Senin, September 26, 2016

Tanpa Musik, Hidup Terasa Hampa


We've come so far my dear.
Look how we've grown.
I wanna stay with you.
Until we're grey and old.
Just say you won't let go 

Lirik lagu James Arthur berjudul ‘Say You Won’t let Go’ terkesan sendu. Tapi entah kenapa lagu ini sangat saya suka beberapa hari ini. Saya suka petikan gitar yang dilakukan James Arthur.  Entah kenapa pas banget, menusuk relung-relung hati #Eaaaaa.

Yuk, dengarkan musik
Mendengarkan lagu adalah kesukaan saya. Mendengarkan musik membuat lagu terasa lebih hidup. Saya menjadi lebih semangat menjalani hidup. Boleh percaya, boleh tidak, tapi saya pikir banyak pula yang merasakan demikian. Saat pertama kali pindah kantor ke Jakarta, kebiasaan mendengarkan lagu masih tetap terbawa. Alhasil setiap kali mau menulis laporan, selalu ditemani lagu. Saya nggak tahu teman terganggu atau tidak, tapi pernah ada teman yang berkata kepada saya, “Lid, kantor ini nggak suka kalo berisik lagu. Pernah ada kasus,” kata teman saya itu. Saya nanya kenapa, tapi katanya rahasia. Ya namanya anak baru, masih lugu, masih polos, saya ya manut-manut saja. Saya akhirnya memutuskan tak memutar lagu saat kerja. Saya masih mikir karir saya yang masih 'hijau', kakakkkkk ….

Tapi ya lama kelamaan ya saya bosan. Ngetik laporan nggak dengar musik itu sungguh menyiksa. Alhasil ya saya mulai sediki apa benar ada larangan mendengarkan lagu saat bekerja. Teryata tidak!. Saya dikerjain teman. Saya percaya ya karena memang menulis tentu membutuhkan keheningan bagi sebagian orang. Tapi ya bukan buat saya tentunya yang ingin bekerja dalam hening. Saya lebih suka mengetik sambil mendengarkan lagu. Ibaratnya, tanpa musik membuat hidup menjadi hampa #Eaaa   

Saya seringnya mendengarkan lagu di MP3. MP3 yang saya miliki punya banyak fungsi. Bisa untuk USB, rekaman audio hingga putar musik. Bentuknya kecil sehingga selalu dibawa kemana-mana. Tapi teryata, kini bisa mendengarkan lagu melalui blog. Caranya dengan memasang widget MelOn di blog. Dengan memasang widget di blog bisa memudahkan saya mendengarkan lagu saat di laptop pribadi atau di kantor. Hihiii.

Caranya mudah, pertama harus terdaftar sebagai member dan daftar di widget. melon.co.id. Setelah itu melengkapi data profil dan buat widget melalui menu ‘Create Widget’. Sudah? Setelah itu, masukkan nama widget & URL website/blog kmudian klik ‘save’. Setelah itu klik ‘Generate Code dan silakan copy link yang ada di dalam box. Sudah, itu saja. Tak sulit kan ?

Saya sudah berhasil menambahkan widget di blog saya. Sekarang, mendengarkan lagu, bisa kapan saja. Mendengarkan lagu membawa berbagai manfaat dalam kehidupan. Tak percaya ? Saya mencoba menulis dua manfaat  mendengarkan musik.

Meningkatkan daya tahan tubuh
Kenapa meningkatkan daya tahan tubuh? Musik sangat diperlukan saat berolahraga. Saya seringkali olahraga dengan sepeda statis sambil mendengarkan lagu yang berirama cepat. Hasilnya? Olahraga menjadi semakin semangat dan badan menjadi lebih bugar. Tapi tentu sesuai dengan jenis olahraga yang dipilih

Meningkatkan suasana hati
Jika hati sedang gelisah, mendengarkan lagu yang sesuai dengan suasana hati bisa jadi salah satu pilihan. Atau ada juga yang mengatakan mendengarkan lagu bisa menambah semangat buat bekerja atau belajar.  


