Kamis, Maret 09, 2017

Nongkrong Asyik di Kafe Kongkow Depok

Asyiknya sebagai blogger, walaupun jarang bertemu tapi kerapkali sudah merasa akrab. Apalagi sudah bertemu walau hanya sekali, segala omongan terasa nyambung. Padahal saya jarang menghadiri acara blogger. Namun berkat blogwalking, ikut-ikutan komen di status facebook teman, ngobrol melalui whatsapp, terjalin kedekatan.

Termasuk dengan beberapa teman blogger yang tinggal di kawasan Depok, Jawa Barat. Karena merasa akrab, akhirnya diputuskan untuk bertemu di sebuah kafe di kawasan Depok. Sekitar 20 teman blogger dijadwalkan ngumpul di Kafe Kongkow pukul 14.00 WIB pada dari Jumat pekan lalu. Sekalian untuk membahas masa depan Blogger Depok. #Eaaaa
 
Sebagian teman lagi nongrong :)
Kafe ini, kalau dari Universitas Indonesia ke kafe ini dekat banget jika menggunakan sepeda motor. Tapi waktu itu saya berangkat dari Setu Babakan, Jagakarsa menggunakan ojek online. Kafe ini mudah diakses karena terletak di samping Kelurahan Kukusan. Bangunannya dari luar terlihat seperti rumah biasa tapi teryata sangat luas.

Saat saya tiba, masih belum ada teman blogger yang tiba. Waktu itu, jam menunjukkan pukul 13.45 WIB. Karena masih belum ada teman nongkrong, akhirnya saya memutuskan untuk berkeliling kafe seorang diri. Kafe ini terdiri dari dua lantai. Kafe ini tampak romantis karena banyak hiasan cinta yang bergantungan.
 
Suasana kafe
Kursinya ada yang berupa kursi panjang dari kayu jati. Ada juga yang kursi satuan sehingga banyak pilihan. Jika ingin mendapat angin sepoi-sepoi, makan di bagian luar bisa menjadi pilihan. Walaupun di bagian luar bangunan kafe, namun ada atap juga. Dinding bagian luarnya berhiasakan tanaman hias yang membuat suasana terlihat semakin cantik. Saya dan teman-teman memilih untuk nongrong di dalam kafe. Saya senang sekali dengan aneka grafiti yang menarik. Saat pertama kali masuk, pengunjung akan melihat sebuah papan tulis besar berwarna hitam yang penuh dengan angka dan huruf seperti rumus.
 
Hiasan dinding 
Tak hanya itu saja. Aneka tulisan penyemangat hidup (ehem!) juga nampak menghiasi dinding-dinding kafe. Nah, aneka tulisan itu tidak dipajang begitu saja tapi tertata dengan rapi sehingga terlihat sangat bagus. Misalnya ada satu dinding yang khusus untuk memajang aneka pigura.

Aneka hiasan 
Sambil menunggu teman-teman blogger datang, saya langsung memesan makanan. Makanan yang saya pesan adalah Nasi Ayam Betutu Bali. Harga satu porsi Rp 29 ribu. Kenapa saya memesan ini? Pertama, terprovokasi oleh Mba Eni Martini yang menulis di blog bahwa makanan ini enak banget. Karena penasaran, saya pun langsung memesannya. Maklum, saya belum makan siang, jadi perut sudah keroncongan minta makan.
 
Ayamnya penuh bumbu :) 
Saat makan tiba, saya melihatnya sudah dapat terbayang lezatnya. Porsi nasinya sangat banyak menurut saya (tapi habis juga karena kelaparan. Hihii). Nasi itu disajikan bersama ayam berbumbu yang dibungkus almunium foil. Lalu ada plencing kangkung, sambal dan kacang goreng. Ayam berbumbunya lezat!. Bumbunya banyak banget dan masih dalam keadaan panas. Untuk rasa sambal, juga enak dan pedas. Pas di lidah saya. Saya tak salah kan kalau kalap sehingga menghabiskan satu porsi? Hihii. Untuk minuman, saya memiliki milkshake green tea seharga Rp 15 ribu.
 
Emak-emak sibuk pesan makanan
Selesai makan, satu per satu teman pun datang. Mereka kemudian memesan makanan sesuai selera. Misalnya mba Nurul yang memesan nasi goreng. Lalu mba Eni yang memesan Sate Maranggi. Sate Maranggi?. Iya jangan heran, di Kafe Kongkow ini juga menyajikan aneka hidangan. Misalnya Laksa Singapura yang dipesan mba Gita, salah satu tema Blogger Depok City yang hadir. Nongkrong di Kafe Kongkow ini memang jadi betah. Hasil nongkrong kemudian menghasilkan beberapa hal yang menarik. Salah satunya meresmikan adanya komunitas Blogger Depok City yang diketuai Mba April Hamsa dan wakil ketua adalah mba Eni Martini.

Oh ya, selama kami nongkrong, bu Sumi pemilik kafe tak henti-hentinya menyapa. Dia menanyakan pendapat kami tentang rasa masakan hingga kenyamanan di kafe ini. Ke depan, kafe ini akan menyajikan aneka hidangan yang semakin menambah selera. Sebelum pulang rumah, saya memesan Nasi Bakar Ayam dua porsi. Masing-masing seharga Rp 29 ribu. Tiba di rumah, saya dan keluarga mencicipi Nasi Bakar Ayam itu. Rasanya? Lezat!. Apalagi sambalnya super pedas sehingga menambah selera makan saya.

