Hadiah Perjalanan 3D2N ke Malaysia Karena Ngeblog [Bagian 1]

Blog ini berisi tentang kisah perjalanan, catatan kuliner, kecantikan hingga gaya hidup. Semua ditulis dari sudut pandang penulis pribadi

Tahun 2016 bagi saya memiliki banyak anugerah yang diberikan Allah kepada saya. Salah satunya saat mendapat hadiah lomba resensi buku Kebahagiaan Yang Kutahu karya Datuk Stella Chin. Datuk Stella Chin merupakan Executive President PT MELILEA International Group of Companies. . Hadiahnya nggak tanggung-tanggung yakni perjalanan 3 hari 2 malam ke Malaysia.

Oh ya, saat saya tahu saya merupakan salah satu dari enam pemenang, saya tentunya gembira. Keenam pemenang itu adalah Mba Grace Ina Mariana, Mba Herva Yulyanti, mba Hana Bilqisti, mba Gloria Morgan dan Mba Belinda Kusumo. Mba Herva dan Mba Hana seringkali menjadi teman blogwalking. Sedangkan mba Gloria, Mba Belinda dan Mba Ina baru saya kenal saat perjalanan ke Malaysia. Dua teman saya yakni mba Herva telah menuliskan perjalanan itu disini, sedangkan tulisan mba Ina dapat dibaca disini.

Pengumuman pemenang resensi buku
Hampir satu bulan setelah pengumuman pemenang, kami berenam dan ditemani Miss Yusti (pihak dari Stellavingz) pun berangkat menggunakan Malaysia Airlines. Rencananya tiba di Malaysia langsung ke kantor Stellavingz sehingga kami pun memakai baju formal. Saya memilih memakai gamis merah panjang. Namun setiba di bandara, jadwal berubah. “Kita langsung ke Melaka,” kata Miss Yusti. Hayuk siapa takut!

Pesawat dijadwalkan berangkat pukul 04.50 WIB sehingga pukul 02.00 WIB saya sudah harus berangkat dari rumah menuju bandara. Saya sih tak masalah berangkat sepagi apapun, tapi kecemasan saya naik pesawat belum juga bisa saya atasi. Nah pas naik pesawat saya duduk tak satu baris dengan yang lain. Alhasil, saat turbulensi, saya memegang tangan Mba Hana. Kebetulan Mba Hana yang duduk sambil membaca buku hanya menatap saya heran saat saya memegang tangannya. Dia belum tahu kalau saya agak takut naik pesawat. Pas turbulensi agak reda, saya memilih tukar tempat duduk dengan Hana agar saya bisa duduk satu baris dengan Mba Belinda dan Mba Herva. Sepanjang perjalanan mba Belinda asyik mendengarkan lagu sedangkan mba Herva asyik sekali tidur sepanjang perjalanan. Mmh .. soal ketakutan saya naik pesawat akan saya ceritakan lagi kapan-kapan ya.

Bandara Kuala Lumpur yang keren juga
Terpisah dari Rombongan dan Dilema Beli SIM Card
Belum juga menikmati pemandangan di Malaysia, saya, Mba Belinda, Mba Herva dan Mba Gloria terpisah dari Miss Yusti dan Hana!. Semua karena kami asyik berfoto-foto sehingga tiba-tiba sadar bahwa kami terpisah. Akhirnya, setelah tanya sana-sini, kami naik trem dari bandara ke tempat pengambilan bagasi. Lalu bagaimana menghubungi Miss Yusti? Yap, berkat wifi bandara!

