Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Jembatan AMPUH Menuju Sukses

Rabu, Maret 30, 2016
Kesempatan untuk mampir ke berbagai pameran selalu membuat saya bertanya-tanya.
Bagaimana mereka bisa memulai usaha?
Target mereka kedepan seperti apa?
Berapa banyak tenaga pekerja yang membantu usaha?
Bagaimana bentuk pemasaran yang dilakukan selain pameran?

Pertanyaan demi pertanyaan kemudian terjawab, dengan berjalannya waktu. Rata-rata pelaku usaha yang saya temui adalah wirausaha muda yang berani, inovatif dan kreatif. Sesuatu yang tak terpikirkan kemudian diwujudkan melalui usaha yang menghasilkan omzet hingga ratusan juta rupiah.

Namun, berapa banyak wirausaha yang ada? Data di Kementerian Koperasi dan Usaha UKM mencatat hanya 2 persen dari total jumlah penduduk Indonesia. Bandingkan dengan Malaysia yang memiliki 5 persen dan Thailand 4 persen dari total penduduk di negara masing-masing. Jika dikelola dengan baik, hanya dalam kurun waktu tiga tahun, sektor UKM bisa menyerap sekitar 77 juta tenaga kerja. Inovasi demi inovasi yang dihadirkan tentu menciptakan lapangan kerja dan penyerapan tenaga kerja semakin banyak. Dalam benak saya, jika ini terjadi, tentu pengangguran semakin berkurang. Saya sendiri hingga kini belum berani menjadi wirausaha. Terlalu banyak kekuatiran yang terbayang. Padahal, melangkah untuk memulai usaha saja belum saya lakukan. Kala itu saya sempat berpikir, andaikan ada wadah bagi wirausaha dan saya mengetahui komitmen pemerintah bagi wirausaha, mungkin niat saya mulai kuat. Permasalahan permodalan hingga pemasaran merupakan hal mendasar yang saya alami.  

Melangkah Bersama Sepatu Nikma Basyar

Minggu, Maret 27, 2016
Manis sepatunya. Sumber Foto : Nikma Basyar
Jumat siang, tanggal 13 Maret 2016. Jam tangan menunjukkan pukul 12.00 WIB. Masih ada waktu dua jam lebih bagi saya untuk berjalan-jalan di Indonesia Fashion Week. Usai di Indonesia Fashion Week yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC) saya harus bertugas sore hari di kantor. Tergesa-gesa, langkah kaki saya memasuki JCC untuk menuju stan Nikma Basyar. Sebuah pesan pendek masuk ke telepon genggam. “Stannya dekat kafe JCC,” isi pesan yang saya terima. Baiklah, saya pun mencari sesuai petunjuk. 

Informasi yang saya peroleh, stan ini terletak dekat pintu masuk. Jadi dari pintu masuk, langsung  belok kanan. Lokasinya persis dekat kafe di JCC. Stan ini terdapat di dalam stan besar milik Kementerian Koperasi dan Usaha Kecil Menengah. Terlihat mudah instruksi itu, tapi entah kenapa saya tak langsung menemukan. Saya mencoba menghubungi teman saya. "Mba, patokannya dimana?. Kok saya nggak lihat," kata. "Nanti saya kirim fotonya," kata teman saya. Kurang dari dua menit, foto sudah saya terima. Ah, saya coba mencocokkan foto dengan kondisi yang ada. Saya pun bertanya ke satpam dan tak ada yang tahu. Saya mulai kesal.

Buku Teman Duduk Saya

Sabtu, Maret 26, 2016
Awalnya Mat Kaldun hanyalah pemuda biasa yang menempuh masa remaja dengan berbagai kesulitan hidup. Ia menumpang hidup pada abang-abangnya saat kedua orangtuanya meninggal. Ipar-iparnya pun kerap meminta bayaran dari Mat Kaldun sebagai pengganti biaya makan selama hidup menumpang. Hanya satu yang Mat Kaldun miliki, yakni kesenangannya pada melukis. Berkat kemampuan melukisnya yang semakin terasa, karyanya menjadi koleksi yang diburu. Saat kematian Mat Kaldun, abang-abang beserta istri-istri datang ke rumah Mat Kaldun meminta lukisan-lukisannya.Tanpa persetujuan istri Mat Kaldun, lukisan-lukisan itu pun dibawa pergi. Kepada anak-anaknya, istri Mat Kaldun mengatakan bahwa orang-orang yang membawa lukisan itu adalah burung-burung nasar, sejenis makluk makhluk pemakan bangkai.  

