Rabu, Januari 18, 2017

Menuju Jepang Bersama Cheria Travel

Seperti biasa sepulang suami bekerja, saya makan malam bersama suami. Anak-anak sudah tertidur. Jam dinding menunjukkan pukul 21.00 WIB. “Bap, Ummi pengen ke Jepang,” kata saya kepada suami. Saya sejak dulu senang travelling walaupun selalu keder kalau naik pesawat terbang. “Ya udah Ummi pergi sendiri, bisa kan?,” kata suami. Yes!. Rasa-rasanya saya ingin loncat dari tempat duduk saking senang diijinkan ke Jepang. Membayangkan berlarian di antara daun-daun bunga sakura yang berguguran, makan sushi di Jepang, ah betapa indahnya. Soal bepergian sendirian itu sudah sejak dulu saya lakukan. Entah karena alasan pekerjaan, organisasi atau urusan keluarga, saya kerap bepergian sendirian. Maklum, suami kadang sibuk bekerja. Anak pun sekolah.

“Tapi ada syaratnya,” kata suami kalem. Makanan yang ada di piring perlahan ia lahap secara perlahan. Duh, saya berdebar-debar menunggu syarat. Jangan-jangan, syaratnya aneh-aneh. “Syaratnya apa, Bap,” kata saya sok kalem juga. “Cari travel yang menawarkan wisata halal. Jangan cari yang sembarangan. Bisa-bisa seperti yang dialami teman Ummi loh,” katanya. Saya menganggukkan kepala sambil mengingat-ingat pengalaman yang dialami teman.
Ah, saya masih ingat pengalaman teman saya. Ceritanya, beberapa tahun lalu teman saya ke luar negeri. Malam terakhir di negara itu, tujuannya adalah pertunjukan seni. Dalam benaknya, kebetulan ia senang sekali pertunjukan seni karena tertarik dengan budaya. Namun alangkah kagetnya, pertunjukan seni yang dipertunjukkan tak seperti yang ia bayangkan. Muncul beberapa penari yang kemudian secara perlahan melepaskan pakaian hingga tak ada sehelai benang pun yang melekat di badan. Tak hanya itu saja, menu yang tersaji di restoran itu banyak yang tak halal misalnya aneka minuman keras. Karena malu, teman saya pun ijin balik hotel dengan alasan mendadak sakit kepala.

Kecerian tur wisata halal Cheria Wisata
“Kalau ke luar negeri, jangan sampai alami seperti itu ya, Ummi,” kata suami. Mmh .. benar juga ya. Sebagai muslimah dan istri solehah (ehem!), tentu saya harus pintar-pintar mencari travel yang menjamin makanan yang akan dikonsumi halal, serta para staf yang menemani adalah staf muslim yang profesional, tempat wisata yang dikunjungi tidak melanggar nilai-nilai Islami. Inginnya saya mengambil Paket Tour Wisata Halal Jepang.

Tiba-tiba suara suami terdengar lagi. “By the way, kenapa harus ke Jepang. Kenapa nggak ke Korea biar bisa ketemu bintang film Korea atau ke China?,” kata suami. Waduh, ketemu bintang film Korea? Mmh .. bisa juga sih tapi niat saya sudah bulat ingin ke Jepang.

Jadi begini loh, Bap....
Maka mulailah saya bercerita panjang lebar kepada suami. Di Jepang, saat ini sedang mengembangkan wisata halal. Apalagi sebanyak 70 masjid tersebar di seluruh Jepang. Apalagi untuk kota-kota besar seperti Fukuoka, Kyoto, Kobe, Sapporo, Sendai dan Osaka. Untuk makanan juga sekarang bisa dijamin kehalalannya karena sekitar 500 restoran, 100 hotel dan 50 bento (di Jepang ‘lunchbox’) yang menyajikan tempat makanan halal. Selain itu, para wisatawan muslim juga dapat membeli makanan halal di grosir toko. Hanya itu saja? Nggak. Dua maskapai besar yaitu Japan Airlines (JAL) dan All Nipon Airywas (ANA) telah melayani makanan halal selama bertahun-tahun.