Ini pilihan SIM card selama di Malaysia. Penjualnya melayani dengan baik
Setelah mengambil bagasi (nunggunya lama banget), kami pun diajak ke counter SIM Card. Beberapa teman langsung semangat memutuskan membeli SIM Card, saya dan Mba Herva masih mikir-mikir karena dilema kuatir duit kurang. Selain itu saya pikir lebih hemat menggunakan wifi hotel dan tak terganggu dengan telepon. Namun kemudian saya memutuskan untuk membeli SIM Card karena hanya dengan 20 RM (sekitar Rp 60 ribu) sudah bisa dapat 1,5 GB. Jadi cukup untuk kegiatan 3 hari 2 malam di Malaysia. Keputusan itu saya syukuri karena Ayyas telefon melulu melalui Line. Nggak kebayang kan kalau nggak beli SIM card?

Mengelilingi Obyek Wisata Sejarah dan Makan Sang
Perjalanan ke Melaka membutuhkan waktu 2-3 jam dari bandara Malaysia. Sepanjang perjalanan saya mencoba untuk tidur karena di pesawat saya tak bisa tidur dan makan nasi. Tiba di Melaka, kami langsung ke Rumah Merah. Tempatnya sangat bernilai sejarah. United Nations Educational, Scientific and Cultural Organization (UNESCO) menetapkan kota Melaka sebagai kota sejarah yang masuk dalam daftar warisan dunia. Kota Melaka dijuluki The World Heritage City karena bangunan-bangunan bersejarah banyak yang masih dalam kondisi bagus. Letaknya pun saling berdekatan sehingga dapat dikunjungi dengan berjalan kaki. Kami pertama berhenti di Stadthus-Red Square yang merupakan bangunan berwarna merah yang berada di tengah kota. Warna merah pas banget dengan gamis merah yang saya kenakan saat itu. Uhuy!

Kawasan Rumah Merah
Jalan di sepanjang kawasan Rumah Merah
Kami langsung berfoto-foto di air mancur Queen Victoria yang dibangun pada tahun 1904 oleh pemerintah Inggris. Meskipun berusia cukup tua, air mancur ini masih berfungsi dan bagus. Di sekitar air mancur ada taman.  Kawasannya cukup teduh karena cukup banyak pohon rindang yang mampu menghalau panas matahari. Di samping air mancur ada tulisan I Love Melaka. Desain tulisannya unik dengan huruf berwarna warna kuning, merah dan putih. Saya dan teman-teman kemudian melangkahkan kaki ke Christ Cruch Melaka. Gereja ini merupakan gereja Protestan tertua yang dbangun pada tahun 1753. Gereja ini dibuka setiap hari sejak pukul 9 pagi hingga 5 sore. Di dalam gereja juga dijual berbagai cinderamata dan brosur brosur keagamaan.

Air mancur yang masih berfungsi
Di depan gereja, terlihat banyak becak-becak yang dihias untuk menarik perhatian. Becak-becak dihias dengan aneka tokoh kartun seperti hello kitty, doraeman dan lain-lain. Ada juga bunga hias yang dibentuk menyerupai bentuk love atau bunga aneka warna dpajang di sekeliling becak. Bagian atasnya berbentuk payung aneka rupa dan warna. Terdengar alunan lagu dengan volume besar. Nah di sepanjang kawasan Rumah Merah, dijual aneka cinderamata seperti gantungan kunci, tempelan kulkas hingga pembatas buku. Saya sama sekali tak membeli karena harganya terhitung mahal yakni 15 RM. Di satu sisi, saya mengira di Kuala Lumpur pun tersedia sehingga lebih baik beli di Kuala Lumpur Malaysia. Teryata dugaan saya keliru. Agak menyesal juga tak membeli pembatas buku di Melaka.

