Sabtu, Mei 07, 2016

Cara Anita Carolina Mengembangkan Minat Belajar Anak

Salah satu kendala yang kerap di alami orangtua adalah meningkatkan semangat belajar anak. Ini yang kerap saya dengar saat ngobrol dengan beberapa teman. Tapi saat membaca tulisan mba Anita Carolina Tampubolon, saya membaca ada beberapa tips untuk membangun semangat belajar anak. Di blognya http://anitadcaritas.blogspot.co.id/ ada tiga tips untuk membangun minat anak.
Pertama, orangtua harus mengetahui minat anak. Apabila kita mengetahui minat anak, anak akan semangat mengajar. Nah setelah itu, secara perlahan memperkenalkan tentang pelajaran lainnya. 

Kedua, mengajarkan berlajar sambil bermain. Belajar sambil bermain teryata bisa meningkatkan semangat belajar anak. Permainannya bisa disesuaikan dengan minatnya.
Ketiga, berikan target dan hadiah kepada anak. Apabila anak bisa mendapat nilai lebih, berikanlah hadiah untuk anak menjadi lebih terpacu.

Senin, Mei 02, 2016

Gamis untuk Perempuan Berpostur Mungil

Perempuan itu berdiri sambil menggengam buku. Matanya seringkali menatap arah kedatangan commuter line dari arah Stasiun Duri. Sesekali ia memandang jam tangan yang melingkar di pergelangan tangannya. Saya berdiri tak jauh dari perempuan itu. Menggunakan gamis berwarna bunga-bunga dipadu jilbab berwarna pink, penampilan perempuan itu menarik perhatian saya.
 
“Naik commuter line turun di mana, mba,” kata saya membuka percakapan. Bosan juga menunggu hampir setengah jam, commuter line tujuan Depok belum juga muncul di stasiun Tanah Abang. Dia menoleh dan tersenyum. “Turun di stasiun Pondok Cina, mba,” katanya. Kemudian obrolan pun berlanjut. Perempuan itu bernama Rani, pekerja swasta yang bekerja di kawasan Senayan. Setiap kali ia mengaku menggunakan commuter line untuk transportasi sehari-hari. Mmmh ... saya seperti saya yang memiliki commuter line juga. Obrolan kemudian berhenti saat commuter line tiba, dan kami pun berpisah mencari celah agar bisa masuk ke commuter line.