Tak hanya di sektor produk dan akomodasi halal saja. Jepang juga mengembangkan teknologi wisata halal. “Teknologi wisata halal? Apa itu, Mi?,” kata suami. Jadi, Jepang telah meluncurkan aplikasi gratis bernama HalalMinds yang tersedia pada iPhone, iPad dan Android. Nah, teknologi ini memungkinkan pengunjung yang tak bisa membaca bahasa Jepang dapat membaca apakah produk yang akan dibeli terdapat label halal atau tidak. Selain itu, pengguna juga bisa memindai barcode produk yang dipilih untuk melihat terjemahan bahasa Inggris apakah makanan itu halal atau tidak.

“Wah, sekarang wisata halal di Jepang semakin dikembangkan ya. Kalau mau ke Jepang, tepatnya ke kawasan mana saja, Mi,” kata suami lagi. Wah, niih bapak kebanyakan pertanyaan kayak jurnalis! Ups, mungkin ini dampak karena punya istri jurnalis ya? Hihiii ...

Kepada suami, saya mengatakan ingin sekali ke Sapporo. Sapporo yang terletak di Pulau Hokkaido menawarkan suasana menarik tak hanya saat musim salju saja. Sata musim panas pun hawanya tetap sejuk, tidak terlalu panas seperti Jakarta atau bahkan di Tokyo. Saat musim panas di Sapporo, suhunya bahkan 20 derajat celcius. Sapporo juga memiliki tempat-tempat wisata yang menarik untuk dikunjungi seperti :

Sapporo Clock Tower
Tempat ini merupakan salah satu tempat wisata di Sapporo yang wajib dikunjungi. Di dalam Sapporo Clock Tower ini terdapat museum dan aula. Sapporo Clock Tower ini dibangun pada tahun 1878 sebagai balai latihan milik Sapporo Agricultural College (sekarang Universitas Hokkaido). Pembangunan tempat ini berasal dari Dr William Clark, Wakil Kepala Sekolah pertama,  Sekolah Pertanian Sapporo. Tujuannya agar dilakukan pelatihan militer dan pendidikan jasmani di tempat itu. Arsitektur didominasi arsitektur era pertengahan Amerika.
 
Sapporo Clock Tower. Sumber : japan-guide
Kamar di lantai pertama asli yang digunakan sebagai ruang kelas, laboratorium dan ruang pameran untuk spesimen sejarah alam dan botani. Lantai kedua digunakan untuk pendidikan fisik dan sebagai aula pertemuan untuk upacara kuliah. Sapporo Clock Tower sekarang menjadi museum yang didedikasikan untuk sejarah bangunan dan kehidupan dan pekerjaan lulusan awal dan guru dari Sapporo Agricultural College disajikan dengan menggunakan panel layar.

Odori Park
Taman Odori adalah sebuah oase di tengah kota dan meluas hingga 1,5 km dari timur ke barat. Sejarah Taman Odori dimulai pada 1871 ketika itu dibangun sebagai sekat untuk memisahkan pusat kota ke kabupaten administrasi di utara dan distrik perumahan dan komersial di selatan. Dengan perkembangannya, taman ini kemudian berubah menjadi ruang santai bagi warga serta tempat untuk pertukaran internasional. Taman Odori diakui baik secara regional maupun nasional sebagai situs untuk peristiwa besar di Sapporo seperti Yosakoi Soran festival di awal musim panas, taman bir dan Festival Musim Panas di musim panas, dan Festival Salju dan Penerangan Putih di musim dingin.
 
Odori Park. Sumber : welcome.city.sapporo
Ramen Yokocho Street
Tempat ini merupakan kota ramen yang terletak di kota Sapporo Hokkaido. Ada lebih dari 17 restoran ramen yang memiliki menawarkan ramen yang berbeda-beda. Ramen Yokocho dibangun pada tahun 1971. Restoran ramen terletak berdempetan antara satud engan yang lain sehingga memudahkan pengunjung untuk memilih.
 