Hiasan becak yang lucu

Balai Seni Lukis di kawasan Rumah Merah
Tak terasa, perut keroncongan. “Kita makan dulu yuk,” kata Miss Yusti. Ajakan ini tentu tak ditolak oleh kami. Mobil pun langsung menuju Restoran Nyonya Makko. Restoran ini merupakan salah satu restoran yang menyediakan makanan halal di Melaka. Teryata, tak mudah menemukan makanan halal di Melaka, beda dengan di Kuala Lumpur. Dari luar, tampak banyak orang yang berdiri. Saya pikir mereka sedang menunggu kedatangan orang atau kenalan. Kami pun langsung masuk ke dalam restoran dan bersiap duduk di sebuah meja yang sedang dibersihkan. Mendadak seorang ibu berkata, “Keluar dulu. Jangan duduk,” kepada kami. Saya binggung, kenapa kami di usir. Saya kemudian sampaikan bahwa kenalan kami sedang memesan makanan di kasir. “Iya, keluar dulu. Keluar saja,” katanya smabil mengusir kami keluar. Wah, nggak sopan nih,” pikir saya. Teryata setelah keluar restoran, Miss Yusti mengatakan makan disini harus menunggu antrian. Jadi ya, kami berdiri smabil ngobrol selama hampir setengah jam. Sambil menunggu, kami melihat pihak restoran memanggil nama stau per satu calon konsumen. Mmh .. seperti menunggu antrian dokter. Daaaaan …. tibalah nama rombongan kami dipanggil.

Antrian di depan rumah makan
Saat makanan disajikan, teryata banyak sekali menu makanan yang menggiurkan. “Kita akan kedatangan Datuk Alan. Hah? Datuk Alan akan makan siang dengan kami? Wah, kami senang juga karena Datuk Alan merupakan suami Datuk Stella Chin. Datuk Alan merupakan pemilik perusahaan MEILILEA. Pas datang, jujur saya nggak menyangka Datuk Alan sangat sederhana. Tanpa ragu ia duduk dan bercerita banyak hal kepada kami.

Suasana makan bersama Datuk Alan
Mulai dari bagimana dia mengembangkan usaha hingga persoalan pernikahan dan nilai-nilai kehidupan. Makan siang itu bagi kami semua tak hanya sekedar makan siang saja. Tak terasa, hampir dua jam obrolan sambil makan siang kami lewati. Kami baru selesai makan siang setelah kami menjadi satu-satunya tamu di restoran itu. Hihiii. Kebayang kan serunya diskusi kami?

Ingin tahu tempat wisata apa lagi yang kami kunjungi selama di Malaysia?
Tunggu tulisan saya di bagian kedua ya. Terima kasih :)

77 komentar

Hana Bilqisthi 02/01/17, 14.46

Hana pinjam foto2nya ya mba alida *ngga modal sumpah* wkwkwk..
Abis selama di jalan, hana lagi ngga mood foto :)

Herva Yulyanti 02/01/17, 15.23

hahaha ngantuk sampe ga kerasa turbulensi :p jadi asyik merenda bulu mata sepanjang perjalanan :D

Rach Alida Bahaweres 03/01/17, 07.32

Bahagia banget, mba Hervaaaa.
Aku malah pengen bisa tidyr selama di pesawat :p

Yervi Hesna 02/01/17, 18.47

Hai mb Alida. Melaka bagai rumah kedua buat saya krn bolak balik berobat kesana. Di Melaka enak buat travelling krn relatif aman ga ada preman dsb. Juga bbrp objek bs ditempuh dg jalan kaki

Rach Alida Bahaweres 03/01/17, 07.32

Iya bisa jalan kaki, mba. Lekas sembuh ya mba Yervi. Aamin

Khoirur Rohmah 02/01/17, 23.05

Subhanallah... Asyiknya jalan2nya mbak hhe
Eh itu pas di RM nya hanya satu org ngewakilin buat pesan makanan pas yg lain di luar supaya tertib gitu y mbk Alida :D

Rach Alida Bahaweres 03/01/17, 07.33

KAyaknya begitu, mba. Jadi antri gitu. Hanya saja nunggunya kan nggak harus di luar gitu. hihihii

Dewi Nielsen 03/01/17, 00.54

Kereeeen...berkah ngeblog bisa jalan2 ke Malaka..photo2nya juga seru ya kak..btw wajahnya Datuk Alan kok sedih banget ya kelihatan.

