Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Merajut Mimpi Menuju Baitullah

Sabtu, April 30, 2016
Kalimat demi kalimat yang diucapkan perempuan yang duduk di depan saya, membuat saya terdiam. Kalimat yang terucap membuat saya tak tahu harus berkata apa. Lidah ini terasa kelu. “Bu, kita tidak bisa umroh bulan ini. Travelnya bangkrut,” kata perempuan itu. Sekian menit saya terdiam, saya hanya berucap singkat. “Lalu, gimana, bu?,” kata saya. Kalimat ini terkesan basa-basi, tapi saya tidak tahu lagi harus berkata apa. Rasa marah saya seolah lenyap begitu saja. “Perusahaan akan mengganti dana yang sudah ibu berikan. Ibu sabar saja,” katanya lagi. Entah mengapa, lagi-lagi saya hanya bisa terdiam. Perempuan itu juga sama seperti saya, korban gagal berangkat umrah bulan Maret.

Saya kemudian terkenang percakapan dua tahun lalu. Saat saya bertemu dengan orang yang menawarkan untuk umroh dengan membayar belasan juta rupiah. Angka yang menurut saya terjangkau untuk umroh. Harga yang diberikan travel umroh karena travel umroh tersebut berulangtahun. Apalagi umroh baru dilaksanakan dua tahun kemudian. Saya juga browsing di internet dan tanya sana-sini. Hasilnya, saya merasa harga itu adalah harga yang wajar. Suami saya sempat meminta untuk dipertimbangkan mengambil travel umroh itu. Tapi keinginan saya untuk segera menginjak tanah suci begitu kuat. “Jika memang takdir saya ke sana dua tahun lagi, akan ada jalannya. Tapi jika tidak, harus bilang apa?,” kata saya sok bijaksana. Walau saya berkata demikian, saya berharap saya benar-benar umroh.

Belajar Lingkungan di Jurusan Teknik Lingkungan

Jumat, April 29, 2016
Noka Destalina mengaku saat awal masuk kuliah Teknik Lingkungan, ia belum ada bayangan spesifik berkarier seperti apa. Ia pertama kali mengetahui tentang Teknik LIngkungan adalah waktu kunjungan mahasiswa yang datang ke sekolahnya, yakni SMA Negeri 70 Jakarta. Tidak banyak informasi yang bisa digali tentang kuliah jurusan ini. Belum lagi kunjungan mahasiwa ini cukup singkat sehingga tidak bisa membahasa secara detail masing-masing jurusan. Kini, ia menjadi senior project officer untuk kawasan Asia Tenggara dan mengatur proses transfer of knowledge di bidang sanitasi. 

Kuliah Jurusan Apa? 

Eksistensi Ida Tahmidah Sebagai Blogger

Senin, April 25, 2016
Saya mengenal mba Ida Tahmidah sebagai sosok yang sederhana dan rendah hati. Saat tahu ia menjadi pemenang arisan link blogger yang diprakasai Blogger Perempuan, ia merasa biasa-biasa saja. Padahal, mba Ida adalah sosok yang keren. Mba Ida terlahir sebagai orang Bandung yang lahir hingga kuliah di Bandung. Mba Ida mengenang masa kecil yang indah di Bandung. Saat kecil, ia sering ke Alun-Alun Bandung dan bermain air mancur. Terkadang, ia hanya sekedar duduk-duduk di atas kursi sambil menikmati gorengan tahu. Sejak kecil hingga kini, ia menyukai Kupat Tahu Mangunreja yang menurutnya enak. Kenangan masa kecilnya ia bagi melalui tulisannya di blog www.idatahmidah.com.

