Jumat, Juni 16, 2017

Menjalin Kebersamaan dengan Anak di Bulan Ramadan

Selama bulan Ramadan tahun ini, saya selalu berbuka puasa bersama keluarga. Apalagi Ayyas hingga kini semangat belajar puasa hingga magrib sehingga tak tega rasanya jika saya tak berbuka puasa tanpa Ayyas. Ini tahun kedua Ayyas berpuasa hingga magrib. Tahun lalu, ia berpuasa penuh hingga magrib dan hanya bolong 3 hari karena sakit. Pertama kali Ayyas puasa adalah saat TK B yakni puasa hingga dzuhur. Dan alhamdulillah selama ini dia tak pernah merengek ataupun ‘drama’ saat berpuasa. Semuanya berjalan dengan mudah dan lancar. Alhamdulillah.

Sebagai bukti dukungan karena ia mampu berpuasa hingga magrib, saya selalu mendampinginya saat berbuka puasa. Nah, sambil menunggu waktu berbuka puasa, kami melakukan kegiatan bersama-sama. Mulai dari nonton film bersama-sama atau memasak-masakan ringan bersama-sama. Cara-cara itu yang dapat membantunya untuk menghabiskan waktu. Jadi tanpa dia sadari, tak lama kemudian sudah waktunya untuk berbuka puasa.
 
Hiasan Choco Pie oleh Chef
Bagi saya, kebersamaan saat bulan Ramadan sangat penting agar saya bisa semakin mendekatkan diri dengan Ayyas yang kini berusia 7 tahun. Syukurlah saya mendapat undangan berbuka puasa oleh Lotte Choco Pie dan Komunitas Emak-Emak Blogger (KEB) pada hari Sabtu, 10 Juni 2017 di Masjid Baitussalam Perumahan Billy & Moon, Kalimalang, Jakarta Timur. Dan makin seru lagi karena acara ini bisa mengajak keluarga. Asik banget kan?

Jadinya, Sabtu, 10 Juni setelah menjalankan ibadah shalat dzuhur kami berempat (Saya, Suami, Ayyas dan Mba Farah) menuju kawasan Kalimalang. Kami sengaja berangkat lebih awal karena diakutirkan akan terjadi kemacetan di beberapa ruas jalan. Namun alhamdulillah perjalanan berjalan lancar. Hanya 1 jam saja dari Pasar Rebo ke kawasan Kalimalang. Akses menuju Perumahan Billy & Moon pun mudah sehingga saya tak menemui kesulitan tiba di lokasi.
 
Berfoto di stand Lotte Choco Pie
Saat tiba di lokasi, dua stan berukuran besar telah berdiri. Sebuah gapura dominan warna coklat dengan ornamen ala masjid bertuliskan ‘Marhaban Yaa Ramadan’ dan ‘Lotte Choco Pie’ telah terpasang. Di sisi kiri halaman masjid, beberapa orang tampak sibuk menyiapkan bahan-bahan untuk kegiatan sore itu. Saya, Ayyas dan Mba Farah langsung menuju ruang masjid untuk menunaikan ibadah shalat dan berkumpul dengan emak-emak blogger lainnya. Setelah berkumpul dan menunaikan ibadah shalat Ashar, kami pun bergegas untuk menuju tenda Choco Pie. Di tenda Choco Pie, ada beberapa kegiatan yang dilakukan yakni :

Kids Pastry Classes
Kegiatan ini adalah cooking class untuk anak-anak. Anak-anak disediakan meja lipat dan disediakan berbagai bahan untuk menghias Lotte Choco Pie. Bahan-bahan yang disediakan beragam. Mulai dari fondan, aneka cake decorating tools, alat penggiling adonan hingga sarung tangan agar tangan tetap bersih. Chef Nanda kemudian memberikan step by step cara untuk menghias Lotte Choco Pie. Pertama-tama, fondan di ulen dengan tepung maizena hingga kalis kemudian di giling. Setelah di giling, fondan bisa di cetak sesuai keinginan. Nah, hasil cetakan itu yang kemudian diletakkan untuk di hias di Lotte Choco Pie. 
Chef dan MC membawakan acara seru 
Ayyas awalnya sempat binggung mau menghias apa. Tapi kemudian setelah dia mengikuti sesuai instruksi, hasilnya pun tampak. Kreatifitas inilah yang menurut saya sangat penting dikembangkan untuk anak. Ayyas memilih untuk menghias menggunakan potongan fondan dan juga hiasan lainnya. Semua anak yang mengikuti kids pastry class mendapat hadiah berupa stiker dan notes kecil dan Ayyas senang sekali. Oh ya, ada tiga pemenang di Kids Pastry Classes ini dan mendapatkan hadiah Lotte Chopie.