Rach Alida Bahaweres 03/01/17, 07.34

Alhamdulillah mba Dewi :)
Itu kayaknya pas cerita bagian sedihnya, mba Dewi :p

Dewi Nielsen 03/01/17, 17.19

Lain kali ajak aku kak, bagian motretnya aja pun :P wkwkw

Rach Alida Bahaweres 04/01/17, 14.16

Ntar ajak aku ke Denmark yaa :p

Sie-thi Nurjanah 03/01/17, 01.38

Wah..Malaysia ternyata banyak tempat menarik y..kirain petronas doang yg paling iconic

Rach Alida Bahaweres 03/01/17, 07.34

Ke Melaka, mba keren banget :)

Tira Soekardi 03/01/17, 03.04

wah asyiknay bsia jalan-jalan ke sana

Abdi Purmono 03/01/17, 06.44

duh, enaknya ikut lomba dan hadiahnya jalan2 teruss.... gut gut. selamat ya Mbak Alida..

Rach Alida Bahaweres 03/01/17, 07.41

MAkasih kakak Abel aku yang pengertian banget :p

Tian Lustiana 03/01/17, 08.29

Asiknya bisa jalan - jalan kesana, keren ya. Selamat ya mbak semoga hadiah - hadiah selanjutnya mengikuti yaaa, aamiin

Rach Alida Bahaweres 03/01/17, 14.21

ALhamdulillah.
Amin doanya mba. Terima kasih ya

Sari 03/01/17, 09.21

Selamat ya mbak Alida, senengnya berkarya dapat hadiah jalan2 😍 Salam kenal 😊

Riska Ngilan Haryono 03/01/17, 12.06

Nggak kebayang rasa bahagianya mbak, bisa jalan-jalan gratis ke luar negeri dari ngeblog. Sukses teru ya mbak! :)

Fauziah Rachmawati 03/01/17, 13.25

waaah..seru... ditunggu cerita selanjutnya.. tempat beli oleh-oleh di Melaka dimana ya Kak?

Rach Alida Bahaweres 03/01/17, 14.22

Ada di Rumah Merah, itu mba. Tapi aku nggak sempat beli apa-apa

Intan Novriza Kamala Sari 03/01/17, 15.30

Wah asyik banget Mba. Impian aku banget ini bisa jalan2 dari blogging. Semoga tahun ini ada lagi lomba resensi berhadiah jalan2 ke luar negeri yakk. Eh tapi aku belum punya passport deng huhuuu

Alhamdulillaah.
Aamin doanyaa mba. Semoga bisa terwujud ya :)

Ani Berta 03/01/17, 18.46

Hallo Mba Alida, wah luar biasa sekali Mba. Keren banget hadiah lombanya. Pasti unforgettable nih :)
Negara tetangga ini memang keren juga ya?
Ditunggu cerita selanjutnya Mba Alida :)

Rach Alida Bahaweres 04/01/17, 06.46

Iya mba Ani Berta. Kereh banget wisata sejarahnya :)

Kurnia amelia 03/01/17, 20.03

Wahh parti seru banget ya bisa kesana,kawasan rumah merahh apikkk nyo,huhu aku belum pernah keluar negeri 😂😂.

Rach Alida Bahaweres 04/01/17, 06.46

Yuk, semoga bisa datang ya mba Amel

tutyqueen 03/01/17, 21.36

wah serunya...btw lihat penjual kartu SIM itu hihi aku juga beberapa hari disana pakai DIGI eh iklan :D

Rach Alida Bahaweres 04/01/17, 06.47

Iya tapi emang pas banget deh :)

Vety Fakhrudin 03/01/17, 23.44

Dulu banget pernah ke malaysia ama suami, tapi belum pernah ke malaka. Kayaknya musti nabung dulu nih biar kapan2 bisa maen2 kesana. Seru mbak cerita perjalanannya untung ada temen. Kalo aku gitu paling udah nangis heboh kalo kepisah dari rombongan 😂

Rach Alida Bahaweres 04/01/17, 06.47

Hihiiii
Iya semoga bisa ke Melaka ya mba Vety :)

Irly 04/01/17, 09.34

Ahhh.. serunya.. itu hiasan becaknya total banget yaakkk :D

innnayah 04/01/17, 10.06

wiih beruntung banget mba...

