Sabtu, Maret 26, 2016

Buku Teman Duduk Saya

Awalnya Mat Kaldun hanyalah pemuda biasa yang menempuh masa remaja dengan berbagai kesulitan hidup. Ia menumpang hidup pada abang-abangnya saat kedua orangtuanya meninggal. Ipar-iparnya pun kerap meminta bayaran dari Mat Kaldun sebagai pengganti biaya makan selama hidup menumpang. Hanya satu yang Mat Kaldun miliki, yakni kesenangannya pada melukis. Berkat kemampuan melukisnya yang semakin terasa, karyanya menjadi koleksi yang diburu. Saat kematian Mat Kaldun, abang-abang beserta istri-istri datang ke rumah Mat Kaldun meminta lukisan-lukisannya.Tanpa persetujuan istri Mat Kaldun, lukisan-lukisan itu pun dibawa pergi. Kepada anak-anaknya, istri Mat Kaldun mengatakan bahwa orang-orang yang membawa lukisan itu adalah burung-burung nasar, sejenis makluk makhluk pemakan bangkai.  

Dalam kisah berjudul ‘Burung Nasar’, Daoed Joesoef memotret perjalanan hidup manusia yang kerap terabaikan saat sengsara. Pengabaian ini bahkan dilakukan oleh saudara sendiri. Namun ketika sukses, mereka yang jauh kemudian mendekat dengan harapan kesuksesan itu juga bisa ikut dinikmati. Padahal, dimanakah mereka saat dibutuhkan? 

Selasa, Maret 22, 2016

Jalan Hidup Bunda Icha

Selama sembilan tahun telah mengelilingi 31 propinsi di Indonesia dan lebih dari 250 kota kabupaten? Itulah yang telah dilakukan Elisa Koraag saat masih aktif bekerja dulu.  Elisa kerap dipanggil Bunda Icha. Icha adalah nama panggilannya saat kecil. Nama lengkapnya adalah Elisa Kostrada Koraag. Nama Elisa diambil dari nama opanya. Sedangkan nama ‘Kostrada’ berasal dari kata Kostrad karena sang papi adalah TNI AD. Ia mengaku nama ‘Kostrada’ ini sangat‘antik’ dan sempat merasa agak terganggu karena sangat aneh terdengar.

Sejak tahun 2011, ia memilih membesarkan  kedua anaknya dan menjadi ibu rumah tangga, setelah 18 tahun sebagai wanita karir. Ia pernah bekerja selama 10 tahun di Radio Pesona FM, Jakarta. Dan kemudian bekerja di perusahaan penelitian sosial, politik dan marketing selama tujuh tahun. Di usianya yang kini menginjak 50 tahun, Bunda Icha masih tetap aktif. Terakhir  ia diajak ke Belitung untuk menjadi saksi gerhana fenomena alam yakni Gerhana Matahari Total.

Minggu, Maret 20, 2016

Bebas Anemia, Tingkatkan Produktivitas

Beberapa hari ini kondisi badan saya terasa tak enak. Batuk dan pilek melanda. Suara pun serak. Teryata amandel saya bengkak dan saya terkena flu. Selain itu, saya kerap kali mengantuk, dan mudah sekali merasa capek. Badan rasanya seperti habis memanggul bebat yang sangat berat. Terkadang, saya pun menjadi sulit konsentrasi.

Yuk, bebas anemia