Senin, Januari 09, 2017

Anggaran Dana Bangun Rumah Minimalis, Penting!

Siapa yang tak tergiur memiliki rumah idaman? Saya yakin, banyak teman yang tentu berharap memiliki rumah idaman. Rumah sesuai keinginan. Namun memiliki rumah idaman harus memperhatikan bahnyak hal. Salah satunya ya mempersiapkan anggaran. Anggaran dana dalam membuat rumah dijual di Bandung bergaya minimalis merupakan hal yang harus dipersiapkan atau perkiraan sebelum membangun rumah. Mempunyai rumah yang aman serta nyaman merupakan keinginan semua orang. Saat ini rumah minimalis merupakan salah satu pilihan hunian dengan anggaran yang terbatas.
 
Sumber : Pixabay.com
Anggaran dana membangun rumah minimalis tentunya tidak dapat asal-asalan saja. Kita harus memiliki banyak perencanaan agar anggaran yang kita miliki dapat sesuai dengan yang kita inginkan. Tidak sedikit jika banyak orang yang mengalami kesulitan dalam hal penghitungan biaya. Kalau ini yang terjadi, bukannya untung eh malah rugi. Dana terkuras habis tapi bangunan rumah belum jadi. Karena itulah sangat diperlukan persiapan yang matang.


Anggaran Dana Membangun Rumah Minimalis
Nah, supaya anggaran dana mencukupi untuk persiapan membangun rumah maka perlu diperlukan hal-hal berikut.

Menetapkan tipe rumah
Biaya yang akan dkeluarkan tergantung pada tipe rumah yang ingin kita bangun. Harga bangunan yang mahal juga dapat menjadi pertimbangan kita dalam menentukan tipe rumah. Selain tipe, kita juga perlu memikirkan desain yang akan dipilih supaya dapat meminimalisir biaya namun tetap dengan desain yang bagus.
 
Sumber : pixabay.com
Menghitung kebutuhan rumah minimalis
Yang kedua yaitu menghitung kebutuhan pada rumah minimalis yang akan kita bangun. Hal ini sangat perlu dilakukan supaya biaya yang dikeluarkan sesuai dengan jumlah anggaran. Spesifikasi bahan bangunan maupun material yang dipergunakan, aksesori serta perlengkapan yang akan dipergunakan di dalam rumah juga perlu dihitung.

Menyiapkan dana
Setelah menghitung beberapa kebutuhan serta bahan material maka hal lain yang diperlukan yaitu menyiapkan dana. Dana ini sangat menentukan cepat lambatnya pembangunan dilakukan. Karena itu sebaiknya kita menghitung dengan baik hal penting apa saja yang sangat dibutuhkan.

Jangan lupa mempertimbangkan anggaran
Pentingnya Anggaran Dana Membangun Rumah Minimalis
Sekarang percaya kan bahwa anggaran dana memang sangat penting untuk dilakukan. Sebaiknya menyediakan dana yang lebih untuk berjaga-jaga jika harga bangunan atau yang lain akan naik sewaktu-waktu serta kebutuhan mendesak yang lain. Jadi, persiapannya memang harus benar-benar matang. Nah, itu beberapa ulasan tentang anggaran dana membangun rumah minimalis yang harus direncanakan, teman.


Apakah teman punya pengalaman dalam membangun rumah ? Yuk, share di kolom komentar 

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

26 komentar:

  1. Betul Mbak, kita harus bisa merencanakan anggaran ketika membangun rumah. Jangan sampai malah membengkak biayanya ya...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah iya mba. Kalau membengkak anggarannya kan bisa rugi :)

      Hapus
  2. Sedang mau membangun kak ...sudah mulai orat oret, kontak aristek dan sebagainya..Excited sih karena pengalaman pertama buat ngebangun rumah sendiri yang sekalian akan dijadikan bisnis :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah semoga hasilnya sesuai keinginann ya mba DEwi ;)
      Smoga terwujud keinginanya

      Hapus
  3. Iya, sih .. butuh penganggaran utk hal ini.

    BalasHapus
  4. makasihhh tipsnya mba.. berguna juga buat aku, meski bukan mau beli/bangun, tapi mau renovasi...

    BalasHapus
  5. Kalau aku enggak dianggarin mbak hehehe. Menetapkan tipe iya.
    Tapi eksekusinya ya di cicil. hihihi.. Saat uang cukup bangun kamar mandi dulu, ya bangun itu dulu. begitu seterusnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Pelan-pelan tapi bertahap dan terencana ya mba :)

      Hapus
  6. iya bikin anggran emang penting sesuai ngga sama budget :3
    tapi dipiir pikira bikin rumah jaman sekarang mahal banget :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mahal nih tapi kayaknya harus mulai ditabung sejak sekarang mba :)

      Hapus
  7. Harus diperhitungkan dengan cermat anggarannya. Pengalaman renov rumah, ada aja yg ditambah, jadinya anggaran membengkak :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Itulah. Kadang, masih dihitung aja masih sering membengkak :P

      Hapus
  8. Teman pernah ada yang sharing kalau dipertengahan jalan, anggarannya ternyata nggak cukup dan rumahnya sempet terbengkalai. Ya untungnya cuma sebentar sih. Memang mesti benar2 diperhitungkan ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. NAh, kayak begini ini kan yang harus dihindari, berhenti di tengah jalan :(
      SYukurlah bisa teratasi ya mba

      Hapus
  9. Harga rumah makin gila-gilaan, kayaknya memang umur-umurku ini duitnya baru cukup buat merancang rumah minimalis deh ya mbak heheheh *nangis darah

    BalasHapus
    Balasan
    1. Smoga suatu saat bisa. Rejeki siapa yang tahu ya :)

      Hapus
  10. Jaman skrng kalau beli rumah juga kudu mempersiapkan dana buat renovasi ya mbak, minimal nutup dapur. Pdhl jaman ortu kita dulu, kalau beli rmh ya udah sepaket dgn dapurnya hehe

    BalasHapus
  11. Wah, belum pernah nih bikin anggaran khusus, biasa jalan sesuai sikon.tengkyu sharingnya, mb

    BalasHapus
  12. Kemaren beta bangun rumah tanah su disediakan mertua. Jd tinggal bangun rumah saja, dan bangun rumahnyaa doang nggak pake tanah sama2 bikin gigit jari ya mahaaaaaal..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah ini mantep nih. Kalau mertua masih ada sisa tanah, bisa kasih beta jua. Hahaha

      Hapus
  13. saya baru mau renovasi nih mba...udah lumayan senewen hehehe

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah harga dluar pasti wow banget mba :)

      Hapus