Ramen Yokocho Street. Sumber : cnn.com
Jigokudani atau Hell Valley
Datang ke Jigokudani (bisa juga diartikan lembah neraka), pemandangan yang akan tampak adalah kawah selebar 450 meter yang terbentuk oleh letusan gunung 20.000 tahun silam. Dalam kawah itu menyemburkan air serta uap panas juga kolam gelembung air panasnya. Sumber-sumber air panas dari lembah ini kemudian dialirkan ke pemandian air panas di hotel serta penginapan tradisional. Jigokudani ini terletak di kawasan Noboribetso. Konon, pada abad ke 19, kawasan Noboribetsu memiliki rumah sakit yang dijadikan tempat untuk merawat tentara perang Rusia-Jepang. Namun kini, kawasan ini menjelma menjadi tempat wisata, aneka tempat pemandian air panas mineral yang terkenal.

Jikodani atau Hell Valey 

Noboribetsu Historic Village
Noboribetsu Historic Village. Sumber : TripAdvisor.com
Kawasan ini merupakan kawasan kota yang menyoroti periode 400 tahun lalu. Jika ingin melihat kondisi Jepang kuno di Hokkaido, datanglah ke kawasan ini. Ada aneka permainan tradisional, kegiatan teater bahkan pertunjukan ninja yang merupakan masa periode Edo. Penasaran? Lihat video di bawah ini



Niseko Ski Resort
Selain salju halus bisa ditemukan di Niseko Ski Resort, ada juga hamparan luas salju. Berbagai jalur ski dapat dinikmati di sini, baik bersama keluarga maupun oleh yang telah mahir. Niseko Ski Resort merupakan resor ski paling terkenal di Jepang. Banyak wisatawan dari dalam dan luar negeri berkunjung ke tempat ini. Dampaknya,  banyak tempat penginapan di tempat ini. Para penduduk lokal pun sangat ramah dengan wisatawan.
 
Niseko Ski Resort
Bear Ranch
Tempat ini merupakan kebun binatang khusus beruang yag dibangun pada tahun 1958. Kawasan ini terletak di Noboribetsu Onsen-cho, kota Noboribetsu. Aneka jenis beruang terdapat di kebun binatang ini. Jika ingin melihat beruang dan melihat pertunjukan beruang, tempat ini adalah pilihan yang tepat.
 
Bear Ranch. Sumber : istimewa
Lake Toya-ko
Tempat ini terletak di bagian barat daya Hokkaido dan merupakan bagian dari Shikotsu-Toya National Park. Danau ini terletak di hingga 500 meter di bawah tepi luar dari kawah. Lake Toya-ko adalah sebuah danau bebas es alias danau yang tak pernah membeku, bahkan di musim dingin ketika suhu turun cukup drastis. Keindahan danau bebas es ini dapat dikagumi kapan saja sepanjang tahun. Ada sebuah pulau kecil yang disebut Nakano-shima di tengah danau, dan di atasnya adalah Museum Lake Forest yang Toya-ko, yang merupakan bagian dari rute wisata perahu. Selain itu, ada juga Volcano Science Museum yang menunjukkan gambar visual dari letusan yang terjadi pada tahun 1977, lengkap dengan sistem suara khusus. Ada juga situs berkemah sepenuhnya difasilitasi terletak di sekitar danau. Satu kawasan tapi banyak sekali tempat menarik yang bisa dikunjungi.
 
Lake Toya-ko
Sapporo Factory
Terdapat banyak tempat berbelanja yang tersedia. Total ada sekitar 160 toko yang terdapat di Sapporo Factory ini. Bagi anda yang menyukai wisata berbelanja atau ingin membeli oleh-oleh untuk saudara, tempat ini bisa menjadi pilihan yang tepat. Tempat ini pertama kali dibuka pada tahun 1993 di pusat kota Sapporo. Tempat ini merupakan bekas tempat pembuatan minuman yang dibangun pada tahun 1800-an.

“Teryata banyak tempat wisata yang menarik di Sapporo ya, Ummi,” kata suami. Lalu untuk makanan bagaimana?. Maklum, untuk di negara yang bukan penduduk muslim, kuatir mengkonsumsi makanan non halal. Dan saya rasa pertanyaan suami adalah wajar. Namun teryata di Sapporo banyak kuliner halal yang menggoda.

