AC.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Tapi asik juga ya menggunakan AC alami ya teteh :)

      Hapus
    2. Kedepannya pasti AC juga dibutuhkan. Polusi mulai menyerang pedesaan juga nih kayanya

      Hapus
  5. Menggunakan AC seperlunya tak hanya membuat AC awet tapi juga hemat energi..hemat bayar listrik..he2

    BalasHapus
  6. Wah, aku pakai AC jg di rumah. Pingin ikut kompetisinya tapi susah motonya krn ruangan kamar sempit :D

    BalasHapus
  7. Makash tipsnya ya mbak, praktekin kalau aku udh punya AC, :)

    BalasHapus
  8. Bermanfaat tipsnya buat saya yang belum punya AC.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa dipraktekkan kalau sudah ada ACR mba :p

      Hapus
  9. Menggiurkan nih, ada hadiah jutaan rupiah ya. Good luck mbak...

    BalasHapus
  10. Dirumahku kehadiran AC itu wajib hukumnya wkwkwk kalau AC mati otomatis anak-anak kegerahan, rewel dan enggak bisa tidur. Pokoknya aktivitas jadi terganggu. Karena anakku tingkat alerginya cukup tinggi jadi AC harus rutin dibersihkan minimal 2 bln sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba. Harus rutin membersihkan AC

      Hapus
  11. Pake AC itu bener2 dimanjakan,panas dikit tinggal ambil remote hehe... pengalaman. Cuma sekarang udah g pake AC...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha begitulah. Harus pintar2 atur agar hemat energi ya :)

      Hapus
  12. AC hemat & ramah lingkungan itu wajib hukumnya hihihihi biar bayar listrik ga mbludak krn terus2an dipake gegara Jakarta yg panas. Apalagi skrg lg hamil, rasanya gerah bgt! Kd butuh AC yg bener2 mampu menjalankan fungsinya dgn baik 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener, Aku ngalamin hamil dan panas banget

      Hapus
  13. Makasih tipsnya Mbak alida, kebeneran belum punya AC, kalau udah punya nanti tinggal praktekin

    BalasHapus
  14. Makasi mba al tipsnya, belum pakai AC kalo skrg, masih pake kipas angin dan kipas bambu hihi

    BalasHapus
  15. Iiih sama, mba.Kalau mau tidur pasti beberes kamar dulu biar besih. Ga betah klo msh kotor. Klo soal AC itu nyala pas anak2 tidur, kalau lg main di luar kmr ya matiin.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas mau tidur malam aja ya mba baru nyalain AC. Hehhee

      Hapus
  16. Saya gak pakai AC dirumah karena suami gak kuat suhu dingin ditambah lagi listrik mahal dab gak bisa membersihkan sendiri jadi kamar anak-anak pun pakai kipas angin aja.

    BalasHapus
  17. Tips penting buat aku di Indoneaia nantiii 😘😘

    BalasHapus
  18. Balasan
    1. Alhamdulillah mba Leyla. Tapi ya kadang sering berantakan juga. Hehhee

      Hapus
  19. Dari dulu gak pernah pakai AC, tapi belakangan ini rencana mau pasang AC di rumah soalnya udah gerah banget. Tapi ya itu, masih maju mundur cantik nih. Pasang...enggak..pasang...enggak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yang terbaik ya mba Andy. Menyesuaikan wilayah rumah ya

      Hapus
  20. Kalau di rumah Surabaya, aku biasanya siang - malam pakai AC.
    Karena selain biar dingin, buat ngusir nyamuk jugak...

    Nyamuk itu ganas sekali kalau di daerah panas...heeuheuu~~

    Sukses buat lombanya mba Lid..
    ((bawain pompom buat kasih semangaaatt))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa ganas banget kalau lagi musim panas. Hehhee
      Aamin. Makasih yaaa

      Hapus
  21. Seneng klo lihat anak peremouan ngobrol sama bapaknya, aku kecil gitu dan memang efeknya dasyat. Ketika dewasa, anak peremouan yang mrasa diakui bapaknya akan lebih percaya diri dan tidak mencari pigure lain (pacaran)..ups!jadi galfok wkwk...thx sharing AC'nya, mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin mba Eni. Iya Ayyas deket sama bapaknya mba. Kadang ada umminya juga dia milih nanya bapak daripada Umminya. Hehhe

      Hapus
  22. di rumahku pake AC... angin cepoi2 :D

    BalasHapus
  23. Aku juga udah ketergantungan sama AC. Tapi penggunaannya seperlunya aja. Kalau pagi pasti lebih milih buka jendela aja biar dapet udara segar. Perawatan berkala kayak servis rutin itu memang ngaruh banget ya, Mba. AC jadi lebih awet. Umur AC di rumahku udah hampir 4 tahun dan masih bagus kondisinya :).