Dalam kisah berjudul ‘Burung Nasar’, Daoed Joesoef memotret perjalanan hidup manusia yang kerap terabaikan saat sengsara. Pengabaian ini bahkan dilakukan oleh saudara sendiri. Namun ketika sukses, mereka yang jauh kemudian mendekat dengan harapan kesuksesan itu juga bisa ikut dinikmati. Padahal, dimanakah mereka saat dibutuhkan? 

Jalan Hidup Bunda Icha

Selasa, Maret 22, 2016
Selama sembilan tahun telah mengelilingi 31 propinsi di Indonesia dan lebih dari 250 kota kabupaten? Itulah yang telah dilakukan Elisa Koraag saat masih aktif bekerja dulu.  Elisa kerap dipanggil Bunda Icha. Icha adalah nama panggilannya saat kecil. Nama lengkapnya adalah Elisa Kostrada Koraag. Nama Elisa diambil dari nama opanya. Sedangkan nama ‘Kostrada’ berasal dari kata Kostrad karena sang papi adalah TNI AD. Ia mengaku nama ‘Kostrada’ ini sangat‘antik’ dan sempat merasa agak terganggu karena sangat aneh terdengar.

Sejak tahun 2011, ia memilih membesarkan  kedua anaknya dan menjadi ibu rumah tangga, setelah 18 tahun sebagai wanita karir. Ia pernah bekerja selama 10 tahun di Radio Pesona FM, Jakarta. Dan kemudian bekerja di perusahaan penelitian sosial, politik dan marketing selama tujuh tahun. Di usianya yang kini menginjak 50 tahun, Bunda Icha masih tetap aktif. Terakhir  ia diajak ke Belitung untuk menjadi saksi gerhana fenomena alam yakni Gerhana Matahari Total.

Bebas Anemia, Tingkatkan Produktivitas

Minggu, Maret 20, 2016
Beberapa hari ini kondisi badan saya terasa tak enak. Batuk dan pilek melanda. Suara pun serak. Teryata amandel saya bengkak dan saya terkena flu. Selain itu, saya kerap kali mengantuk, dan mudah sekali merasa capek. Badan rasanya seperti habis memanggul bebat yang sangat berat. Terkadang, saya pun menjadi sulit konsentrasi.

Yuk, bebas anemia

Tas Terbaik untuk Anak

Sabtu, Maret 19, 2016
Sebulan lalu, saya masuk ke salah satu sekolah di kawasan Jakarta. Kebetulan ada janjian dengan teman yang sedang menjemput anaknya. Jadi rencananya, usai jemput anak teman, kami langsung melucur ke kafe untuk bisa ngobrol. Nah, pas anak-anak pulang sekolah, saya lihat banyak sekali anak-anak yang membawa tas yang besar-besar. Tas-tas itu ada yang coba dipaksa diseret karena terlalu berat.

Bahkan ukuran tasnya seringkali lebih besar dari badan si anak itu. Duh, saya lihat kok ya kasihan. Bahkan, ketika naik mobil, tasnya pun dibawa oleh pendampingnya. Saya awalnya hanya bisa bertanya-tanya dalam hati. Dalam perjalanan di mobil, kami pun ngobrol tentang banyak hal. Nah, salah satu yang akhirnya kami bahas adalah ukuran tas anak.

Pilihan Busana Muslimah di ZAQ

Rabu, Maret 16, 2016
Nama lengkapnya, Zakiyah Bamahry. Saya memanggilnya, Kiki. Terakhir saya bertemu dengannya sekitar tiga tahun lalu saat pernikahan saudara di Surabaya, Jawa Timur. Selebihnya, pertemuan lebih banyak di dunia maya. Termasuk saat saya memesan baju di tokonya. Saat ia mengabarkan akan menghadiri Indonesia Fashion Week di Jakarta Convention Center, 11-13 Maret 2016, saya pun menemuinya.

Sumber : Koleksi ZAQ

RA Jeans, Bisnis Fashion Terbaru Raffi Ahmad

Senin, Maret 14, 2016
Saat mendapat undangan untuk menghadiri fashion show di acara Indonesia Fashion Week 2016, kesempatan ini tentu tak saya lewatkan. Undangan itu datang untuk menghadiri lauching produk pakaian terbaru RA Jeans milik Raffi Ahmad pada Kamis, 10 Maret lalu. Raffi Ahmad tak lain adalah aktor, host yang juga terkenal dalam grup vokal BBB (Bukan Bintang Biasa). Pada pukul 17.00 WIB di stage 2 Lower Ground, Jakarta Convention Center, ruangan penuh sesak. Acara fashion show baru dimulai setengah jam kemudian karena panitia sempat kewalahan terkait pengaturan penonton yang melebihi kapasitas. Saya sempat berpindah tempat karena posisi awal yang ditempati semakin sesak.  

