Sabtu, Mei 13, 2017

Review 5 Menu Makanan Luminor Hotel Pecenongan dan Deals Menarik HotelPon

Libur panjang tak selalu identik dengan berlibur ke luar kota. Kemacetan panjang saat libur panjang membuat salah satu alasan liburan juga bisa dilakukan di dalam kota. Tak perlu bermacet-macet ria, tapi hati menjadi senang. Nah salah satu pilihannya adalah berlibur di hotel. Apalagi jika hotelnya berada di pusat kota Jakarta, murah, nyaman dengan fasilitas lengkap. Hotel bintang tiga yang menawarkan semua keunggulan itu adalah Luminor Hotel Pecenongan yang terletak di Jalan Pecenongan No 35, Jakarta Pusat. Hotel yang berada sekitar 15 menit dari stasiun Gambir ini memiliki 199 kamar dengan tiga tipe yakni deluxe roomeksekutive room dan suite room.

Beruntung pada Kamis, 4 Mei 2017, saya diundang HotelPon untuk menghadiri acara HotelPon Blogger Gathering bersama Luminor Hotel Pecenongan. Datang ke acara ini membuat saya banyak mendapat informasi tentang Luminor Hotel Pecenongan dan HotelPon. Kali ini, tema blogger gathering adalah “5 Menu Makanan Spesial dari Luminor Hotel Pecenongan”. 
Dua di antara lima menu spesial

Namun sebelum membahas tentang 5 menu makanan spesial dari Luminor Hotel Pecenongan, para blogger diperkenalkan dengan HotelPon. HotelPon merupakan e-commerce yang menyediakan deals fasilitas hotel seperti voucher food and beverage restaurant hotelcake and pastrybeauty treatment and gym membership hingga wedding package. Ibu Hariyanti Sukaharja dari HotelPon menjelaskan bahwa HotelPon didirikan untuk menghilangkan persepsi masyarakat yang menganggap bahwa makan di hotel itu mahal. “Padahal di hotel juga ada buffet lunch seharga Rp 45.000 per orang,” kata Ibu Hariyanti. HotelPon ini terhitung baru karena didirikan pada 1 Maret 2017. Namun meskipun baru, total ada 23 hotel yang telah bekerjasama dengan HotelPon. 

Pemilihan nama HotelPon dikaitkan karena dengan hanya di HotelPon bisa mendapatkan fasilitas hotel voucher (kupon). Ke depannya, HotelPon akan semakin mensosialisasikan keunggulan HotelPon kepada masyarakat.

Tampilan depan HotelPon
Setelah perkenalan tentang HotelPon.com, acara kemudian dilanjutkan dengan presentasi 5 menu makanan spesial dari Luminor Hotel Pecenongan. Chef Ardi datang bersama salah satu rekan kerjanya membawa sebuah meja besar berisi 5 menu makanan spesial dari Luminor Hotel Pecenongan. “Saya akan mempresentasi satu per satu kelima menu ini,” kata Chef Ardi.

Pertama, Chef Ardi memperkenalkan Burger Ireng. Sesuai namanya, Burger Ireng ini berwarna hitam (ireng berasal dari bahasa Jawa yang artinya hitam). Burger Ireng ini terbuat dari serbuk arang yang aman digunakan untuk makanan. Ukuran burger ini menurut saya tergolong besar untuk porsi saya. Selain itu, isinya pun banyak sehingga tentu sangat mengenyangkan. Di dalam burger itu terdapat beef, sayuran, keju dan tomat. Berat beef di dalam burger ini adalah 25 gram. Tak lupa mayonaise sehingga Burger Ireng ini menjadi nikmat dikonsumsi. Sebagai pelengkap, kentang goreng juga disediakan. Jika ingin memesan ini, pengunjung cukup membayar sebesar Rp 85 ribu. Saya mencicipi Burger Ireng ini dan menurut saya rasanya pas di lidah. Roti burgernya lembut dan isi burgernya pun lezat.    
Burger Ireng
Menu kedua yang dipresentasikan adalah Lumino Beef Bistick with Musroom Sauce. Penyajiannya sangat sedap dipandang. Sepotong beef dengan berat 125 gram diletakkan di atas potongan buncis rebus dan butiran jagung rebus. Di atas beef tersusun potongan kentang. Penyajian beef stick tentu tak akan lengkap tanpa sauce.  Musroom suace yang disajikan merupakan campuran dari musroom yang dipadu saos. Menurut Chef Ardi, beef yang digunakan berasal daging sapi lokal. “Bagian daging sapi yang digunakan adalah tenderloin,” kata Chef Ardi. Tingkat kematangan yang paling digemari adalah well done alias tingkat kematangan yang sempurna. Harga seporsi Luminor Beef Bistick with Musroom Sauce adalah Rp 85 ribu.  

