Sabtu, Juli 29, 2017

Pentingnya Sentuhan Pada Bayi

Delapan tahun lalu ...
Ya, delapan tahun lalu anak saya yang bernama Ayyas lahir. Ayyas lahir melalui operasi caesar karena ia tak kunjung berada di jalan lahir dan lehernya terlilit tali pusar. “Ibu harus operasi segera mungkin,” kata dokter kepada saya dan suami. Setelah berunding dan mempertimbangkan banyak hal, diputuskan Ayyas harus dilahirkan melalui operasi caesar. Semuanya berjalan lancar walaupun ASI (Air Susu Ibu) sempat tak mengalir. Adalah mertua saya yang setia menemani sejak awal masuk rumah sakit hingga Ayyas lahir. Kedua orangtua saya masih di Surabaya, Jawa Timur dan tak bisa berangkat ke Jakarta saat itu juga.

Pentingnya sentuhan pada bayi. Foto : Pixabay.com

Setelah keluar dari rumah sakit, ibu mertua membantu saya dan suami. Mulai dari memandikan Ayyas hingga memijat Ayyas. Saya masih ingat kata Ibu mertua, ”Pijat itu bagus buat bayi,” katanya. Apa yang dikatakan mertua saya benar. Ternyata, pada fase neonatal yaitu 28 hari pertama setelah bayi dilahirkan, merupakan masa paling krusial dalam kehidupan bayi. Tubuh bayi sangat rentan karena mengalami perkembangan yang cukup pesat. Angka kematian pada fase neonatal ini sangat tinggi. Bahkan menurut data WHO pada tahun 2015, terdapat sekitar 70.000 bayi di Indonesia yang kehilangan nyawanya sebelum menginjak umur 28 hari. Salah satu penyebabnya adalah kurangnya perawatan kulit yang menyebabkan kulit bayi mengalami sepsis. Salah satu pencegahan akan hal tersebut  adalah memberikan perawatan kulit yang tepat dan efektif bagi bayi.
Kala itu, seminggu sekali saya selalu memijat Ayyas. Suami saya pun melakukan hal yang sama. Seringkali ia memijat Ayyas sebagai bukti cintanya kepada Ayyas. Setiap kali memijat Ayyas, saya merasakan sentuhan tangan saya mengalirkan perasaan cinta kepada Ayyas. Boleh dibilang, ada cinta yang mengalir dalam sentuhan-sentuhan lembut pada Ayyas.

Foto by : Pixabay.com
Ngomong-ngomong soal pijat, saya jadi teringat tentang pengalaman saya membawa Ayyas di tukang pijat yang terkenal di wilayah rumah saya. Awalnya salah seorang tetangga menyarankan agar Ayyas dipijat di tukang pijat bayi. “Di sana ada tukang pijat yang bagus. Banyak yang pijatin anaknya disana,” kata tetangga saya mempromosikan tukang pijat langganannya. Maka, keesokan harinya saya bersama pengasuh Ayyas membawa Ayyas ke tukang pijat. Dan benar yang dikatakan tetangga saya. Banyak banget yang antri untuk memijat anaknya. Mungkin karena kelamaan menunggu, Ayyas yang masih bayi merasa tak nyaman. Akhirnya ia pun menangis. Saya panik. “Pulang aja dek, mba,” kata saya kepada pengasuh Ayyas. Akhirnya hari itu Ayyas gagal dipijat di tukang pijat yang terkenal itu.
Ayyas saat masih bayi 
“Ah, kenapa saya tak sesering mungkin memijat Ayyas,” pikir saya. Jika awalnya saya hanya memijatnya dua hari sekali, kini menjadi hampir tiap hari. Khususnya setelah mandi.  Saya kemudian mencari banyak informasi tentang manfaat pijat bagi bayi. Berdasarkan modul Tumbuh Kembang Pediastri Sosial 2013, ada beberapa manfaat pijat pada bayi yakni :

·         Anak menjadi lebih riang karena pijat menurunkan produksi hormon stresor
·         Membantu bayi untuk berlatih relaksasi bayi riang
·         Mengatasi gangguan tidur sehingga tidur menjadi lebih lelap dan lama
·         Memperbaiki sistem imun sehingga bayi menjadi makin sehat
·         Pijat juga membantu bounding antara ibu dan bayi menjadi lebih baik

Ayyas digendong bapak
Sebelum memijat Ayyas, saya memiliki beberapa tips yang saya lakukan yakni : (sumber : Johnsonbaby.com)


Lalu bagaimana teknik pijat bayi yang tepat? Nah untuk teknik pijat bayi, saya menggunakan teknik pijat bayi yang diambil dari INFANT MASSAGE : A Handbook for Loving Parents karya McClure, pendiri AIMI (organisasi non profit).