Mie Ramen Sapporo
Menu makanan ini sangat terkenal di Jepang. Mie ramen dihidangkan dengan kuah sop rasa miso, mie keriting tebal sedang dan disantap dengan tauge dan bawang.

Rasa mie ramen Sapporo lezat. Sumber : yagami ramen
Kari Sup 
Hidangan spesial ini berupa kari encer seperti kuah. Sup kari ini adalah hidangan spesial kari encer seperti kuah sup dengan rasa rempah-rempah yang kental, ditambah daging serta sayuran yang dipotong tebal-tebal. 

Gengkhis Khan
Hidangan Genghis Khan adalah makanan terkenal khas penduduk Hokkaido yang dibuat dengan daging kambing. Daging kambing disusun di atas wajan logam cembung atau panganggan lainnya. Makanan ini sangat terkenal di pulau Utara Hokaido, Cina dan Thailand. Makanan ini nikmat dikonsumsi saat panas-panas. Makanan ini dinamakan Gengkis Khas karena merupakan makanan yang telah dikonsumsi oleh tentara Mongolia.

Gengkis Khan. Sumber : Japan info
“Wah teryata makanannya banyak yang enak-enak ya. Tapi Ummi tetap loh harus pilih travel yang memberikan menu makanan halal selama tour,” kata suami lagi.
“Iya pastilah, Bap,” kata saya.
Lalu, apa ummi udah nemu travel yang menyediakan tour wisata halal selama di Jepang?,” kata suami. “Ummi harus cek dulu yang benar. Jangan sampe gagal berangkat Umroh karena travel bodong itu,” kata suami panjang lebar. Iya benar. Saya kapok saya pilih travel yang membuat saya batal umrah tahun lalu. Oh ya, Cheria Travel telah membuat rute perjalanan ke Sapporo seperti di bawah ini. 

Rute perjalanan Sapporo
“Sudah dong, Bap,” kata saya. “Ummi pilih Cheria Travel,” kata saya. Kepada suami, saya menyatakan  mantap memilih Cheria Travel karena beberapa hal :

Legalitas PT Cheria Tour and Travel jelas
Jadi, PT Cheria Tour and Travel memiliki legalitas oleh Dinas Parwisata DKI Jakarta pada tanggal 7 Januari. No legalitasnya TDP 36/2014. Selain itu, juga terdaftar sebagai member International Air Transport Association (IATA) dengan nomor 15314132. Menurut saya, legalitas ini penting banget agar saya tak mengalami gagal berangkat karena salah milih travel.  

Terbukti  Berpengalaman
Cheria Travel memiliki reputasi yang sempurna bagi pelayanan personal maupun grup. Kualitas dan nilai yang telah menempuh perjalanan panjang dan database yang komprehensif di back up dengan pengalaman dalam industri pariwisata dan marketing selama sekian tahun. Cheria Travel juga memiliki sumber daya manusia yang tekun melakukan perjalanan bisnis dan inspeksi yang mengalam mengenai properti-properti terbaru di mana saja yang memerlukan inovasi dan renovasi.

Pilihan tour halal yang beragam
Saat awal membuka website resmi Cheria Travel yakni www.cheria-travel.com, saya sampai binggung pilih tour wisata halal yang mana. Soalnya, banyak sekali pilihannya. Pelayanannya juga mencakup kebutuhan untuk dalam dan luar negeri. Sebagai seorang muslimah, saya tentu memilih paket wisata yang terjamin halal!.
Nggak percaya? Baca saja daftar tour wisata halal yang tersedia yakni :
Tour halal Korea, Jepang, Hongkong, Dubai, Malaysia-Singapura, Jepang, Beijing, Hongkong, Jepang, Australia, Beijing, Spanyol hingga Alaska. Bahkan, untuk masing-masing tour halal juga ada berbagai pilihan. Misalnya untuk tour halal Jepang ada aneka pilihan paket wisata tour muslim yakni 
Paket tour muslim Yakoso
Paket tour Jepang Moshi Moshi 5 hari
Paket tour Jepang Beauty 7 hari
Paket tour Jepang Ohayou
Paket tour Jepang Aishiteru
Paket tour Jepang Happy Tokyo
Paket Liburan Jepang Sapporo
Dan masih banyak lagi paket wisata yang tersedia. Banyak pilihan yang tersedia membuat saya menjadi sangat terbantu untuk memilih sesuai pilihan saya. Cheria Wisata Tour Travel Halal Terlengkap di Indonesia.  

