Sabtu, Februari 20, 2016

Yuk, Makan Ikan Dori Dabu-Dabu


Ceritanya, Kamis 18 Februari saya mengikuti kelas memasak. Salah satu yang dimasak adalah Seared Dorry fish with Dabu-Dabu Style alias ikan dori dabu-dabu. Dabu-dabu kalau di Ambon disebut colo-colo. Masakan yang dipraktekkan di kelas memasak menurut saya simpel dan saya yakin bisa masak. Hmm, saya harus bisa memasak resep itu di rumah...
Ikan dori dabu dabu ala Alida

Jumat, Februari 19, 2016

Memasak Bersama Gourmet House

Sebagai seseorang yang senang memasak, saya tentu tertarik untuk mengikuti Cooking Class. Kebetulan, sejak 15 hingga 20 Februari ada free trial cooking club yang dilaksanakan pukul 09.30 WIB-11.30 WIB dan pukul 13.00-15.00 WIB. Namun sebelumnya harus konfirmasi terlebih dahulu di 0213846688. Kamis, 18 Februari Gourmet House melaksanakan Cooking Class, tentu saya tak melewatkan kesempatan ini. Pukul 09.30 WIB, saya tiba di Gourmet House di Jalan Batu Ceper No 55A, Jakarta Pusat. Tiba di lantai satu, saya terpukau dengan berbagai alat masak yang ala ala restoran besar. Beragam peralatan masak yang berukuran besar untuk memasak porsi restoran.

Peralatan masak

Minggu, Februari 14, 2016

Terima Kasih Mbah Jangkung

Mass Market BTPN
Perkenalkan, Mbah Jangkung

Namanya Harjo Sukarto. Tapi tak seorang pun di lingkungan rumah saya mengenal nama itu. Warga lebih mengenalnya dengan nama, Mbah Jangkung. Ia, dipanggil Mbah Jangkung karena tingginya yang mencapai 180 centimeter. Ditambah lagi posturnya yang kurus membuat tubuhnya menjulang. Usianya tak muda lagi. Tahun ini ia berusia 77 tahun. Namun ia masih terlihat sehat dan bugar. Sehari-hari, ia memiliki ‘seragam’ kesayangan yakni celana hitam dan kemeja berkancing berwarna hitam atau berwarna putih yang warnanya semakin memudar. Sebuah topi bermotif loreng selalu digunakan. Terkadang, ia bertelanjang dada saat berkebun. Kulitnya hitam pertanda kerap terpapar sinar matahari. Saya mengenalnya sejak tahun 2010 saat pertama kali pindah di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Timur. Mbah Jangkung adalah petani merangkap penjual sayur-sayuran yang berada di kawasan tempat saya tinggal.