Minggu, Desember 18, 2016

Manfaat Pijat Bayi

Sudah hampir enam tahun saya rutin pijat setiap sebulan sekali. Tukang pijat andalan saya namanya Cing Bai, orang asi Betawi yang tinggal di kawasan Pasar Rebo, Jakarta Sudah hampir enam tahun saya selalu dipijat olehnya. Pertama kali saya mengenalnya karena rekomendasi tetangga. Sekali dipijat, kemudian keterusan karena enak. Cing Bai adalah sosok yang ramah. Tak heran, banyak sekali yang menggunakan jasanya. Alhasil, jika ingin menggunakan jasanya, saya harus menghubunginya satu atau dua hari sebelumnya. Kerap kali Cing Bai melayani jasa pijat hingga ke kawasan Bekasi, Jawa Barat.
 
Bayi lucu. Sumber : pixabay.com
Setelah dipijat, biasanya badan saya menjadi lebih rileks dan terasa segar. Alhasil, saat beraktivitas pun menjadi lebih semangat. Tak hanya saya yang suka dipijat. Ayyas sejak bayi pun selalu dipijat. Saya ingat, sebelum Ayyas dipijat Cing Bai, Ayyas pernah dipijat oleh tukang pijat khusus bayi. Antriannya banyak banget. Tapi Ayyas hanya sekali dpijat di tukang pijat khusus bayi. Ini karena Ayyas selalu menangis saat dipijat. Padahal pijatannya sangat lembut. Akhirnya, saya meminta Cing Bai memijat Ayyas dan Ayyas pun tak pernah menangis selama dipijat. Memijat bayi ada beberapa teknik yang bisa dilakukan.  Teknik ini diambil dari INFANT MASSAGE : A Handbook for Loving Parents karya Vimala McClure yang diterjemahkan di website Johnsonbaby. 

Melemaskan Tangan 
Pertama, mulailah melemaskan tangan bayi. Teknik ini juga dapat digunakan saat bayi butuh istirahat selama dipijat. 

Kaki 
Pegang pergelangan kaki bayi dengan lembut dengan satu tangan. Lalu letakkan tangan bayi yang satu lagi di atas paha bayi. lalu turunkan ke bawah sambil mengusap sekeliling kaki hingga ke pergelangan kaki bayi dengan gerakan seperti sedang memerah. Ulangi gerakan ini. 

Telapak Kaki 
Kebanyakan kaki suka kakinya dipijat. Genggam dengan lembut dan usap masing-masing jari kaki menggunakan ibu jaro dan telunjuk. Usap bagian atas telapak kaki mulai jari kaki hingga pergelangan kaki menggunakan ibu jari kita 

Perut 
Mulailah dengan menyentuh perut bayi dengan usapan yang lembut. Jika bayi merasa senang, berikan usapan lembut menggunakan satu tangan diikuti tangan yang lain 

Punggung 
Sambil memeluk bayi ibu dekat di dada lalu pijatlah punggungnya mulai dari leher hingga ke bawah

Memang, pijat tak hanya unttuk orang dewasa. Anak bayi pun sebaiknya dipijat karena banyak manfaat pijat bayi yang bisa diperoleh. Berdasarkan informasi yang saat peroleh, pijat dapat melancarkan sirkulasi darah anak. Pijat juga dapat mengatasi gangguan tidur. Biasanya, anak setelah dipijat bisa tidur dengan nyenyak. Pijat juga dapat meningkatkan daya tahan tubuh bagi. Jika pijat dilakukan oleh orangtua, dapat meningkatkan bonding dengan anak.  




Terkadang saya dan suami juga memijat anak karena bagi kami, pijat juga akan memberikan kasih sayang kepada anak. Pijat pada bayi tentu berbeda dengan pijat kepada orang dewasa. Jika ingin tahu banyak tentang cara pijat bayi, silakan melihat video di bawah ini ya teman-teman ... 


Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

45 komentar:

  1. Baca ini jadi ingat masa lalu..:)Buat cucu nanti nih xixixi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aih mba Ida berasa udah mau nimang cucu nih. Hihihii

      Hapus
  2. Aku jg suka dipijaaaat #eh hahahah Raya maksudnya suka dipijat, dulu di daycare lama malah ada cargiver yg bisa pijat bayi khusus, kalau abis jalan2 dan lagi sakit pasti di pijat & langsung ceria lagi. Kalau aku yg mijat sambil main2 aja sesuai gerakan L.O.V.E abis kl serius takut salah pijat XD

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bener. Gerakan LOVE benar-benar bisa bikin anak senang dipijat ya mba. MAu nyoba juga ah gerakan LOVE :)

      Hapus
  3. Anak bungsuku juga senang banget kalau dipijat. Dari bayi sampai sekarang udah umur 7 tahun, kalau dalam sebulan nggak dipijat, suka bilang badannya pegel :D
    Tapi sayangnya sejak pindah ke jogja, belum punya langganan pijat anak-anak. Akhirnya daku yang pijatin

