Top Social

TRAVEL AND LIFESTYLE BLOGGER

Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat

Selasa, November 08, 2016
Sabtu kemarin saat bertugas, saya melihat teman saya menggunakan masker untuk menutup wajahnya. Panggil saja namanya Siti (sst, dia minta namanya tak disebutkan). Maskernya pun dilapisi tissue. Penasaran, saya pun bertanya alasan dia menggunakan masker untuk menutup wajahnya. “Jerawatku meradang, mba,” katanya. Kemudian, dia membuka masker. Tampak jerawat berwarna merah hampir memenuhi pipi kanannya. Saya tahu dia malu saat tahu jerawatnya seperti itu. Tapi ya mau bagaimana lagi.
 
Jerawat muncul. Sumber foto : pixabay.com

Kepada saya, ia berkata telah ke dokter kulit dan dokter kulit meminta ia untuk menghentikan sementara penggunaan krim racikan. Dia nggak tahu apa penyebab jerawat yang ia alami. Entah karena krim racikan pemutih atau juga karena hormon dalam tubuh yang meningkat. “Ada perpaduan keduanya ya mba?,” kata dia bertanya kepada saya. Waduh, malah balik bertanya ke saya. Sebelum ke dokter kulit, ia ke klinik kecantikan langganan dan diberikan obat untuk dikonsumsi untuk membantu mengurangi jerawatnya. Namun teryata, jerawatnya semakin meradang. Ia berkata telah mencoba beragam cara untuk membantu menghilangkan jerawat di wajahnya, namun belum juga berhasil. “Rasanya juga gatal, mba,” kata dia kepada saya.

Saya lihat kondisinya, jadi kasihan juga. Dia tentu merasa terganggu dengan penampilannya saat itu. Saya sih menyarankan agar ia memakai masker agar tak terkena debu saat keluar ruangan. Sebagai pemilik kulit berminyak, teman saya jadi cenderung berjerawat. Beda dengan saya yang memiliki jenis kulit kering. Kalaupun jerawat muncul, mungkin hanya satu atau dua saja dan kemungkinan karena pengaruh hormon. Rasanya ingin saya garuk karena terasa gatal. Tapi ya saya mencoba menahan diri. Saya ingat kata Mama, jangan pernah menggaruk jerawat. Biasanya kalau jerawat muncul, saya memilih untuk kompres dengan kapas yang sudah direndam air hangat. Rasanya lebih nyaman.

Hampir kebanyakan orang pernah berjerawat. Jerawat merupakan kelainan kulit yang disebabkan oleh adanya penyumbatan kelenjar lemak. Jerawat tak hanya di muka saja, tapi juga di dada, punggung, bahkan ada juga yang di ketiak. Mungkin banyak yang mengira jerawat itu hanya dialami anak muda saja, tapi usia dewasa juga masih banyak yang mengalami jerawat.

Dari informasi yang saya peroleh. Ada banyak faktor yang menyebabkan munculnya jerawat. Selain kosmetik dan faktor hormonal, teryata stres juga menyebabkan jerawat muncul. Salah satu teman pria, setiap kali stres karena deadline, jerawatnya pun muncul. Nah, untuk menghindari munculnya jerawat, dua hal yang saya lakukan adalah :

Menjaga kebersihan wajah
Bagi saya ini penting banget. Seperti yang saya tulis di atas, berdasarkan pengalaman saya, sebaiknya membersihkan wajah minimal dua kali sehari. Setiap kali bepergian ke luar ruangan, jangan lupa membersihkan wajah agar debu-debu hilang. Hindari memegang, memencet atau menggosok jerawat agar tidak semakin meradang.   

Memperbanyak Makan Sayur
Makan sayur-sayuran dapat membantu untuk menghilangkan noda bekas jerawat. Namun ini tentu tidak langsung tampak hasilnya. Prosesnya memang lebih lama. Mengkonsumsi sayuran dapat membantu mempercepat proses regenerasi kulit .
 
Konsumsi buah untuk kesehatan. Sumber foto : pixabay.com

Semua ini saya lakukan agar dapat mengurangi munculnya jerawat. Saya kuatir kalau jerawat muncul, dan saya iseng memencet jerawat, maka akan menimbulkan bekas jerawat. Jika ini terjadi, maka harus dilakukan berbagai cara menghilangkan noda bekas jerawat. Maklum, bekas jerawat yang muncul akan susah untuk dihilangkan. Bekas jerawat bisa menimbulkan warna hitam dan ada juga yang meninggalkan bekas jerawat yang agak berlubang pada kulit wajah. Menghilangkan noda bekas jerawat, harus dilakukan secara tepat, salah satunya dengan mengunjungi dokter kulit. Untuk menghilangkan noda bekas jerawat butuh waktu yang lama sehingga harus telaten. Jangan lupa, perbanyak konsumsi sayuran dan buah agar proses regenerasi kulit bisa dilakukan. Jika tak ingin mengalami jerawat, hal yang utama dilakukan adalah menghindari penyebab timbulnya jerawat.