Luminor Beef Bistick with Musroom Sauce
Selanjutnya, Chef Ardi memperkenalkan Empal Picung. Picung (bahasa Sunda yang artinya kluwek muda). “Picung ini diambil langsung dari Bogor karena tak ada di Jakarta,” kata Chef Ardi. Picung ini yang menjadi keistimewaan dari menu makanan ini. Empal yang disajikan tidak keras karena diproses dengan baik dengan tingkat kematangan yang tepat. Sayurnya diolah menjadi cita rasa yang unik karena merupakan pepaduan pedas dan gurih. Bagi penggemar pedas, dapat ditambahkan cabai agar sensasi pedas lebih terasa. Harga satu porsi adalah Rp 60 ribu.   

Empal Picung
Kemudian, menu makanan spesial yang diperkenalkan adalah Sop Iga Kedondong. Saat pertama kali mendengar nama Sop Iga Kedondong, saya penasaran dengan rasanya. Teryata tak hanya saya saja yang penasaran. Menurut Chef Ardi, banyak yang penasaran dengan rasa Sop Iga Kedondong yang ditawarkan Luminor Hotel Pecenongan. Penggunaan kedondong di dalam menu makanan ini teryata membuat rasa gurih asam yang lezat. Chef Ardi lebih memilih menggunakan kedondong dibandingkan belimbing wuluh karena tekstur belimbing wuluh dianggap terlalu lembut sehingga tak akan menimbulkan sensasi renyah ketika digigit. Ini berbeda jika menggunakan kedondong. Satu porsi Sop Iga Kedondong menggunakan 1 buah kedondong yang dipotong menjadi delapan bagian. Kedondong yang digunakan adalah daging buah dan membuang serat buah yang menganggu. Selain kedondong, dalam satu porsi Sop Iga Kedondong terdapat tomat hijau, tomat merah dan iga. Saat saya mencicipi, daging iganya lembut dan bumbunya terasa sangat meresap. Rasa kuahnya juga lezat. Sebagai pelengkap, Sop Iga Kedondong ini disajikan bersama emping, nasi putih, sambal dan jeruk nipis. Harga satu porsi adalah Rp 120 ribu.

Sop Iga Kedondong
Menu terakhir yang disajikan oleh Chef Ardi adalah Nabulupe Iga. “Ah ini pasti makanan dari Afrika,“ pikir saya saat mendengar Chef Ardi menyebutkan menu makanan itu. Teryata tidak. Nabulupe merupakan singkatan dari Nasi Bambu Luminor Pecenongan. Kreatif banget ya? Saya sendiri tidak terpikir sejak awal bahwa nama itu merupakan singkatan. “Biar makin banyak yang penasaran,” kata Chef Ardi sambil tersenyum. Nabulupe Iga ini adalah nasi gurih yang dimasak menggunakan kaldu. Nasi itu kemudian dimasukkan ke dalam bambu kemudian di bagian tengahnya dimasukkan sayuran seperti wortel, jamur dan tumisan bawang merah, bawang putih. Nasi bambu itu kemudian disajikan dengan potongan daging iga (bisa pilih iga bakar atau iga goreng) dan sambal pencok. Sambal pecok terbuat dari cabai rawit merah dan bawang putih yang diulek kasar kemudian disiram minyak panas. Soal rasa, Nabulupe Iga ini juara!. Sensasi pedasnya terasa banget. Rasa gurih nasi menggoda lidah. Jika ingin mengkonsumsi Nabulupe Iga, gunakan sebuah alat pendorong untuk mengeluarkan nasi bambu.