Rach Alida Bahaweres 04/01/17, 14.14

Alhamdulillah mba Innayah :)

maya 04/01/17, 10.07

ke Malay itu emang quick escape yang gag ngebosenin bgt mbak. semoga tahun ini mau kesana lagi datang ke wedding teman :D

Rach Alida Bahaweres 04/01/17, 14.15

Wah asyik tuh kalau bisa mampir ke sana, mba :)

Unknown 04/01/17, 10.34

Ah senang nya ke malaysia gratis hehehe, btw nyobain laksa jongker 88 di malaka ngak ???? itu enak banget

Rach Alida Bahaweres 04/01/17, 14.15

Aaiih, nggak nyicipin, mas. Aih tahu gitu yaa aku mampir ngincip

Irawati Hamid 04/01/17, 12.36

Mbaaa Lidha, Mba beruntung banget deh bisa jalan-jalan ke luar negeri karena ngeblog. Saya kapan yaa bisa seperti Mba Lidha??

labollatorium 04/01/17, 13.08

Whoaaaa seru banget.. Berkah ngeblog ya Mbak.. Congrats and keep blogging ya Mbak.. :)

Rach Alida Bahaweres 04/01/17, 14.15

Alhamdulillah. Makasih yaaa mba :)

Ratna Dewi 04/01/17, 15.54

Wiiihh asyik banget ini, Mbak. Bener-bener berkah ngeblog. Dapat jalan-jalan, ilmu, teman, dan pengalaman pastinya.

Rach Alida Bahaweres 07/01/17, 22.47

Iya mba Dewi. Alhamdulillah banget :)

ira duniabiza 04/01/17, 16.27

fotonya cakep2.. ais pasti perjalanan ga terlupakan banget ya mba Alida. Aniwei ga bisa ngebayangin kecemasan mba waktu turbulensi itu. untung ga badai ya di atas. Penasaran menunggu postingan lengkapnya..

Rach Alida Bahaweres 07/01/17, 22.47

Itulah. Aku berusaha banget nggak panik mba. Tapi tetap aja

Lutfi Retno 04/01/17, 20.29

Jadi penasaran dengan bukunya. Karena selama ini saya nggak pernah absen main ke toko buku tapi nggak ngerasa lihat lombanya. Salam kenal kakak

Rach Alida Bahaweres 07/01/17, 22.49

Hallo ... Waktu itu acara d Gramedia. Dan iklan lomba itu ada di Instagram, Facebook dan line juga :). Salam kenal kembali ya. Terima kasih sudah mampir

Keke Naima 04/01/17, 22.35

Calon suami sepupu saya orang Melaka. Makan saya lumayan semangat kalau mereka jadi nikah mau jalan-jalan ke sana. Tapi, katanya sekarang Melaka jadi macet karena banyak turis hehehe

Rach Alida Bahaweres 07/01/17, 22.49

Ya kalau Sabtu dan Minggu katanya macet banget mbak. Asyik nih bisa ke Malaka mba :)

Lusi 05/01/17, 08.04

Hahahah orang Ind ya, hobi selfie smp ketinggalan rombongan. Tapi memang betul tu mbak, lbh baik beli sim card lokal. Jatuhnya masih tetap lebih murah dibandingkan dg upgrade sim card Ind kalau di Msia.

