Minggu, Oktober 30, 2016

Waspadai, Pemicu Alergi di Sekitar Kita

Entah kapan pertama kali terjadi, saya lupa. Satu hal yang saya ingat, tubuh saya langsung bentol-bentol (tanda kemerahan pada kulit) setelah makan telur atau udang. Apalagi saat kondisi tubuh sedang menurun.  Jika itu yang terjadi, saya harus segera minum obat alergi. Bahkan harus dua butir obat sekaligus. Setelah minum obat, biasanya langsung ngantuk. 

Pernah saat pengumuman kelulusan SMA, saat teman-teman lain bersorak-sorak lulus, saya harus ke rumah sakit. Muka saya bentol-bentol. Kaki saya pun bentol-bentol, sehingga melangkah pun susah karena kaki bengkak. Untuk ke rumah sakit, saya dibantu papa. Dokter selain memberi obat yang harus saya minum, juga ada tindakan suntik kepada saya. Beberapa tahun lalu, saya kemudian sadar, bahwa saya pun alergi udara dingin. Khususnya, angin malam. Pernah beberapa kali jatuh sakit karena tak tahan udara dingin sehingga harus ke rumah sakit. Padahal dulu, tak pernah seperti ini.  

Saya lagi kena alergi. Foto by : @namkula 
Jika tiba-tiba kulit kemerahan dan gatal, itu adalah gejala alergi. Alergi adalah keadaan sistem kekebalan tubuh merespon terhadap pemicu alergi. Hal-hal yang dapat memicu alergi disebut dengan alergen. Kebanyakan orang, termasuk saya, hanya mengetahui bahwa alergi disebabkan oleh makanan tertentu. Pdahal masih banyak alergen lain yang bisa ditemui di sekeliling. Saya memilih untuk waspadai dan menghindari alergi yang buat tidak nyaman.

·    Tungau Debu
Debu bukan sekedar kotoran biasa, di dalam debu seringkali terdapat bangkai atau kotoran tungau. Tungau adalah hewan yang termasuk ke dalam keluarga serangga, tapi hewan ini jauh lebih kecil dibandingkan serangga lain. Saking kecilnya, tungau hanya bisa dilihat dengan mikroskop. Hewan ini menyukai lingkungan yang hangat dan lembab, biasanya tumbuh subur di tempat tidur, seprai, dan sarung bantal.

·     Udara Dingin
Alergi terhadap udara dingin mempunyai istilah lain yaitu urtikaria, atau dikenal dengan nama populer biduran. Biasanya biduran muncul pada suhu di bawah 17 derajat celcius.

·     Bulu Binatang
Bulu binatang bukan hanya ditemui pada rumah yang memelihara binatang atau di lingkungan yang terdapat binatang, bulu ini bisa rontok dan terbawa angin loh. Pada musim kemarau berangin, kemungkinan menyebarnya bulu-bulu binatang ini lebih besar daripada biasanya.
 
Bulu binatang cantik ini juga bisa bikin alergi loh. Sumber : pixabay
·     Serbuk Sari
Serbuk sari atau pollen berasal dari tanaman seperti bunga, pohon, atau rumput. Sebenarnya pollen ini adalah alat reproduksi. Ketika serbuk sari jatuh ke kepala putik inilah terjadi proses pembuahan sehingga tanaman dapat menghasilkan buah. Pada beberapa tanaman, proses penyerbukan ini dibantu oleh angin, seperti pada padi. Karena itu, serbuk sari bisa jadi terbang bersama angin dan terhirup oleh manusia, sehingga memicu alergi.
 
Serbuk sati. SUmber foto : pixabay.com
·     Jamur Tembok
Jamur pada tembok muncul karena lingkungan yang lembab, sebab pada lingkungan tersebut jamur dapat tumbuh dengan subur. Seringkali, kita tidak sadar bahwa tembok rumah berjamur. Biasanya tumbuhnya jamur ditandai dengan bercak hitam atau kehijauan pada tembok. Jika jamur sudah tumbuh, maka pembersihan besar-besaran harus dilakukan. Nah, setelah mengetahui alergen yang mungkin ada di sekitar kita. Sebaiknya, kita meningkatkan kewaspadaan, terutama pada musim kemarau berangin seperti sekarang. Salah satunya, dengan menggunakan masker untuk meminimalisir resiko munculnya alergi.