Nah kepada teman saya, saya juga menyarankan hal demikian. Apakah teman punya pengalaman saat mengalami jerawat? Lalu apa yang dilakukan teman-teman?  





40 komentar on "Cara Menghilangkan Noda Bekas Jerawat "
  1. baru tau mba.. kalo makan sayur banyak..bisa ngilangin bekas jerawat.., aku ada sih jerawat bekasnya gak ilang..emang gak bayak sih.. 1-2 jerawat gitu pas pms...

    makasih sharingnya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sayur bagus buat kulit, mba Nova sehingga proses regenerasi semakin cepat :)

      Hapus
  2. Waktu pas SMA wajahku jerawatan karena malas cuci muka hahaha akhirnya komit diri untuk bersih2 wajah setiap habis plg sekolah wajahku cling lagi kayak piring di iklan :)))

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyik nih kalau wajahnya cling mengkilat ;)

      Hapus
  3. Aku cuma bisa menjaga kebersihan wajah, pake obat jerawat, dan berdoa biar jerawatnya ga berbekas ketika jerawat bertamu ke wajah aku.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa juga sih pakai obat jerawat mba ;)

      Hapus
  4. Wah rajin makan sayur bisa ya mba? *makan sayur banyak2

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bisa buat proses regenerasi kulit mba ;)

      Hapus
  5. Akhir akhir ini banyak jerawat mampir mungkin faktor umur ya mba..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya bisa juga ya mba. Banyak faktor penyebabnya :)

      Hapus
  6. alhamdulillah, aku jarang berjerawat mba

    BalasHapus
  7. Aku dulu pernah sampai radang gtu mbak. Makanya gak berani pakai kosmetika sampai sekarang. Akhirnya cocoknya ke salah satu beauty dan spa. Tapi skrng pas udah jd emak2 wes jarang nyepa lg, jerawatan lg huhuhu #curcol :P

    Btw tengkyu tipsnya :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh iya salah pakai kosmetik juga bisa jerawatan ya mba :)

      Hapus
  8. Waktu saya belum nikah jerawat saya parah mbak, besar dan bernanah. Sembuhnya lama dan meninggalkan bekas. Alhamdulillah sekarang sudah agak berkurang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh sedihnya kalau sampai bernanah :(

      Hapus
  9. wah simple ternyata ilangin bekas jerawat

    BalasHapus
  10. Assalamu'alaikum
    Tulisan bermanfaat, kalau pengalaman Bunda Alhamdulillah 12 putera dan puteri tidak terlalu bermasalah dengan kulit wajah.

    Memang yang utama saat balita mereka dibiasakan sehari - hari minum juice tomat wortel dan lemon di variasi dan diperhatikan takarannya namun rutin . . .

    BalasHapus
    Balasan
    1. Waalaikum salam bunda. Alhamdulillah yaa kalau kulitnya tak bermasalah Bunda. Iya minum jus buah penting ya bun :)

      Hapus
  11. Aku enggak tipe jerawatan mba, jerawat munculnya hanya di antara batas dahi dan rambut itu. Semacam jerawat batu kecil2. Hiihh gemes kucungkil2 gitu ;)

    BalasHapus
  12. Aku pakein tea tree lumayan mba. Meski ntar dateng lagi hahhaha

    BalasHapus
  13. Terimakasih infonya. Ternyata banyak makan sayur banyak manfaatnya juga, bisa ngalau si j

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya. Banyak banget manfaatnya. Hihiii

      Hapus
  14. Makasih mba tipsnya saya nih gampang banget jerawat klo mau mens pasti jerawat dtg.

    BalasHapus
  15. Wajahku berjerawat mbak, pas ada jerawat dibiarin maksudnya jangan dipencet-pencet karena itu bikin scar di wajah. Untuk bekas jerawat perlu ada perawtan rutin kayak facial, masker sama konsultasi ke dokter.
    Kayak scar di wajah nih, saya pernah melakukan perawatan roller, jadi scarnya nggak dalem lagi. Selebihnya emang benar itu rajin bersihin wajah, makan berserat dan bergizi, hindari makanan pemicu jerawat seperti cabai *hiks susah ini.
    Sekarang jerawat udah jarang muncul dan scar pun dikit saja.

    BalasHapus
  16. Wahh, ini saya nih kulit berminyak. Tidak suka makan sayur pula. Hiks

    BalasHapus
  17. Jenis kulit wajah berminyak pasti lebih gampang jerawatan dibanding kulit kering, apalagi kalau sehari-hari kena debu jalanan

    BalasHapus
  18. Lagi-lagi memang pola makan ya mba yang menjadi pangkal kesehatan

    BalasHapus
  19. kl sdh muncul memang susah sih buat dihilangkan. dan kl mau dihilangkan paksa dgn dipencet gitu malah nanti jadi luka terus ada bekasnya. Saya biasanya pakai minyak zaitun utk menghilangkan bekas. Tapi lamaaaa banget baru hilang, FYI.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh tapi perlahan jadi hilang ya mba :)

      Hapus

Auto Post Signature

Auto Post  Signature