Lotte Choco Pie Creative Competition
Nah, setelah Kids Pastry Classes, kegiatan selanjutnya adalah Lotte Choco Pie Creative Competition. Kompetisi ini adalah kompetisi masak ibu berpasangan dengan anak. Ada dua sesi kompetisi ini dan masing-masing sesi diikuti lima pasangan ibu dan anak. Saya berkompetisi di sesi kedua bersama empat pasangan ibu dan anak lainnya. Masing-masing tim memakai celemek dan topi ala koki. Wah, aku ngerasa seperti ikut lomba masak di televisi. Hhahahaa … Jadi karena ada dua Choco Pie yang disediakan, langsung deh saya dan bagi tugas untuk menggiling adonan, mencetak dan menghias. “Ummi aku mau hias pakai hiasan yang ini,” kata Ayyas. Saya kemudian persilahkan Ayyas untuk melakukan seperti keinginannya. 

Ceritanya lagi sibuk menghias
Tapi eh tapi, saya malah berfokus pada hiasan Choco Pie ala saya. Hahhaaa, maafkan. Ummi punya cita-cita jadi koki yang tak terwujud. Setelah selesai menghias, tiba-tiba Chef sampaikan kalau kebersihan meja juga menjadi bagian penilaian. Alhasil, saya dan Ayyas yang hobi bersih-bersih langsung deh bersihkan meja yang dijadikan tempat menghias tadi. Ayyas bagian ngelap kiri, saya ngelap kanan. Perlengkapan masak saya letakkan di pojok dinding biar nggak kelihatan. Hahhahaa .. Nah, Chef sempat menanyakan saya dan Ayyas apa maksud dari hiasan ini. Saya sampaikan bahwa desain saya dan Ayyas itu bertema persahabatan antara dua orang dan selalu berusaha untuk menjalin kerjasama. Chef-nya hanya bisa menggut-manggut entah apa yangd ipikirkan setelah mendengarkan saya panjang lebar.

Tausyiah
Setelah selesai mengikuti dua kegiatan yakni Lotte Choco Pie Creative Competition dan Kids Pastry Classes, saya pun mengikuti tausyiah yang disampaikan oleh Ustaz Wildan dan dongeng boneka oleh Kak Muis. Acara ini seru sekali karena di bawakan secara interaktif sehingga anak pun tertarik. Ada drama boneka yang membuat anak-anak senang mengikuti kegiatan. Sesekali saya mendengar suara tawa anak-anak saat mengikuti kegiatan ini. Usai tausyiah dan dongeng boneka, anak-anak yatim diberikan santunan oleh Lotte Choco Pie. Santunan tak hanya berupa uang melainkan juga tas Lotte Choco Pie dan seperangkat alat sekolah. Saya melihat anak-anaknya senang sekali dengan mendapat hadiah dari Lotte Choco Pie. Alhamdulillah
 
Rame ya yang hadir
Nah, setelah kegiatan itu kami kemudian berkumpul untuk berbuka puasa bersama-sama. Setelah itu, dilakukan pengumuman pemenang lomba Lotte Choco Pie Creative Competition . Ayyas sempat berbisik kepada saya "Ummi, kalau kita kalah gimana?". Saya awalnya hanya senyum-senyum saja karena tak mengira dia menanyakan hal ini. "Kalau kita kalah nggak papa dek. Yang penting kita sudah berusaha," kata saya kepada Ayyas. Saat pengumuman itu, nama saya dan Ayyas tidak disebutkan dan ini berarti kami kalah. Hehehe. Bagi pemenang, mendapatkan hadiah berupa uang sebesar Rp 300 ribu (pemenang 1), Rp 200 ribu (pemenang 2) dan Rp 100 ribu (pemenang 3). Bahagia banget kan?. Acara terakhir ditutup dengan foto bersama dengan teman-teman blogger. Dan yang paling membahagiakan, anak-anak juga mendapat hadiah tas Lotte Choco Pie. Alhamdulillah Ayyas dan tentunya anak-anak dari Mom blogger juga senang sekali.