Kalau teman, alergi apa? Apa yang teman-teman lakukan untuk menghindar dari alergi? Mari berbagi

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

70 komentar:

  1. debu..debu.. itu nomor 1 yang sering micu saya bersin2. sampai saya pernah mimpi debu (tebal) pun terus bangun tutup hidung dan ngibasin tangan,padahal cuma di mimpi lho..pas bangun ya udah nggak ada

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihii kebawa mimpi gitu ya, mba Lidha. Hihiii

      Hapus
  2. saya paling ga bisa kalau ada debu, alergi banget.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Keponakanku juga gitu, mba Kena debu langsung bersin-bersin :p

      Hapus
  3. Lagi alergi debu dari seprei kamar sendiri mba. Harus rajin-rajin ganti. karena jadinya ngefek ke muka dan jerawatan deh :(

    BalasHapus
  4. Aku aku akuuu, alergi udah sepertinya, suka gatel kalo makan udang. Tapi tetep makan udang, abis itu kalo gatel langsung minum obat alergi. Eheheheheee.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahha sama bandelnya ama aku. Tapi aku smalah jadi kebal makan udang sekarang, mba

      Hapus
  5. di rumah lagi banyak jamur tembok muncul nih mba...baru tau bisa menyebabkan alergi ya mba

    BalasHapus
  6. Paling alergi sama orang yang suka mengeluh! Huh, menyebalkan, menebar aura negatif!
    Hahaha... kog jadi curhat yak.
    Alhamdullillah gak punya alergi. Tetapi pernah waktu kerja di rimba Borneo, mungkin pas keracunan makanan, tubuh bentol kayak zombie, sempat panik. Masak bentol bisa merayap gitu dan aku bisa menyaksikannya bergerak. Horor banget!
    Langsung ke klinik di suntik, eh kembali mulus seketika.

    Luar biasa dunia medis ya!

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhaa kayaknya semua alergi orang yang suka mengeluh mba :P

      Hapus
  7. Waah.. saya alergi lho mbak Al.. kalau cuaca dingin kulit suka gatel-gatel gitu, atau kalau lagi beres2 lemari.. pasti bersin sama kalau abis mandi terus makan gorengan hidung langsung merah dan gatel.. wihihih banyak alerginya saya ternyata.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihiii
      Harus jauh-jauh dari alergi tuh mba :)

      Hapus
  8. Alhamdulillah aku gak punya alergi. Anak sulungku nih yang punya. Dia alergi udang dan beberapa makanan laut. Kalo udah kumat saat makan sembarangan, atau makan makanan yang gak tahu ingredients-nya, pasti merah-merah dan bengkak-bengkak wajah dan seluruh tubuhnya. Kasian banget. Sejauh ini, solusinya cuma makan obat peredela demam dan berusaha menghindari pemicunya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya, harus menghindar dari pemicunya mba Nia ;)
      Moga alerginya nggak kambuh2 lagi ya

      Hapus
  9. suamiku alergi dingin. kalo pulang kerja kemaleman n abis mandi air anget langsung keluar bentol2. paling minum dexteem plus aja terus langsung tidur

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah, jadi harus sering minum obat ya mba?

      Hapus
  10. aku alergi kalo lagi makan udang haha.. minum CTM obatnya dan sama sekali gak makan udang jadinya. Utk debu alergi juga sih pas lagi bersih2 rumah

    BalasHapus
  11. aku alerginya banyak. makanya kena asma. Nah, alergi ini bakatnya menurun ke anak2. jadi anak2 pun alerginya juga banyak. Bahkan karena ayah dan ibunya punya bakat alergi maka anak2ku dua kali lipat lebih banyak bakat alerginya karnea bakat alergi ayah dan ibunya bersatu di tubuh mereka. kasihan.

    BalasHapus
  12. Saya suka alergi ama aroma kak.terutama aroma makanan sedap, bawaannya jadi lapar ajah pengen makan. klo ngga dapet barangnya jadi kebayang melulu

    BalasHapus
  13. saya mungkin sejak sma atau kuliah ya, sering bersin- bersin karena debu dan kadang bisa juga karena kedinginan. tiap pagi pasti gitu. :( pernah dulu dikasih obat tapi nggak ngaruh dan lama- lama saya hentikan juga. jadi ya mesti sedia tisu tiap pagi dan malam apalagi kalau cuaca dingin seperti ini.
    ohya, salam kenal mbak,..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Halo mba. Salam kenal kembali
      Iya banyak juga ya yang alergi dingin

      Hapus
  14. Aku alergi debu, dingin dan bulu-bulu juga mbak. Anakku yg cowok sama kayak aku, kalo yg sulung alergi udang.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Harus dihindari ya mba sumber alerginya ya mba

      Hapus
  15. dibahas juga donk mbak produk-produk yang bikin alergi itu apa aja.
    soalnya lumayan loh bternyata banyak bahan kimia yang bisa bikin kita alergi.
    kalau saya sih alhamdulillah enggak alergi apa-apa.
    oh iya kalau lagi cari tips dan teknik fotografi mampir dong ke blog saya.
    gariswarnafoto[dot]com
    yuk mariii

