Rabu, Mei 10, 2017

Wisata Keluarga di Transera Waterpark

Sudah lama rasanya saya sekeluarga tak melakukan petualangan. Padahal pernah beberapa kali melakukan pengalaman yang menarik. Tapi petualangan air? Ah kayaknya belum pernah. “Gimana kalau kita ke petualangan air di Transera Waterpark, Ummi?,” kata suami saya. Wah, pilihan yang oke juga nih. Apalagi saya waktu itu melihat informasi tentang Transera Waterpark yang merupakan petualangan air yang berada di Kota Harapan Indah Bekasi. Transera Waterpark berada di lahan seluas 6,3 hektar.

Transera Waterpark ini menawarkan petualangan air yang berbeda. Apalagi ada 23 wahana dalam satu waterpark. Seru banget kan?. Transera Waterpark ini memiliki dua zona yakni waterpark dan dry park. Nah, saat ide untuk ke Transera Waterpark saya sampaikan ke keluarga, mereka pun setuju. Apalagi Ayyas, si kecil berumur 7 tahun ini, hobi banget main air. Jadi, datang ke Transera Waterpark Bekasi adalah pilihan yang tepat. Kami kemudian mengagendakan untuk datang pada Sabtu tanggal 29 April 2017 dengan mengendarai mobil pribadi. Kami berangkat dari rumah sekitar pukul 10 pagi. Jarak antara rumah saya di Pasar Rebo, Jakarta Timur dengan Transera Bekasi sekitar 40 kilometer (berdasarkan jarak di google map). Transera Waterpark ini berada di Harapan Indah Boulevard Kavling V Kota Harapan Indah, Bekasi.
 
Berlibur bersama keluargadi Transera Waterpark
Rute paling dekat adalah masuk pintu tol Pasar Rebo dan keluar pintu tol Cakung. Eh tapi sayang, pas di tengah perjalanan teryata ada kecelakaan di dalam tol sehingga kami memutuskan keluar pintu tol terdekat dan mengikuti rute yang disarankan google map.

Pas tiba, kami tak kesulitan mencari tempat parkir karena lahan parkir yang tersedia sangat luas. Harga tiket masuk Senin-Jumat Rp 85 ribu. Sabtu-Minggu dan Hari Libur, harga tiket masuk Rp 125 ribu. Sedangkan saat high season mencapai Rp 150 ribu. Namun, Transera Waterpark ada harga promo periode 3 Mei – 31 Mei 2017 yakni untuk pembelian tiket yang dipakai Senin-Jumat untuk dua orang hanya Rp 100 ribu!. Sedangkan untuk harga Sabtu-Minggu/libur Rp 87 ribu per orang dan mendapatkan free 2x pemakaian gari-gari dan 1x permainan Dunky Dunk. Untuk pemesanan online bisa melalui online.

Bapak dan Ayyas masuk melalui pintu masuk
Kemudahan transaksi, bisa juga menggunakan Transera Ticketing Mechine (TTM) yang membuat pengunjung dapat merencanakan pembelian tiket dengan mesin otomatis an bebas antrian panjang. Transaksi di TTM ini lebih mudah, cepat selayaknya transaksi di ATM (Anjungan Tunai Mandiri). Oh ya, datang ke Transera Waterpark Bekasi ada beberapa hal yang harus diperhatikan agar liburannya tetap seru dan menyenangkan. Dua di antaranya adalah :

Dilarang Membawa Makanan dan Minuman dari Luar Transera Bekasi
Nah poin ini yang harus diperhatikan benar ya. Jangan sampai deh udah repot-repot masak dari pagi-pagi, ribet nyusun menu makanan, ribet bawa peralatan makanan eh tapi nggak bisa dibawa masuk. Ngenes kan?. Jangan kuatir disana banyak sekali tempat penjualan makanan dan minuman yang tersedia.

Semua Transaksi Menggunakan Gelang Transaksi (smart tag transera)
Gelang transaksi (smart tag transera) dapat diperoleh di kasir-kasir di dalam Transera Bekasi. Untuk memperolehnya harus deposit uang sebesar Rp 20 ribu dan bebas mengisi smart tag transera  sesuai pilihan. Saya memilih mengisi smart tag transerasebesar Rp 200 ribu.  Cara penggunaannya pun mudah. Cukup menempelkan smart tag transera di mesin pengecekan dan langsung dana terpotong sesuai transaksi yang dilakukan. Smart tag transera ini dapat digunakan untuk bayar makanan, sewa ban dan lain-lain. Ingin menambah saldo? Ada banyak mesin cek saldo yang berfungi untuk mengecek saldo.
 