Apa yang teman rasakan saat mendengarkan lagu? Mengingat kenangan lama? Eaaa … 

Wulansari Rach Alida Bahaweres

Seorang Ummi, istri, jurnalis dan blogger. Aktif menulis dan memberikan pelatihan menulis. Kontak kerjasama ke @lidbahaweres dan lidbahaweres@yahoo.com. Twitter dan instagram : @lidbahaweres. Terima kasih

75 komentar:

  1. Dari mendengarkan musik berasa jadi nostalgia ya mbak hehe

    BalasHapus
  2. Wah aku kalau uda bosen terus setel musik sambil kerja berubah mba jadi sailormoon *ditoyor* :D tapi emang betul musik bisa ngubah mood dan suasana hati jadi riang bawaannya senyam senyum sendiri antara bahagia dan stress beda tipi setipis isi dompetku hahaha..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hahhahaaa benaran bikin nambah mood jadi ceria yaaa

      Hapus
  3. Apalagi kalau pulang kerja...musik itu relaxing banget

    BalasHapus
  4. Memang betul mbak hidup tanpa musik bagai seperti merasakan hampa tapi kalau saya mah nikmatin saja deh pada saat ada lagu dan pada saat tidak ada lagu.

    BalasHapus
  5. Aku... jadi tambah fokus sih mbak. Asal cuma aku sama musik aja di ruangan itu. :D
    Apalagi klo musiknya ngebit banget. Hhee.. jadi ikutan krja jepat nyelesaiin tugas hheee

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kali semangat kerja, kerjaan cepat selesai dan bisa cepat pulang hihiii

      Hapus
  6. bener banget mba, kadang kalo lagi bete dengerin musik yang kita suka bisa merubah mood loh #pengalamanpribadi apalagi kalo musiknya EDM

    Budy | Travelling Addict
    Blogger abal-abal
    www.travellingaddict.com

    BalasHapus
  7. Memang repot kalau sudah biasa bekerja sambil mendengarkan musik, lalu tiba-tiba bekerja di tempat baru yang koleganya tidak biasa mendengarkan musik ketika bekerja.

    Semoga sekarang sudah bisa beradaptasi ya :-)

    Sayang Melon itu koleksi lagu Indra Lesmana-nya kurang komplit, cuma 3-4 nomor saja..

    BalasHapus
  8. aku juga pendengar musik setia, dimana mana atau lg apapun harus ada backsong :p

    Ray - www.rayditaa.com

    BalasHapus
  9. Setuju banget, tanpa musik hidupku pasti juga sunyi sepi. Kalau dengerin musik yang pas sama suasana hati kadang mewek sendiri, hikss :(

    BalasHapus
    Balasan
    1. Jadi mellow ya mbaa
      Kalau gitu dengar yang semangat yaa

      Hapus
  10. iyaps setuju,.. tanpa musik hidup jadi sunyi hampa tanpa ada nada yg berkeliaran di kuping...

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aseek aku suka kalimatnya 'nada yang berkeliaran di kuping' :)

      Hapus
  11. saya suka banget music, bapak guru musik. Setiap hari pasti muter musik, dulu. Sampe nada-nada hafal. Makin ke sini dengerin musik makin mellow, jadi jarang Mba haahha

    BalasHapus
    Balasan
    1. Wah asyiknya punya bapak guru musik. Hihii

      Hapus
  12. musik..bikin imajinasi nambah..buat nulis2...

    BalasHapus
  13. aku kalo lagi nulis or belajar juga suka sambil dengerin musik mbak

    BalasHapus
  14. Hahaha.. aku kalo mendengarkan lagu lama mgkn ga jd kerja krn baper.. sy kalo kerja suka lagu yg mge'beat sih biar semangat

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hati2 ntar bukannya kerja malah joget joget. Hihiii

      Hapus
  15. di kantor saya malah tiap orang bawa headset nya sendiri2, jadi bisa denger lagu favorit tanpa mengganggu orang lain hihih

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mba Dini, itu bisa jadi salah satu alternatif yaa :)

      Hapus
  16. kalau aku malah gk bsa ngerjain sesuatu sambil dengerin musik mbak, jadinya susah konsentrasi. Biasanya klo lg senggang aja dngrin musik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Nah Yap masing masing emang beda ya mba Muthi:)

      Hapus
  17. musik bikin hidup lebih asyik mbaa :D
    bisa jadi temen juga kalo lagi sendiriian hihi

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ciee ciee yang lagi sendirian. Hihiiii

      Hapus
  18. Dan aku pun belajar bahasa Korea dari dengerin lagu Korea.

    Haaha...alesan.

    Padahal seneng melototin dongsaeng dongsaeng yg ganteng...wkk..

    BalasHapus
    Balasan
    1. Oh bisa ya. Jadi nambah pengetahuan dungs mba. Aku nggak bisa bahasa Korea euy

      Hapus
  19. Emang paling enak kalau kerja ditemenin musik..ahh jdi asyyyiiiik hihiii

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ada musik dan ada yayang juga hmm mantap hhihiii

      Hapus
  20. Nah aku suka musiik Mbaa..
    Musik itu mendamaikan hati banget eeaa,dan kadang tau suasana hati langsung diobatin sma musik .

