Rabu, Juni 21, 2017

Ingin Jual Barang Bekas Lebih cepat dan Mudah? Pakai Aplikasi Carousell Saja!

Akhir-akhir ini salah satu kebiasaan saya yang kerap dilakukan adalah membersihkan rumah. Saya ingin kondisi rumah semakin bersih dan tak ada barang-barang terpakai yang menumpuk. Barang-barang yang tak terpakai biasanya membuat rumah terlihat ‘sesak’ dan penuh debu. Barang-barang yang terlihat kecil, tapi kalau ditumpuk ya jadi banyak. Padahal secara fungsi masih berfungsi dengan baik. Bahkan ada yang belum dipakai sama sekali. Misalnya lipstik yang saya beli online. Pas saya lihat sepertinya pas untuk warna kulit saya. Tapi teryata setelah saya beli, warnanya telalu ngejreng buat saya.

“Ummi mau jual aja lipstiknya, Bap” kata saya ke suami. Saya sempat menawarkan lipstik ini ke adik ipar. Tapi teryata tak ada yang minat karena kebanyakan juga lebih menyukai warna yang lebih soft seperti saya. Kalau mau dibuang kan sayang. Soalnya saya beli seharga Rp 55 ribu. Lipstik mungkin hanya salah satu saja barang yang menumpuk di rumah saya. Sebelumnya, saya tertarik membeli celana seharga Rp 100 ribu karena tawaran beli 1 gratis 1. Sudah pasti saya tergiur dengan tawaran ini. Apalagi warnanya pas dengan selera saya. Tapi karena banyak orang dan ruang pas penuh, saya pun tak sempat mencoba. Hanya melihat ukuran celana dan bahannya yang nyaman, langsung saya beli. Tapi pas saya coba pakai celana, eh teryata kegedean. Nggak mungkin harus saya kembalikan ke toko karena jaraknya jauh.  

Aplikasi Carousell
Untung saja saya berkenalan dengan Carousell. Carosell adalah aplikasi yang menjembatani antara pembeli dan penjual untuk menjual atau membeli barang-barang yang diinginkan. Carousell adalah marketplace untuk menemukan barang yang diinginkan. Ingin ngobrol dengan penjualnya pun bisa. Ngobrol dengan penjual Carousell dapat dilakukan untuk mencari tahu tentang produk yang diingginkan.

Tak menunggu lama, saya pun langsung membuat akun Carousell. Caranya mudah banget. Pertama-tama, saya download aplikasi Carousell di playstore. Nah, saat membuka Carousell pertama kali, langsung sign up atau login dengan Facebook, Google+ atau email address. Saya memilih untuk mendaftar menggunakan email dengan memakai akun Carousell https://carousell.com/lidbahaweres

Akun Carousell saya
Setelah akun Carousell jadi, saya langsung memilih produk yang akan dijual. Misalnya lipstik, saya langsung foto dengan angle yang terbaik dan langsung posting di akun Carousell. Saya telah menjual lima barang preloved dan baru yang layak pakai di Carousell. Selain lipstik, saya juga menjual sepatu kets merk Converse yang saya beli untuk Mba Farah (belum pernah dipakai sama sekali), lalu ada satu celana hitam belum pernah dipakai sama sekali, preloved gelang serta satu novel dewasa baru yang masih dibungkus plastik. Kelima barang itu merupakan sebagian saja barang yang saya jual. Salah satu produk yang saya jual masuk di kategori Preloved Fashion Wanita.

Nah, setelah memotret barang-barang yang ingin saya jual, saya langsung memeData-data itu adalah harga barang, kondisi barang (bekas atau baru), kategori barang yang dijual dan memberikan catatan terhadap barang yang akan dijual. Hanya kurang dari 5 menit, barang yang ingin kita jual sudah terpajang di Carousell. Mudah banget kan?


Ada apa saja di Carousell ?
Nggak perlu kuatir karena ribuan barang telah tersedia untuk di jual di Carousell. Untuk mengetahui produk-produk yang dijual, langsung klik ‘menjelajah’ dan ada berbagai kategori barang yang dijual. Total hampir 30 kategori produk yang akan dijual. Mulai dari preloved fashion pria, preloved perempuan, kecantikan dan kesehatan, produk bayi hingga orang tua, barang mewah, video game, makanan dan minuman hingga produk tiket dan voucher. Saya kemudian memilih menjelajah Carousell. Saya langsung suka dengan celana balon butik yang dijual seharga Rp 65 ribu. Walaupun barang prelovedtapi kondisinya masih bagus. Celananya baru satu kali digunakan dan terbuat dari bahan katun import serta tak panas saat digunakan. 



Bagaimana cara menjual barang di Carousell?    
Nah, untuk menjual barang di Carousell, caranya mudah. Seperti yang sudah saya tulis, barang-barang yang ingin dijual, langsung saja di foto dari berbagai sisi kemudian upload dan menyertakan data-data sesuai yang diinginkan. Caranya gampang dan tak menghabiskan biaya. Siapa yang tak tertarik?

Kalau mau membeli barang di Carousell?
Sama seperti menjual barang di Carousell, membeli barang di Carousell juga mudah banget. Pertama-tama langsung saja menjelajahi aneka kategori produk yang diinginkan. Jangan lupa untuk membaca berbagai data yang disediakan. Pengen ngobrol dengan penjualnya? Bisa banget! Di Carousell, tersedia chat room yang menghubungkan antara penjual dan pembeli. Jadi, tak perlu lagi menunggu lama untuk mendapat balasan pertanyaan yang diajukan. Enak banget kan?

