Jumat, November 11, 2016

Yuk Jaga Kesehatan Gigi Mulai Sekarang

Tiga hari lalu saya ngobrol dengan tetangga saya yang kebetulan adalah dokter gigi. Namanya drg. Laura Arman. Enaknya punya tetangga yang dokter gigi, saya jadi banyak tahu tentang kesehatan gigi. Bahkan drg Laura ini adalah dokter yang selalu menangani gigi Ayyas jika sakit gigi. Berdasarkan pengalaman saya, caranya menangani anak untuk mau berobat ketika sakit gigi, nggak bikin Ayyas menangis.

Pernah ya malam-malam saya ke rumahnya karena gusi saya bengkak. Sakitnya gusi bengkak, membuat saya tersiksa. Saya nangis karena gusi saya bengkak. Agak lebay, tapi ya itu kenyataannya. Nah, oleh drg Laura, saya langsung dikasih obat yang membantu meredakan rasa sakit akibat gusi bengkak. Tak lama, gusi bengkak pun sembuh.

Bu drg Laura Arman yang cantik dan baik hati
Nah, saat ngobrol dua hari itu, saya tertarik untuk mengetahui cara menghilangkan plak pada gigi. Bahasa awam dari plak adalah jigong. Awalnya saya mengira plak sama dengan karang gigi, teryata dugaan saya keliru. Plak berbeda dengan karang gigi. “Plak biasanya tak terlihat,” kata drg Laura kepada saya. Plak menempel di gigi dan tidak berwarna. Plak baru keliatan kalo gigi di kasih cairan khusus. Nama cairannya adalah disclosing solution. Plak terbentuk ketika sisa makanan dan bakteri bergabung. Sedangkan karang gigi adalah plak yang berakumulasi.             
        
Gigi
Jangan lupa sikat gigi. Sumber : pixabay.com
Kalau plak bisa dihilangkan dengan sikat gigi yang benar. Sedangkan karang gigi keras dan harus dibersihkan dengan cara pembersihan karang gigi. Oh iya, sikat gigi yang benar juga ada tekniknya untuk mendapat hasil yang maksimal. Menurut drg Laura, bagian yang akan dibersihkan, digosok maju mundur lalu bagian gigi yang arah pipi disikat 45 derajat. Sikat maju mundur 45 derajat antara gigi dengan gusi. Jadi, gusinya  juga ikut kena sikat.  Kalau gigi depan digosok arah keluar. Oh ya, jangan lupa untuk sikat permukaan lidah.       
                
Jangan lupa periksa gigi. Sumber : pixabay.com
Dari drg Laura, saya jadi banyak mencari informasi tentang menjaga kesehatan gigi. Saya tak ingin sakit gigi yang dialami keluarga saya terulang lagi. Menurut dr Laura, mengurangi mengkonsumsi makanan manis dapat membantu  menjaga kesehatan gigi. Makanan manis itu seperti permen, cokelat atau bahkan karamel. “Boleh makan manis asal jumlahnya tak banyak dan langsung minum air putih,” kata bu Laura.

Selain itu, sehari seharusnya sikat gigi minimal dua kali. Yakni setelah sarapan pagi dan sebelum tidur malam. Nah teryata selama ini saya keliru. Biasanya saya sikat gigi sebelum sarapan pagi dan sore hari. Mungkin karena kebiasaan selama ini yakni sikat gigi saat mandi pagi dan mandi sore. Hal lain yang juga harus dilakukan adalah cek ke dokter gigi minimal enam bulan sekali. Dengan rutin cek kesehatan gigi, tentu akan mencegah timbulnya sakit gigi.

Apakah teman punya pengalaman sakit gigi? Mari berbagi :) 


Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

34 komentar:

  1. Sama Mba, akupun kalau sikat gigi pas pagi, sebelum makan jatohnya ya. Habisnya kalau abis makan terus sikat gigi, aku jadi mual dan pengen muntah :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya banyak juga ya mba yang sikat gigi sebelum makan ya mba

      Hapus
  2. Ternyata kebiasaan sama ya ... pagi dan sore hari. Hihihi

    BalasHapus
  3. Saya sering sakit gigi. Tapi suamiku gak pernah sakit gigi. Kadang iri. Pdhl gosok giginya lbh rajin aku. Haha.. aku diajarin kira kara kalo sikat gigi harus sikat lidahnya juga.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaaa, mba Wiwid. Suamiku juga nggak pernah sakit gigi euy :p

      Hapus
  4. Balasan
    1. Kalau nggak bisa ditambal ya harus ditambal

      Hapus
  5. Kalau udah sakit gigi tuhhh aduuhhhhh ampun dah puyeng ampe ke kepala.

    BalasHapus
  6. aku dulu dari kecil malas merawat gigi dan menjadi langganan dokter gigi samapi trauma dg dokter gigi. punya anak rajin nyerewetin emreka buat gosok gigi , gak banyak makan permen dan coklat, alhamdulilah mereka gak punya masalah dg giginya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Samaa mba. Biasanya kalo emak2 takut gigi ya begitu itu. Hihii

      Hapus
  7. Aku, mba. Sejak kecil sering periksa ke drg. Seringnya karena gigi berlubang. Dulu sih masih anak-anak, lupa kenapa. Tapi setelah sering sakit gigi itu jadi rajin gosok gigi.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Soalnya takut sakit gigi lagi ya mba :p

      Hapus
  8. Beberapa hari yang lalu saya baru saja mencabut dua gerahamku yang udah hancur. Alhamdulillah, gak sakit lho. Ceritanya ada di blogku. Pengen ngasih link sih tapi takut gak boleh....

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ntar aku mampir ya mba ;)
      Makasih sudah berbagi

      Hapus
  9. malam mba,

    duh ya denger dokter gigi dr masi jaman bocah sampe gede sekarang aku tuh merinding banget. tp alhamdulillah makin gede, rasa ciut ya gak separah masih bocah. haha

    tapi aku penting banget untuk gosok gigi, apalagi mau tidur. harus banget.

    thank you ya mba, udah ingetin kita semua

    alsheilaaa.blogspot.co.id

    BalasHapus
  10. Aih iya ya, konsumsi makanan manis mesti dikurangi. Warning buat saya nih ... selain warning untuk penyakit diabetes, juga untuk kesehatan gigi ya Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba. Jaga kesehatan penting banget ya mba :)

      Hapus
  11. aku seneng banget scaling kayak gitu soalnya gigi jadi licin dan kesat setelahnya, nafas juga jadi gak gampang bau

    salam kenal
    http://helluvabutlr.blogspot.co.id/

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa harus rajin mba bersihkan gigi :)

      Hapus
  12. anak2 ni yg masih suka lupa sikat gigi, kadang mesti ditemani

    BalasHapus
  13. Duh gigi aku rapuh Mbak, sedihnya .. padahal aku rajin sikat gigi. Cuma ya itu, rapuh :(

    BalasHapus
  14. sering salah kaprah ya, aku sikat gigi dua kalis ehari, mandi pagi dan mandi sore. Ternyata sebelum tidur ya. Kebiasaan itu perlahan aku ubah, Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku seringnya pas mandi sore doang sikat giginya mba ;)

      Hapus
  15. Alhamdulilah jarang sakit gigi, semoga tetap menjaga kebersihan gigi :)

    BalasHapus