 
Penampilan Raffi Ahmad dan Nagita Slavina. Sumber : @rajeansid

Pameran Furniture Indonesia dan Mozaik Indonesia 2016. Jembatan Penghubung antara Pembeli dan Penjual

Minggu, Maret 13, 2016
Berawal dari media sosial, saya kemudian tertarik untuk datang ke Pameran Furniture Indonesia dan Mozaik Indonesia 2016. Kebetulan, Jumat 10 Maret saya piket sore sehingga masih ada waktu di siang hari untuk datang ke pameran yang dilaksanakan di Jakarta Convention Center (JCC). Menggunakan ojek online, saya pun tiba di JCC sekitar pukul 12.00 WIB. Ada waktu sekitar dua jam buat saya berkeliling di pameran sebelum ke kantor. Tiba di JCC, saya disambut hiasan unik berukuran raksasa berwarna merah dan hijau. Di dindingnya tertulis dengan jelas ‘Pameran Furniture Indonesia dan Mozaik Indonesia 2016. Pameran ini teryata menjadi salah satu agenda rutin tahunan pemerintah Republik Indonesia. Tak hanya itu saja. Pameran ini merupakan satu-satunya pameran furniture di Indonesia yang diakui sebagai rangkaian Pameran ASEAN Furniture Industries Council yang diadakan tanggal 10-13 Maret 2016.
 
Traksasi antara pembeli dan penjual 

Memilih Jilbab untuk Sehari-hari

Terkadang, saya kesulitan untuk mencari jilbab yang tepat untuk digunakan sehari-hari.Jilbab yang saya miliki kebanyakan yang polos dengan motif sederhana. Jika dipadu padankan dengan baju polos, tentu menjadi kurang menarik. Dari sinilah saya kemudian memutuskan untuk mencari jilbab yang lebih bermotif dan berwarna tapi dapat digunakan untuk kegiatan sehari-hari. Kebetulan, sejak tanggal 10-13 Maret, di Jakarta Convention Center ada kegiatan Indonesia Fashion Week 2016. Tentu saja, beraneka ragam jenis pakaian yang ada. Yah, termasuk jilbab.

Pengunjung Elhijab

Menulis Cerpen Anak Bersama Hairi Yanti

Kamis, Maret 10, 2016
Memiliki kenalan yang bisa menulis cerita pendek, tentu menjadi sesuatu yang menggembirakan. Saya bisa belajar banyak hal tentang penulisan cerita pendek (cerpen). Maklum, saya tak pandai untuk menulis cerpen. Hihiii. Seperti kawan saya yang bernama Hairi Yanti. Di blognya www.hairiyanti.com, dia banyak menulis tentang dunia cerita pendek. Tagline yang diangkat singkat, namun bermakna. Adalah ‘Sepinggan Kata, Selaksa Rasa’ menjadi tagline yang ia usung. Sepinggan merupakan nama bandara di Kalimantan Timur. Menggapa Kalimantan Timur? Karena disanalah, ia tinggal. Namun, Sepinggan juga mengisyaratkan ketertarikannya pada kuliner. 

Berbagi Kasih Sayang Melalui Sedekah

Selasa, Maret 08, 2016
Siapa bilang harta ga dibawa mati?
Dibawa kok.. Manfaat dan pahalanya! ^_^

#Aksi-Bagi-Baju-Bekas-Berkah
#Pelosok-Dusun
#MCK-untuk-Dhuafa
#Aksi-Makan-Gratis -Dhuafa

BismiLLAH..
Mohon doa yaaa..
Pada 6 Maret, kami akan beraksi di Desa pojok klitih Kecamatan Plandaan. Tak seberapa jauh dari kawasan wisata Cinet, Jombang. Menuju ke desa ini.. kami tak membawa motor roda 3.. medan yang cukup berat. Kami membawa 1 mobil operasional dan menyewa 1 pick up untuk membawa 400 lembar baju bekas layak pakai dan 1000 Porsi Bakso serta minuman.