Ingin merasakan keseruan Ramadan Lotte Choco Pie? Yuk datang di Masjid Raya Al Ikhsan di Bumi Serpong Damai (BSD) untuk ikuti keseruan acara bertabur hadiah. Tak hanya itu saja. Lotte Choco Pie juga mengadakan kuis foto di Facebook dan Instagram. Caranya mudah banget!. Teman bisa membeli2 kemasan Lotte Choco Pie isi 6 lalu upload foto kebersamaan dengan anak di bulan Ramadan bersama Lotte Choco Pie di Instagram dan Facebook. Jangan lupa sertakan hastag #RamadanTogether #TogethermoreLotteChoco Pie. Info lengkap, klik  http://ramadantogether.lottechocopieindonesia.com/

Oh ya, apa kegiatan yang teman lakukan bersama anak di bulan Ramadan ini? Yuk berbagi.
Terima kasih   




Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

112 komentar:

  1. Acara kemarin memang seru banget ya mba. Anak-anak senang sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah seru banget. Jadi pengen lagi mbaa :)

      Hapus
    2. emang seruh menyeru acaranya, anak saya yang bungsu bahkan nggak mau pulang dari tempat acaranya hingga terpaksa kami harus mengicap didalam kendaraan...begitulah kemeriahannya sedemikian makjleb

      Hapus
  2. seru banget acaranya gpp kalah disini kaka Ayyas kemarin ummi uda menang hP juara 2 minta ke ummi y kaka hadiahna 😁
    yah aku baru beli 1 ternyata mesti 2 dus y mba baiklah pgn coba sapa tau menang kek umi 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahaha, nih Ayyass udah nagih hapeku buat dia pakai nih. Ah Bunda sudah menang terus tuh :p

      Hapus
  3. Acaranya seru banget yaa. Pasti anak-anak pada seneng ya Mba pas ikutan bukber. Biasanya kan suka pada bete tuh kalo diajak bukber Kalo ga sama temen2nya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah kalau ada bukber yang melibatkan anak pasti anakku senang mbaa. Jadi biar nggak bosan :)

      Hapus
  4. Wah serunyaaa bisa berpasangan ibu dan anak ikut kompetisi.
    Lotte Choco Pie kesukaan anak2ku :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba. Kesukaan banyak orang ih karen rasanya emang enak

      Hapus
  5. Seru banget aktivitas dari Lotte Choco Pie. Sambil nunggu buka puasa, anak-anak diajak main. Sampai ngga inget lagi puasa saking semangatnya. Pastry kid bikin anak-anak jadi kreatif yaa. Kreasinya macem-macem, dari yang bentuknya jelas sampai yang absurd adaaa..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaaa namanya aja anak-anak ya banyak yang bisa bikin absurd :p

      Hapus
  6. Chocopie anak saya semua suka...di panggang dulu lebih enak..marsmello nya meleleh..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah ada pilihan baru nih konsumsi Choco Pie :)

      Hapus
  7. Anak2 jg suka Choco pie.
    Paling biasanya sama anak2 ngabuburit, jalan2 sore nyari takjil bareng atau sekadar main sepeda

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bisa juga ngabuburt main sepeda ya mba April.

      Hapus
  8. lotte chocho pie memang enak ya mbak ....

    BalasHapus
  9. Seru ya couple begini suka deh kalau ada gini di tempatku..

    BalasHapus
  10. Wah harus beli kue coklatnya dulu ya buat ikutan lombanya. Rencana minggu besok mau ngadain buka puasa bareng anak2 nih...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pas mba. Siapa tahu bisa menikmati bersama anak-anak ya mba :)

      Hapus
  11. Serunyaaa... bakat terpendam ummi nya tersalurkan juga yah di acara ini

    BalasHapus
  12. wahh beruntungnya si kakak diajak main ke tempat yg seru banget sama bundanya :) kelihatan facenya happy :*

    BalasHapus
  13. Sayang, anak saya masih bayi mba. Padahal pgn bgt ikut keseruan bareng lotte choco pie di bsd 😁

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar kalau udah agak gede bisa tuh menikmati keseruannya mba :)

      Hapus
  14. wah seru sekali ya, anak juga pasti suka ditemani ibunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah suka banget, mba Tira :)