Gelang transaksi selama di Transera
Sewa Loker untuk Menyimpan Barang
Barang-barang sebaiknya dimasukkan ke dalam loker yang tersesia. Satu oker dapat digunakan untuk mengisi barang milik tiga orang. Sudah termasuk memasukkan sepatu dan sandal. Harga sewa satu loker adalah Rp 10 ribu.

Kami sekeluarga mencoba water park dan dry park. Namun pertama kami mencoba berpetualangan di water park baru kemudian setelah berganti baju basah, kami berkelana di dry park. Lalu, wisata apa saja yang saya dan keluarga lakukan selama di Transera Waterpark Bekasi?

                                                     Wisata di Water Park 

Menikmati Zambesi River Expedition
Kolam arus dengan lebar 4 meter dan panjang 400 meter ini bikin saya dan Ayyas ketagihan!. Kenapa? Kami memilih berlama-lama sambil menikmati angin sepoi-sepoi. Kolam arus ini bisa dinikmati hanya dengan duduk atau tiduran di atas ban double dan arus pun akan membawa kita. Seru banget. Keseruan ini makin bertambah karena sepanjang Zambesi River bisa melihat relief-relief patung-patung. “Ummi, itu patung apa?,” kata Ayyas. “Itu patung pangeran bernama Zvasiya yang berpetualang untuk mencari pedang sakti Transera demi membasmi penyihir jahat yang memporak-porandakan desanya,” kata saya kepada Ayyas. “Wah seru banget,” kata Ayyas. Nah selama menikmati Zambesi River Expedition tingkah pola Ayyas beragam. Mulai dari berenang hingga memasukkan kepala ke dalam air padahal badannya di atas ban renang. Oh ya, di Zambesi River ini juga ada beberapa wilayah yang menyediakan kuncuran air. Jadi, pas melewati kuncuran air, sensasi air sangat menyenangkan.

Ayyas siap menikmati Transera
Kolam arus 

Menikmati river :)
Turkana Pool
Jadi, di Turkana Pool ini adalah kolam khusus anak dengan ketinggian 20-30 cm dengan beragam ornamen berwarna-warni khas anak-anak. Juga ada permainan anak yang sangat menarik. “Ummi yuk kita tunggu air tumpah,” kata Ayyas. Saya sempat heran apa sih yang dimaksud air tumpah. Eh teryata ada ember raksasa yang berisi air. Nanti setelah ember penuh, ember itu akan menumpahkan air yang jumlahnya banyak. Penasaran langsung saja saya dan Ayyas mencoba dan pas air tumpah, wah seru banget!. “Lagi Mi ... lagi .. Ummi,” kata Ayyas. Aih ada yang ketagihan. Hahhaa. Akhirnya saya dan anak menikmati hingga tiga kali ember tumpah. Ada juga pancuran air yang bisa jadi relaksasi air yang menyenangkan tak hanya untuk anak tapi juga orang dewasa.   

Mosi Oatunya
Ada empat slide berwarna biru, pink, hijau dan kuning yang sejajar dan bergelombang-gelombang sehingga menimbulkan sensasi tersendiri. Untuk menikmatinya harus menggunakan matras khusus agar dapat berseluncur dengan asyik. Pokoknya seru banget!

                                                           Wisata di Dry Park

Menikmati Cowboy Town
Kalau mau merasakan sensasi ala ala cowboy, kawasan ini adalah pilihan yang tepat. Segala ornamen dibuat semirip mungkin dengan suasana cowboy. Mulai dari aneka kaktus yang kerap tumbuh di lahan tandus, kereta kuda hingga gentong-gentong kayu berisi minuman. Kawasan ini sebenarnya adalah food stall yang berisi aneka makanan yang dapat dibeli. Mulai dari kebab, soto ayam kampung dan lain-lain. Soal rasa, dijamin enak!. Makanan-makanan yang dijual berasal dari merk-merk terkenal yang tak diragukan lagi kualitas dan rasanya. Untuk harganya pun terjangkau yakni mulai dari Rp 15 ribu. Kami memilih membeli makan siang disini. Suami dan saya memesan sop ayam kampung seharga Rp 20 ribu dan Ayyas membeli kebab seharga Rp 15 ribu. Mau pesan makanan lain? Banyak ...
 
Cowboy Town
Suami dan Ayyas sambil menunggu makan siang
Obos

Setelah kenyang makan-makan di Cowboy Town, perjalanan dilanjutkan ke Obus. Pas dengar namanya agak asing ya?. Nah Obos ini teryata adalah rumah tradisional suku Afrika. Jadi, ada bangunan rumah pohon yang unik dan menarik. Ada aneka permainan yang menarik untuk anak. Mulai dari ayunan hingga seluncuran dan lain-lain. Pas kami datang, banyak anak-anak yang menikmati aneka permainan di Obos dan didampingi kedua orangtua. Kebayakan anak yang bermain adalah anak berusia di atas 1 tahun.
 