Nabulupe Iga
Setelah memperkenalkan kelima menu spesial, para blogger juga diajak menikmati makan siang di ‘Rock n Sugar' Restaurant Luminor Hotel Pecenongan, ada promo-promo menarik dari Luminor Hotel Pecenongan. Salah satunya adalah All You Can Eat Quick Lunch hanya Rp 85 ribu dengan thematic food dengan jadwal seperti di bawah ini :
Selasa : Kampung Betawi
Rabu : Gebyok Jawa
Kamis : Sunda Ngariung
Jumat : Nusantara  
Suasana di Rock n Sugar Restaurant Luminor Hotel Pecenongan 
Luminor Ngariung
Karena blogger gathering diadakan pada hari Kamis, maka thematic food yang tersajikan adalah Sunda Ngariung. Sesuai tema, menu makanan yang ditawarkan serba sambal. Ada aneka sambal yang tersaji. Mulai dari sambal mangga, sambal teri, sambal hijau dan lain-lainnya. Sebagai penggemar berat sambal tentunya ini adalah menu makanan favorit saya. Tak hanya sambal saja, aneka lauk seperti ikan goreng, ayam hingga empal juga tersaji. Oh ya, walaupun temanya Sunga Ngariung tapi masih sangat banyak pilihan makanan yang disajikan. Jujur saya sampai binggung mau makan apa saja karena banyak yang tersaji. Mulai dari bakso, laksa bogor, rujak, jajanan pasar dan lain-lain. Pokoknya puas banget menikmati aneka makanan yang tersaji.  


Oh ya, selain thematic food juga ada promo BBQ Dinner All You Can Eat BBQ Dinner hanya seharga Rp 135.000. Jika ingin mendapatkan diskon 10 %, bisa dengan membeli voucher di HotelPon.com. Ingin menikmati Nabulupe Iga? Di HotelPon ada promo juga voucher Rp 10.000 value Rp 50.000 loh!. Caranya mudah banget. 

1. Buka website HotelPon.com dan pilih menu yang disukai
2. Lakukan reservasi ke 021-3447777 ext 20 
3. Voucher berlaku untuk 1 bill dengan minimal pembelian Rp 250.000 
4. Voucher berlaku Senin-Minggu 
5. Berlaku untuk dine-in 
6. Periode voucher berlaku mulai 23 Maret - 30 September 2017 

Mengikuti HotelPon Blogger Gathering bersama Luminor Hotel Pecenongan sangat menyenangkan. Sampai jumpa lagi di HotelPon Blogger Gathering selanjutnya. 


Foto : HotelPon

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

69 komentar:

  1. ya ampun itu burger ireng menggoda bangeett :)

    BalasHapus
  2. Aku masih penasaran sama sambalnya mab, tapi kan nggak mungkin dicoba semuaa, hahaha, jontor ntar

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha iya mbaa. Tapi kalau sambal apa aja sih pasti enaakk

      Hapus
  3. Sop iga kedondong, segeerrr..lihatnya, jadi laper

    BalasHapus
  4. Nabulupenya jadi keinget ama kue puthu. Kan dibikinnya juga ditaruh di cetakan bambu ukuran kecil, trus dikeluarin dengan didorong gitu. Kayaknya sop kedondong yang paling seger nih *ya iyalah

    Semua menunya bikin ngiler, mbak hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha iya ada temanku juga yang bilang gitu. Tapi keren dan enak mba

      Hapus
  5. aq masih penasaran sm sambalnya kmren lupa nyobain yg berjejer byk itu :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih aku udah nyoba 4 menu sambalnya mba. Hihihi

      Hapus
  6. Namanya unik2. :D Bakal bikin penasaran deh. Hehehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Walau namanya bikin penasaran tapi juga lezat mbaaa. Hihih

      Hapus
  7. Menunya menggugah selera.Itu burgernya hitam pekat, gedhe pula.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener banget mba. Jadinya lapar. Hihihi

      Hapus
  8. Nyesel deh gak ikutan daptar pada saat itu, liat menu makanannya yummy banget... duh itu burger ireng nya menggoda sekali

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar kalau ada acara dari HotelPon hayuk langsung daftar mba

      Hapus
  9. Suka menu andalannya,,, enak,, mau d traktir yg menang igny nih, burger Ireng aja bungkus ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Siap deh. Bungkus pakai karet berapa? Hahhaaa

      Hapus
  10. burgernyaa uniik.. dr dulu penasaran sm burger hitam, rasanya kaya gimanaa yaa

    BalasHapus
  11. Haaa.. Sop Iga Kedondong dengan rasa gurih berpadu asam yg lezat. Hmmm, pasti ini makanan sempurna banget

    BalasHapus
  12. Nyummi, jadi pengen bawa keluarga ke sana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuk mba. LIhat rasanya udah lezat kan ya

      Hapus
  13. Kalo ke Jakarta bisa jadi referensi nih mba :D

    BalasHapus
  14. burger ireng.. itu bikin penasaran..rasanya gimana..ya.. lezat pastinya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Langsung aja mba yuk kalau ke Jakata di coba langsung ke Hotel Luminor pakai voucher HotelPon

      Hapus
  15. wadaw mbaaaa.. itu makanana enak bener... saya jadi mau mbaaaa.....

