Minggu, Maret 05, 2017

3 Tempat yang Ingin Saya Kunjungi di Hong Kong

Saya pernah bermimpi menginjakkan kaki di Hong Kong. Impian itu berawal dari buku-buku yang saya baca, tayangan film yang saya tonton dan dorongan tante yang pernah berkunjung ke Hong Kong. Beberapa tahun lalu, tante saya berangkat dari Ambon menuju Hong Kong. Setelah kembali berlibur dari Hong Kong, ia menceritakan kegiatannya selama di Hong Kong. Mulai dari berkunjung ke Disneyland Hong Kong, mampir di Avenue of Stars, hingga aneka kuliner yang memanjakan lidah.

Walaupun sebagian besar penduduk bukan beragama Islam, namun lebih dari seabad yang lalu Hong Kong menjadi ‘rumah’ bagi warga Muslim. Saat ini setidaknya ada lebih dari 270.000 warga Muslim dari tujuh juta penduduk lokal. Jadi, Hong Kong kini sudah menjadi destinasi yang ramah bagi wisatawan Muslim. Sajian halal di Hongkong mudah diperoleh. Begitu juga kemudahan untuk menjalankan tempat ibadah. Bahkan salah satu Masjid yakni Jamia/Shelley Street Mosque merupakan masjid tertua di Hong Kong yang dibangun pada 1890 ditetapkan menjadi warisan sejarah. Saya pun berjanji dalam hati, “Suatu saat saya pasti ke sana”. Janji itu kemudian saya wujudkan dalam menyusun rencana kunjungan ke Hong Kong. Jadi kalau ada tawaran ke Hong Kong, saya langsung menyodorkan proposal kegiatan selama di Hong Kong.
 
Sumber foto : canva.com 
Jujur, banyak tempat wisata yang ingin saya kunjungi. Tapi jika harus memilih, ada tiga tempat yang ingin saya kunjungi yakni :

The Peak Tower
Mengapa saya ingin ke The Peak Tower?. The Peak Tower yang berada di Garden Road, Central, ini menyajikan pemandangan gedung-gedung pencakar langit yang menawan. Aneka gedung itu tersusun indah sehingga sayang untuk dilewatkan begitu saja. Untuk menuju The Peak Tower, harus menggunakan The Peak Tram. Butuh waktu 10-15 menit menggunakan The Peak Tram untuk tiba di The Peak Tower. The Peak Tram ini walau telah beroperasi sejak tahun 1888, namun hingga kini masih berfungsi dengan baik. Oh ya, pemandangan saat menggunakan The Peak Tram jangan terlewatkan begitu saja karena tram akan semakin menanjak dan menimbulkan sensasi tersendiri.  

The Peak di siang dan malam hari.
Sumber foto : oddcities dan wikimedi
The Peak Tram ini akan tiba di Sky Terace 428 untuk melihat pemandangan gedung-gedung pencakar langit yang menakjubkan. Sky Terace 428 ini merupakan titik tertinggi untuk melihat Hong Kong 360 derajat. Datang ke The Peak Tower sebaiknya tidak hanya siang hari saja. Namun datanglah ke siang hari dan malam hari pada hari yang sama sehingga akan mendapat pemandangan yang luar biasa. Di siang hari, mata akan dimanjakan langit cerah yang tampak hampir ‘menyentuh’ awan. Sedangkan di makam hari, kerlip bintang dan lampu-lampu dari gedung-gedung akan membuat malam menjadi sangat menakjubkan.  Tak hanya itu saja, lampu-lampu kapan dari Pelabuhan Victoria akan memunculkan kekaguman yang tiada henti. Oh ya, di Sky Terace 428 ini juga ada kertas yang bisa digunakan untuk menuliskan harapan atau keinginan. Ada ribuan kertas yang terpasang dan menunjukkan bukti cintanya kepada pasangan atau keinginan yang diharapkan dikabulkan. Sky Terrace ini dibuka sejak pukul 10.00 hingga 23.00 waktu setempat.