      Hapus
  15. senangnya..jika ada event bisa bawa anak...dan anak dilibatkan langsung...
    apalagi anak menikmati dan senang... seru.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Nova. Aku juga menikmati banget keseruannya :)

      Hapus
  16. wah aku bacanya aja kebayang keseruannya harus banyak ada kegiatan bersama ibu dan anak neh

    BalasHapus
  17. Seru ya bunda acaranya. Bikin anak senang. Kalau sy selama ramadhan bekerja. Jd kegiatan dg anak ya memyiapkan menu berbuka. Kalo pas liburan jalan santai ke alun2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah alun-alun juga bisa jaid tempat yang pas mba buat ngabuburit

      Hapus
  18. Acaranya menarik dan kelihatan seru banget ya mbak

    BalasHapus
  19. Wah acaranya pasti menyenangkan, kebersamaan yg berkualitas :)

    BalasHapus
  20. Seru ya mbak acaranya, kelihatan jadinya bonding antara ibu dan anak :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. nah iya. Paling penting tuh bondingnya bisa tercipta mba

      Hapus
  21. Acaranya seruuuu banget mbak.. aku jadi mupeng. Ide membuat hiasan Pie bisa nih dipraktekin di rumah. Nyontek ide aah.. sambil berdoa & menunggu acara choco Pie serupa di Surabaya!

    BalasHapus
  22. Saya sama Zidan di rumah aja mbk. Nonton tv kadang ngabuburit sambil beli takjil *dih cuma gitu aja sayah ya 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah yang penting dilakukan berdua ya mba Enny :)

      Hapus
  23. Seru banget acaranya, anak-anak pastinya senang karena mendapat banyak pengalaman baru. Mudah-mudahan acara sejenis juga nanti diadakan di kotaku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin ya mba. Biar dilakukan di bebberapa daerah ya

      Hapus
  24. Kak.. klo ada lagi kabarin dong. Mau ikutan juga nih..

    BalasHapus
  25. Anak saya baru mulai diperkenalkan dengan puasa Mbak. Belum berpuasa, tapi saya ingatkan untuk tidak makan dan minum di luar, untuk menghormati yang berpuasa. Mudah-mudahan tahun depan sudah bisa puasa bedug.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin. Mengajarkan puasa secara perlahan kepada anak ya mba

      Hapus
  26. Anak mu sudah besar banget ya mbak..aduh aku mau bukber pakai choco pai ah entar sore hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha iya udah gede banget, mba. Hayuuk makan choco pie :)

      Hapus
  27. Senangnya ya bisa jalan bareng anak-anak dan membuat mereka bahagia.

    BalasHapus
  28. Kakak ayyas cantik 😍 bagi chocopie-nya donk *eh
    Selain acaranya seru jd bonding jg ya mba antara anak dan ibu.

    BalasHapus
  29. seru banget ya mbak.
    nanti saya juga ajak anak saya deh mbak
    makasih ya sharenya

    BalasHapus
  30. Jangan putus asa nih ma buat anakknya, terus di support lagi biar bisa mengikuti kompetisi lainnya, dulu saya juga pernah begitu hhe.. tapi berkat motivasi dari orang tua saya pun mengikuti terus walaupun kalah... benar tuh kata mba : " yang penting kita sudah berusaha ", dan coba lagi untuk lomba yang selanjutnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Sellau coba untuk lomba slenajutnya ya mas

      Hapus
  31. Seru banget sih, tapi aku kebayang ini uminya yang lebih excited deh daripada ayyas-nya pas lomba menghias, hihihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. hhaha tahu aja. Calon koki gagal, mba :p

      Hapus
  32. ayas antusias banget ya mba bikinnya. senang punya mama kaya mba Alida yang cepat tanggap dan mengerti perasaan ayas... Kak Ayas nanti ajarin bintang menghias kuenya juga ya... bintang suka lo bikin-bikin kue... :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nanti bintang hias bareng kakak Ayyas ya. TRus kasih ke Ummi Ayyas :p

      Hapus
  33. Acaranya seruuu, penasaran sama choco pie nyaa

    BalasHapus
  34. acaranya seru dan edukatif sekali, gak cuma mengenalkan produk tapi bikin kreasi yg bikin anak jadi krearif. Anak-anak dan aku juga suka chocopie,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak yang suka chocopie mba . Enak sih :)