    BalasHapus
  16. udara dingin, kalo dingin pasti gatal2

    BalasHapus
  17. Ah info yang sangat bermanfaat. Thanks for sharing ;)

    idfipancani.blogspot.co.id

    BalasHapus
  18. Tungau sama jamur tembok memang jadi masalah, anakku pernah alergi, perkiraan karena tungau. Terima kasih sharingnya mba, memang harus waspada neh.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya harus waspada bener mba
      Liswanti :)

      Hapus
  19. Saya kalau bersihin kamar jadi bersin2. Kalau yg 2 tahun belakangan ini sih alergi matahari, kulitnya jadi belang :)

    BalasHapus
  20. Belum pernah sampai tahap alergi mba, paling senstif sama udara dingin (embun pagi). Klo lama2 kena udara dingin bisa bersin2 abis itu flu. eh ini alergi apa memang stamina lagi drop aja ya.. #lalumikir :-)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mikirnya jangan kelamaan, mba Iraa. Hihiii

      Hapus
  21. kalau saya sih alergi dingin pasti perut mules atau diare

    BalasHapus
  22. kalau aku gak terlalu berpengaruh, anak ku nih yang sensi banget langsung bersin-bersin, paling aku langsung lindungi pernapasannya pakai masker gitu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya mba Evrina. Pakai masker bisa membantu

      Hapus
  23. Alhamdulillah gak punya alergi. Hanya suamiku yang alergi debu dan udara kotor. Alhamdulillah sejak tinggal di Malaysia alerginya jarang muncul. Tapi setiap kali mudik ke Makassar begitu masuk rumah langsung deh bersin2 gak jelas.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti harus pindah ke Makassar ya mba? Hihiii

      Hapus
  24. Alergi,ku paling sering gatel mbak #menyiksagituh

    BalasHapus
  25. Misua dulu alergi udang mba, adiknya juga... tapi karena sering icip-icip sedikit lama-lama alerginya berkurang drastis...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya aku jga akhirnya bilang hilang sama sekali alerginya mba ;)

      Hapus
  26. Aku alergi debu, beberapa makanan sama udara dingin. Kalau udara dingin biasanya disiasati pakai jaket dan pakaian tertutup yang bikin hangat. Baru tau kalau jamur tembok bisa menyebabkan alergi. Makasih infonya mba Rach :)

    BalasHapus
  27. Suamiku tu alergi segala rupa, bulu kucing sampe debu. Langsung deh badannya ngedrop kalau udah ketemu pemicu alerginya.

    Tapi aku baru tau lho mbak, kalau jamur tembok juga bisa jadi penyebab alergi. Kayaknya aku alergi ini deh, tiap di ruang lembab pasti aku langsung sesek..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iya tembok yang lembab juga bisa jadi penyebabnya mba

      Hapus
  28. Anak tetanggaku alergi bulu binatang. Kepalanya sampai bernanah dan beberapa hari tidak masuk sekolah.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Duh kok sampe segitu ya mba :(
      Harus dihindari tuh. SMoga nggak papa ya mba

      Hapus
  29. Duh, alergi saya biasanya bisa karena cuaca yang dingin mbak, mengigil gitu hiksss

    BalasHapus
  30. nah kalo gejala alerginya gatal gatal pada area tubuh gimana mba ?

    BalasHapus
  31. saya kao kena logam lama-lama bisa gatal, merah lama2 luka. suami alergi dingin , kalu pagi2 suka bersin2. anak pernah alergi susu sapi sekarang sih nggak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sama tuh mama aku juga kalau kena logam malah gatal gatal :p

      Hapus
  32. Saya alerginya sama perhiasan-perhiasan dari logam Mba, cepet reaksinya. Mama yang alergi udara Mbak, ga ngerti apa-apa kadang suka tiba-tiba bengkak aja bibirnya.. kasihan sama Mama..

    BalasHapus
  33. duh, semua penyebabnya kayaknya ada di rumahku nih... apalagi bulu kucing... Kucingku ada 5! pantes akhir2 ini bersin melulu :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kalo dirumahku nggak pelihara kucing sih mba Ria

      Hapus
  34. Alergi ini tp bisa ilang sendiri.. soalnya dulu itu aku alergi telur dan seafood mba.. tiap makan itu pasti gatel seluruh badan... cuma semakin besar, ga lagi.. mau sebanyak apapun makan seafood dan telurnya udh ga gatel2 kyk dulu... anakku yg dulu alergi susu sapi, skr udh okay... pas bayi aja yg ga bisa...

    cuma suami nih yg sampe skr alergi debunya ga ilang2...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Berarti harus jauh-jauh dari debu tuh mba ;)

      Hapus
  35. salam blogger... salam hangat dr garo-blog.com,
    yang penting mba kondisi tubuh kita, kalo kitanya sehat insya Allah virus-virus gk akan masuk,,sistem kekebalan tubuh kitanya bagus...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sistem kekebalan tubuh memang harus dijaga ya mba Yuli :)

      Hapus