Disneyland Hong Kong
Saya tak mungkin melewatkan kesempatan untuk berkunjung ke Disneyland Hong Kong. Mengapa? Taman wisata ini sangat terkenal di dunia dan tersebar di beberapa negara. Nah Disneyland Hong Kong inilah yang paling mudah dijangkau dari Indonesia sehingga saya tak perlu jauh-jauh ke Amerika. Setelah tiba di Hong Kong, saya bisa menggunakan kereta cepat Mass Transit Railway (MRT) menuju stasiun Sunny Bay menuju Disneyland Hong Kong. Nantinya, dari Sunny Bay akan menggunakan kereta khusus bertema Disney agar dapat langsung menuju kawasan Disneyland Resort.

Aneka keceriaan di Disneyland Hong Kong.
Sumber foto : pinterst, Hongkong Disneyland dan Hongkong Disneyland, 
Tiba di Disneyland Hong Kong, para pengunjung akan disuguhkan upacara pembukaan yang telah berlangsung sejak wahana hiburan ini dibuka tahun 2005. Upacara pembukaan ini dibuka dengan kedatangan Mickey dan Minnie dengan menggunakan mobil khusus. Selama di mobil hingga turun dari mobil, Mickey dan Minnie tak henti-hentinya melambaikan tangan. Setelah itu, satu keluarga yang dipilih secara acak, berfoto bersama Mickey dan Minnie di depan Disneyland dengan latar taman bunga warna-warni bergambar kepal Mickey. Kunci berwarna warni yang dipegang keluarga itu kemudin dimasukkan ke kepala Mickey sebagai simbol dibukanya Disneyland untuk umum. Beberapa atraksi yang menarik misalnya The Many Adventures of Winnie The Pooh, petualangan Jungle River Cruise hingga pertunjukan unik tiga dimensi Mickey Magic. Saya semakin ingin mengunjungi Disneyland Hongkong karena merupakan taman Disney pertama yang bertema Marvel ‘Iron Man Experience’ yang serba baru hingga ‘Star Wars: Tomorrowland Takeover’. Karena saya adalah penggemar Iron Man, maka saya tak akan melewatkan kesempatan untuk menikmati pengalaman menjadi Iron Man. Dengan menggunakan sepasang kacamata StarkVision, saya akan merasakan sensasi tur udara mengelilingi kota. Oh ya, Disneyland Hong Kong ini telah dikunjungi lebih dari 38 juta pengunjung dari seluruh dunia, termasuk Indonesia.

Satu lagi yang membuat saya tertarik yakni pertunjukan menyusuri ‘buku’ cerita yang menakjubkan saat halaman demi halaman dibuka. Tujuh dongeng yang diceritakan yakni Aladdin dengan si Jin, The Princess and The Frog hingga Frozen membuat saya akan merasa berada di dunia dongeng.

Madame Tussauds Hong Kong
Jiwa narsis saya terkadang muncul saat melihat tokoh-tokoh penting yang selama ini hanya bisa saya pandang melalui televisi. Rasanya pengen bilang, “Paak, saya mau foto sama bapak”. Tapi nggak mungkin kan, istri solehah teriak-teriak seperti itu? Apa kata dunia? #Eh. Nah, kalau ke Madame Tussauds Hong Kong, saya akan berpuas berfoto bahkan pegang tangan para tokoh penting. Dan saya yakin, tokoh itu nggak bakalan marah saya sibuk pose di sampingnya. Maklum, tokoh yang ada di Madame Tussauds Hong Kong adalah patung lilin. Banyak hal yang membuat saya tertarik ke Mamade Tussauds. Pertama, ada lebih dari 100 patung lilin yang menawarkan hiburan dan pengalaman bersama selebritas dan tokoh-tokoh penting. Berkunjung ke Madame Tussauds Hongkong ini karena akan ada Presiden Jokowi yang menjadi sosok yang dijadikan patung lilin. Bahkan, Presiden Jokowi mengalahkan sejumlah tokoh dunia seperti Donald Trump dan Hillary Clinton. Sebelumnya sudah ada patung lilin Presiden Soekarno. Ada 11 tema area yang terdapat di Madame Tussauds Hong Kong. Ke-11 tema area itu adala Authentic History, Music Icoons, Fantasy Kingdom, Royal Family, Hong Kong Glamour, Historical and National Heroes, TV Studio, World Premiere, Kung Fu K-Wave, The Champions. Aneka souvenir dan kado dapat diperoleh di Madame Tussauds Hong Kong.