Untuk Pembayaran?
Tak perlu repot karena semua transaksi langsung ke rekening pembeli dan penjualnya. Untuk kesepakatan ongkos kirim pun bisa dikomunikasikan antara penjual dan pembeli. Mudah banget kan?. Ingin membeli dna menjual barang dengan mudah? Langsung saja ke Carousell





Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

51 komentar:

  1. Blogwalking nih.. salam kenal mba ^^,

    BalasHapus
  2. wah baru tau aku Carousel ini, mba.

    Coba intip intip dulu

    BalasHapus
  3. baru tau aplikasi ini corousel, boleh saya kepoin dulu ke tkp kyknya menarik :D

    BalasHapus
  4. Asyik ya,biar gidang ga penuh kita jual di Carousell

    BalasHapus
  5. Ini aplikasi jualan online yang kategorinya segambreng banyak buuuwanget. Jadi lebih detail dan gampang buat cari barang yang kita mau ๐Ÿ˜

    BalasHapus
  6. Sy tadinya mau jualan eh malah pengen belanja juga. Hahaha wanita

    BalasHapus
  7. Baca ini, jadi ingat, Mbak Lid ... saya punya satu rok-celana yang saya beli karena suka warnanya dan penasaran dengan modelnya yang kekinian. Eh pas dipakai, koq gak nyaman wkwkwk. Mampir ke sini, jadi tahu kalau bisa ngejual itu di Carrousel. TFS ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku jual sepatu udah mulai tawar menawar mba
      Alhamdulillah kalau informasinya ngebantu ya mba

      Hapus
  8. Banyak dan lumayan lengkap ya produk second hand di carousell. Saya juga jualan disana loh ^^


    www.rahmabrilianita.com

    BalasHapus
  9. Carousell ini bantu banget buat ngurangi barang numpuk di rumah. Fiturnya juga banyak.

    BalasHapus
  10. Terima kasih untuk infonya,sangat bermanfaat

    BalasHapus
  11. Wahh bisa nih coba mau jual barang2 yg udah nggak kepake, BTW barang yg dijual di Carrousel itu kualitasnya masih baik kan ya mbak?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas. Ada yang kondisi bekas dan baru, mas. Bisa dilihat mas kualitas barang2 yang dijual

      Hapus
  12. Aku juga pengen rumah rapi n jualin barang-barang yang ga kepake mbak. Biasanya aku timbun aja dirumah soalnya gatau dilempar kemana, pas nyoba jual di carousell kok nagih buat jualin semua. Gampang banget dipakenya.

    gadzotica.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya mba Gadis. Aku juga langsung deh jual barangnya mba

      Hapus
  13. Sekarang..mau jual barang yang udah nggak kepake makin gampang ya mb..banyak pilihan. Yang pasti, rumahnya jadi bersih..plus dapat uang.

    BalasHapus
  14. Baru tahu juga tentang Carousell ini mba

    BalasHapus
  15. mau coba mba alida jual beli d carousell kalo aman terus barang sesuai sama display maulah apalagi harganya miring...

    BalasHapus
  16. senang banget y mba ada marketplace kek gini mengatasi barang menumpuk dirumah ๐Ÿ˜

    BalasHapus
    Balasan
    1. Barang menumpuk dirumah bisa bersih deh :)

      Hapus
  17. Suka banget pokoknya sama aplikasi ini

    www.deniathly.com

    BalasHapus
  18. Komplit banget nih carousell ya mbak Alida ๐Ÿ˜ƒ๐Ÿ˜„ apa aja ada...ga pake capek n hemat waktu pastinya. Transaksi lgs antara penjual dan pembeli pula.

    BalasHapus
  19. Whoaa gampang banget ya kaklid jualan di carousell. Mau nyoba ah. Aku ada tas yg cuma dipake sekali dua kali doang:"")

    makasi infonya kaka

    BalasHapus
  20. Pengen banget nyobain aplikasinya :D nggak ribet juga ya mba belinya hehehe

    BalasHapus
  21. Wah jadi langsung pengen ngecek ngecek carousel nih, download appnya dulu deeehhh.. Heheee

    BalasHapus
  22. Saya juga baru tahu kalo ada aplikasi model Carousell...

    Instant juga ya???

    Suamibijak.com

    BalasHapus
  23. Aku juga pengen bersihin rumah nih. Banyak goodiebag yg belum terpakai ๐Ÿ˜‚

    BalasHapus
  24. New item dan preloved ku banyak mba.. Jadi pengen di jualin di carousell

    BalasHapus
  25. banyak banget sekarang marketplace macam ini ya mbak. jujur baru denger kalau ada marketplace yg namanya carousell hehe

    selain transfer, bayarnya bisa pakai sistem COD gitu nggak mbak?

    BalasHapus
  26. Ini marketplace khusus barang preloved ya, Mbak.
    Kayaknya cocok nih buat "bantu" bersih-bersih isi lemari.

    BalasHapus
  27. Saya baru tahu ada aplikasi spt ini mbak, mau saya coba

    BalasHapus
  28. aku juga jualan di carousell mbak, senengnya karena bisa nge-set meetup point sendiri dan pembayarannya juga dengan metode yang kita inginkan hehehe.

    BalasHapus
  29. Boleh juga nih jualan barbekas di sini.

    BalasHapus
  30. Wuah, baru tahu soal carrousel. Aku suka beli barang bekas yg masih layak. Lebih murah tapi barangnya ttp kece

    BalasHapus
  31. Makin banyak pilihan untuk jual beli yaaa

    BalasHapus