Rach Alida Bahaweres 07/01/17, 22.50

Hahaa begitulah mba Lusi.
Iyaa ternyata murah kalau beli SIM card lokal :)

Mbul Kecil 07/01/17, 11.41

Wawawa,,, keren banget mb lida, btw pas makan antri kayak nunggu antrian dokter..,huhuhu, tapi lumayan ya, berarti emang restonya ramai pengunjung
Btw aku baru tau melilea ini malaysia punya loh mb hihi
Takkira mlmnya sini

Rach Alida Bahaweres 07/01/17, 22.51

Iyaa
Aku juga baru tahu pas ikut lombanyaa mba. Hihiihiii

Adriana Dian 07/01/17, 15.50

Waaaah serunyaaaa. Karena ngeblog jadi bisa ke luar negeri. Keren sekali mbak Alidaaaa <3 ditunggu banget cerita selanjutnya ya mbaaaaaak :D

Rach Alida Bahaweres 07/01/17, 22.51

Alhamdulillah mbaa Adriana :)Terima kasih banyak ya :*

monda 07/01/17, 19.28

alhamdulillah berkah ngeblog jadi diundang ke Malaysia ya
selamat sekali lagi ya Alida
kepengen ke Malaka juga he...he...
apalagi pernah ke Galeri Malaka yang di Kota Tua dan di Sawahlunto makinjadi aja kepengenannya

Rach Alida Bahaweres 07/01/17, 22.52

Iyaa semoga bisa kesana ya mba :)

Ucig 08/01/17, 14.42

Wah mba, sekali lagi selamat yaaa... Ikut seneng.
Itu ngobrol seru banget sampe sepi pengunjung lainnya hihii
Jadi 60rb utk 3 harian, sim card dan paket inet, lumayan mba....
Next post yaaa menanti

Rach Alida Bahaweres 09/01/17, 12.47

Alhamdulillah banget mba :)
Makasih ya mba

Larasati Neisia 08/01/17, 15.03

Alhamdulillah ya Mba, aku pun ikut seneng lho liatnya.. Itu kayaknya disana instagram-able sekali, bawaanya pengen semua difoto yaa hahaha. Semoga aku pun suatu hari bisa ke Malaka juga. Aamiin.

Rach Alida Bahaweres 09/01/17, 12.48

Aamin. Smoga berkesempatan ke Melaka ya mba :)

nitalanaf 10/01/17, 14.23

Mba Herva dari Cimahi ke Soetta lintas negara, makanya capek dia dan harus tidur :D Resto Nyonya rame juga ya, sampai harus antri dulu mau makannya.

Rach Alida Bahaweres 11/01/17, 08.49

Ah dia emang doyan tidur kayak aku mba NIta. Hahhaaa. Hanya saja aku blm bisa tenang tidur di pesawat. Hihii

Sandra Buana Sari 11/01/17, 06.32

Untung beli sim card ya mba, jd yg di Jakarta bs ttp menghubungi... Aku jg kl ke LN beli sim card setempat mba, jaga2 aja 😁

Rach Alida Bahaweres 11/01/17, 08.51

Iyaaa. Biasnaya manfaatin wifi tapi kali itu wifinya ga bisa. HIhii

Amanda ratih pratiwi 11/01/17, 13.23

Mama sayange, becaknya kayak becak manten.. Wkwkwk.. Cerita diatas nggak jauh2 beda ama yg diceritain mba herva di blognya. Tersesat-ngantri makan-kurang tidur 😁😁😁

Rach Alida Bahaweres 15/01/17, 22.36

Hahhaa bawa ke Ambon bisa tuh, Mba Amanda. Hhahaa
Iyaaa aku ama Mba Herva kan sehati. Hhahaa

Rudi Chandra 14/01/17, 07.46

Wah... enak banget jalan-jalan gratis gitu, selamat ya mbak :)

Cepi Ali Anwari 26/02/17, 15.19

Menulis di blog sudah jadi kecintaan saya sejak 6 tahun silam. Dan hari ini masih tetap berbagi informasi lewat blog. Terimakasih blogger