****
Kalimat-kalimat ini saya terima melalui pesan whatsapp di telepon genggam saya. Pengirimnya adalah Yana Nurliana, Koordinator Rombong Sedekah. Dari Mba Yana, saya mengetahui bahwa desa itu terdiri dari 14 Dusun namun tak semua keluarga mampu memiliki WC. Dan tingkat kecelakaan jarena buang air di pinggir sungai cukup tinggi apalagi bagi para pemula. Dengan adanya kebutuhan tersebut, Mba Yana melalui Rombong Sedekah menggumpulkan dana dari donator untuk digunakan membangun tiga hingga lima bilik WC yang direncanakan dibangun.  

Inilah Hak Pekerja Perempuan

Sabtu, Maret 05, 2016
Sebagai pekerja perempuan, ada beberapa hak yang dimiliki dan harus dipenuhi oleh perusahaan tempat bekerja. Hak-hak ibu bekerja tertuang mulai dari Peraturan Menteri, Undang-Undang Ketenagakerjaan hingga Konvensi ILO (International Labour Organization). Banyak yang belum paham dengan aturan sebagai pekerja perempuan.
Perempuan Pekerja. Sumber disini
Di bawah ini, saya lampirkan hak-hak pekerja perempuan yang saya ketahui :

Dengan Softex Daun Sirih, Jadi Lebih Bersih dan Sehat

Tuntutan perubahan mau tak mau membuat perempuan ada yang memilih bekerja di luar. Namun ada juga yang memilih sebagai ibu rumah tangga namun mengaktualisasikan diri dengan beraneka aktivitas. Pilihan tentu tergantung masing-masing individu asalkan dilakukan dengan kerelaan tanpa paksaan. Sebagai ibu bekerja, seseorang harus berangkat pagi, dan pulang sore atau malam dan kemudian berkumpul bersama keluarga. Di sela-sela bekerja, seringkali memantau perkembangan anak melalui telepon. Untuk menyalurkan hobi harus pintar mencuri waktu.

Saya memilih menjadi seorang ibu bekerja yang juga kerap meluangkan waktu untuk menekuni hobi menulis dan memasak. Setiap pagi, saya keluar rumah pukul 05.00 WIB menggunakan sepeda motor. Namun sebelumnya, saya menyiapkan bekal makan dan sarapan untuk keluarga terlebih dahulu.  Tiba di stasiun Pondok Cina pukul 05.20 WIB, saya selalu menggunakan commuter line menuju stasiun Tanah Abang. Pukul 07.00 WIB saya sudah siap beraktivitas di kantor. Jika ada peristiwa penting yang terjadi, tekanan di kantor menjadi tinggi karena tuntutan untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Sore hari, saya bergegas meninggalkan kantor menuju rumah. Padatnya commuter line terkadang membuat saya tak nyaman, namun ini cara tercepat yang bisa saya lakukan agar tiba di rumah lebih awal. Sebelum magrib, saya sudah tiba di rumah dan menemani anak belajar serta menyiapkan bekal dan buku untuk sekolah keesokan harinya. Setelah semua beres, saya pun menyiapkan makan malam ditemani asisten rumah tangga. Setelah menemani anak tidur pukul 21.00 WIB, saya kemudian membuka laptop untuk menulis. Dengan beragam aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran, saya sadar bahwa kebersihan dan kesehatan sangat penting untuk perempuan yang sibuk dan padat aktivitas. Kesehatan menjadi sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Kesehatan dapat dijaga melalui asupan gizi, pola hidup sehat, serta keseimbangan antara ‘working-relaxing’ time. 

Asyiknya NGOPI Bareng Nova

Selasa, Maret 01, 2016

Sudah sejak lama saya selalu membeli Tabloid Nova. Bagi saya, Nova adalah tabloid yang lengkap. Ada rubrik  peristiwa, resep makanan, rubrik konsultasi, cerita pendek dan rubrik menarik lainnya. Nah, beberapa pekan lalu saat membaca Nova, tertulis bahwa akan ada kejutan terkait Ulang Tahun Nova ke 28 Tahun. Ah, kejutan seperti apa yang dimaksud? Saya pun penasaran. Di Nova edisi berikutnya tertulis bahwa ada acara Ngopi Bareng Nova yang dilaksanakan Jumat, 26 Februari di Restaurant Birdcage Parc di Melawai Jakarta, khusus untuk blogger dan vlogger. Usai membaca pengumuman kegiatan itu saya pun kemudian mengirim pesan singkat yang tertera untuk mendaftar. Tapi pesan pendek saya tak terbalas. Saya kemudian memutuskan menghubungi langsung ke kantor Nova. Syukurlah, nama saya langsung terdaftar untuk mengikuti Ngopi Bareng Nova.    


Tiup lilin kru Tabloid Nova

Auto Post Signature

Auto Post  Signature