    BalasHapus
  21. setuju setuju musik bisa jadi moodbooster

    BalasHapus
  22. Pasti ga seru kalau tak ada musik, yang pasti saya ga bisa dengerin lagu2nya Chrisye hehehe

    BalasHapus
  23. Sesekali pengen tanpa musik. Tp kadang juga kangen pengen dengerin lg. Musik emang ngangenin hoho

    BalasHapus
  24. Musik bisa mengembalikan jiwa yang hampa. Musik itu ibarat apel di siang bolong. Halah... Pokoknya gitu deh.. Air di musim panas.. :-)

    BalasHapus
  25. wah saya jg pernah ditegor krn masang musik terlalu keras. Padahal saat itu blm jam kerja dan yg negur duduknya jauh... :)))) Akhirnya sejak itu pake headset aja deh mendingan... Saya malah lbh bs konsen kl dengerin musik. Tp akibatnya kl dipanggil bos suka teler... Telat Denger... ^_^

    BalasHapus
  26. Kalau untuk menulis saya suka dengan musik instrumentalia Mba. Kalau dulu suka puter Kenny G.
    Sekarang suka macam Yiruma gitu.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Aku nggak bisa dengar musik instrumen mba. Asik nih seleranya mba Ety :)

      Hapus
  27. Berat apa gak mba kalo pake widget ini? Enak juga blog-walking sambil dengerin musik

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sejauh ini aman aman aja mba Helena :)

      Hapus
  28. Saya bekerja di divisi musik sebuah radio swasta, jadi tiap hari yang "makanannya" lagu2 baru. Hahaha. Seneng sih, apalagi kalo nemu lagu baru yang bagus, suka diputer berulang2. Kadang2 kalo lagi butuh mood buat nulis dgn tema2 tertentu suka nyari lagu yang pas biar ngetiknya lancar. Salam kenal Mbak.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Asyiiknyaa yaaa. Bisa dengar lagu terus. Hihiii. Salam kenal kembali :)

      Hapus
  29. Setiap hari aku dengerin musik hahaha kayaknya ada yang kurang kalau nggak denger musik. Pas kerja aja masih denger musik ahahahhahahha

    BalasHapus
  30. Aku penikmat musik banget mba, tapi entah kenapa ya klo pas lagi nulis sesuatu yg harus mengeluarkan ide malah ga bisa pake musik hihiii.. Klo sekedar ngetik biasa ngegarap data di kantor sih tetep bisa sambil dengerin musik.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Ooh ya ada juga gituu. Lebih nyaman ngetik dalam keadaan sepi

      Hapus
  31. Kalau sedang bekerja, saya masih bisa sambil mendengarkan musik. Tapi kalau sedang menulis, saya lebih senang dalam keadaan hening, Mbak Alida :)

    BalasHapus
    Balasan
    1. Mungkin keheningan bisa membantu dalam merangkai kata ya mba :)

      Hapus
  32. Musiknya di ganti dhikir aja kalo aku #Kabur

    BalasHapus
  33. Aku biasa kerja di kantor yang penuh dengan deadline dan banyak orang, jadi kalo mau setel musik cuma boleh samar-samar aja, tapi aku nggak keberatan soalnya meskipun aku suka musik, seringnya headphone juga cuma nangkring di kuping biar nggak diganggu temen yang doyan ngobrol aja sama biar nggak denger kalo dipanggil atasan.. ;p

    BalasHapus
    Balasan
    1. Hhahaa kayaknya bisa tuh pakai earphone biar nggak dipanggil atasan :))

      Hapus
  34. Jarang sih mbak, sekalinya dengerin musik album Letto aja terus yang diputar. Jiahaha

    BalasHapus
  35. aku sering dengerin musik kalo lagi nyetir biar gak tegang pas disalip dan dipepet kiri kanan heheheh tapi kantorku juga tipe yang ga suka kalo ada musik-musik sih. jadilah semuanya pake earphone dan suasana hening, eheheeh

    BalasHapus
    Balasan
    1. hHati2 kalau nyetir sambil denegr lagu loh :)

      Hapus
  36. wah widgetnya bisa dipasang di blog ya, asyik ih...

    BalasHapus
  37. widget apa kak namanya yang bisa dipake buat di blog? keren tuh, aku pernah masuk ke blognya orang terus pas masuk langsung disambut dengan sebuah lagu yang bagus.kiranya kaka tau ga ?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Beda lagi ini mas. Nah soal yang mas nanya aku nggak begitu ngeh :)

      Hapus