Persiapan Menjelang Persalinan

Minggu, April 24, 2016
Saat kehamilan memasuki trimester ketiga, ibu hamil terkadang gelisah. Jika di awal-awal trimester ibu hamil mengalami mual dan muntah, trimester ketiga, ibu hamil sudah memikirkan persiapan menjelang melahirkan. Bahkan ada juga yang telah menyiapkan beraneka hal saat awal kehamilan untuk menyambut buah hati. Nah, soal persiapan di awal kehamilan, ada juga yang menggangap pamali. Bagi saya, semua tergantung keputusan masing-masing. Kalau saya dan suami, memilih menyiapkan keperluan melahirkan menjelang kehamilan. Bagi saya, ada beberapa persiapan yang harus dilakukan menjelang masa-masa melahirkan. Persiapan ini tidak melulu menyiapkan dana melahirkan saja. Ini sekilas persiapan saya menjelang melahirkan.

Persiapan Fisik
“Pas hamil gede, sering-sering ngepel biar anak di jalan lahir. Biar gampang saat melahirkan”. Sering mendengar kalimat itu kan?. Saya dulu juga melakukan saran seperti itu. Saat kontrak di rumah dua lantai, saya rajin ngepel hampir tiap hari agar anak bisa di jalan lahir. Hasilnya? Sayangnya cara ini tidak berhasil kepada saya sehingga saya harus menjalani operasi caesar. Persiapan fisik lainnya yang disarankan adalah jalan kaki. Jalan kaki bisa dilakukan di pagi atau sore hari. Tujuannya agar ibu hamil tak mudah lelah saat melahirkan. Walau hanya jalan kaki, tapi dengan perut yang semakin membesar, berjalan kaki pun butuh perjuangan. Jika awal terasa berat, lakukanlah secara perlahan-lahan dan sesering mungkin. 


Perempuan-Perempuan Hebat yang Menginspirasi

Jumat, April 22, 2016
Saya tak bisa menghitung berapa banyak perempuan hebat yang saya ketahui. Terlalu banyak perempuan-perempuan hebat yang menurut saya sangat menginspirasi. Perempuan-perempuan hebat itu saya ketahui entah dari media massa, atau saat berjumpa langsung. Saya sangat senang jika menulis profil tentang perempuan-perempuan hebat, sejak saya masih menjadi jurnalis di majalah. Menulis profil tentang perempuan hebat, menjadi motivasi bagi saya. Jika saya merasa 'hebat', saya membaca kisah perempuan dan kemudian saya tahu bahwa saya bukan siapa-siapa. Karena ada banyak perempuan hebat di luar sana. Saya takjub dengan beragam inovasi yang dilakukan. Sesuatu yang mungkin bagi orang lain tampak sederhana, tapi menjadi sesuatu yang luar biasa.  

Tulisan ini memuat kisah perempuan-perempuan yang ditampilkan di Kompas TV dalam rangka peringatan Hari Kartini 2016. Ada 30 perempuan hebat yang diliput Kompas TV dan tayang sejak tanggal 11 hingga 21 April 2016. Saya ingin mencuplik tiga diantara 11 nama perempuan hebat itu. 


Lima Bahan Alami Mengatasi Jerawat

Kamis, April 21, 2016
Saya termasuk orang yang memiliki kondisi kulit normal cenderung kering. Apabila saya tak memakai pelembab, bedak tidak akan menempel dengan baik. Namun terkadang kulit berminyak pun muncul sehingga jerawat datang tanpa diundang. Jumlahnya sih nggak banyak. Hanya saja lokasi terkadang di titik yang tak pas. Pernah, jerawat muncul di ujung hidung! Jika ini yang terjadi, tentu menganggu penampilan. Tak hanya itu saja, jerawat pun terkadang bikin gatal sehingga ingin selalu saya garuk. Tapi ya, saya tahan-tahan daripada nanti merusak wajah. Setelah bertanya-tanya dan banyak browsing, saya jadi banyak tahu tentang jerawat.