Sumber foto : Madame Tussauds
Tiga tempat itu merupakan tempat yang menarik untuk saya kunjungi. Tapi, Hong Kong tak hanya menawarkan tiga tempat itu. Berkunjung ke Hong Kong semakin menarik berkat informasi yang diperoleh dari website. Di website itu, banyak sekali informasi meliputi atraksi terbaik, event-event penting, hingga aneka kuliner lezat yang menggugah selera. Jadi, bagi yang pertama kali ke Hong Kong akan mendapat informasi yang mungkin terlihat sederhana tapi teryata penting. 

Misalnya, tentang mendapatkan akses internet selama di Hong Kong. Dalam wesbite itu disebutkan bahwa beberapa bangunan pemerintah termasuk perpustakaan umum dan stasiun MRT menyediakan layanan Wi-Fi. Website itu juga memberikan informasi tentang kemudahan untuk memperoleh transportasi. Panduan Hong Kong ini juga bisa diperoleh dengan download aplikasi bernama My Hong Kong Guide dan Hong Kong Insider’s Guide. Tak sabar ingin segera ke Hong Kong. Let's Discover Hong Kong! 

Itulah 3 tempat yang ingin saya kunjungi. Teman ingin berkunjung ke tempat mana saja jika mendapat kesempatan ke Hong Kong?

*Sumber tulisan: Kompas.com, DiscoverHongkong.com

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

84 komentar:

  1. Waah aku baru liat header-nya nih mba, cantiikkkss.. :D Wih pingin banget bisa jadi keluarga yg dipilih buat foto bareng sama Miki Mini di Disneyland HK.. :D Aku kalo k HK penasaran pingin liat Victoria Park. Gara2 nonton filmnya Indonesia apa ya judulnya lupa yg tentang TKI di sana itu mba.. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah. Biar makin banyak dikunjungi cewek cakep kayak mba Dita. Hihihii. Oh iya Victoria Park juga bagus karena banyak aktivitas menarik disana

      Hapus
  2. samaaaaa, aku jg pengen ke HK krn disney nya dan ada iron mannya itu sekarang :D.. disneyland soalnya jd tempat wajib yg msuk dlm bucket listku mba.. pokoknya hrs bisa datangin disney, nth yg di paris, HK ato jepang ato yg di amrik.. kmrn di jepang aku ga ke disney krn kita udh dtg ke 3 themepark, makanya disney ga kita masukin dulu...

    ini sbnrnya pake kartu kredit bank tempat aku kerja lg ada promo ke HK... menggoda banget, tp msh ragu2 krn mslh cuti ini -__-

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyik ya ada promo kartu kreditnya mba. Yuk ke Hongkong temani aku. Aamiin :)

      Hapus
  3. ternyata kita sehati mba lid pengen ke disney n madame tussauds :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillah kita jodoh ya mba. #Eaaaa :p

      Hapus
  4. Disneyland asyiiik banget tuh kak,.... Kesananya ngajak anak2 bakal exited deh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bakalan betah ajak anak di Disneyland :)

      Hapus
  5. Kalau saya duku kepingin ke Jepang hehehe belum kesampaian, sekarang saya hanya punya satu keinginan, yaitu Ke Mekah. Semoga terkabul. Aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. InsyaAllah semoga dikabulkan ke Mekkah ya mba Ria. Aamin