Obus
Salah satu bagian di Obus


Gari-Gari  
Ingin merasakan serunya naik bumper car?. Datanglah ke wahana Gari-Gari. Wahana ini khusus bagi pengunjung yang ingin merasakan sensasi naik mobil hanya dengan membayar Rp 15 ribu. Oh ya, tata cahaya dan grafisnya keren loh sehingga makin seru menikmati Gari-Gari. Ayyas saat ke sini langsung minta naik Gari-Gari sendirian sedangkan saya dan suami memilih mengawasi dari luar. Permainan ini sekitar 6-7 menit.
 
Ayyas naik Gari-Gari
Lampion Park
Kalau datang disini sangat menojol beragam bentuk lampion yang menarik. Lampion-lampion ini berada di lahan seluas 1000 meter dan ada sekitar 300 an buah lampion. Nah karena saya datang siang hari makan tentu saja lampionnya nggak berfungsi. Lamion ini baru menyala selama satu jam mulai pukul 18.00 WIB. Tapi kawasan ini menjadi menarik untuk dapat

Apa hanya itu saja petualangan yang bisa dilakukan di Transera Waterpark? Nggak ... Masih banyak wahana lain yang sebetulnya ingin kami jelajahi. Emangnya, apa saja wahana lainnya?
    
Golwe Pool
Ingin merasakan sensasi di ombang-ombang perasaan? Ups, maksudnya sensasi di ombang-ombang ombak buatan selama 15 menit setiap satu jam sekali? Golwe Pool adalah pilihannya. Kalau biasanya sensasi ombak ada di pantai atau lautan lepas, Golwe Pool memberikan sensasi seperti ombak di pantai.

Crazy Cone
Wahana ini boleh dikatakan paling menonjol di antara semua wahana lain. Wahana ini merupakan wahana pertama dan satu-satunya di Indonesia dengan sensasi meluncur dengan kecepatan tinggi dan terombang-ambing tidak hanya satu kali tapi tiga kali di corong raksasa yang berbeda. Main ke wahana ini bisa puas-puasin berteriak gembira dengan sensasi yang ada. Wah, benar-benar petualangan yang seru!                                                                                      
 
Saya hanya bisa memandang dari jauh. Nggak punya nyali. Hahaha
Tangalooma
Sensasi meluncur dari ketinggian puluhan meter di atas serat fiber dari Finlandia. Untuk berseluncur menggunakan alat bantu papan seluncur atau ban yang aman. Saya sebetulnya ingin sekali juga ke sini tapi batal.

Sekitar pukul 16.00 WIB kami selesai berpetualangan sambil wisata keluarga di Transera Bekasi. Nah sebelum pulang, saya tak lupa mengembalikan gelang smrat tag transera (gelang transaksi) untuk memperoleh kembali uang deposito serta sisa kembalian (kalau ada). Oh iya, jangan kuatir karena semua transaksi selama di Transera tercatat sehingga kita bisa mengecek lagi pengeluaran apa saja yang digunakan selama di sana. Alhamdulillah dana saya yang dikembalikan hampir sebesar Rp 100 ribu. Horee …  Harapannya, suatu saat bisa datang lagi bersama keluarga besar agar ramai-ramai berkunjung. Sebelum pulang, kami menyempatkan diri lihat-lihat di toko souvenir yang ada di Transera Waterpark. 

Suami mau beliin kaos buat saya. Hhhee
Teman ingin ke sana? Kalau naik bus Transjakarta bisa ambil rute Harmoni-Pulogadung dan nanti transit di halte ASMI. Nanti dari ASMI naik Transjakarta langsung ke Harapan Indah dan turun di Halte Harapan Indah. Kalau naik Commuterline, ambil rute commuterline yang ke Bekasi dan turun di stasiun Kranji lantas dilanjutkan menggunakan ojek online.

Ingin tahu lebih banyak? Langsung buka akun media sosial Transera di bawah ini ya
Facebook : Transera Waterpark
Twitter : @transera_bekasi

Instagram: @transerawaterpark.bekasi

Petualangan wisata keluarga di Transera Waterpark menurut saya sekeluarga seru banget! Pengen lagi .. lagi .. dan lagi ...



Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

49 komentar:

  1. Duh yaa, baca cerita seru yg 0ada ke tensera bikin aku mupeeeeng

    BalasHapus
  2. Tadinya kami mau ikut acara ini. Tapi sayang ada halangan. Terimakasih jadi tahu dalamannya Transera. Btw artikel juga dilombakan ya? Semoga menang ya. Amin...

