Sabtu, Maret 05, 2016

Inilah Hak Pekerja Perempuan

Sebagai pekerja perempuan, ada beberapa hak yang dimiliki dan harus dipenuhi oleh perusahaan tempat bekerja. Hak-hak ibu bekerja tertuang mulai dari Peraturan Menteri, Undang-Undang Ketenagakerjaan hingga Konvensi ILO (International Labour Organization). Banyak yang belum paham dengan aturan sebagai pekerja perempuan.
Perempuan Pekerja. Sumber disini
Di bawah ini, saya lampirkan hak-hak pekerja perempuan yang saya ketahui :

Dengan Softex Daun Sirih, Jadi Lebih Bersih dan Sehat

Tuntutan perubahan mau tak mau membuat perempuan ada yang memilih bekerja di luar. Namun ada juga yang memilih sebagai ibu rumah tangga namun mengaktualisasikan diri dengan beraneka aktivitas. Pilihan tentu tergantung masing-masing individu asalkan dilakukan dengan kerelaan tanpa paksaan. Sebagai ibu bekerja, seseorang harus berangkat pagi, dan pulang sore atau malam dan kemudian berkumpul bersama keluarga. Di sela-sela bekerja, seringkali memantau perkembangan anak melalui telepon. Untuk menyalurkan hobi harus pintar mencuri waktu.

Saya memilih menjadi seorang ibu bekerja yang juga kerap meluangkan waktu untuk menekuni hobi menulis dan memasak. Setiap pagi, saya keluar rumah pukul 05.00 WIB menggunakan sepeda motor. Namun sebelumnya, saya menyiapkan bekal makan dan sarapan untuk keluarga terlebih dahulu.  Tiba di stasiun Pondok Cina pukul 05.20 WIB, saya selalu menggunakan commuter line menuju stasiun Tanah Abang. Pukul 07.00 WIB saya sudah siap beraktivitas di kantor. Jika ada peristiwa penting yang terjadi, tekanan di kantor menjadi tinggi karena tuntutan untuk mendapatkan informasi yang cepat dan akurat. Sore hari, saya bergegas meninggalkan kantor menuju rumah. Padatnya commuter line terkadang membuat saya tak nyaman, namun ini cara tercepat yang bisa saya lakukan agar tiba di rumah lebih awal. Sebelum magrib, saya sudah tiba di rumah dan menemani anak belajar serta menyiapkan bekal dan buku untuk sekolah keesokan harinya. Setelah semua beres, saya pun menyiapkan makan malam ditemani asisten rumah tangga. Setelah menemani anak tidur pukul 21.00 WIB, saya kemudian membuka laptop untuk menulis. Dengan beragam aktivitas yang menguras tenaga dan pikiran, saya sadar bahwa kebersihan dan kesehatan sangat penting untuk perempuan yang sibuk dan padat aktivitas. Kesehatan menjadi sangat penting untuk menunjang aktivitas sehari-hari. Kesehatan dapat dijaga melalui asupan gizi, pola hidup sehat, serta keseimbangan antara ‘working-relaxing’ time. 

Selasa, Maret 01, 2016

Asyiknya NGOPI Bareng Nova


Sudah sejak lama saya selalu membeli Tabloid Nova. Bagi saya, Nova adalah tabloid yang lengkap. Ada rubrik  peristiwa, resep makanan, rubrik konsultasi, cerita pendek dan rubrik menarik lainnya. Nah, beberapa pekan lalu saat membaca Nova, tertulis bahwa akan ada kejutan terkait Ulang Tahun Nova ke 28 Tahun. Ah, kejutan seperti apa yang dimaksud? Saya pun penasaran. Di Nova edisi berikutnya tertulis bahwa ada acara Ngopi Bareng Nova yang dilaksanakan Jumat, 26 Februari di Restaurant Birdcage Parc di Melawai Jakarta, khusus untuk blogger dan vlogger. Usai membaca pengumuman kegiatan itu saya pun kemudian mengirim pesan singkat yang tertera untuk mendaftar. Tapi pesan pendek saya tak terbalas. Saya kemudian memutuskan menghubungi langsung ke kantor Nova. Syukurlah, nama saya langsung terdaftar untuk mengikuti Ngopi Bareng Nova.    


Tiup lilin kru Tabloid Nova