Sabtu, Oktober 01, 2016

Kiprah Shine Fikri di Dunia Blogger

Pertama kali saya berjumpa dengannya saat launching apartemen beberapa bulan lalu. Ia datang bersama dua anaknya. “Shine,” katanya sambil memegang satangan saya. “Maap, siapa? Sin?,” jujur saya nggak begitu ngeh dengan namanya. Setelah tiga kali ia menyebut namanya, saya nggeh namanya adalah shine yang berarti bersinar. Membawa kedua anaknya tak membuat ia terlihat sibuk. Satu anak dibiarkan tertidur di kursi, sedangkan satu anak ia gendong sambil antri menggambil makanan. Selama acara, kami banyak ngobrol dan diskusi. Dari situ, saya baru tahu bahwa saya dan Mba Shine, saya memanggilnya, sama-sama satu kelompok arisan link.

Sejak saat itu, saya kemudian berjumpa lagi di acara launching produk anak. Sayangnya, kami nggak banyak ngobrol. Tetapi obrolan demi obrolan kemudian terjalin melalui whatsapp. Belakangan, saya baru mengetahui bahwa nama aslinya adalah Nur’anei.  Sedangkan nama Shine Fikri adalah nama pena yang ia pilih. Nama Shine merupakan pemberian nama drai temannya. Arti namanya sama dengan Nur, yakni cahaya. Sedangkan nama Fikri merupakan nama tokoh novel kesukaannya. "Harapannya agar otak saya selalu bersinar," katanya.  
 
Mba Shine Fikri
Shine Fikri menyukai dunia tulis menulis. Awal mula ketertarikannya di dunia kepenulisan sejak SMP. Awalnya ia ia menulis surat dan diary bersama sahabat istimewa. Saat SMA, ia menjadi suara mewakili sekolah untuk menulis surat kepada Bupati Subang. Perkenalannya kemudian berlanjut hingga ia bergabung di Forum Lingkar Pena (FLP) Bekasi.  Kini, sudah ada 9 antologi buku karyanya. 

Lama kelamaan ia berkenalan dengan Multiply “Di Multiply saya merasakan persahabatan,” katanya. Tahun 2009 ia menulis mulai dari wordpress hingga blogspot. Hingga akhirnya ia memilih shinefikri-fisabilillah.blogspot.com yang sekarang menjadi www.shinefikri.com

Isi blognya kebanyakan adalah curhat tentang pengalamannya sehari-hari. Saat anaknya lahir hingga cerita tentang ceplas ceplos anak pertamanya Fathan, ia tulis di blog. Ini salah satu celotehan yang tertulis dalam blognya.

S : "Terus-terus pesawatnya gimana?"
F : "Pesawatnya besar sekali. Banyak umi, banyak..."
S : "Kursinya banyak ya?"
F : "Iya, orangnya juga banyak."
S : "Terus-terus..."
F : "Fathan terbang ke awan sama abi... Gluduk gluduk.."
S : "Oh, gitu bunyi pesawatnya? Terus-terus..."
F : "Pesawatnya ciuuung, naik, tinggi sekali..."
S : "Fathan takut?"
F : "Ga, Fathan berani..." Sambil alisnya mengernyit seolah-olah bicara enak saja meremehkan keberanianku! Wkwk...
F : "Fathan terus turun, liat pesawat lagi, besar-besaaarr.."
S : "Terus terus?"
F : "Udah umi ceritanya kayak gitu! Terus-terus mulu umi mah!"

Dalam blog, Mba Shine juga menulis rasa rindunya pada sang Bapak yang telah meninggal dunia. Ia menuliskan ”Percayalah pak, hingga kini kau lelaki terhebat yang pernah Allah titipkan untuk menjagaku. Nasehatmu, tindakanmu, pengorbananmu, semua, membentuk lingkaran bernama perjuangan yang tak akan pernah terganti oleh apapun.” Membaca tulisan ini membuat saya semakin rindu dengan Papa.

Membaca blog mba Shine, membuat saya membaca banyakl hal. Salah satunya juga tentang resensi buku. Salah satunya buku yang berjudul Jasmine: Cinta Yang Menyembuhkan Luka. Ingin tahu lebih banyak tentang Mba Shine? Mari mampir ke blognya dan follow media sosialnya   
FB : Shine Fikri
Twitter : @shine_fikri
Instagram : shinefikri.fisabilillah

*
Tulisan ini diikutsertakan untuk arisan link






Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

52 komentar:

  1. belum sempat ngubeg2 blog mba shine nih.... mau cari mutiara terpendam..hahaha

    BalasHapus
  2. belum sempat ngubeg2 blog mba shine nih.... mau cari mutiara terpendam..hahaha

    BalasHapus
  3. Pertama kalo saya juga terkesima dengan namanya shine hehehe tapi pake fikri. Mba Shine seorang yang rendah hati dan mudah membaur.