      Hapus
  35. Wah Ayyas, sudah puasa full ya. Psti ga sabar tuh kalau nunggu adzan magrib. Dan kegiatan seperti ini selain mengalihkan anak untuk lebih ersabar menunggu adzan magrib juga mendekatkan ibu dan anaknya ya mbak. Keren deh dengan semangatnya Lotte Chcoco Pie ini

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah mba sudah sejak kelas 1 SD, Ayyas puasa full, mba :)
      Iyyaa aku juga senang dengan kegiatan ini mba

      Hapus
  36. Seru banget emang ya, aku juga pengen masak-masakan tapi gak bawa Keyaan... huhuhu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Lain kali ajak Keyan yuk biar sama-sama :)

      Hapus
  37. Selain bounding dengan anak, acara ini juga bermakna dalam. Pembelajaran 'kalah' dengan legowo itu luar biasa. Pasti diingat Ayyas hingga dewasa. Saat sportif tertanam, energi bisa full untuk kompetisi berikutnya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Harus diajarkan sejak masih anak-anak :)

      Hapus
  38. Ayyas pinter dan cantik ya mba. Momen ngabuburit bareng anak emang nyenengin plus harus pintar-pintar supaya tetep bermanfaat

    BalasHapus
  39. memelihara kebersamaan dengan keluarga pada moment ramadhan rasanya sangat penting ya, Maya juga sdh beberapa kali tidak hadir ajakan teman-teman utk bukber soalnya gadis kecil jg ikut berpuasa rasa nggk tega kalau tdk menemaninya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, mba Maya. Sesekali tapi boleh lah. Hehhee

      Hapus
  40. Mak Ranch so sweeet.... Ngedukung si kecil puasa dengan nemenin buka bareng 😍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Dukungan paling sederhana ya mba Eva

      Hapus
  41. Safina sama sepupunya seneng banget kemarin...mana bawa pulang Choco Pie banyak...hihihi

    BalasHapus
  42. Cantik kayak umminya ya si kakak..asik ya mbak, masak2 bareng sekaligus ngalihin perhatian nunggu bukber, jadi ngabuburit

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah makasih ya mba Prita. Iya nih anak jadi senang :)

      Hapus
  43. asik dan Seru banget acaranya, Andaikan dekat ngak kan terlewatkan acara semacam ini, pasti melihat, Ya ampunn umminya semangat banget amppe anaknya hanya lihatin saja ehehehe

    BalasHapus
  44. Wah Mama sama ayyas seru banget itu lomba ngehias choco pie nyaa..

    BalasHapus
  45. chocopienya sendjri udah enak ya..dihias hias gitu makin enak banget deh. btw..Rach..selamat ya menang hp ..sori telat ngasi ucapan

    BalasHapus
  46. duh asyik banget bebikinan gitu, anak2 pasti suka, apalagi abis bebikinan bisa langsung dimakan hasil kreasinya eh nunggu bedug dulu yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah itu mba. Langsung dimakan karena enak mba. Hahhaa

      Hapus
  47. acaranya emang seru banget...mau lagi lah diajak gathering Choco Pie *ngarep* hehhe

    BalasHapus
  48. Berkesan bgt ya acaranya, jd dapat ide aktifitas untuk nunggu waktu buka kalo di rumah :D

    BalasHapus
  49. Seru banget, sih. Sayang acaranya di Serpong, aku ndak bisa ikutan. Hueeee... Btw, selamat menjalankan ibadah puasa yang sebentar lagi mau berakhir ya. Senangnya abis ini idul fitri

    BalasHapus
  50. seruuu dan semoga tahun depan di bulan Ramadan kitabisa bukber lagi ya mbk

    BalasHapus
  51. Wah asik banget acaranya
    Merangsang kreatifitas anak biar gak bosen nungguin waktu berbuka

    BalasHapus
  52. Wah menarik banget ada kids pastry classes nya :) Ini bikin mupeng mama dan anak yang ga ikutan ya. Seru sekali bikin aneka kreasi bentuk cokelat dan cake lainnya.

    BalasHapus
  53. Waaah ga kepikiran menghias lotte choco pie. Biasanya langsung ku makan aja soalnya enaaak. Padahal ini bisa jadi bonding moment dan melatih kreativitas anak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haha langsung makan aja udah enak mbaa

      Hapus