Teryata banyak faktor penyebab jerawat. Pertama adalah faktor lingkungan. Hidup di kota yang penuh polusi dan memilih menggunakan kendaraan umum, pasti sulit untuk terhindar dari debu. Alhasil, debu pun menempel di wajah sehingga terjadi penyumbatan pori-pori dan muncullah jerawat. Kedua adalah faktor hormon. Adanya peningkatan hormon juga menjadi salah satu penyebab munculnya jerawat.   


Menonton Aksi Kion di The Lion Guard

Sabtu, April 16, 2016
Anak saya yang berusia 6 tahun sangat menyukai tayangan Disney Channel. Nah, Disney Channel memiliki tayangan baru yakni “The Lion Guard". Teryata tayangan ini merupakan lanjutan dari film The Lion King yang terkenal sejak tahun 1994. Tayangan ini menceritakan tentang Kion, anak kedua dari Simba dan Nala. Kion ini salah menganggap dirinya adalah pemimpin dari The Lion Guard.   

Minggu lalu, saya menghadiri pemutaran serial televisi “The Lion Guard”. Serial televisi ini akan tayang 17 April pukul 07.30 WIB di Disney Channel. Saat mendapat informasi undangan ini, saya langsung mengiyakan untuk menghadiri. Pas banget, Sabtu, 9 April saya libur. Bersama suami dan A, kami pun meluncur ke salah satu kafe di Jakarta Selatan. Saat datang, pemutaran serial televisi baru saja dimulai.

Aksi Kion di serial terbarunya ...  

Sewa Kostum di Rizrha Rumah Kostum

Selasa, April 12, 2016
Saya pernah mengalami kebinggungan saat anak akan mengadakan kegiatan dan membutuhkan kostum yang unik. Untuk beli baru, kayaknya sayang banget karena akan jarang dipakai. Nggak mungkin juga kan jalan ke mall pakai baju ala tuan putri?. Atau ke kondangan nikahan pakai baju tradisional suatu negara? Mmh .. buat saya sih nggak banget. Kalaupun harus menyewa, harus menyewa dimana?

Dengan berjalan waktu, saya berkenalan dengan Ami Rizrha Puspita. Dari hasil obrolan, saya kemudian tahu bahwa Mba Ami, menyewakan beraneka kostum untuk berbagai keperluan. Nama tempat penyewaan kostumnya adalah Rizrha Rumah Kostum. Ketertarikannya di usaha penyewaan kostum dmulai pada tahun 2011. Sebelumnya, kakaknya yang mengawali usaha kostum pada tahun 2008. Kebetulan sang kakak adalah guru tari dan guru PG-TK (Playgroup dan Taman Kanak-Kanak). “Muridnya banyak yang minta kostum,” kata Mba Ami.

Model cilik!

Pilihan Hidup Ira Guslina Menjadi Full Time Mom

Senin, April 11, 2016
Salah satu kebahagiaan menjadi blogger adalah bertemu dengan teman baru. Termasuk sesama blogger. Salah satunya saat berkenalan dengan Ira Guslina. Mba Ira, panggilannya, walau tak pernah berjumpa, tapi sering sapa di media sosial. Kami pun kerap saling berkunjung di blog. Tapi saya pernah sampaikan bahwa sempat kesulitan komen di blognya. Namun untunglah hal itu sudah terselesaikan dengan baik.

Sebelum mengenal Mba Ira, saya tak tahu mba Ira adalah anak Minang yang memilih kuliah dan lebih menghabiskan waktu untuk belajar di Pekanbaru, Riau. Bisa dikatakan, mba Ira tak bisa ‘diam’. Keaktifannya telah terlihat sejak ia kuliah. Saat kuliah, ia menyempatkan diri mengikuti penelitian bahkan pernah satu tim dengan peneliti Belanda. Era tahun 2003-2007 ia menghabiskan waktu dengan menginap di kampung-kampung dan berkorespondensi dengan Suku Sakai, Suku Talang Mamak.