    BalasHapus
    Balasan
    1. ENak deh mba. Hayuk dicoba beneran mantap

      Hapus
  16. Wuah makanannya enak-enak banget yaaaaaa <3Sop iga kedondong kayanya seger ya mak Lidaaa.. Hihihi

    BalasHapus
  17. Kaka katong kan dapat voucher mamam to,. Bsa lai katong bakudapa makang deng keluarga wkwk

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah bisa lai katong atur ee tapi beta tunggu anggota keluarga lengkap dolo eee

      Hapus
  18. mba Lid ini yang mba menang y fotonya emang kece aku baca ini subuh2 sukses bikin perut badendang hahhaa

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah iya mba Herva. Hhhahahaa yuk makan ama aku :p

      Hapus
  19. aku langsung penasaran sama si burger ireng mba, sering liat di IG foodlover dari luar negeri soalnya :O pengen coba deh >w<

    suika-lovers.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa enak. Aku kemarin nyicipin mbaa. Hihihih

      Hapus
  20. ih sebelll bikin ngilerr :D

    BalasHapus
  21. mbaa, ini pake kamera Fuji kah?
    Btw, Hotelpon asik jg yak aplikasinya. Kapan2 daku mau coba aaahhh
    --bukanbocahbiasa(dot)com--

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyap ini pakai kamera fuji, mba. Hihii
      Iyaa selamat mencoba yaaa

      Hapus
  22. Aku selalu suka iga bakar. Tapi sop iga pake kedondong pula kok menggoda banget ya?
    Kebayang segernya.

    BalasHapus
  23. bener mbak, persepsi makan di hotel itu mahalll banget, itu udah ada sejak dulu, ahaha. Padahal murah ya misal buffet all you can eat gitu, palagi pake hotelpon :)

    BalasHapus
  24. Bener banget, mba. Kalau ada HotelPon jadi lebih murah harganya mba. Hihihi

    BalasHapus
  25. Wah konsepnya keren ini. Gak harus nginep ya mbak untuk bs makan di hotel?
    Btw, menunya unik2 juga yak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sip bener banget mba Eni. Nggak harus nginap buat makan enak di hotel

      Hapus
  26. Hotelpon, aku kenal layanan voucher dari ig, tp blm coba beli. Hihi

    BalasHapus
  27. Lumayan deket dari rumah mama mertua nih. Bisa kali yah mampir nyobain burger irengnya. :D

    BalasHapus
  28. Makanannya bikin ngeces, liburan nggak harus keluar kota, nginep di hotel aja udah bikin refresh yaa..apalagi hotelnya seperti Luminor Hotel ini, nggak jauh lah dari Depok..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bener bnaget mba Nunu. Naik comuterline sekali aja udah langsung bisa nyampe mba di lokasi yang dituju :)

      Hapus
  29. burger irengnyaaaa bikin kepengeeen :9

    BalasHapus
  30. tertarik bgt sama Nabulupe Iga, tapi tapi jauh ya dr jogjaa >_<

    BalasHapus
  31. Penasaran sm sop iga kedondong

    BalasHapus
  32. burger hitam, menarik hati dan lidah ingin mencicipi mbak, unik soalnya

    BalasHapus
  33. aku kangen sama nabulupe iganya, belum puas icip-icip kemarin hihi

    BalasHapus
  34. Paling mupeng sama burger ireng nih, bikin ngiler mba hihi

    BalasHapus
  35. Penasaran ama rasa burger itemnya itu.
    Kayaknya enak.

    BalasHapus
  36. Suka sama foto fotonya Alidha :)

    BalasHapus
  37. wahh menggoda sekali mbak lidh
    aku jadi penasaran sama burger irengnya nihh

    BalasHapus
  38. Secara keseluruhan memang menunya enak2 banget ya dengan kadar gurih yg ga berlebihan. Sup Iga Kedondongnya selain unik, rasanya juga seger banget.

    BalasHapus
  39. Birger ireng? Unik banget .. tadi sempat saya kira semacam donat coklat :)

    BalasHapus
  40. Itu harganya belum termasuk 21% tax ya?? Yang paling menggoda itu 🍔 ireng mba...

    BalasHapus
  41. Fotonya makanannya bikin kepengen mba >< mau bgt coba burger sama beef bistiknya huhu

    BalasHapus