      Hapus
  6. Aku selama ini nggak pernah melirik hong kong, tapi baca tulisanmu jadi pengen. Cuma tetep prioritasnya pengen ke Korea dan Jepang dl

    BalasHapus
  7. Semoga kecapai semuanya ya, Mba..aamiin..
    Baru tahu juga di Hongkong ada itu, taunya aku cuma Disneyland..hehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin. Terima kasih doanya, mas Andy :)

      Hapus
  8. semoga secepatnya terwujud ya Mba :)
    Itu juga kayanya 3 tempat wajib yang harus dikunjungi oleh saya juga kalo ke Hong Kong :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aaamin,. Terima kasih banyak doanyaa. Aamin semoga berkesempatan ke Hong Kong ya :)

      Hapus
  9. Saya kalo ke Hong Kong pingin jalan kaki mondar-mandir aja deh, karena sekelilingnya cakep2 :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kita jalan kaki bareng yuk. Sambil liat sapa tahu ada yang bisa diliat :p. Iya pemandangannya emang cakep kayak aku #Eh :p

      Hapus
  10. Wuah menarik juga 3 tempat ini ya mba, terutama Disneyland nya. Anak-anak pasti seneng diajak ke sana :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kesukaan anak-anak dan tentu umminya juga suka mba Lianny :)

      Hapus
  11. Bener mba. Ketiga tempat tadi yang wajib dikunjungi ketika ke hongkong. Jangan lupa juga untuk wisata belanja.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah soal wisata belanja juga keren nih. Makasih idenya mba Wian :)

      Hapus
  12. aamiin..
    semoga tercapai mbak mimpinya. Kalau dah pergi jangan lupa bagiin cerita-cerita serunya di blog nih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin doanya. Terima kasih ya. InsyaAllah :)

      Hapus
  13. kalau aku pengen coba naik junk .. seru kalik ya
    good luck semoga secepatnya bisa ke Hong Kong

    BalasHapus
    Balasan
    1. Seruu mba Monda. Aamin doanya. Makasih yaa :*

      Hapus
  14. Destinasi wajib semua orang kalo ke Hong Kong, ya mbak...

    BalasHapus
  15. Kalo kakak ke Hongkong ajak2 beta jua. Moga menang ya kak.

    BalasHapus
  16. Kayak lagu dong Jakarta - Hong Kong...
    Ke Disneyland seru ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. HAhaha iya kan seru kalau ke Disneyland :p

      Hapus
  17. Madame Tussauds berada di Area The Peak khan ya, jadi bisa langsung beli tiketnya.Dulu Saya 3x kesana malah belum naik tram sama madame Tussaud. Tiketnya mihil untuk ukuran TKW macam saya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyiknya udah ke Hong Kong. Wah kayaknya harus nabung dulu yaa. PAdahal ngantri juga ya di sana :)

      Hapus
  18. Di antara 3 itu pengin banget ke disneyland :D semoga bisa ke Hongkong suatu saat nanti :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aam8in mbaa. Smoga suatu saat nanti ya mba :)

      Hapus
  19. Kalau ke hongkong jangan lupa ajak2 saya yaa mbak...*hehe..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Haayukk mba Feriyana. Ikut yuuk. Aamin aamiin ;)

      Hapus
  20. waaaaa, udh dibikin draft proposalnya dulu yak, semoga jadi doa, amiennnn :) Bayangin masuk ke dunia dongeng juga duhh pasti seru yaa^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba Prita. Jadi pas mau berangkat nggak perlu pusing mau kemana aja. Hihii. Iyaa seru mba ke DIsneyland :)

      Hapus
  21. Awalnya blm pernah kefikiran hongkong mb, setelah baca tuisan mb ko jd pengen kesana ya..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Alhamdulillaah. Semoga suatu saat kita bisa ke Hong Kong ya mba :)

      Hapus
  22. Disneyland pastinya dooooong. HArus ngajak anak-anak juga biar makin seru ya mbaaak. Hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya makin seru kalau ngaja anak-anak :)

      Hapus
  23. Yah telat nemu info ini huaaaa, padahal mudeng sama hadiah voucher map nya hahaa
    good luck ya mb

    BalasHapus
  24. Jadi ikutan pengen mengunjungi tiga tempat itu mba, terutama disneyland Hongkong. Moga terwujud ya mba :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin. Terima kasih doanya mba Hidayah.