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ih sama. Anakku juga mba :)
      Iya nyari langganan pijat itu ya yang susah :)

      Hapus
  4. Jadi ingat dulu anak-anak sering tak bawa ke tukang pijat bayi. Mijatnya kayak dielus-elus.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii pasti senang ya mba di elus -elus :)

      Hapus
  5. Aku biasa pijat bayi ku sendiri waktu dulu,,. Belajar dari majalah n tkg pijat bayi,,

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya ya sekarang banyak ya materi pijat yang bisa diperoleh mba :)

      Hapus
  6. noted mbaaa :) semoga nanti bisa praktik setelah dedek lahir :)

    BalasHapus
  7. Pijat bayi memang banyak manfaatnya ya mba, kebetulan aku termasuk yang suka melakukan pijat pada bayi. Sekarang juga masih. Kalau anak habis loncat sana sini, pasti aku pijat, biar bobonya nyenyak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya kan capek kalau anak banyak gerak

      Hapus
  8. Aku juga hobi dipijaaat.. soalnya enak dan rileks. Anak-anak juga suka ya

    BalasHapus
  9. Badan terasa enakan dan nyenyak bobonya

    BalasHapus
  10. Anaknya adek juga rutin dipijat gini, apalagi kalau lagi agak demam.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya membantu proses penyembuhan ya mba

      Hapus
  11. Waktu aku masih kuliah di keperawatan, ada juga materi tentang pijat bayi, tapi banyak banget step by stepnya..,! Kayaknya ini lebih simple deh.., patut dicoba ne! Salam kenal mbak, saya Yelli Blogger asal Aceh

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba Yelli. Salam kenal kembali. Makasih sudah mampir mba :)

      Hapus
  12. Anak saya yang kecil mesti di pijet dulu baru mau bobo siang mba :)

    BalasHapus
  13. Shakila sama Kezia dulu rutin pijat tiap hari jumat di dukun bayi hehe.

    BalasHapus
  14. Pijat bayi memang manfaatnya bagus untuk anak ya mak, salah satunya bisa ntuk ngebuat anak tidur lebih nyenyak yaaaa. Akupun dulu suka mijet anak-anak jaman bayi, dan iya betul banget, bagus untuk mempererat bonding dengan anak kita yaaa

    BalasHapus
  15. Andai waktu aku bayi dulu udah ngetren ya pijat bayi seperti sekarang.. kayaknya enak dari kecil udah dibiasakan pijat, hehe..

    BalasHapus
  16. Ternyata bayi pun perlu dipijat ya?
    Ilmu yang bermanfaat nih, semoga kelak aku bisa mempraktekannya.

    BalasHapus
  17. aku ga beranimijat bayi sendiri.. paling cuma nekan-nekan lembut..gosokin minyak kayu putih..he2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya walau begitu juga termasuk pijat ya mba :)

      Hapus
  18. Aku sama Neyna adalah korban tukang pijat mba Lid :( yang bikin kami kapok sampe sekarang ga mau dipijat lagi soalnya dlu bukannya enak malah badanku sakit pun sama dg Neyna makanya sampe skrg kami ga pernah pijat pdhl manfaatnya bnyk y :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waduh. Itu namanya njarem ya mba
      Aku pernah seperti itu tuh

      Hapus
  19. untuk pijat bayi ini saya lebih suka melakukan sendiri. ada juga kan tukang urut bayi itu tapi suami ga pernah ngizinin mba. katanya kasian. apalagi di tukang pijat bayi suka nangis. Hmm... siap2 nih bentar lagi kembali ke rutinitas pijat memijat bayi. hihii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya sih. Ada tukang pijat yang anak malah nggak nyaman yaa

      Hapus
  20. Biasanya anakku pas lagi gak enak badan disuruh neneknya pijitan, habis selesai biasanya ceria lagi :D

    BalasHapus
  21. Pijat itu candu lho, kalo dari kecil sudah sering di pijat ntar gede nya demen ke panti pijat plus2 lho hahaha #Kabur #Becanda
    tapi seriusan gw candu ama pijet, 2 minggu sekali pasti mijit ala2 di mall ambasador

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh ketahuan yaaaa suka pijat plus-plus plus hahaaa

      Hapus
  22. Aku suka dipijaaat.. Pas baca Cing Bai jadi inget alm nenek yang juga tukang pijat asli betawi,hihi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa bener. Ini juga orang Betawi mbaaaa HIhiii

      Hapus
  23. Iya mbak pijat bayi itu banyak manfaatnya. Anak2ku udah mulai pijet sejak umur newborn, waktu itu disaranin dokter anaknya karna rewel mulu. Dan beneran sih langsung jadi nggak rewel

    BalasHapus