    BalasHapus
  3. Transera waterpark emang bagus ya mba.
    aku belum pernah ke sana, pengen naik yang gari-gari :-D

    BalasHapus
  4. gelang transaksinya keren mba. pada umumnya kan gelang kertas gitu y

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kalau ini awet anti air pula. Hihihi

      Hapus
  5. Nama area nya lucu2 yah gak pasaran. Itu dari bahasa apa ya artinya

    BalasHapus

  6. Transera waterpark cocok nih buat liburan bareng keluarga. Btw kalo high season lumayan juga ya harganya hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener mba. Anakku puas sih dan betah banget

      Hapus
  7. eleuh ini di harapan indah baru tau ntar klo pulkam mesti kesini ni hahaha seru bgt mb kebetulan neyna pgn bgt renang 😂

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk ajak-ajak aku yaaaa. Renang ama ayyas :p

      Hapus
  8. Seruuu... Bikin pengen balik lagi ya mbaakk...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuukk mbaa. Anakku doyan main air sih :p

      Hapus
  9. Fasilitasnya lengkap banget. Pengen kesana, tapi temenku sudah pindah ke cikarang. Kalau masih di bekasi kan bisa barengan kesananya hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ajak teman aja mas biar bisa menikmati. Tempatnya kece banget :)

      Hapus
  10. Wah kalau nggak bisa bawa makanan dari luar nggak bisa bawa mie goreng dong, makanan wajib kalau pas berenang, hihi. Untung banyak penjual makanan yaa.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhahaaa iya aku ya kadang renang bawa mie goreng mba. Trus makan nasi. Karbohidrat nambah karbohidrat. Hahhaa

      Hapus
  11. Wah... Seru bacanya aja... Gimana kalo ngerasain sendiri?

    BalasHapus
  12. Aiih...lengkap sekali wahananya ya? Trus gelangnya keren, biasanya kan kertas gitu...

    BalasHapus
  13. aku penasaran sama diskonnya mak, anakku mada lagi doyan banget berenang, bisa bahagia berlipat ganda dia klo ketemu air

    klo 3 orang berarti yg satu orang gak diskon ya ? aku ora mudeng nih

    BalasHapus
  14. oke berarti wahana water parknya memang yg lbh seru drpd dry park ya mba...

    pgn ih.... aku kayaknya bakal bolak balik main di crzy cone ama yg waterpark extreme 1nya lg :D.. tiketnya msih murah ya mba krn promo.. tp lg ga promopun aku liat msh murah juga dibanding waterpark lain

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin kalau suka berenang ya milih water park mba

      Hapus
  15. wuah, ulasannya bikin jadi pengen kesana suatuwaktu. Tapi soal bawa makanan sendiri yang gak boleh bisa jadi masalah nih. Anakku yang kedua hobi makan, tapi tidak pernah mau makanan dari luar rumah. Untung di tulis nih, jadi siap antisipasi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. DI dalamnya juga banyak pilihan tempat makan

      Hapus
  16. wah kelihatannya seru ya, apalagi bawa anak2

    BalasHapus
  17. praktis juga ya pake gelang gitu.. tinggal tempel hehee

    BalasHapus
  18. udah lama ngga k water park, unik ya pake gelang :O aku baru tahu malah. Tempatnya menarik buat dikunjungi nih..thx mba udah sharing :D

    BalasHapus
  19. Wah...kepengen ke sana nunggu anakku kelar UN dulu nih dan banyak acara. tapi takut keburu puasa juga hehe makanannya murce juga ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Makananya harganya terjangkau dan murah mba

      Hapus
  20. Bekasi? Aku malah barutauu masa mba wkwkkw

    BalasHapus
  21. bisa satu hari penuh ini untuk liburan sama keluarga mbak.. anak-anak senang main air. kitanya duduk sambil makan di kantinnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener Koh Huang. Tapi bisa juga kita ikutan berenang ya buat nemanin anak. Hihih

      Hapus
  22. asik banget temp-atnya . tp kalo dari tempat saya cukup jauh :(

    BalasHapus
  23. wah seru bgt tempatnya. nama wahananya lucu2 lagi ya hehehe..

    BalasHapus
  24. water park memang selalu seruuuuu

    BalasHapus
  25. aduh pengen main kesini nih.. terimakaish reviewnya mbak.. nice article :)

    BalasHapus
  26. Kalau ngajakin si kecil kesini pasti betah ya mbak :D

    BalasHapus
  27. Wah keren banget ya dan ternyata akses busway-nya gampang juga. Pake gelang kayak ke Taman Dino di Taman Mini. Kayaknya sekarang sistemnya pada non tunai ya, haha... Seneng banget ya Ayash liburannya :D

    BalasHapus
  28. Sistem transaksinya sama ya kayak di sindu park jogja, my life jarang traveling :D

    BalasHapus
  29. Sepertinya seru ya bermain di tempat ini

    BalasHapus
  30. Lama ga main bombom car. terakhir pas SMP apa ya. Transera memang seru banget..

    BalasHapus