Programnya Lengkap dan Pelayanan Memuaskan
Cheria Travel menjadi leader dalam industri tour halal di Indonesia dan menjaid tempat belajar travel agent lainnya dengan aktif memberikan training untuk mempopulerkan wisata halal. Selain tour wisata halal, juga ada paket haji plus  dan paket umrah. Cheria Wisata menawarkan paket Haji Plus Kuota Depag RI yang membili fasilitas lebih baik daripada paket haji reguler. Ada juga paket umroh reguler selama 9 hari dengan hanya mengunjungi tiga kota yaitu Mekkah-Madinah dan Jeddah atau paket umroh plus selama 12 hari. Jadi 9 hari untuk ibadah umrohdan 3 hari untuk wisata muslim. Destinasinya juga banyak seperti Eropa, Istanbul, Cairo-Mesir, Dubai, Aqso, atau plus Maroko-Spanyol. Kerennya lagi, waktu pelaksanaan umroh reguler atau umroh plus, selalu ada setiap bulan sepanjang tahun.

Cheria Travel berorientasi pada kepuasan pelanggan. Hal ini menjadikan Cheria Travel secara profesional menyediakan pelayanan terbaik. Ingin berkonsultasi? Konsultan di Cheria Travel sangat ramah, profesional dan dapat mengakomodir pelayanan. 

Terjamin Pelaksaaan Tour Wisata Halal
Tau nggak, untuk melaksanakan tour halal di Jepang itu tak mudah. Pihak travel harus bekerjasama dengan tour operator Jepang yang telah mendapat sertifikasi dan pengawasan dari Japan Halal Association (JHA). Nah, Cheria Travel telah bekerjasama dengan operator Jepang sehingga mulai perencanaan, proses, hingga pelaksanaan tur dilakukan sesuai dengan syariah. Bahkan Cheria Travel telah menjadi anggota dari Japan Halal Association. Tur wisata halal ini juga memberikan pelayanan makan di berbagai restoran halal di Jepang hingga mengatur waktu khusus bagi wisatawan muslim untuk menunaikan ibadah sholat.

Canggih 
Cheria Travel merupakan pertama dan satu-satunya yang memiliki aplikasi tour halal berbasis web dan aplikasi mobile phone. Aplikasi mobile tour halal berbasis IOS dan Android ini adalah aplikasi yang memberikan lebih kemudahan dalam bisnis dan pelayanan tour halal. Aplikasi ini dapat memiliki ratusan produk tour halal baik domestik maupun internasional

Aplikasi halal

Harga Bersaing
Paket-paket yang tersedia memiliki harga bersaing. Harganya tentu sesuai dengan harga paket yang ditawarkan. Pengunjung yag berminat bisa langsung menghubungi pihak travel untuk mendapatkan harga tepat. 

Tertarik hubungi langsung ya ...

Pelayanan yang Memuaskan
Biasanya sebelum memilih travel, saya ngecek dulu bagaimana respon orang yang telah memilih travel itu. Pengecekannya bisa di media sosial. Jaman sekarang, semuanya sangat trasparan jadi bagus atau tidaknya suatu travel bisa diketahui dengan mudah. Nah, teryata respon orang yang telah mengambil paket di Cheria Travel, semuanya bagus! Ini terlihat dari percakapan di bawah ini.

Sumber : Cheria Travel


Atau testimoni seperti ini :


Salah satu yang membuat saya memilih Cheria Wisata juga karena saya bebas bertanya tentang paket wisata yang tersedia. Bahkan saya bisa tanya kapan saja karena Cheria Wisata online 24 jam!. Bagi ini sangat membantu karena pertanyaan bisa muncul kapan saja dan pertanyaannya penting tapi baru dijawab dua hari kemudian. Duh, saya malah udah lupa nanya apa. Tapi karena online 24 jam, pertanyaan yang saya ajukan bisa terjawab saat itu juga. Asyik banget kan?