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau kita bisa memlihara dengan baik memang akan menjadi lebih awet ya mba :)

      Hapus
  24. Cuaca saat ini mmg tdk sesejuk zaman dahulu, untung ada teknologi bernama AC yg bs hadirkan suasana sejuk dalam rumah, kdg cuaca panas itu mendtgkan emosi haha, klo suejuuk semuanya jd nyaman ya

    BalasHapus
  25. Lebih ademan pakai AC sih mbak ketimbang kipas

    BalasHapus
  26. Di cuaca kalimantan yg panas bgt ini, ac merupakan hal penting bgt di rumah. Dan ya, perawatan berkala memang ptg bgt

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau nggak ya akan susah awet ya mba

      Hapus
  27. tips yang berguna mba, thanks for share ya mba.

    BalasHapus
  28. iya akupun biasanya pas mau tidur aja pas make. berat di listrik, hehe
    .. tapi kalau pas di palembang aku kadang kalau di rumah aja bisa seharian pake AC, ga kuat panaasnya 😅

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahahhaa siap2 ya bayarannya pasti mahal euy :)

      Hapus
  29. Rapih banget kamarnya mba *salfok* hehe. Makasih sharingnya, cocok untuk saya yang kadang kalau kepanasan langsung stel 19 derajat setelah itu malah kedinginan sendiri >,<

    BalasHapus
    Balasan
    1. kamar anak mba. DIa udah bisa ngerapiiin kamar sendiri. Hehhehe. Haha kalau 19 emang kedinginan :p

      Hapus
  30. Wew rajin ya bersihin AC-nya. Tapi emang kudu gtu sih, soalnya tetanggaklu pernah tu hampir setahun gk bersihin AC, eh pas pindahan ACnya rusak deh. Pas panggil teknisi "diomelin" knp AC-nya gk pernah dibersihkan haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahah kalau kotor ya sirkulasi udaranya juga nggak akan berpura dengan baik sih mbaaa :)

      Hapus
    2. Nah itulah aku tak tahu, mungkin dia tipe yg pakai AC pas malam aja saat bobo kali jd gak kerasa hehe

      Hapus
  31. Makasih tipsnya mbak, kalau aku di rumah memang ac nyala dari siang sampai pagi. Maklum rumah mungil dan plafon pendek jadinya panas kalau nggak pakai ac. Perawatan berkala itu memang penting agar ac nggak gampang rusak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah biaya listriknya mahal ya mba. Tetap semangaat :)

      Hapus
  32. nggak bisa dibayangkan tidur malam tanpa AC, susah banget tidurnya suka gerah gitu mak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin karena sudah kebiasaan ya mba Tuty

      Hapus
  33. Kemaren aku habis ikut acara launching produk AC daikin. Kalo versi terbarunya bakal lebih irit di bandingkan dengan AC yang lain. Cara perawatan nya pun gampang banget hanya cukup cuci AC setiap 3 bulan sekali.

    nurazizahkim.blogspot.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah serunya bisa ikutin lauchingnya mba :)

      Hapus
  34. Perawatan berkala bikin ac awet dan gak cepat rusak. Pemakaian suhu selain bikin badan gak kedinginan juga bisa gak sering kerokan.

    BalasHapus
  35. Wah makasih banget tipsnya
    Kalau lagi di Jakarta sih pasti butuh banget nih yang namanya AC, tapi kalau di kampung dinginnya udah alami hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku kalau di kampung pakai angin cepoi cepoi

      Hapus
  36. Tips nya oke bingit mbak Alida 😁 aku ga bisa tidur kalo gerah2 gitu. Biasanya suhu AC aku tuh sekitar 23 derajat C 😊 Servis berkala tiap 4 bulan atau 6 bulan sekali.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ya ampun itu mah dingin banget mba Nurul. Hahaa

      Hapus
  37. Rumah yang kuhui dikitari kebun mba, jadi AC nya alami ajaah, heheh

    BalasHapus
  38. Kbetulan pak suami bergerak di bidang ac wkkkk, jd klo per ac ac an akika tinggal colek blio aja mb lid

    BalasHapus
  39. iya mba butuh AC, klo siang panas sekali di tempat tinggalku

    BalasHapus
  40. Wah makasih mba tipsnya. Saya sih belum pernah pake AC karena saya besar d bandung dan di daerah dingin. Tetapi ketika saya tinggal di jakarta dan baru pindah. Saya baru sadar ternyata kami butuh AC krna di jakarta itu panas banget sampe anak saya kena biang keringat parah. Akhirnya dibawa lg k bandung utk pngobatan dan pemulihan. Dari sana saya baru sadar bahwa AC jd hal kbtuhan utk kesehatan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya sama kayak anakku tuh mba. Kena biang keringat parah dan teryata emang faktor udara yang panas

      Hapus
  41. wah betul ya, aku jarang nih perawatan AC,

    BalasHapus
  42. iya ya harus dirawat berkala supaya awet

    BalasHapus
  43. Mba makasih ya tipsnya, biar AC ku dirumah awet. Suka rungsing Rayyan klo panas, huhuhu