    BalasHapus
  4. wah saya baru tau nama asli mba shine ternyata nuraini sama-sama artinya cahaya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nama pena memang banyak yang berbeda ya mba :)

      Hapus
  5. Aku pengen lho Mb kayak Mba Shine ini, nulis cerita ringan tentang anak yang nggak ada habisnya :). Kayaknya nulisnya juga ringan dan tanpa beban ya.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hihi samaaa. Aku jugaahhh mba Rotun :)

      Hapus
  6. Multiply dulu hit juga ya mba, saya juga pernah ngeblog disana

    BalasHapus
  7. Masha allah,
    Dunia blogger itu benar benar membuka lingkaran pertemanan yaa, mba.

    Salam kenal, mba Shine.

    *awalnya dari baca judulnya, saya kira mba Alida mau bahas k-pop.
    Huuhuu...maafkan mba.

    BalasHapus
  8. Wah, aku kenal nih dengan Mbak Shine Fikri. Beberapa kali pernah ketemu dan jadi anggota arisan link yang sama.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiiik dungs mba. Biar makin kenal ya :)

      Hapus
  9. Jalan-jalan ke blog ini ternyata arsip blognya banyak sekali mulai tahun 2007 hebat sekali hehehe. Salam kenal Mbak :)

    Dream Big!

    BalasHapus
  10. Saya prnh ketemu sama mbak shine ini kyknya saya inget nama belakangnya krn itu nama bapak saya fikri heheheh. Ternyata bkn nama asli ya pantesn saya mikir kok ada orang tua ksh nama anak shine apa ngak cahaya atau cahya atau nur aja, ternyata nama pena ya

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa itu nama penanya mbaa. Tapi skarang juga banyak nama anak yang kebarat-baratan. Hihiii

      Hapus
  11. 2 kesamaan dg mba shine. Sama2 pernah d flp n pernah punya blog d multiply ::)

    BalasHapus
  12. Sekretaris FLP Bekasi ini memang bersinar ya mba... ketemu beberapa kali orangnya ramah...

    BalasHapus
  13. Wowe.. Sejak SMP mba Shine sdh tertarik dlm dunia tulis menulis ya..

    BalasHapus
  14. bebrapa kali pernah ketemu dengan mbak shine di beberapa acara, sempat nanya nama nya beneran shine? ternyata bukan :D

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa kan kalau kenalan namanya mba Shine :)
      SUpaya semakin bersinar mba

      Hapus
  15. Saya juga baru tau, ternyata Mbak Shine nama aslinya Mbak Nur'aeni :)

    BalasHapus
  16. Aku jadi tau nama aslinya. Udah temenan sih di fb

    BalasHapus
  17. Dulu sempet ngira shine fikri itu cowok, hehehe

    BalasHapus
  18. Padahal cewek cantik yaa mba Meriska :)

    BalasHapus
  19. Wah ternyata nama pena ya. Kupikir nama asli.
    Hmm jadi ingin bikin nama pena juga hihi

    BalasHapus
  20. Aku suka banget mbak lid, mbak shine bawa anak saat acara gathering. Dua pula tuh yang dibawa. dan lagi beliau bisa banget menghandle keduanya. Saya harus berkenalan dengan beliau ah biar ambil ilmunya ;)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Iyaa mba. Kita jadi banyak belajar ilmu ya :)

      Hapus
  21. Ibu yang bener-bener sayang anak ya, patut di tiru semangatnya :)

    BalasHapus
  22. Masih muda, dari masa muda sudah penuh prestasi di dunia menulis :)

    BalasHapus
  23. oalah, td kupikir nama aslinya shine fikri :).. trnyata nama pena... tapi suka dgrnya... shine... :) Bagus nama pena yg dipilih

    BalasHapus
  24. Akhirnya tahu asal nama shine. Keep blogging mba shine. Makasih sharenya mba alida..

    BalasHapus
  25. Awalnya kupikir itu nama asli, keren kok dan mudah diingat.

    BalasHapus