Kaki
Saya usap kaki dari paha hingga pergelangan kaki dengan tangan saya. Jika memiliki kaki bayi yang lebih panjang, jangan lupa untuk menyesuaikan pijatan dengan mengusap mulai dari lutut hingga pergelangan kaki.   

Punggung
Usapkan satu tangan secara silih berganti mulai dari leher hingga pantat bayi. Lalu ulangi. Biar bayi tak bosan, saya berikan mainan selama dia dipijat.

Gerakan Lembut
Ini adalah gerakan sederhana untuk membantu mengembangkan koordinasi bayi, meluruskan tulang belakang dan menjaga bayi agar tetap lentur.


Silang-Silang-Silang-Buka
Jadi caranya begini. Pertama-tama, silangkan tangan bayi ke dada sebanyak tiga kali dengan menukar posisi tangan kanan di atas dan kiri di bawah. Lakukan secara silih berganti. Kemudian rengangkan tangannya ke samping. Ritmennya sama seperti di awal yakni silang-silang-silang-buka. Lalu ulangi lagi. Setelah semua pijatan selesai, jangan lupa berikan pelukan dan ciuman kepada  bayi.

Berbagai sentuhan demi sentuhan bagus untuk anak. Ada harapan dalam setiap sentuhan kepada bayi. Hal ini sesuai dengan kampanye JOHNSON’S® Baby Sentuhan Penuh Harapan untuk menyebarluaskan pentingnya sentuhan ibu terhadap bayi melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat, terutama selama masa neonatal.

Selama bulan Juni dan Juli 2017, JOHNSON’S® Baby juga mengajak para Ibu untuk berpartsipasi secara aktif untuk menyebarkan awareness tentang Sentuhan Penuh Harapan dengan cara:
– Menyebarluaskan pentingnya sentuhan Ibu melalui pijatan dan sentuhan saat mandi dan memijat melalui media sosial
– Berkontribusi dalam program pembelian Sentuhan Penuh Harapan. JOHNSON’S® Baby menggandeng Alfamart dan Save the Children, memberikan para Ibu cara termudah bagi seluruh ibu untuk berpartsipasi, yaitu dengan pembelian minimum Rp 25.000,- produk JOHNSON’S® Baby jenis apapun di seluruh gerai Alfamart di Indonesia, JOHNSON’S® Baby akan mendonasikan Rp 500,- ke Save the Children.

Dengan ikut mengkampanyekan awareness tentang Sentuhan Penuh Harapan para Ibu di Indonesia telah berkontribusi dan bantu berikan harapan bagi bayi yang kurang beruntung di Indonesia untuk hidup, tumbuh dan melihat dunia.

Ingin tahu informasi lebih lanjut tentang campaign ini, silakan cek akun media sosial resmi dari Johnson’s Baby yaitu @johnsonsbaby_id (Instagram), @JohnsonsBaby_ID (Twitter) dan https://www.facebook.com/JohnsonsBabyIndonesia (Facebook)




Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

55 komentar:

  1. Iya nih, keluargaku juga turun temurun melakukan hal yang sama,kita semua dari bayi sering di pijat kata ibuku anak bayi sama kayak kita yang dewasa butug rileks juga badannya biar tidurnya nyenyak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bener banget mba. Dan banyak juga kan manfaat pijat untuk bayi :)

      Hapus
  2. Kaka Ayyas lucunya 😍😍 iya ummi memijat bisa dilakukan sendiri gampil jd ga perlu antri ke tukang pijat malahan ningkatin bonding y ummi klo pijat sendiri. yuk ah ummi borong produk johnsons biar dukung program save the childern 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa nih. Makanya aku skarang makin pijat Ayyas nih biar bonding ama nak jadi makin lebih kuat. Hayuk dong borong produknya Johnson biar mendukung program save the children :)

      Hapus
  3. Betul, memijat bayi itu menimbulkan bonding yang kuat antara ibu/ayah dengan anak. Pernah merasakan.

    BalasHapus
    Balasan
    1. alhamdulillah ya jadi hubungan dengan anak juga makin kuat ya :)

      Hapus
  4. Kalau liat bayi begini bawaannya pengen punya lagi nih. Apalagi bau bayi yang khas banget ... Bikin kangeeeen

    Mandiinnya,pijat abis mandi, bedakin bener-bener ritual yang menyenangkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener banget mbaa. Bau bayi tuh khas banget yaa

      Hapus
  5. Ayyash sekarang udah gede ya. Ternyata bayi bisa dipijat ibunya sendiri, gak perlu nunggu Parahu ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bisa pijat untuk meningkatkan bonding, mbaa