"Ummi, kalau data sudah lengkap. Niat juga sudah kuat. Gimana caranya nanti Ummi mendaftar untuk menuju Jepag Bersama Cheria Travel," kata suami, Kepada suami, saya memberikan alamat dan nomor telepon Cheria Travel seperti di bawah ini : 

Kantor Pusat 
Alamat : Gedung Twink Lt 3 Jl. Kapten P. Tendean No 82 Mampang, Prapatan
Jakarta Selatan, DKI Jakarta 12790 
Telepon : 021-7900201 / 021-700216 (Hunting)
Fax : 021-79182408 
Email : info@cheria-travel.com
Website : www.cheria-travel.com

Nah, dengan data lengkap seperti yang saya katakann di atas, saya tak sabar ingin segera ke Jepang. Doakan semoga keinginan saya segera terwujud ya teman-teman. Nah, kalau teman, ingin ke negara mana? Yuk berbagi dengan saya. Terima kasih



Lomba Menulis Artikel Cheria Wisata

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

61 komentar:

  1. Asik kita nabung yuk mb biar kesana bareng hahahaha aamiin

    BalasHapus
  2. waduuuh... bikin ngiler nih paket wisatanya...
    enak ya ada paket wisata halal, kita nggak khawatir jalan2nya.. makannya aman

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener banget mba Monda. Halal pokoknya :)

      Hapus
  3. Mimpi kalau ane bisa kesana...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Dari mimpi biasanya bisa jadi kenyataan loh :)

      Hapus
  4. Sapporo ini kampung halamannya Shizuka Doraemon ya hahaha, emang kece banget kotanya mba, aku sempat lihat di vlognya Jennifer Bachdim waktu tinggal disana. Mau juga kesini deh semoga kesampaian ya. Aamiin :)

    BalasHapus
  5. semoga terwujud impian kita

    BalasHapus
  6. Sekarang Jepang emang lagi ngembangin wisata halal juga katanya.
    Dan kayaknya seru tuh ke Jepang sambil wisata religi Islam. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mas Rudi. Ingin sekali aku ke sana :)

      Hapus
  7. Teknologi wisata halal?

    Wisata halal di Jepang?

    Aih keren yah.

    Harus dimasukin ke list angan-angan, nih, Mbak Lid. Makasih infonya :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Niar. Keinginan yang semoga tercapai ya :)

      Hapus
  8. pengen ke jepang...baru mamapir di bandaranya doang. smoga bs halan2 ke sana suatu hariii... amiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Ophi mah jalan meluu nggak gajak akku #Eh :p

      Hapus
  9. Wisata halal paling enak kalau jalan2 ke negara yg ngga ngerti bahasa & kehalalan makanannya ya mba :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa. Yang terjamin deh kehalalananya itu penting

      Hapus
  10. Pemandangan dan Kuliner Jepang memang buat kita pengen datang dan datang lagi...

    BalasHapus
    Balasan
    1. aku yang belum pernah kesana jadi pengen ke sana, teteh :)

      Hapus
  11. wahhh negara impian saya tuh mbk ke jepang.. semoga saya bisa nyusul ya.. aminnn

    BalasHapus
  12. Bikin baper mbak..kapan ya bisa ke jepang?

    BalasHapus
  13. Aduuh bikin ngiler aja Sapporo. Indah yaa.. mudah-mudahan suatu saat bisa menjejakkan kaki di sana... aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin mba Astrid. DOa yang baik semoga terwujud ya :)

      Hapus
  14. pengen juga bisa ke Jepanh, semoga bisa segera kesana, bareng yuk mba ;) hehe aamiin

    BalasHapus
  15. Ahhh jadi pengen ke Jepang juga mba. Kalau berkesempatan datang ke tempat ini saya pengen ke Osaka dan kota Detektif conan hehhehe