Ingin nongkrong di Depok? Nongkrong saja di Kafe Kongkow ...

Lucu ya hiasannya :)

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

56 komentar:

  1. Wah...selamat ya atas bermulanya komunitas blogger depok...

    BalasHapus
  2. Suasananya romantis, cocok kalau nagajakin pacar, hahaha

    BalasHapus
  3. Hehehe...aku ganti nama wkwkwk
    Asyik ya buat ningkrong emak-emak

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa jasamu sungguh Mulia, mba. Hahhaha. Maap ya udah aku ralat. Itu kenapa tulisannya nggak sesuai dengan pikiranku. Hahhaa

      Hapus
  4. Aku sukaaa cafenya mbaa.. Hiasan dindingnya lucu2, makanannya juga enaaakkk.. Pingin kpn2 ke sana lagi sama keluargaku aah.. :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Yuuk mbaa. Iya suamiku juga karena rasa masakan enak, jadinya pengen ke sana :)

      Hapus
  5. Tempatnya emang cozy banget ya mba, jadi pengen kongkow kesana lagi 😅

    BalasHapus
  6. Duuh enaknya bisa kumpul bareng sesama blogger ya. Alhamdulillah di Batam juga geng blogger tiap bulan adaaa aja ketemuan dan kumpul-kumpul, entah itu di hotel, restoran, atau cafe. Alhamdulillah:D

    BalasHapus
  7. Cieeeee ada komunitas blog baru niih.
    Sayangnya saya jauh dari depok jadi kalau gabung gaasik nanti karna ga bis sering kopdar

    BTW cafenya ngehits ya. Benar benar kekinian.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya alhamdulillah udah ada tempat kumpul :)

      Hapus
  8. Selamat atas berkumpulnya blogger depok :)) Semoga kapan@ bisa gathering bareng blogger bali :)))

    BalasHapus
  9. jauh ke depoknya hehehe tp kliatan bgt enak buat kumpul2 sama temen tempatnya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa mba Ria sekali jalan2 ke Depok :)

      Hapus
  10. Wah namanya cafe kongkow? pasti enak buat kongkow-kongkow ya mba :D

    BalasHapus
  11. Ayam betutunya enak, murce lagi, pengen ke sana lg sama keluarga :D

    BalasHapus
  12. Kebayang nikmatnya ayam yang penuh bumbu :)

    BalasHapus
  13. Waaah ada komunitas blogger depok, saya warga depok 😊 Gimana cara ikutan gabungnya mak..?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah baru tahu. Bisa colek mba April dan Mba Eni, mba

      Hapus
  14. Wahh, ada blogger community deppok. Selamat. Kalau ada kegiatan di kafe kongkow, mau juga ikutan, mbak ...

    BalasHapus
  15. homey bgt ya Mba, persis ky namanya. asyik utk kongkow2

    BalasHapus
  16. depok sekarang banyak tempat asikk yah, saya udah lamaaa banget enggak ke daerah depok :)

    BalasHapus
  17. Selamat buat Blogger Depok City!
    Btw bagian mananya Kukusan? Dulu aku tinggal di sana.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sampingnya Kelurahan Kukusan, mba Helena

      Hapus
  18. wah nyaman abnget ya, itu yanga da mangkok itu di atas atap???

    BalasHapus
  19. Akhirnya bisa ngumpul bareng teman-teman blogger Depok ya mba. Itu murah juga Nasi Ayam Betutu Bali, banyak porsinya sih :)

    BalasHapus
  20. Lempar sini itu ayam yang penuh bumbu mba Lid, aku belum sarapan hahahha
    bagus banget kongkow tempatnya, hits gitu dan nngak ngebosenin. pengen nyoba kok jauh :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hayuuk tangkaaap. Hihihi. Iya moga suatu saat bisa nyobain yaa :)

      Hapus
  21. yukk kesana lagi. pengen nyicip milkshake greentea

    BalasHapus
  22. salam hangat dari komunitas blogger Pekalongan :)

    BalasHapus
  23. Plecing kangkung en kacang gorengnya mengintip tuh

    BalasHapus
  24. enakkk buat kumpul-kumpul teman yo

    BalasHapus
  25. aku sering banget nih kuliner-an di Depok tapi baru tahu ada Cafe kongkow depok ini. Kayaknya asyik ya tempatnya. Harus nyoba! Harganya gimana mbak? Masih bersahabat kah?

    BalasHapus
  26. Waaah asyiik. Kapan2 semoga bisa mampir makan di sini. Makasi reviewnya :D

    BalasHapus
  27. yeay selamat atas kelahiran Blogger Depok City :) tapi ga ngebahas Japok itu kan mb?wkwkwk *ditoyor mba lid :p

    BalasHapus
  28. Mbak Alida, ini mah deket ya kalo naik motor. Aku deket Setu Babakan nih. Ajak2 dong kalo pd ngumpul hehe spy aku punya temen baru nih para blogger Depok sip keren cafenya.

    BalasHapus