      Hapus
  25. Asik jalan jalan ke hongkong. Mudah mudahan aku bisa ke sana juga

    BalasHapus
  26. Itu Disney yang paling ingin saya kunjungi bersama anak-anak

    BalasHapus
  27. Saya juga mau,,, huhu mdh2an dlm waktu dekat y mba,,, noted

    BalasHapus
  28. Wah mau banget bikin ngier deh mba...
    Semooga terkabul ya mba nanti posting lagi kalo kesampaian hehe

    Salam dari Tasikmalaya
    www.fennysugih.com

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo mba Fenny. Aamin doanya. Terima kasih ya :)

      Hapus
  29. Wahhh.. Disneyland Hongkong serru ya Mbak kalau bisa ajak anak2 kesana..
    Semoga keinginannya diijabah ya Mbakkk.Aamin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa sudah kebayang serunya. Hihii. Aamin doanya mba EVi. Terima kasih banyaak :)

      Hapus
  30. Pengen ke The Peak Tower, soale kalau temenku ke Hongkong banyak yang foto dari situ, memperlihatkan citylight Hongkong di malam hari.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. LIhat dari foto saja sudah keren banget :)

      Hapus
  31. Bismillah kalo diberikan kesempatan Allah destinasi Hongkong yg menyenangkan untuk keluarga utamanya Disneyland.Terimakasih atas info kecenya mbak 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin mba Tanty. Smoga niat kita diijabah Allah ya. Aamin

      Hapus
  32. AnakkunLintang nih yang pengeen ke Disney dari kecil

    BalasHapus
  33. kyaaaaaaaaaa kangen sama Hongkong, pernah hidup di sana saya mba hehehehe
    kurleb 6tahunan hihihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sempat ke tiga tempat itu apa nggak, mbaa :)

      Hapus
  34. utk nongkrong di the peak tower apakah ada tiket yg harus dibeli dulu atau bisa kapan saja ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ria, setauku ada tiket yang harus di beli saat akan naik The Peak Trem :)

      Hapus
  35. Moga terkabul bisa ake Hongkog Mbak Alida :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin doanya mba April. Terima kasih banyak doanya :)

      Hapus
  36. Disneyland-nya mauuuu! Kayaknya sehari juga kurang deh keliling di sana.

    BalasHapus
  37. sama mba. Kalau mendapat kesempatan berkunjung ke Hong Kong, pengen ke Disneyland.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Emang deh itu tempat yang kece bangeet

      Hapus
  38. 3 tempat ini emang paling wajib dikunjungi Mba, aku paling puas di The Peak :D

    BalasHapus
  39. Yess, madame Tussaud , menarik memang yaa mba. Hongkong punya banyak destinasi keren

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba. Jadi puas kalau ke Hong Kong

      Hapus
  40. Disneyland HK masuk dalam top 10 bucket lists saya.. ^^
    Madame Tassauds yang paling deket ada di Bangkok d Siem Discovery Mall kalau gak salah. Saya menetap di Thailand juga belum pernah kesitu. hihi

    theamazingjasmi.com

    BalasHapus
  41. Aku pengen ke hongkong, pingin ketemu artis2 hongkong eh hihihi
    Kulineran juga tentunya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ajak aku ya kalau mau ketemu artis Hong Kong. Hihihi

      Hapus
  42. Sama sih Mbak itu 3 tempat wisata utama ya^^

    BalasHapus