    BalasHapus
  44. Thank's tipsnya mbak, setidaknya jika nanti saya menggunakan AC sdh punya ilmunya dalam merawat AC

    BalasHapus
  45. makasih tipsnya mbak,
    iya betul barang apapun kalo mau awet harus dirawat secara berkala
    sayang duitnya ya kalo beli terus hehee

    BalasHapus
  46. aku gak pake ac, alergi dingin ya mak, tipsnya bisa dipraktekkin untuk rumah ortuku yg full ac nih

    BalasHapus
  47. Cimahi mah tambah dingin kalau pake AC hehe.. Alhamdulillah jd ga perlu AC, tapi tips nya oke nih :)

    BalasHapus
  48. Aku gak tawar ma ac. Tapi udara di sini udah dingin. :'D

    BalasHapus
    Balasan
    1. di Malang emang udaranya udah dingin ya

      Hapus
  49. Aku juga pakai AC di 3 kamar tidur. Rasanya ga enak kalau sudah kebiasaan bobo dengan suhu sejuk dingin hehehe.

    BalasHapus
  50. emang ya oerawatan ac tuh penting banget.. dl pas tinggal sama orang tua gak ngurusin.. sekarang udah tinggal sendiri jd lbh ngerti deh.. drpd rusak ganti batu mending cape2 buat maintenance nya deh..

    BalasHapus
  51. Biasanya kalo udah gak dingin lagi atau baunya nggak fresh lagi harus melakukan perawatan dan pembersihan ya mba..


    Takutnya ngga sehat.

    BalasHapus
  52. Wah..sy pengen pasang juga nih mba..
    Tapi takut masuk angin..hahahaha
    Soalnya tiap kena ac pasti kerokan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pakai selimut biar hangat, mba . Hehhe

      Hapus
  53. Lagi banyak-banyak baca artikel tentang AC nih mbak. Kepikiran buat pasang AC di kamar euy. Mataram panasnya udah gak ketulungan. Huhuhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa emang skarang lagi panas-panasnya yaa

      Hapus
  54. Bner mba dulu waktu d jkarta minimal 1 th sekali AC d service biar freonnya awet ktny, tp skrg dh gk pakai AC krn anakku elergi dingin..

    BalasHapus
  55. Thx tipsnya mbak... Tapi sy belum pakai AC karna suhu di tempat tinggal sy masih dingin. Hehe

    BalasHapus
  56. Scrollingnya panjaaang. Oh jadi freon ga bisa habis? Tapi kenapa tukang servisnya bilang harus isi freon ya?

    BalasHapus
  57. Seneng bgt baca tips ttg AC.semoga bisa punya AC yg awet deh mbk

    BalasHapus
  58. Aku ga punya AC di Bandung, kalo mau tinggal buka pintu langsung AG, angin gelebug hihii.

    Btw emang bener ya mak, perawatan berkala sangat dianjurkan sekali, biar awet yaaa AC nya.

    BalasHapus
  59. Semarang panas banget, makanya aku beli kipas angin sampe 3 biji, haha.

    Semoga ada rezeki bisa beli AC

    BalasHapus
  60. kalau masalah AC udah ada jadwal untuk bebersih, tapi ya itu, debunya selalu bikin sebel, bikin cepet untuk dibersihkan :D

    BalasHapus
  61. Sejuuukk... Pengen ah ganti AC sama yg ini.

    BalasHapus
  62. Benerrr banget, maintenance AC penting supaya umurnya panjang

    BalasHapus
  63. Hihii idealnya di 25-26 ya. Tapibsyaa malah seringnya nyetel di 28 hahaa.. jadi AC di rumah kami bukan buat pendingin tapi buat penstabil ruangan..

    BalasHapus
  64. Kalo di rumah dibiasakan hanya menggunakan AC saat malam, kalau siangnya cuaca baru benar2 panas baru pasang AC itupun cuma sebentar. Itung2 hemat listrik juga 😁

    BalasHapus
  65. Iya nih kendalanya pemakaian yg tak terkontrol, apalagi punya batita aktif yg (perasaan) kalo bobo siang pake AC tidurnya lebih nyenyak. Maklum kami belum lama balik hijarah dari bdg ke tng yg cukup ekstrim bedanya.

    BalasHapus
  66. Saya ngebersihin ACnya pas AC kena masalah. Huhuhu... harusnya rutin ya mbak :-)

    BalasHapus
  67. Terima kasih kak atas tipsnya. Nanti tak coba di kantorku. Di rumah pakai kipas angin soalnya 😉

    BalasHapus
  68. Your blog information is very good and unique Tips 4 Student

    BalasHapus
  69. Meskipun belum punya ac tapi kudu di simpen informasinya...makasih ya mba..

    BalasHapus
  70. Sebelumnya yang saya tau, AC kurang dingin itu karena suhunya ketinggian atau emang cuaca lagi cukup panas. Ternyata ada sistem PK yang berpengaruh ya, Mba. Mesti detail berarti ya kalau mau beli AC.

    BalasHapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature