Kamis, Juli 20, 2017

Cerita tentang Laptop Kesayangan

Sebagai blogger, salah satu peralatan yang wajib saya miliki adalah laptop. Selama ini saya telah tiga kali berganti laptop. Laptop pertama saya miliki adalah laptop bekas milik om saya. Saya beli secara mencicil saat masih duduk di bangku kuliah dan bekerja freelance. Kala itu, laptopnya masih kurang besar dan lebih berat. Saya sempat kelimpungan membawa laptop seberat itu saat masih liputan. Tapi kala itu mau membeli laptop yang baru, harganya mahal dan keuangan saya belum mencukupi. 



Tapi bagaimanapun saya berharap bisa memiliki laptop baru. Keinginan saya kemudian terwujud saat menang juara 2 di lomba jurnalistik. Senangnya luar biasa. Laptop itu saya gunakan selama hampir empat tahun. Selama empat tahun itu laptopnya sangat berguna untuk pekerjaan saya sebagai jurnali. Dulu tak ada kewajiban datang ke kantor untuk mengetik berita. Terkadang saya mengetik di lapangan sambil menunggu narasumber datang atau mengetik di rumah.  

Lama kelamaan, laptop kesayangan saya nge-hang. Layarnya tiba-tiba mati saat saya sedang asyik-asyiknya ngetik. Kaget? Ya iyalah. Saya ingat waktu itu sedang mengetik berita lingkungan dan tiba-tiba langsung jleb! Laptop saya langsung mati total. Sudah berulangkali saya mencoba untuk memperbaiki agar bisa menggunakan laptop lagi. Tapi teryata gagal. Akhirnya sekarang laptop hadiah lomba itu hanya tersimpan rapi di lemari.

Suatu saat saya kemudian terpikir untuk memiliki laptop baru untuk menunjang kuliah pascasarjana. Tapi keinginan untuk membeli laptop selalu tertunda karena berbagai hal. Apalagi saat itu saya masih mengikuti ujian seleksi masuk pascasarjana. Saat mama meninggal, ada uang pensiun yang kemudian diberikan kepada saya sebesar Rp 5 juta. Dana itu langsung saya gunakan untuk membeli laptop. 

Laptop yang saya beli hingga kini masih saya gunakan. Laptop berukuran 5 inci ini berwarna pink, sesuai warna kesukaan saya. Saya senang sekali dengan laptop saya yang terakhir ini dan sangat membantu saat saya kuliah. Hampir setiap hari, laptop saya bawa ke kampus. Biasanya sambil menunggu jadwal kuliah berikutnya saya mampir ke perpustakaan dan mengetik materi kuliah atau mengerjakan tugas yang diberikan dosen. Terhitung sudah tujuh tahun saya menggunakan laptop ini. Hingga kini, laptopnya masih berfungsi dengan baik. 

Jika ingin membeli laptop lagi, ada beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya : 


Beli Sesuai Kebutuhan  
Jika teman memiliki jenis pekerjaan yang mobile, pilihlah laptop yang sesuai. Saran saya, pilihlah laptop yang ukurannya lebih kecil dan ringan agar bisa dibawa kemana saja. Tapi jika laptopnya hanya lebih banyak digunakan di rumah, bisa juga memilih laptop yang berukuran lebih besar. Biasanya ada juga yang membeli laptop berukuran lebih besar karena lebih ‘nyaman’ di mata. 


Tentukan Harga Laptop 
Harga laptop bervarias. Terserah teman mamu membeli laptop seharga berapa. Apalagi sekarang ada aneka laprop yang bervariasi harga. Jika memiliki budget di bawah Rp 5 juta juga banyak tersedia. Tapi ada juga laptop yang harganya cukup mahal. Tapi ya itu tentu sesuai dengan kemampuan masing-masing. 


Beli dimana? 
Banyak toko khusus laptop yang menjual laptop dan aneka perlengkapannya. Biasanya banyak yang menjual di dekat perguruan tinggi. Kalau mau membeli online juga bisa. Salah satu toko online yang menjual laptop adalah MatahariMall. Di MatahariMall ada beragam jenis laptop yang bisa dipilih. Oh ya, MatahariMall ini sudah terbukti ya sebagai toko online yang bisa dipercaya. 


Nah, itu beberapa hal yang menjadi pertimbangan saya membeli laptop. Apa alasan teman sebelum membeli laptop? 



Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

49 komentar:

  1. Laptop kesanganku sekarang chargernya rusak, jadinya laptopnya sering panas. Hikz

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hiks, kalau kayak gitu jadi malas ya mba buat ngetik. Alasan nih buat beli yang baru

      Hapus
  2. Baca ini jadi inget notbuk yg udah gak nyaman bgt dipake. Hiks hiks hiks, karena harus selalu nyolok di listrik supaya hidup. Alhasil gak bisa dibawa mobile.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah aku pernah seperti itu, mba. Malas kan harus nyolok melulu biar bisa digunakan

      Hapus
  3. Saya juga lagi butuh laptop mba Alida, laptop saya jadul dan sudah waktunya di ganti. Harus rajin nabung ini, makasih infonya ternyata laptop bisa dibeli di Matahari mall juga.

    BalasHapus
  4. Aku sampai sekarang belum punya laptop sendiri hiks. Mungkin blm benar2 kepepet hrs beli laptop pribadi krn msh ada laptop bersama suami yg bisa sy kuasai hahaha #terlaluuu. Tp sy sdh hrs mikirin nich utk pny laptop sendiri. Mo intip di matahari mall ah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus semangat ya mba biar bisa punya laptop sendiri mba :)
      Biar nggak nebeng suami. Hehehe

      Hapus
  5. leptopku masalah di keyboard mulu mb sampe bosen benerinnya tp bersyukur juga krn leptop itu menemani n setia 😊
    klo mau beli bisa online di matahari mall y mba jd tgl klik tunggu cantik deh dirumah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu udah menang hadiah dipakai buat beli laptop aja mba. Hehheee

      Hapus
  6. Aku sering belanja di matahari mall karena gratis ongkir kalo belanja minimal 100 rb.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku juga. Samaan kita ya mba Leyla. Hehhee

      Hapus
  7. Waaahhh, dikau emang keren mbk, juara dua jurnalistik, beuugghh, kece,
    Soal laptop kesayangan aku jg punya mbk, tp udah rusak, hiks,
    Pgn beli lagi,
    Hd pgn encis ke mataharimall ah, kali aja ada laptop yg sesuai kantong
    Tengkiu sharenya ya mbk, :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah pas beruntung. Hayukk semangat cuci mata biar bisa beli laptop. Hehhee

      Hapus
  8. Jadi inget kalau laptopku udah lemot :( bingung mau laptop atau kamera soalnya hihi. Boleh juga nih cek di MatahariMall, mungkin ada yg diskon hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Laptop aja dlu mba. Kamera sementara bis apakai kamera hape. Hehhee

      Hapus
  9. iya ya, laptop bagi kita yang suka nulis itu sangat berharga ya

    BalasHapus
  10. Laptopku sekarang batereinya nggak tahan lama, paling lama 1 jam sudah habis batereinya. Tapi ya disayang-sayang, laptop satu-satunya hahaha.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau laptop kesayangan slalu diharapkan biar tetap awet ya mba Lianny

      Hapus
  11. Ya dong sesuaibkebutuhan... Jangan beli terlalu canggih atau mahal.. kalo yg kita kerjain standar aja..., Sisa bydget bisa beli yg lain spt kamera.. atau lainnya..

    BalasHapus
  12. Beli online bagi saya yg tinggal jauh di desa sangat membantu...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nggak perlu habis ongkos buat ke kota ya mba :)

      Hapus
  13. Biasanya baru beli laptop kalau sdh benar2 nggak bisa dipakai...pdhl hrsnya buru2 dijual sblm hrgnya turun drastis ya haha thks sharingnya mba

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah aku belum pernah cara seperti ini. Mau nyoba ah. Hihihi

      Hapus
  14. Aku baru bener2 ngebuka laptop itu setahun ini, mb. Buat mindahin foto. Terus 2 bulan ini mulai deh buat ngeblog
    Dulu-dulu sering nganggurnya tuh. Bisa 2-3 bulan sekali baru disentuh 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Skarang udah sering di sentuh ya mba laptopnya. Hehhee

      Hapus
  15. Haaiii mbak alida..kangen nich pengen mampir. Saya pakaian laptop dari 2010, memang kalo udah hobi pakai laptop rasanya sedih kalo dia rusak yaa..hiks

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh kebayang ya kalau laptop kesayangan malah nggak bisa digunakan ya

      Hapus
  16. punyaku laptopnya barusan ganti hardisk, sayang filenya ga bisa diselamatin. foto2 traveling bubar semua. huhuhuhu. sedihnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aduh sedihnya mbaaaa :(
      Moga nggak terulanglagi ya mbaa

      Hapus
  17. Mbak Alida aku terpanggil komen juga karena aku pun beli laptopku yang sekarang aku pakai kerja dan blogging dari kredit hehe.

    BalasHapus
  18. Aku udah lama ga beli laptop lagi, sekarang malah asyik dipake suami. Aku pake notebook. Memang harus beli baru neh.

    BalasHapus
  19. Wah jadi penasaran nih, langsung capcus ke TKP ah....

    BalasHapus
  20. Waktu kuliah sy pakai PC. Nah setelah nikah n kerja barulah bs neli laptop. Bagi sy yg suka nulis... Klo laptop mati hilang deh separuh nyawa. Hahaa... Alhamdulillah udah 4than laptop saya. Tnx for share mbak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih lama juga ya usia laptopnya ya mba Eni :)

      Hapus
  21. berasa banget mati gaya ya mbaa kalo ga ada laptop :p
    punyaku baru balik dr tukang servis. dua minggu tanpa laptop rasanya uring2an kna kudu bolak-balik ke warnet >_<

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kan jadi repot kalau harus ngetik di warnet ya mba

      Hapus
  22. laptop saya malah usianya sama kayak masa belajr anak SD. Udah retak dimana-mana tapi alhamdulillah masih kuat, baterai juga gak tahu kenapa bisa awet gini. Pengen juga sih beli laptop baru tapi sampe sekarang masih nabung dulu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah awet juga ya mas. Biar nggak boros ya buat beli laptop baru euy :)

      Hapus
  23. Saya beli laptop berdasarkan kebutuhan mba, sempat tergiur beli laptop baru tapi keinginannya ga greget krna merasa laptop yg ada sekarg masih bisa diandalkan

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bisa juga seperti itu, mba. Beli ya hanya berdasarkan kebutuhan :(

      Hapus
  24. Saya malah baru beli laptop baru Mbakm gr2 yg lama itu kalo loadingnya mau stengah jam. Tp emang uda lama banget sih. Pas masi jaman kuliah dolo. It jg belinya pake cicil. Sebenernya sayang banget mau ditukar. Tapi apa bole buat. Hikz T.T

    BalasHapus
  25. Laptopnya awet banget, Mbak. Saya sebetulnya lebih suka menulis di PC. Makanya laptop sering nganggur. Tapi udah 2 tahun ini PC rusak dan belum juga diganti. Jadi deh mulai sering pakai laptop

    BalasHapus
  26. Leptop pertama yg kumiliki kubeli dari gajiku, tapi merk Cina trus diketawain sama almarhum dosenku yg unya side job pengusaha IT :P
    Tapi itu yg terbaik speknya dgn harga murce, sebab programer2 di kantor lamaku jg berbondong2 beli itu hahaha #ceritanyaikut2an.

    BalasHapus
  27. Wuah di MatahariMall ada toh? Kebetulan lagi mau cari referensi laptop baru. Semoga ada harga san spek yg cocok dg budgetku di sana. Enak nih belanja dari MatahariMall aja ah. Tidak perlu waktu kluar rumah. Terima kasih Mba Alida untuk infonya.

    BalasHapus