Selasa, November 01, 2016

Ungkapan Rindu Nova Violita

Buaian Rindu
Berlariku di penhujung waktu
Mengejarmu jauh dalam harapku
Jejak-jejak rindu
Tertinggal di setiap waktu

Hinggap senyummu di bayang rembulan
Mengguncang rasa pucuk rindu
Mengapai angin
Raih genggam belai jemarimu

Kalimat-kalimat puitis itu tertulis dalam puisi berjudul “Buaiyan Rindu”. Kalimat rindu yang ditulis Nova Novilli, seorang blogger yang juga merupakan staff administrasi di PTAIS di Riau. Puisi yang ia tulis bukan tanpa makna. Puisi itu merupkan ungkapan kerinduannya untuk segera meminang anak. Ia menikah pada tahun 2009, namun baru lima tahun kemudian, ia hamil. Sebuah penantian yang panjang untuk kelahiran putra pertamanya Abdul Hamid yang kini berusia hampir dua tahun. “Anak saya lagi aktif-aktifnya memanjat,” katanya. Penantian lama itu. Baginya merupakan salah satu cara Tuhan untuk membiarkan ia dan suami menghabiskan waktu lebih lama untuk pacaran.

Tentang Mba Nova
Kini, ia tinggal di Airmolek, Kecamatan Pasir Penyu, Kabupaten Indragiri Hulu. Kepada saya, mba Nova mengatakan suka menulis sejak masih SMA. Awalnya ia menulis cerita pendek dan puisi. Kebiasaan menulisnya masih terpelihara hingga kini. Kala itu, ia memilih menuangkan puisi dan cerita pendeknya lebih banyak di buku pelajaran. Ia mengaku lebih tertarik menulis karena lebih bebas mengekspresikan perasaan. Apabila di utarakan langsung, harus ada yang mendengar. Berbeda, dengan menulis yang menurutnya, tak semua orang paham dengan keresahan atau kegelisahaan yang ia alami. Menulis menurutnya tak ada yang akan tersinggung ataupun marah karena tulisannya. “Perasaan terekspresikan tanpa drama,” katanya.
 
Mba Nova dan putra tercintanya 
Tahun 2009, ia memilih untuk menuangkan tulisannya di blog. Hingga kini, ia menulis di blog www.novanovili.com. Saat itu, ada beberapa artis yang memutuskan untuk ngeblog. Karena ia penasaran, ia kemudian mencarinya di internet. Setelah membuat blog, ia menulis sesuka hatinya. Tulisannya singkat. Entah berupa puisi atau sekedar curahan hati. Ia pernah memiliki akun di multiply, dan pernah juga ke kompasiana. Tapi kemudian tak terurus.

Semangatnya untuk ngeblog kembali muncul tahun 2012 saat ikut komunitas. Teryata banyak banget blogger dan ini membuatnya semakin semangat ngeblog dan menambah ilmu, hingga kini. Membaca tulisan mba Nova di blog, saya mendapatkan tips untuk menjadi ibu yang baik. Mulai dari menerapkan pola hidup sederhana, hingga menyiapkan kebutuhan pendidikan sejak dini hingga meluangkan waktu bersama keluarga. Membaca tulisan seperti ini membuat saya semakin berusaha untuk menjadi ibu yang baik. 

Ada banyak keuntungan yang ia rasakan.  Mulai dari bertambah ilmu walaupun belum pernah ketemu langsung. Hingga kenalan langsung dengan mba Nova? Silakan langsung ke blognya dan lihat banyak catatan menarik yang ia tuangkan. 


Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

40 komentar:

  1. Wah artisnya siapa ya? Kalau saya terinspirasi adhitya mulya...

    BalasHapus
  2. Wah.... Ada blogger Riau yg udah lama ngeblog, tapi Pangeran baru tau. Duh... Merasa tak keren rasanya baru tau mbak ini.

    Bener banget. Barusan mampir di blognya mbak Nova, jadi belajar banget cara mendidik anak yang baik.

    Btw, salama kenal juga, ya mbak. :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hallo pangeran wortel. Hihi . Iya, biar sama2 tahu ya mba ;)

      Hapus
  3. Sepertinya aku baru tau ya, ntar mampir ah ke blognya.

    BalasHapus
  4. Halo mbak nova salam kenal. Udah kenal sih sama blognya, tapi belum kenal langsung sama orangnya

    BalasHapus
  5. Puisi diatas bagus banget yaa mbaa.. nyesss bacanyaa...

    BalasHapus
  6. Kayaknya seru mbak dan belum kenal juga boleh juga nih mampir sekaligus jalin silaturahmi baru.

    BalasHapus
  7. Aku dong Mba dari duluuu banget suka kepoin blognya Raditya Dika. Tahun 2008 kayaknta. Tapi baru tergugah ngeblog satu tahun ini. Hahahaha, lama banget deh ah dapet hidayahnya XD.
    Tapi better late than never ya Mba, hehehehe^^

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaaa. Lebih baik terlambat tapi selamat #eaaa :P

      Hapus
  8. Salam kenal mbak Nova, sepertinya saya belum kenal, main ah ke blognya :)

    BalasHapus
  9. dari ngeblog, walau belum pernah bertemu langsung tapi banyak ilmu yang didapet dari teman2 blogger. benerrr bangeet ini mba alida

    BalasHapus
    Balasan
    1. Selamat bertambah teman, mba Lingga :)

      Hapus
  10. Salam kenal mba Nova,

    saya setuju juga kalau berkomunitas bikin kita kepengen terus mengasah skill. Belum lagi melihat teman2 lainnya bisa ini dan itu, kadang terbesit untuk bisa upgrade terus dan terus biar bisa ada perkembangan ya.

    Semoga sukses juga buat mba Alida

    BalasHapus
  11. Blm pernah main ke blog mba Nova nih.. Main ah. 😊

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jangan lupa bawa jajan yaa, mba Arina. Hihii

      Hapus
  12. Salam kenal mbak Nova. Asik nih puisi pembukanya di atas ^_^

    BalasHapus
  13. Bener juga ya daripada baper sama orang lain, nulis aja di blog

    BalasHapus
  14. aaahh aku jadi melo nih mbak, aku juga rindu meminang anak huhu

    BalasHapus
  15. Selalu ada alasan untuk memulai ngeblog ya Mbak.... yng terpenting kemudian adalah silaturrahmi dn konsisten.
    Salam sayang tuk Mbak Nova ya

    BalasHapus
  16. Kayaknya aku br mengenal beliau dr tuliaanmu ini mbaa. Mau main ah ke blognya

    BalasHapus
  17. Nulis di blog itu bikin pikiran jadi plong, mbak, Beban pikiran seakan terkikis sedikit dmi sdikit hhee
    Salam kenal mbak Nova :D

    BalasHapus
  18. Selalu ada hikmah dari setiap kejadian ya, Mbak. Tidak cepat dikaruniai anak, supaya bisa lebih lama berpacaran, mengenal satu dengan yang lain lebih baik lagi.

    BalasHapus
  19. Mbak Nova hampir sama dengan aku. Kalo dia pelariannya ke puisi, aku ke tulisan di blog.

    BalasHapus