Perkenalkan, Ira Guslina

Arisan dan Cerita Kehamilan

Minggu, April 10, 2016
Sebuah pesan pendek masuk di telepon gengam saya. Pengirimnya adalah Bu Agus, tetangga saya, yang mengajak untuk berangkat arisan bersama. Segera saya balas dan mengiyakan ajakannya itu. Kebetulan Sabtu, 9 April saya libur kerja sehingga bisa mengikuti arisan RT di wilayah saya. Kegiatan ini merupakan agenda bulanan di wilayah tempat tinggal saya. Sayangnya saya tak bisa selalu hadir karena terkadang terbentur waktu kerja. Tetapi sudah menjadi komitmen saya, selagi libur saya selalu menyempatkan hadir. Bagi saya, arisan menjadi salah satu sarana menjalin tali silaturahmi. Terkadang, di arisan selalu saja ada informasi atau mengundang pembicara atau sekedar jualan produk.

Setengah jam kemudian kami pun tiba di balai warga, tempat arisan dilaksanakan. Belum banyak peserta arisan hadir. Hujan yang mengguyur sejak pagi nampaknya masih menjadi salah satu penghalang hadir di arisan. Saat hujan reda, secara perlahan, para peserta arisan pun hadir sehingga memenuhi balai warga. Saat hadir, kami langsung membayar arisan dan sekaligus uang kebersihan dan uang keamanan. Untuk arisan, membayar Rp 50 ribu sedangkan uang kebersihan dan keamanan sebesar Rp 65 ribu.

Sumber : pixabay.com

Enaknya Puding Roti Panggang

Jumat, April 08, 2016
Saya sekeluarga suka makan roti. Bagi saya, roti itu mudah di konsumsi dan mengenyangkan. Jadi seringkali saya membeli roti melalui tukang roti yang selalu lewat di depan rumah saya. Tukang roti itu menjual di pagi dan malam hari. Namun seringkali saya lebih banyak membeli di malam hari. Roti yang saya beli biasanya masih baru alias masa kadarluarsanya masih panjang. Roti lebih enak dikonsumsi dengan mentega dan meises. Terkadang saya mengkonsumsi roti ditemani teh manis panas.


Puding Roti


Drama Commuter Line Anjlok

Kamis, April 07, 2016
Kemarin sore, saat tiba di stasiun Palmerah, commuter line telah tersedia. Terburu-buru saya kemudian naik commuter line menuju stasiun Tanah Abang. Tumben nih tak perlu menunggu lama di stasiun Palmerah. Maklum terkadang saya harus menungu 30 hingga 45 menit di strasiun Palmerah.

Commuter line kemudian melaju melintasi rel kereta api menuju stasiun Tanah Abang. Dari jauh, saya melihat commuter line di jalur 3 tujuan Depok telah bersedia. Saya berlari dengan harapan tak perlu menunggu commuter line berikutnya. Tiba di depan commuter line, petugas masih berjaga-jaga. “Mba, kalau nggak mau nunggu lama, jangan naik kereta ini,” kata salah seorang penumpang kepada saya. Saya hanya bisa manggut-manggut. 

Tertawa Bersama Get Up Stand Up

Selasa, April 05, 2016
Menjadi seorang penyiar radio di Medan dan memiliki pacar cantik dan baik, bagi Babe Cabiita adalah sesuatu yang hampir sempurna. Namun kesempurnaan ini menjadi sulit terwujud ketika Babe dikejar-kejar debt collector karena hutang-hutangnya yang semakin meningkat. Maka sang pacarnya, Fatiya, yang membantu Babe melunasi hutang-hutang dengan harapan Babe akan berubah. Berubah untuk lebih maju dan sukses. Tapi harapan demi harapan pupus saat Babe tak lagi bisa diharapkan. Hubungan percintaan selama enam tahun pun kandas. Fatiya pergi ke Jakarta dan bekerja di salah satu kantor pengacara terkemuka di Jakarta.


Auto Post Signature

Auto Post  Signature