      Hapus
  6. Haaai kaka Lid..aduh jadi in get waktu anak saya bayi, sambil takut2 mijitnya..paling senang waktu dia terkekeh-kekeh kegelian..betul kak bounding itu penting

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhahaa iya. Tapi kalau anak dipijat jadi senang banget yaaa

      Hapus
  7. Aduuuh lucu banget! :D Pengen nyiumin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii lucu banget ya kalau masih kecil gitu mbaa

      Hapus
  8. Anak anakku jg sering d pijat saat bayi mba, dan sllu pake johnson baby oil :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah jadinya enak banget ya anak-anak mba :)

      Hapus
  9. Oh bagus banget ya berarti klo kit pijat bayi kita. Nanti sy coba ke bayi saya utk pijat lbih lama dan rutin ya mba Alida :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Anak pasti senang ya mba dan sehat :)

      Hapus
  10. Gemessnyaaa...
    Jadi happy baby yaaa Ayyash 😘

    BalasHapus
  11. Aku pernah baca klo pijat bayi bisa bikin tubuh bayi relaks, tidur lebih nyenyak dan nggak rewel. Banyak manfaatnya ternyata pijat bayi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Anak jadi nggak rewel kalau tidurnya nyenyak :)

      Hapus
  12. Dulu saya gak berani pijat bayi lo mbak, sekarang dah banyak panduan terutama dari produk Johnson. Jadi pengen praktek, tapi tunggu hamil lagi dan lahiran dulu kayaknya. Hehe.

    BalasHapus
  13. Ayyas kecilnya lucu bangeeet, mba. Aku juga waktu anak-anakku bayi senang memijat sendiri kalau anak-anak habis mandi

    BalasHapus
  14. noted. jadi ilmu buat nanti kalau saya punya bayik

    BalasHapus
  15. Dpet ilmu lageeee, dipraktekin klok punya dedek lagi, *ahay,
    Makasih mbk alida, :)

    BalasHapus
  16. makasih sharingya, bayi itu baunya khas banget ay dan pastinya bikin kita maunay deket dan menyentuh mereka dalam pelukan, jd kangen bau bayi

    BalasHapus
  17. Ayyas lucu banget pas baby hehehehe.
    Emang sentuhan dan pijatan itu penting ya mbak. Ini anakku dua2nya lahir di bawah 3 kg jd dulu sering2 aku pijat jg, sampai skrng kyke seneng dipijat hehe TFS

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku juga mau dipijat dong, mba. Hehhee

      Hapus
  18. Aku inget banget, anak2 dulunya selalu dipijat. Pijatan itu menenangkan dan membuat bayi bisa tidur lebih pulas

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Maya. Bagus juga buat pertumbuhan tubuh anak ya

      Hapus
  19. aku belajar cara pijat bayi dari Johnson's Baby nih mba. Dulu tuh takut pijet anak, kesannya badan ringkih

    BalasHapus
  20. Apalagi kalau saat dipijat anak juga diajak ngobrol. Badan rileks, bonding pun semain kuat :)

    BalasHapus
  21. imut ya Ayyas..., lucu banget..
    waktu anak2 bayi dulu aku takut lho mijatnya.. berasa badannya ringkih takut salah,
    tapi sesekali ikutan juga dipijat sama tukang pijat ibuku,

    anakku yang gede suka banget dipijat sampai sekarang.., tapi paling cuma pijat betis sama tangan aja
    cepat ilang pegel2nya krn gembol tas ransel

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha iya. ANkku betisnya dipijat deh kuatir kecapean lari larian

      Hapus
  22. Momen paling aku suka sm bayi salah satunya klo abis mandi, pijit2 bayi itu menyenangkan. Kalo mlm sblm tdrRjg biasanya aku pijit pake baby pil johnson yg bed time

    BalasHapus
  23. Buat tambah ilmu aku bookmark dulu ah hihi

    BalasHapus
  24. paling gemes kalo lihat bayi yang lucu-lucu dan anteng kalo dipijet..
    apalagi kalo si bayik sambil ngeliatin mamanya yang mijet seolah olah ngomong "enak maa mijetnya, besok lagi ma" hehe..

    terima kasih sharing nya ya mbak,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kaish kembali mba sudah mampir :)

      Hapus
  25. Jadi inget anak-anak waktu masih pada imuuut... memang banyak manfaatnya ya mba

    BalasHapus
  26. Ayyas lucu banget mbak. .
    terima kasih sharingnya mbak.

    BalasHapus
  27. Aku paling seneng mijet bayi Mbak, anakku jadinya seneng bgt dipijitin sama mamahnya ini

    BalasHapus
  28. ooh pijatn untuk newborn bisa tiap hari ya?
    makasih banyak infonya ^^

    BalasHapus