    BalasHapus
  16. Aku juga pengeeeen banget ke Jepang, mbak Lid. Semoga bisa suatu hari nanti.
    Semoga mbak Lida juga bisa ke Jepang, ya. aamiin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin mba Ikaaaa ..
      Doakan yaaa ... Smoga niat mba Ika juga terwujud :*

      Hapus
  17. Asik banget kalau ada travel yang bisa menawarkan wisata halal di negara yang mayoritas non muslim. Jalan-jalannya juga jadi tenang :)

    BalasHapus
  18. Saya sudah pernah ke Jepang (Tokyo) tapi untuk urusan dinas. Wisatanya hanya seciprit. Singgah di Narita juga sudah beberapa kali, mulai tahun 1983.
    Semoga lain kali bisa ke sana lagi
    Terima kasih infonya yang bermanfaat
    Salam hangat dari Jombang, Jawa Timur

    BalasHapus
  19. Jepang salah satu negara yang pengen kukunjungi juga 😊

    BalasHapus
  20. Waah...ternyata udah lumayan banyak ya, mesjid di Jepang. Jadi mudah untuk sholat. Makanannya pun banyak yang udah halal. Pokoknya aman ya...

    BalasHapus
  21. Yuk mbak, piknik bareng ke Jepang, backpacker ala emak2 aja gtu! :D
    Nabung dulu tapiiii haha

    BalasHapus
    Balasan
    1. YUkks, semoga keinginan terkabul ya mbaa :)

      Hapus
  22. klo jepang paling mupeng sama kyoto sudahh.
    kapan yah bisa maen kesana

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku pun berharap bisa main ke Jepang juga mbaa. Aaamin :)

      Hapus
  23. Cheria Travel lagi kekinian kali ya mbak? booming banget deh, mungkin dia mengedapkan halalnya itu lho. Jadi yang ikutan berwisata akan tetap merasa tenang ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa wisata halalnya itu loh yang keren banget :)

      Hapus
  24. Asyik, Umi jalan2nya nggak bareng Bapak. Ntar saya bisa bareng Umi aja deh, haha... Sapporo memang cukup nge-hits juga. BTW "neraka"nya cakep banget ya, haha... Amien semoga bisa ke sana ya. Ulasannya lebih detail dan beda, mba. Semoga menang ya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. IYaa ntar ama aku aja ya mba Nitaa. Makasih banyaaakk. Aamin doanya :)

      Hapus
  25. kalau ada yang memprioritaskan halal kenapa nggak? kita juga nyaman dan aman kan dalam perjalanan.
    Oya, gutlak ya mbak semoga bisa jalan2 lagi :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aamin mba LIdha. Terima kasih doanyaa :)

      Hapus
  26. Seneeeeng deh sekarang makin marak wisata halal ya Mba, semoga kita sebagai umat muslim diberikan kesempatan untuk ikut menikmatinya. Semangat Nabuuuung :D.

    BalasHapus
  27. coba ngajuin proposal ke Datuk Alan geng KL Stellavingze berangkat lagi *jualan kagak minta fasilitas mulu* :D :D

    BalasHapus
  28. komplit mbak..semoga menang yaaa :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terima kasih mba Tuty. Aaamin doanyaaa :)

      Hapus
  29. yahhhh telat kayaknya ak baru tau ada kompetisi ini :( aku cheering for you aja deh :D

    BalasHapus
  30. Beneran travel idaman soalnya urusan makan di negeri orang klo nda tau adat istiadatnya bisa berabe ya mb hihi..
    Btw selain ke jepang memang cheria ini ga nawarkeun wisata halal ke negeri lainnya mb? Misal thailand, ah aku pengen ke thailand, tapi blom ngecek paspor ahahhaha

    BalasHapus
  31. gilaa.. jadi "makin" mupeng banget ke Jepang... huuhuu

    BalasHapus
  32. Paket wisata Jepang nya bikin mupeng mbak. Semoga menang ya mbak, dan aku bisa ke Jepang juga ya, #hahahaha.. aamiin

    BalasHapus
  33. Jd cheria ini klo nggak salah yg punya emak2 dengan anak 9. Tp nggak enaknya pake paket tour apa nggak diuber2 ya kak..

    BalasHapus